AdaHobi – Hiasan dinding dari barang bekas bisa menjadi pilihan hemat dan unik untuk mempercantik ruangan. Anda pun bisa membuat sendiri hiasan dinding tersebut di rumah.

Barang bekas yang digunakan pun bisa beraneka ragam. Anda bisa memanfaatkan kardus, kertas, dan barang-barang lainnya yang sudah tidak terpakai. Sebagai contoh, berikut ini beberapa kreasi hiasan dinding yang dibuat dari barang bekas.

1. Hiasan Papan Nama dari Kardus

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://santrijawa.com/

Hiasan dinding dari kardus ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Hanya dengan bermodalkan kardus bekas, cutter, gunting, dan lem saja, Anda sudah bisa mempercantik rumah.

Proses pembuatannya pun tidak sulit. Pertama-tama, gambar pola pada kardus. Buat empat persegi dengan luas yang berbeda. Kemudian susun persegi tersebut dari yang besar sampai yang terkecil. Gunakan lem untuk menempelkan satu potongan kardus dengan lainnya.

Setelah itu, gambar satu huruf di atas kardus yang sudah disusun tersebut. Kemudian, gunakan cutter untuk memotong lapisan atas kardus. Hasil akhirnya akan seperti pada gambar di atas.

Lakukan hal yang sama untuk membuat huruf-huruf lainnya. Terakhir, tempelkan papan nama dari kardus tersebut di dinding kamar atau ruangan lainnya.

2. Hiasan Dinding dari Karton

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://dekorrumah.net/

Kertas karton sangat umum digunakan untuk membuat kerajinan. Hiasan dinding dari kertas karton berbentuk bunga ini lah contohnya. Anda bisa menempelkan hiasan bunga tersebut di dinding kamar, ruang tamu, atau ruangan lainnya.

Saat ini ada cukup banyak tutorial di internet yang menjelaskan tata cara membuat hiasan bunga dari kertas karton ini. Anda bisa mencoba salah satu tutorial tersebut.

3. Hiasan Kamar Buatan Sendiri

Hiasan Dinding dari Barang Bekas

https://dekoruma.com

Ingin membuat hiasan unik untuk mempercantik kamar? Ide hiasan rumah dari barang bekas ini bisa Anda coba.

Anda tidak harus menggunakan kertas karton baru untuk membuatnya. Dengan kertas bekas yang agak tebal pun Anda sudah bisa mengkreasikan hiasan dinding yang satu ini. Cara membuatnya pun mudah.

Gambar bentuk hati pada kertas bekas. Ukuran gambar tersebut boleh tidak sama. Jadi, Anda bisa memanfaatkan hampir semua permukaan kertas. Kemudian, potong gambar tersebut lalu rekatkan bagian atas hati yang melengkung seperti pada gambar.

Setelah itu, Anda bisa menempelkan potongan-potongan hati tersebut pada dinding. Gunakan kreativitas Anda saat menempelkannya supaya terlihat luwes.

4. Hiasan Dinding Sederhana dari Majalah Bekas

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://dekoruma.blog/

Berbica soal ide kreatif barang bekas sederhana, Anda tidak boleh lupa dengan majalah. Barang bekas yang satu ini bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan sederhana termasuk hiasan dinding berbentuk bunga.

Proses pembuatannya cukup mudah. Ambil satu lembar majalah lalu potong memanjang sehingga membentuk seperti pita. Buat setiap potongan tersebut memiliki panjang sekitar 15 cm saja. Kemudian, satukan kedua ujung pita kertas tersebut dengan lem.

Selanjutnya, satukan beberapa pita kertas yang sudah dilem kedua ujungnya membentuk seperti bunga. Dari sini, Anda bisa mengkreasikan kerajinan tangan tersebut sesuai kreativitas dan selera.

5. Hiasan Dinding dari Origami

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://idntimes.com

Dari berbagai jenis kerajinan tangan yang ada, origami merupakan salah satu yang paling sederhana. Anda bisa membuatnya dari kertas khusus origami atau bahkan dengan kertas bekas.

Anda juga bisa menggunakan ide ini untuk membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas. Anda bisa memanfaatkan majalah atau koran bekas untuk membuatnya. Kemudian, sediakan beberapa ranting pohon dan benang untuk menggantung origami-origami tersebut di dinding kelas.

6. Hiasan Dinding Sederhana untuk Kelas

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
http://www.popeti.com/

Ide hiasan kelas dari barang bekas ini juga sangat mudah dibuat. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membuatnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah beberapa lembar kertas bekas dan pita. Ambil kertas-kertas bekas tersebut dari buku yang sama supaya Anda tidak perlu menyesuaikan ukurannya lagi.

Bentuk setiap lembar kertas menjadi kerucut dengan cara menggulung satu sisinya ke sisi lainnya. Kemudian, satukan kerucut-kerucut kertas tersebut membentuk linkaran seperti pada gambar. Lalu, gunakan pita untuk menggantungnya di dinding kelas.

7. Hiasan Dinding dari Stoples Bekas

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://www.onechitecture.com/

Jika Anda punya banyak stoples yang tidak terpakai di rumah, ide kreatif barang bekas ini bisa Anda ikuti. Anda cukup menyediakan beberapa stoples bekas, papan kayu, bunga plastik, tali, dan cat warna putih.

Untuk mengecat stoples bekas tersebut bisa dengan cara menuangkan cat ke dalamnya. Kemudian ratakan ke seluruh bagian dalam stoples dengan cara menggoyang-goyang stoples tersebut. Anda juga bisa mengganti bunga plastik dengan yang asli jika ada.

8. Hiasan Dinding dari Kain Perca

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Kain perca dan baju yang sudah tidak terpakai umumnya dimanfaatkan sebagai lap. Padahal, Anda juga bisa menyulapnya menjadi hiasan dinding yang unik dan cantik.

Ide kreatif dari barang bekas ini bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Anda hanya perlu menyediakan potongan kain perca atau baju bekas, ranting pohon, dan tali.

Untuk membuatnya, ikatkan saja kain-kain perca tersebut pada ranting pohon. Kemudian, pasang paku pada dinding lalu gantung ranting tersebut dengan tali.

9. Hiasan Dinding dari Foto

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://feltsocute.wordpress.com/

Menghias dinding menggunakan foto bukan lah suatu hal yang baru. Anda bisa membeli bingkai foto di Istana Pigura Malang lalu menyimpan foto terbaik di dalamnya.

Anda juga bisa membuat bingkai foto sendiri seperti pada gambar. Bingkai tersebut memanfaatkan krayon yang sudah tidak terpakai. Anda juga bisa menggabungkan jenis jenis kerajinan lain sebagai ide kreativitas pigura.

10. Jam Dinding Unik dan Lucu

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
http://brandyfisher.blogspot.com/

Anda juga bisa membuat jam dinding dari barang bekas. Pada ide kali ini, Anda diajak memanfaatkan majalah bekas untuk membuat jam dinding yang unik dan lucu.

Cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Anda hanya perlu menggulung satu lembar majalah (gulung memanjang) lalu pipihkan sehingga terlihat seperti pita tebal. Kemudian, gulung pita dari majalah tersebut ke dalam hingga membentuk lingkaran.

Anda bisa menyambung pita dari majalah tersebut hingga terbentuk ukuran lingkaran yang diinginkan. Selanjutnya, susun pita-pita tersebut seperti pada gambar. Jangan lupa tambahkan mesin jam dan jarumnya.

11. Jam Dinding dari Kardus

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Jam dari kardus ini juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan kardus sebagai dasarnya lalu lapisi dengan kertas yang sudah diwarnai. Proses pembuatannya lebih sederhana dari ide jam dinding sebelumnya.

Anda hanya perlu membuat lingkaran pada kardus lalu potong. Kemudian, Anda bisa mencetak angka-angka jam pada kertas warna lalu tempelkan pada kardus tersebut. Setelah itu, buat lubang di tengah lingkaran untuk memasang mesin jam dan jarumya.

12. Jam Dinding Unik Buatan Sendiri

Hiasan Dinding dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Jam dinding unik ini juga bisa Anda buat di rumah. Bermodalkan kain perca, kancing baju, dan pemidang, Anda bisa membuat jam dinding yang unik dan cantik.

Untuk membuatnya, Anda perlu kain perca dengan motif yang berbeda-beda. Kemudian, gunakan kancing baju dengan warna dan ukuran yang sama sebagai pengganti angka-angka jam. Menarik bukan?


Itulah beberapa contoh hiasan dinding dari barang bekas yang bisa Anda buat di rumah. Selain untuk mempercantik rumah sendiri, Anda bisa menjadikan ide-ide tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik