Materi Dribble Bola Basket [Lengkap]

AdaHobi, Definisi dribble bola basketDribble bola basket adalah cara yang dilakukan pemain ketika menggiring bola dari satu titik menuju arah lainnya menggunakan satu tangan. Teknik ini merupakan salah satu paling dasar dalam permainan, terutama bagi point dan shooting guard.

Agar kita lebih memahami tentang dribble atau cara mengiring bola basket. Maka, dalam pembahasan kali ini kita akan bahas tuntas tentang segala hal yang berkaitan dengan dribbling dalam bola basket.

Pengertian Dribbling / Menggiring Bola Basket

Dalam permainan bola basket terdapat istilah dribble, yang dimaksud dengan dribble adalah suatu teknik atau cara menggiring bola dalam permainan bola basket dengan memantul-mantulan bola ke lantai baik berjalan maupun berlari menggunakan satu tangan atau bergantian.
pengertian dribbling dalam permainan bola basket
pengertian dribbling dalam permainan bola basket
Dribbling bola basket adalah salah satu teknik untuk menggiring atau membawa bola yang paling utama untuk dikuasai dalam melakukan olahraga bola basket. Teknik dribbling dalam permainan bola basket sangat penting sebagai dasar kemahiran pemain profesional.

Tujuan Dribble Bola Basket

Dikarenakan dribble merupakan teknik paling dasar, jadi setiap pemain bola basket wajib menguasai dan bisa memainkannya dengan baik di lapangan.

Tujuan Dribble Bola Basket
Tujuan Dribble Bola Basket

Berikut beberapa tujuan dribble dalam bola basket, diantara lain adalah:

  1. Agar bola berpindah dari satu titik menuju arah lainnya di lapangan.
  2. Difungsikan sebagai gerakan menyerang ke area tim lawan.
  3. Untuk mencari kesempatan supaya bisa melakukan tembakan ke ring.
  4. Agar bisa keluar dari penekanan tim lawan.
  5. Agar bisa menghabiskan waktu saat menjadi penguasa bola

Teknik Dasar Dribble Bola Basket

Supaya pemain bisa melakukan penggiringan bola (dribble) dengan baik dan benar, ada beberapa langkah yang perlu diketahui dan dikuasai.

Teknik Dasar Dribble Bola Basket
Teknik Dasar Dribble Bola Basket

Adapun penjelasan tentang teknik dasar dribble dalam bola basket adalah sebagai berikut:

  • Bola basket ukurannya besar pemain harus membuka jari-jarinya dengan lebar dan dibuat senyaman mungkin agar bisa menempel di bal dan tidak menemukan kesulitan saat mengontrolnya.
  • Jika pemain melakukan dribble dengan gerakan lebih cepat atau lambat, bergerak ke arah kiri maupun kanan sembari membawa bola dengan stabil, maka gunakan ujung jari untuk mengontrolnya.
  • Saat melakukan dribbling pada pertandingan bola basket, posisi tubuh sedikit menurun sembari menekuk lutut. Hal ini penting dilakukan supaya badan semakin sigap menerima serangan dari lawan.
  • Memantulkan bola ke lapangan adalah salah satu gerakan utama dribble. Penting untuk diperhatikan bahwa tangan merupakan pusat kekuatan sebab jika tenaganya kurang, pemain bisa saja kehilangan kontrol.
  • Saat melakukan dribble pastikan jika bola tidak mudah direbut lawan. Untuk menghalaunya, angkat lengan lain yang sedang tidak dribbling atau memposisikan bola ke sisi berlawanan dari tim rival.
  • Para pemain yang baru belajar bermain basket kemungkinan dengan refleks memandang bola saat dribbling, hal itulah yang membuatnya kurang fokus. Lebih baik arahkan pandangan mata ke lapangan.
  • Usahakan mendrible bola menggunakan satu tangan, namun latihan memakai keduanya juga perlu sehingga bisa dengan mudah memindahkan bal ke sebelah manapun saat lawan mencoba merebutnya.

Bentuk Latihan Dribble Bola Basket

Bentuk Latihan Dribble Bola Basket
Bentuk Latihan Dribble Bola Basket

Ada 3 bentuk latihan dribble dalam permainan bola basket yang bisa kamu ketahui, berikut adalah penjelasan dan langkah-langkahnya yang bisa kamu tiru.

1. Menggiring Bola di Tempat

Teknik menggiring bola di tempat adalah salah satu bentuk latihan dribble bola basket yang sangat basic. Teknik ini sangat biasa dilakukkan oleh pemula yang baru belajar banget.

teknik dribble bola basket
teknik dribble bola basket

Adapun langkah-langkah menggiring bola basket di tempat adalah sebagai berikut:

  1. Posisi awal berdiri dengan kaki kiri di depan serta kaki kanan di belakang, kemudian tekuk sedikit dibagian lutut.
  2. Selanjutnya, pegang bola menggunakan dua tangan.
  3. Lalu pantul-pantulkan bola dengan menggunakan tangan kanan di tempat.
  4. Lakukan sampai benar-benar lancar, setalah lancar kamu bisa latihan menggiring bola basket ketahap selanjutnya.

2. Menggiring Bola Mundur, Maju, dan Menyamping

Bentuk latihan dribble bola basket selanjutnya yaitu menggiring bola maju, mundur, dan menyamping. Latihan ini berguna untuk mengontrol bola pada saat menggiring sehingga bola bisa dikuasai.

menggiring bola basket
menggiring bola basket

Langkah-langkah menggiring bola basket maju, mundur, meyamping, diantaranya adalah:

  1. Langkah pertama sama dengan yang sebelumnya yaitu posisi awal berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, deng posisi lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan menggunakan dua tangan, posisi bola di depan dada.
  3. Selanjutnya kamu bisa menggiring bola dengan gerakan maju dan mundur.
  4. Apabila sudah lancar menggiring bola maju dan mundur, Kamu bisa melatih gerakan menggiring bola menyamping ke arah kanan dan kiri.

3. Menggiring Bola Zig Zag

Menggiring bola zig zag adalah bentuk latihan dribble bola basket yang berguna untuk melatih kemampuan dalam melewati lawan. Jika kamu ingin jadi pemain yang hebat, maka teknik ini harus kamu kuasai dengan betul.

dribbling bola basket
dribbling bola basket

Berikut adalah langkah-langkah menggiring bola zig zag dalam bola basket.

  1. Ingat posisi awal tetap sama yaitu berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, dengan posisi lutut sedikit ditekuk.
  2. Gunakan kedua tangan untuk memegang bola, dengan posisi bola di depan dada.
  3. Sebagai bahan untuk ringtangan, tempatkan cones/bangku sebanyak 4 sampai 5 buah dalam jarak 15–20 meter.
  4. Kamu bisa memulai latihan menggiring bola secara zig-zag (berkelok-kelok) melewati rintangan sambil berjalan.
  5. Jika sudah lancar, kamu bisa mempercepat gerakan dengan berlari.

Prinsip Menggiring Bola Basket

Terdapat prinsip-prinsip dalam teknik menggiring bola basket yang harus diperhatikan, diantara lain adalah sebagai berikut:

  • Kontrol bola dengan jari-jari tangan sesuai dengan tujuan dalam menggiring bola.
  • Memposisikan tubuh sedikit rendah dengan membungkuk ke depan agar keseimbangan tetap terjaga.
  • Posisi kepala tetap tegak untuk melihat posisi lawan, sebelum melewatinya.
  • Gunakan kombinasi dua tangan pada saat menggiring bola basket untuk mengecoh lawan.
  • Pastikan posisi bola aman dari jangkauan lawan pada saat menggiring bola.

Macam-macam Teknik Dribbling dalam Bola Basket

teknik dribbling bola basket
teknik dribbling bola basket

Ada berbagai macam teknik dasar dribbling dalam pertandingan bola basket yang patut untuk diketahui, yakni:

1. Crossover Dribble

Crossover Dribble merupakan gerakan memindahkan bola yang sedang digiring dari satu tangan ke bagian lainnya dengan cepat. Tindakan ini biasanya dilakukan saat pemain sedang tidak dijaga oleh tim lawan..

2. Through The Legs

Through The Legs yaitu sebuah gerakan memindahkan bola yang sedang di-dribble dari satu tangan ke lainnya melewati celah di antara kedua kaki. Hal ini bertujuan untuk mengecoh atau menjauhkan bola dari tim lawan.

3. Behind The Back

Behind The Back merupakan gerakan memindahkan bola dari satu tangan ke bagian lainnya dengan posisi di belakang punggung. Hal ini bertujuan untuk melindungi bola dari serangan lawan yang ada di depan.

4. Hesitation

Hesitation adalah teknik dribbling dengan kecepatan. Untuk melakukan gerakan ini Anda harus menggiring bola dengan laju kencang, lalu dipelankan sejenak sebelum langsung maju dengan gesit untuk menerobos daerah pertahanan lawan.

5. In And Out

In And Out merupakan gerakan untuk mengecoh lawan dengan mendrible bola ke suatu arah sebelum secara tiba-tiba mengganti jalur.

6. Spin

Spin adalah salah satu teknik tersulit dribbling karena harus mendrible bola sembari berbalik arah atau berputar guna menghindari lawan. Perlu adanya kontrol bal dengan baik agar bisa melakukan gerakan ini.

Menguasai teknik dribble bola basket penting untuk diketahui sebab merupakan hal paling dasar saat bermain olahraga ini. Bila pemain melakukannya dengan benar memudahkannya dalam melakukan gerakan lainnya.


Mungkin itulah yang dapat kami bagikan tentang dribble bola basket mulai dari pengertian, tujuan, teknik dasar dribble, prinsip, bentuk-bentuk latihan, dan macam-macam teknik dribbling dalam bola basket. Semoga bermanfaat, jangan lupa simak materi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like