Adahobi, Peraturan bola basket – Tidak akan adanya pertandingan bila peraturan dalam permainan bola basket ditiadakan, dan tentunya ada pemain yang saling berada kelihaian di lapangan. Olahraga jenis ini merupakan salah satu yang paling diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Oke, dalam kesempatan kali ini kita akan jelaskan mengenai peraturan-peraturan yang terdapat dalam permainan bola basket.

Peraturan Permainan Bola Basket

Peraturan permainan bola basket adalah aturan-aturan yang dibuat untuk mengatur/mengawal permainan bola basket, sehingga permainan bisa berjalan dengan baik, kondusif dan tidak ada phak manapun yang merasa dirugikan.

peraturan permainan bola basket
peraturan permainan bola basket

Adapun peraturan-peraturan dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  • Bola bisa dilempar ke segala penjuru menggunakan satu atau dua tangan.
  • Bola bisa dipukul ke segala penjuru menggunakan sebelah tangan, tetapi tidak boleh dengan posisi meninju
  • Pemain dilarang berlari sambil pegang bola. Paling tidak mereka harus melempar ke teman timnya. Bisa juga diperbolehkan dengan syarat berlari pada kecepatan normal.
  • Harus memegang bola di dalam atau di antara telapak tangan. Anggota tubuh lainnya tidak diperkenankan.
  • Pemain dilarangan menyeruduk, mendorong, bahkan memukul lawan main dalam kondisi apapun. Bila hal ini dilakukan, maka disebut pelanggaran dan pertamanya dihitung kesalahan, bila tejadi untuk kedua kalinya mereka dieliminasi.
  • Kesalahan terjadi bila pemain memukul bola dengan tangan terkepal.
  • Apabila salah satu tim melakukan 3 kesalahan secara berturut-turut itu berarti dihitung sebagai gol untuk lawannya
  • Gol terjadi saat bola terlempar atau dipukul masuk ke dalam ring, pada kejadian ini penjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu benda bulat itu. Tetapi apabila nyangkut atau ada yang sengaja menggerakannya maka dibatalkan.
  • Apabila bola tergelincir keluar lapangan, maka akan dilemparkan kembali dan pemain melanjutkan permainan.
  • Wasit memiliki wewenang dalam memperhatikan jalannya permainan para pemain juga mendata jumlah pelanggaran.
  • Wasit pembantu berhak mengambil keputusan apabila bola telah berada di luar lapangan serta bertugas menghitung waktu.
  • Masa pertandingan permainan bola basket sepanjang 4 quarter setiap 10 menit sekali.
  • Pihak yang mencetak gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Peraturan Bola Basket

Ada banyak peraturan yang bisa Anda pahami. Di bawah ini akan dijelaskan lebih dalam lagi mengenai peraturan bola basket yang dijadikan sebagai standar FIBA sebagai induk organisasi bola basket internasional.

peraturan bola basket
peraturan bola basket

Adapun penjelasan lengkap tentang 12 peraturan bola basket adalah sebagai berikut:

No Peraturan Keterangan
1 Jumlah pemain 5-10 pemain (5 pemain inti dan 5 pemain cadangan)
2 Pergantian pemain Dilakukan ketika bola mati atau sedang break
3 Formasi pemain 2 – 1 – 2 atau  1 – 2 – 2 ( guard, centre, dan forward )
4 Waktu bermain 2 x 20 menit (plus waktu untuk break / istirahat)
5 Aturan time-out Dilakukan untuk mengganti pemain / perubahan srategi
6 Aturan jump-ball Dilakukan saat memulai pertandingan
7 Setelah mencetak angka Tim lawan harus melempar atau mengoper bola dari belakang garis pantul
8 Aturan bola keluar Tim yang terakhir menyentuk kehilangan kesempatan bermain
9 Aturan pelanggaran Pelanggaran terjadi jika  offensice, blocking, foul, dll
10 Aturan 3 detik Pemain dilarang diam tanpa gerakan selama 3 detik
11 Poin Angka Bernilai 1 jika shoot dari dalam garis dan 3 dari luar garis
12 Wasit Dibutuhkan 2 wasit (referee dan umpire)

Nah, untuk pembahasan lebih lengkapnya simak ulasan berikut :

1. Peraturan Pemain Bola Basket

Peraturan jumlah pemain bola basket yaitu setiap tim terdiri dari 5-10 pemain namun ada 5 yang boleh bermain, sisanya duduk di kursi cadangan di samping lapangan. Kelima player ini memiliki keahlian bertanding di posisi guard, centre, dan forward.

Syarat mendapat posisi tersebut yakni pemain harus yang paling cepat dan tepat dalam melakukan gerakan mengoper bola. Tugas lainnya adalah bermanuver ke area lawan dan mencetak poin.

2. Aturan Pergantian Pemain Cadangan

Peraturan pergantian pemain dalam bola basket yaitu setiap pertandingan berlangsung di lapangan, pemain bisa diganti kapanpun oleh pelatih disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Syaratnya dilakukan pergantian player ketika bola mati dan sedang break

Tidak ada batasan terhadap jumlah pergantian pemain dan harus siap diganti kapan pun sesuai dengan instruktur pelatih.

3. Peraturan Bermain dalam Bola Bakset

Peraturan dan cara bermain bola basket yaitu tergantung dari kemampuan mereka sendiri. Setiap individu akan mempengaruhi kekuatan atau kelemahan posisi tersebut.

Formasi yang biasa dipakai dalam pertandingan basket yakni 2 – 1 – 2 atau bisa juga 1 – 2 – 2 dengan posisi sebagai guard. Centre, dan forward.

4. Peraturan Waktu Bola Basket

Mengenai peraturan waktu dalam bola basket yakni pertandingan bola basket terdiri dari 2 babak. Durasi bermainnya yaitu 20 menit untuk masing-masing ronde kemudian ada sesi istirahat. Jam pengatur waktu permainan akan terhenti ketika wasit meniupkan peluit.

Namun akhir-akhir ini durasi pertandingan sedikit berubah yakni menjadi 2 babak selama 10 sampai 12 menit setiap ronde diberi jeda untuk istirahat.

5. Peraturan Time Out Bola Basket

Time out diberlakukan karena beberapa alasan ini, yaitu pelatih ingin menyampaikan perubahan srategi pemainnya, mengganti sejumlah player, atau sekadar memberi istirahat kepada timnya.

Tujuan time out supaya memungkinkan menorehkan gol sebanyak mungkin dengan cara merubah ritme permainan. Aturan ini dilakukan paling banyak 2 kali setiap babak.

6. Aturan Jump Ball

Fungsi jump ball dalam peraturan bola basket adalah untuk memulai pertandingan bola basket dari lingkaran tengah, di mana kedua pemain mewakili timnya secara berhadapan. Wasit kemudian melempar bola ke udara yang bisa ditangkap oleh pemain.

Pemain akan melakukan gerakan melompat untuk menjangkau bola atau menepisnya ke arah tim, inilah yang disebut jump ball. Taktik ini juga digunakan untuk memulai kembali pertandingan apabila antar kedua tim sama-sama menguasai atau mempertahankan bola.

7. Aturan Setelah Mencetak Angka

Jika pemain berhasil menciptakan gol, maka seorang dari tim lawan harus melempar atau mengoper bola dari belakang garis pantul. Oleh karena itu, wasit tidak perlu meniup peluit jika bola berhasil masuk ke dalam ring.

8. Aturan pada saat Bola Keluar

Jika bola keluar garis lapangan, maka tidak bisa dimainkan. Oleh karena itu, tim yang anggotanya terakhir bersentuhan dengan benda bulat itu kehilangan kesempatan dalam memainkannya.

9. Peraturan Pelanggaran Bola Basket

Peraturan pelanggaran dalam permainan bola basket yaitu ketika terjadinya pelanggaran seperti (offensice, blocking, foul,dll), maka tim yang melanggar tidak diberi lagi wewenang untuk menyerang. Hal ini berarti tim lawan lah yang menguasai bola dengan cara mengoper dari luar garis terdekat tempat terjadinya kesalahan.

10. Peraturan 3 Detik dalam Bola basket

Dalam pertandingan basket tidak diberalakukan yang namanya offside. Jadi ada celah dan peluang besar bagi para pemain yang memiliki postur tubuh tinggi. Mereka cukup menunggu di bawah ring lawan untuk melakukan shooting.

Peraturan 3 detik dalam permainan bola basket adalah untuk mencegah hal ini terjadi, di mana pemain tidak diperbolehan diam lebih dari 3 detik.

11. Aturan Mencetak Angka

Ketika bola meluncur ke ring lawan maka bisa bernilai satu sampai tiga poin, tergantung tempat nembaknya. Shooting yang bernilai 1 angka biasanya berasal dari garis hukuman.

Sedangkan untuk yang bernilai dua diperoleh saat tembakan berasal dari dalam lingkaran 3 angka. Dan yang bernilai tiga poin didapat saat berhasil shoot bola ke ring dari luar garis three point.

12. Peraturan Perwasitan Bola Basket

Peraturan perwasitan dalam permainan basket yaitu pada saat adanya pertandingan resmi dibutuhkan dua wasit yang dikenal degan sebutan referee dan umpire masing-masing dari mereka dibebani tugas.

Keputusan wasit adalah hal mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Bila ada tim yang protes akan dikenakan denda berupa membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan sebelum pertandingan dilaksanakan.


Itulah beberapa ulasan mengenai peraturan permainan bola basket, semoga pemirsa di rumah memahaminya dengan baik. Bagi para penonton tidak perlu bingung bila wasit tiba-tiba meniup peluit, hal itu terjadinya karena adanya pelanggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like