Adahobi, Isyarat wasit bola basket – Untuk memastikan sebuah laga tersebut berjalan secara kompetitif pemain harus mengetahui beberapa isyarat wasit dalam permainan bola basket. Dengan memahami beberapa kode yang diberikan, seorang hakim dapat membantu Anda membaca alur pertandingan tersebut.

Isyarat Wasit dalam Permainan Bola Basket

isyarat wasit dalam permainan bola basket
isyarat wasit dalam permainan bola basket

Saat pertandingan basket, seorang juri memberi kode melalui gerakan tubuh bukan berbicara langsung. Berikut ini ada beberapa ulasan mengenai istilah dalam bola basket atau kede-kode yang diberikan saat pertandingan berdasarkan kondisi tertentu.

1. Isyarat Wasit Basket Berdasarkan Pelanggaran

isyarat pelanggaran wasit basket
isyarat pelanggaran wasit

Berikut adalah beberapa contoh isyarat wasit bola basket berdasarkan pelanggaran lengkap dengan artinya, diantara lain yaitu:

  • Illegal Drible

Illegal Drible yakni di mana pelanggaran terjadi saat pemain membawa bola tanpa menggiringnya terlebih dahulu. Kemudian wasit akan memberi isyarat dengan lengan kanan terayun ke depan setengah lingkaran lapangan.

  • Double Driving

Double Driving merupakan sebuah pelanggaran terjadi saat mendrible bola lagi padahal selumnya ia berhenti. Wasit kemudian memberi kode melalui pergerakan dua tangan seakan sedang mendrible.

  • Three seconds

Three seconds yaitu wasit akan memberikan sebuah isyarat dengan merentangkan kelima jarinya sembari menunjuk dari arah samping kepala apabila melihat pemain berada di wilayah terlarang tanpa menguasai bola selama tiga detik.

  • Five Seconds

Five Seconds yakni seorang wasit akan memberi kode dengan merentangkan 5 jari sambil menunjuk dari arah samping kepala apabila melihat pemain menguasai bola melewati lima detik.

  • Eight Deconds

Eight Deconds yaitu dimana wasit akan memberi sebuah isyarat dengan mengangkat 8 jari dari arah samping kepala apabila melihat tim bermain bola di area sendiri melewati delapan detik.

  • Travelling

Travelling artinya yaitu pelanggaran yang terjadi saat pemain berjalan lebih dari dua langkah ketika melakukan  gerakan lay up. Wasit memberi isyarat memutar lengan tepat di depan dada.

2. Isyarat Wasit Basket Berdasarkan Waktu Pertandingan

isyarat tangan wasit bola basket
isyarat tangan wasit

Adapun penjelasan tentang beberapa isyarat wasit dalam bola basket berdasarkan waktu pertandingan, diantaranya yaitu:

  • Stop Clock For Foul

Stop Clock For Foul yakni menghentikan jalannya permainan sebab terjadinya kesalahan. Wasit akan memberikan kode dengan meniup peluit sembari tangan kanan terangkat yang terkepal, sedangkan sebelah kirinya menunjuk ke arah kejadian.

  • Stop Clock For Violation

Stop Clock For Violation yaitu wasit menghentikan permainan saat adanya pelanggaran. Isyarat wasit adalah dengan meniup peluit sambil mengangkat tangan kanan yang terbuka.

  • Twenty Four Second Reset

Twenty Four Second Reset yakni mengundurkan waktu pertandingan selama 24 detik. Wasit mengisyaratkannya melalui memutar telapak tangan sebelah kanannya di atas kepala, sedangkan letak jari telunjuk mengacung dari atas ke bawah.

  • Time In

Time In yakni memulai lagi jalannya pertandingan. Wasit akan memberi isyarat dengan melambaikan tangan sebelah kanan yang posisinya lurus di atas kepala.

3. Isyarat Wasit Berdasarkan Pelaporan Fouls

isyarat dan gerak wasit pada perwasitan bola basket
isyarat gerakan wasit

Adapun beberapa isyarat wasit dalam permainan bola basket tentang pelaporan foul yaitu:

  • Excessive Swinging of Elbow

Excessive Swinging of Elbow merupakan kesalahan yang terjadi saat pemain dengan sengaja menyikut lawan agar tidak bisa menguasai bola. Wasit kemudian memberi isyarat melalui mengangkat siku dan mengaunkannya.

  • Blocking

Blocking merupakan kesalahan menghalangi jalan. Di sini wasit akan memberi isyarat dengan menaruh kedua tangannya di pinggang.

  • Ilegal Use of Hands

Ilegal Use of Hands yaitu Wasit akan memberi isyarat berupa mengarahkan sebelah pergelangan tangan menyentuh telapak lain yang terbuka.

  • Isyarat Lainnya
gambar isyarat wasit basket
isyarat jari wasit

One free throw, kode yang diberikan wasit berupa ibu jari yang terangkat. Two free throw, kode yang diberikan wasit berupa telunjuk dan jari tengah terangkat. Thress free throw ini diberikan wasit berupa ibu jari, tengah dan telunjuk terangkat.

Wasit mengepalkan tangan ke arah im yang salah dalam mengusai bola. Kemudian wasit menunjuk ke arah garis lapangan jika kesalahan tidak mengakibatkan pinalti 3 angka.

4. Isyarat Wasit Basket Berdasarkan Penentuan Skor

isyarat wasit dalam bola basket
isyarat penentuan skor

Berikut beberapa penjelasan tentang arti isyarat wasit dalam bola basketmengenai penentuan skor, diantaranya adalah:

  • Pembatalan skor atau menghentikan pertandingan dilakukan dengan cara memperagakan gerakan menggunting dengan kedua lengan di depan dada.
  • Two point isyaratnya dengan menggerakkan tangan seperti mengibas menggunakan telunjuk sedangkan jari tengah sebelah sebelah kanan mengarah ke atas dan lainnaya terkepal.
  • One poin isyaratnya dengan menggerakan pergelangan tangan mirip kibasan bendera menggunakan telunjuk sebelah kanan tertuju ke atas dan sedangankan posisi jari lainnya terkepal.
  • Three point attempt di mana dilakukan dengan cara mengacungkan 3 jari terkepal yakni ibu jari, tengah dan telunjuk sedang lainnya terkepal.

5. Isyarat Wasit Basket Berdasarkan Masalah Administratif

isyarat wasit pada basket
isyarat wasit pada basket

Adapun penjelasan mengenai arti isyarat wasit basket berdasarkan masalah administratif adalah sebagai beriku:

  • Charged Time Out. Wasit memberikan kode dengan meniup peluit sembari tangannya membentuk huruf T, di mana telapak tangan sebelah kanan terangkat seperti payung di aras kepada dan telunjuk kiri ditempelkan di sana. Isyarat ini dilakukan saat waktu telah habis.
  • Wasit memberikan kode dengan meniup peluit dengan lengan tersilang di depan dada. Isyarat ini dilakukan apabila ia memberikan izin pergantian pemain.
  • Berkomunikasi dengan petugas di meja ofisial di mana wasit memberi isyarat dengan ibu jari sebelah kanan teracung ke arah table.
  • Beckoning-In di mana wasit mempersilakan pemain pengganti masuk ke lapangan. Ia akan memberi sebuag isyarat dengan melambaikan tangan kanan terlentang ke arah depan dada.

6. Isyarat Wasit Basket Berdasarkan dengan Free Throw

Yuk simak penjelasan mengenai gambar isyarat wasit basket beserta artinya berdasarkan free throw, diantaranya adalah sebagai berikut:

arti isyarat wasit dalam bola basket
isyarat lemparan bebas
  • Free throw pada daerah terlarang 

Pertama. Apabila kejadiannya di area telarang, wasit akan memberi isyarat dengan menunjuk satu, dua, atau tiga jari mengarah ke depan guna memberikan hukuman lemparan bebas 1, 2, dan 3.

arti isyarat wasit dalam permainan bola basket
isyarat lemparan pelanggaran
  • Free throw di luar daerah terlarang

Kemudian, apabila kejadiannya di luar area terlarang, wasit akan memberikan isyarat berupa ibu jari terangkat ke atas untuk satu free throw, mengangkat kedua tangan bila dua lemparan bebas dan menunjuk 3 di samping kepala bila terjadi tiga kali.


Memahami isyarat wasit bola basket saat pertandingan tidak hanya untuk sang juri saja tetapi juga pelatih, pemain dan bahkan petugas ofisial  yang ada di meja administrasi sebaiknya paham. Itulah ulasan singkatnya, mudah-mudahan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like