Adahobi, Teknik lay up shoot pada permainan bola basket merupakan hal yang perlu dikuasai oleh para pemainnya. Gerakan ini bisa dibilang sangat dasar, jadi apabila terjadi kesalahan akan menimbulkan kerugian.

Namun, untuk pemula pastinya harus mengetahui beberapa ulasan mendasar yang berkaitan dengan teknik lay up dalam permainan bola basket ini.

Pengertian Lay Up dalam Bola Basket

Lay up adalah teknik memasukkan bola ke ring basket dengan cara menggiring bola sampai mendekat dengan ring kemudian melakukan loncatan dan memasukkan bola menggunakan satu tangan bisa tangan kiri maupun kanan dan posisi badan melayang.

pengertian lay up
pengertian lay up

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik lay up shoot.

  • Posisi badan yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket adalah posisi badan di ditegakkan (kondisi tegak).
  • Posisi lutut lay-up yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket adalah dengan posisi yang rendah dan landai.

Macam-Macam Teknik Lay Up Shoot

Lay up memiliki berbagai macam jenis karena disesuaikan dengan situasi dan gerakan tembakan itu sendiri. Umumnya teknik dalam bola basket ini dibagi dalam beberapa bagian, yang akan kita jelaskan dibawah ini.

teknik lay up
teknik lay up

Berikut adalah penjelasan tentang macam-macam tek nik lay up shoot dalam bola basket yang harus kamu ketahui:

1. Reverse Lay Up

Reverse Lay Up adalah yang paling sering digunakan. Caranya adalah dengan menggunakan satu kaki sebagai tumpuan, berlawanan dengan tangan untuk menembak. Jika ingin melakukan secara maksimal, maka mengayun dengan santai agar bola bisa masuk sempurna.

2. Power Lay Up

Power Lay Up merupakan gerakan di mana menggunakan dua kaki sebelum melakukan shooting. Cara ini juga sering digunakan pada situasi sulit, tujuannya agar dapat menjaga keseimbangan saat melompat maupun menembak.

3. Finger Roll Lay Up

Finger Roll Lay Up merupakan tembakan melayang paling menarik karena gerakannya berupa memutar bola ke atas seperti tembakan teardrop shot atau floater dengan jarak yang lebih dekat ke tiang basket.

4. Putback Lay Up

Putback Lay Up adalah Langkah terakhir yang dilakukan saat pemain mendapatkan second chance karena adanya pantulan bola, sehingga sang pemain bisa cekap melakukan reverse untuk finishing.

Cara Melakukan Lay Up Shoot

Hayo coba kamu jelaskan cara melakukan gerakan lay up shoot permainan bola basket? Secara umum, ada 2 cara melakukan teknik lay up shoot dalam permainan bola basket.

Cara Melakukan Lay Up
Cara Melakukan Lay Up

Berikut adalah cara dalam melakukan teknik lay up shoot yang benar;

1. Cara Melakukan Lay Up dengan Tangan Kanan

Adapun beberapa langkah-langkah dalam melakukan gerakan lay up shoot dengan menggunakan tangan kanan, diantaranya yaitu:

  • Pertama dengan menggiring bola di garis tembakan bebas
  • Saat sudah dekat ring kecepatan berlarinya ditingkatkan
  • Lari dilanjutkan dengan tolakan kaki kemudian melompat menggunakan tumpuan kaki kiri
  • Pada saat meloncat angkat lah lutut kaki sebelah kanan
  • Kemudian lakukan shooting menggunakan tangan kanan

Anda Disarankan saat melakukan tembakan bola arahkan lah ke titik strategis yakni pada sebelah kanan papan pantul, melalui titik inilah akam meredam pantulan yang akan jatuh ke dalam ring. Jika berhasil goal, maka mendarat lah pada titik yang benar dengan santai untuk mengurangi resiko cedera.

Setelah itu kembali ke posisi defense guna mempertahankan keberadaan lawan karena perpindahan possession akan segera dimulai.

2. Cara Melakukan Lay Up dengan Tangan Kiri

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan gerakan lay up shoot menggunakan tangan kiri, diantaranya yaitu:

  • Dimulai dengan men-dribble bola pada garis tembakan bebas
  • Ketika sudah mendekati ring kecepatan berlarinya ditingkatkan
  • Setelah lari kemudian dilanjutkan dengan tolakan kaki kemudian melompat menggunakan tumpuan kaki kanan
  • Pada saat meloncat angkat lah lutut kaki sebelah kiri
  • Kemudian lakukan shooting menggunakan tangan kiri

Anda Disarankan saat melakukan tembakan bola arahkan lah ke titik strategis yakni pada sebelah kiri papan pantul, melalui titik inilah akam meredam pantulan yang akan jatuh ke dalam ring.

Jika berhasil goal, maka mendarat lah pada titik yang benar dengan santai untuk mengurangi resiko cedera. Setelah itu kembali ke posisi defense guna mempertahankan keberadaan lawan karena perpindahan possession akan segera dimulai.

Cara Mengasah Teknik Lay Up Shoot

lay up bola basket
lay up bola basket

Pertama. Semakin dekatnya bola yang di-shoot ke ring, maka akan semakin tinggi kemungkinan kesuksesan lay up. Seperti yang diketahui tempatnya cukup tinggi, maka gerakan loncatan patut ditingkatkan.

Oleh karena itu, bisa dikatakan tujuan lay up adalah untuk mempermudah pemain yang memiliki tubuh kecil mendapat point pada pertandingan bola basket. Lay up menjadi mudah dilakukan apabila pemain telah mampu memahami area ring.

Di sisi lain, lay up merupakan ciri khas dari setiap pemain, karena tidak semua melakukan gerakan dasar yang serupa. Seringlah berlatih tembakan di dekat ring basket di segala sisi. Jangan lupa juga menggunakan pantulan dan berlatih secara continue.

Namun, untuk memudahkan latihan lay up saat pertandingan, maka minta bantuan defender untuk mengawasi gerakan Anda. Sehingga nantinya gerakanmu dituntut lebih kreatif dalam menggiring bola sebelum melakukan loncatan menuju ring.


Demikian ulasan ringkas mengenai teknik lay up bola basket. Mudah-mudahan melalui artikel ini bisa bermanfaat buat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like