Pengertian Bola Voli Mini: Sejarah Hingga Peraturan Permainan

Adahobi – Permainan bola voli mini merupakan permainan yang telah diakui oleh FIVB pada tahun 1971. Bola voli mini dimainkan oleh anak-anak berusia 9 hingga 13 tahun.

Aturan dalam permainan ini ditetapkan oleh masing-masing Federasi Nasional untuk memungkinkan pertandingan antar klub maupun dari sekolah yang berbeda.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai bola voli mini, di sini Adahobi akan membawakan informasi lengkap seputar bola voli dunia untuk menjawan semua pertanyaan yang ada. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian dan Sejarah Bola Voli Mini

Sejarah Singkat Bola Voli Mini
britannica.com

Bola voli mini adalah salah satu bentuk modifikasi dari bola voli standar yang dijadikan materi dalam pendidikan jasmani (Penjaskes) untuk sekolah dasar.

Sejarah Bola Voli Mini sangat berkaitan dengan Bola Voli, karena bola voli mini merupakan hasil modifikasi dari bola voli.

Pertama kali bola voli mini muncul di awal abad ke-20, akan tetapi dari sumber lain mengatakan bawah ide dari permainan bola voli mini ini berasal dari Jerman Timur dan mulai pada tahun 1961.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa bola voli mini sebenarnya berasal dari Jepang, tepatnya di kota Taiki.

Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) telah mengakui keberadaan Bola Voli Mini pada tahun 1971, dan untuk aturan dasar ditetapkan setahun kemudian.

Lalu pada tahun 1975, dunia memutuskan untuk mengadakan konferensi Bola Voli Mini internasional untuk yang pertama kalinya di Swedia dan di hadiri oleh 19 negara.

Baca juga: 7+ Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli

Perbedaan Permainan Bola Voli dan Bola Voli Mini

Perbedaan Permainan Bola Voli dan Bola Voli Mini
meridiancity.org

Tujuan dari bola voli mini adalah untuk memperkenalkan permainan bola voli dan untuk mengasah ketrampilan anak sejak dini.

Dalam permainan ini tentu saja memiliki standar yang berbeda dari permainan bola voli pada umumnya.

Lalu apa saja perbedaan antara permainan bola voli dengan permainan bola voli mini, simak ulasan berikut ini.

1. Ukuran dan Jenis Bola

ukuran bola pada permainan bola voli standar tentu jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bola voli mini.

Jika kita sejajarkan akan terlihat bahwa yang satu adalah bola dengan versi yang di perkecil dan yang satunya di perbesar.

Selain dari ukuran, jenis bola yang digunakan dalam permainan bola voli mini berbeda. Jenis bola dari bola voli mini di rancang berbeda dengan bola standart. Bola voli mini lebih lembut dan ringan untuk mengurangi resiko cedera.

2. Ketinggian NET

Karena bola Voli Mini merupakan permainan yang ditunjukan untuk anak-anak maka ketinggian jaring net menjadi suatu pertimbangan.

Jika ukuran dari NET standar berukuran 243 cm (pria) dan 224 cm (wanita), sedangkan untuk ukran jaring net bola voli mini berukuran 190-200 cm berlaku untuk kedua jenis kelamin.

3. Jumlah Pemain

jumlah pemain dalam permainan bola voli standar beranggotakan 6 pemain. Tetapi dalam permainan bola voli mini, jumlah pemainnya bervariasi antara 2 sampai 6.

Dalam buku panduan yang di terbitkan oleh FIVB menunjukkan bahwa anak-anak yang beranggotakan dengan 4 orang mendapatkan 100% lebih banyak peluang menyentuh bola jika dibandingkan dengan yang beranggotakan 6 orang.

Akan tetapi jika bermain dengan beranggtakan kurang dari 4, mereka akan lebih mudah lelah. Oleh karena itu, permainan bola voli mini sering dimainkan dengan 4 pemain tim.

4. Aturan permainan

Aturan dalam permainan Bola Voli Mini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan permainan dalam bola voli standar.

Aturan menyentuh bola misalnya, untuk permainan bola voli standar, tim tidak boleh menyentuh bola lebih dari 3 kali, tapi untuk bola voli mini, 3 sentuhan bola merupakan kewajiban. Selain itu, aturan dan penilaiannya sama.

Aturan Permainan Bola Voli Mini

Aturan Dalam Permainan Bola Voli Mini
unsplash.com

Seperti yang kita ketahui bahwa peratiran dalam permainan bola voli mini tidak semua negara memiliki peraturan yang sama.

Setiap federasi di masing-masing memiliki aturannya sendiri. Namun di bawah ini adalah aturan permainan dalam bola voli mini secara umum. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sentuhan Dengan Bola

Dalam peraturan bola voli standar, seorang pemain tidak diperbolehkan menyentuh bola lebih dari satu sentuhan secara berturut-turut, dan tim tidak diperbolehkan menyentuh bola lebih dari 3 kali.

Namun, dalam permainan Bola Voli Mini, sebuah tim tidak harus melakukan pembatasan tiga sentuhan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa aturan ini juga tidak di tertapkan di semua negara maupun kompetisi.

Bisa dibilang, aturan mengenai seberapa banyak sentuhan bola dalam permainan bola voli mini sangat fleksibel, tergantung sesuai kesepakatan.

2. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan bola voli mini memiliki banyak variasi dan tidak memiliki patokan ukuran yang ditetapkan. Biasanya mereka menggunakan lapangan yang sudah ada seperti lapangan bulu tangkis atau lapangan lainnya yang bisa digunakan.

Semakin kecil lapangan yang digunakan maka setiap pemain akan mendapatkan bagian lebih dan akan membuat permainan semakin menarik.

Ketika nantinya para pemain bola voli mini ini sudah semakin tumbuh lebih besar, maka ukuran lapangan bisa diperluas lagi. Meskipun hal tersebut akan sedikit mengganggu cara mereka bermain, akan tetapi mereka akan cepat beradaptasi.

3. Komposisi Pemain

Seperti pembahasan diatas, dalam buku peraturan FIVB sendiri tidak menyebutkan berapa banyak jumlah pemain bola voli mini.

Akan tetapi mereka menyarankan jumlah pemain yang telah diuji coba dan ternyata menghasilkan permainan yang lebih menarik dan mampu membantu perkembangan pemain dalam permainan bola voli.

Ukuran tim bola voli mini bisa berisi minimal dua pemain hingga enam pemain. Jumlah ideal disarankan dalam buku panduan FIVB adalah empat pemain.

Bermain dengan kurang dari 4 pemain hanya akan menyisakan banyak ruang dan akan memperburuk permaina,selain itu juga melelahkan.

Dan jika bermain dengan jumlah lebih dari 4 pemain biasanya anak-anak malah akan membuat keributan saja, mereka akan saling mengganggu aliran dan membuat gagal fokus dalam meraih tujuan.

Bermain dengan 4 pemain adalah jumlah yang sangat ideal. Hal ini sudah dilakukan penelitian dan menunjukkan bahwa dengan jumlah ini akan meningkatkan interaksi pemain dengan bola hingga 100% .

4. Durasi Permainan

Sama halnya dengan permainan bola voli standar, durasi dalam permainan Bola Voli Mini juga didasakan pada jumlah poin yang dicetak.

Setiap set permainan bola voli mini mencapai maksimal 15 atau 25 poin, tergantung pada faktor yang di anggap penting oleh penyelenggara.

Biasanya untuk anak yang terlalu kecil, 1 set 15 poin, untuk anak yang sudah besar, 1 set 25 poin.

Selain itu, jika dalam permainan memiliki perbedaan skor 10 poin (biasanya), maka permainan akan di hentikan dan tim pemimpin poin akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

5. Rotasi dan Pergantian Pemain

Pemain bola voli mini yang berada pada barisan depan adalah pemain menyerang dengan setter yang berada di sisi kanan depan dan hitter berada di sisi kiri depan. Sedangkan untuk pemain yang ada di barisan belakang adalah pemain bertahan atau passer.

Ketika permainan sudah dimulai, para pemain dapat bergerak untuk bermain, tetapi mereka tidak dapat bertukar posisi dengan pemain lainnya, mereka dapat bertukar jika waktunya berotasi.

Sedangkan untuk aturan pergantian pemain atau substitusi memiliki banyak variasi. Ada yang membolehkan pergantian pemain secara bebas, ada juga yang hanya membolehkan saat pemain mengalami cedera dan tidak dapat melanjutkan permainan.

6. Penilaian Poin

Sebuah tim dapat mencetak poin saat mereka menyerang ke lapangan lawan, dan bola tidak dapat di kembalikan. Selain menerima satu poin, tim mereka juga mendapatkan bola servis.

Mencetak poin menggunakan servis memang memungkinkan, akan tetapi sebuah tim tidak diperbolehkan mencetak lebih dari 3 poin menggunakan servis.

Ketika sebuah tim telah mencetak 3 dengan servis, maka servis selanjutnya akan diberikan pada tim lawan untuk memulai pertandingan.

Aturan lain yang tak kalah penting adalah batas waktu. Jika sebuah tim memiliki kurang dari 4 pemain dan permainan akan segera di mulai tapi pemain tim belum lengkap maka tim tersebut akan didiskualifikasi dan dinyatakan kalah.

Siapa yang Dapat Bermain Bola Voli Mini?

Siapa yang Dapat Bermain Bola Voli Mini
old.cev.eu

Permainan bola voli mini bukan hanya untuk meningkatkan perkembangan anak dalam bermain bola voli.

Permainan menyenangkan ini juga dapat digunakan oleh pemain bola voli dalam pelatihan menciptakan strategi sebelum pertandingan.

Meskipun sasaran dari permainan ini berusia 6 hingga 12 tahun, namun kenyataannya banyak orangtua dan penggemar baru bola voli memainkan bola voli mini.

Banyak juga pemain profesional bola voli mendapatkan kecintaan bermain voli saat masih anak-anak ketika memainkan olahraga ini.

Secara resmi, bola voli mini ditunjukan untuk anak-anak, namun orang dewasa juga dapat memainkan permainan ini.

Kesimpulan

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia, olahraga ini telah dimainkan lebih dari 200 negara.

Dan untuk bola voli mini merupakan salah satu cara anak-anak dalam memasuki dunia olahraga sejak usia muda.

Hal tersebut merupakan batu loncatan bagi calon bintang olahraga masa depan karena telah mempersiapkan dan mengasah kemampuannya sejak dini.

Tentu hal Ini juga akan menjadi kontribusi besar bagi Federasi Bola Voli Internasional dalam perkembangan anak-anak.


Itulah tadi penjelasan mengenai materi permainan bola voli mini. Pada dasarnya permainan ini hampir sama dengan bola voli standar, hanya saja bola voli mini ditunjukkan untuk anak-anak agar lebih mengenal dan tertarik dengan olahraga bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like