7+ Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli

Adahobi, Block dalam permainan bola voli merupakan pertahanan utama untuk menghalau dan memperlambat serangan lawan agar pemain belakang mampu melakukan serangan balik.

Teknik blocking ini bisa dilakukan oleh satu sampai tiga pemain. Di dalamnya terdapat block tunggal, ganda dan block 3 pemain.

Untuk dapat melakukan teknik blocking bola voli, kamu harus memiliki pemahaman, kecepatan dan strategi.

Pengertian Block Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, blocking adalah saat kamu menghalau atau menangkis bola dari serangan tim lawan.

Tanggung jawab utama sebgai seorang blocker adalah memblok bola kembali ke lapangan tim lawan atau minimal bisa menahannya.

Anggap saja seperti keeper dalam permainan sepak bola, kamu harus berusaha menahan bola dengan menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Jenis Blocking Berdasarkan Jumlah Pemain

Block Dalam Permainan Bola Voli
pinterest.com

Macam-macam teknik blocking berdasarkan dari jumlah pemain yang melakukan block ada 3, yaitu pemain tunggal, ganda dan 3 pemain.

Untuk lebih jelasnya silahkan simkan penjelasan dibawah ini.

1. Blocking Tunggal

Teknik block dalam permainan bola voli yang pertama adalah blocking tungal. Meskipun block yang dilakukan oleh 1 pemain bukanlah teknik blocking yang efektif, tetapi hal ini memungkinkan pemain baris belakang membaca serangan lawan dan mencegahnya mencetak poin.

Saat kamu bermain bola voli dengan permainan yang intens, tim kamu mungkin panik dan terpencar, melakukan block dengan satu pemain adalah hal yang tepat dilakukan dengan kondisi tersebut.

Sehingga tim kita dapat fokus bertahan dan bersiap melakukan serangan balik.

Baca juga: 8+ Teknik Shooting Bola Basket Beserta Gambar

2. Blocking Ganda

Disebut blocking ganda apabila dua pemain melakukan blocking dan memfokuskan perhatian pada pemain lawan yang sedang  melakukan serangan berupa smash atau tipuan.

Siapa pun pemain yang paling dekat dengan penyerang lawan akan menjadi blocker utama.

Untuk rekan satu tim di sebelahnya perlu masuk dan ikut membantu dengan berbaris sedekat mungkin dalam membangun tembok pertahanan.

3. Blocking Tiga Pemain

Dengan adanya tangan lebih banyak dalam memblokir bola dan menghalangi serangan, teknik blocking permainan bola voli dengan tiga pemain adalah jenis yang paling efektif.

Ketiga pemain baris depan melompat secara bersamaan untuk melakukan blok serangan lawan. Teknik ini sangat efektif dilakukan saat mengahadapi pemain lawan yang menggunakan smash keras.

Jika kamu bisa membuat tembok yang kokoh dengan cepat, hitter akan dipaksa untuk melakukan tembakan dengan ruang sempit yang akan membuat barisan belakang timmu lebih mudah menahan bolanya.

Kondisi ini sering terjadi pada posisi tengah, karena hal tersebut pemain tengah akan menjadi blocker utama yang menutup celah serangan.

Teknik Strategi Blocking Bola Voli

Strategi Blocking Bola Voli
elearn.id

Kebanyakan dari peran sebagai blocker adalah mengejutkan dan memberi tekanan pada pemukul/hitter lawan dengan menggunakan teknik maupun strategi blocking yang tidak dapat diprediksi.

Disini penting untuk kamu memiliki beberapa strategi cadangan apabila kamu menghadapi pemukul yang kuat. Nah, berikut ini adalah beberapa strategi blocking dalam permainan bola voli.

1. Strategi Soft Blocking

Soft blocking adalah bentuk blocking bola voli yang dilakukan oleh blocker dengan tujuan memperlambat smash lawan sehingga mampu mempertahankan permainan.

Teknik ini sangat efektif saat kamu menghadapi lawan yang terus menerus melakukan smash.

Cara melakukan soft blocking yaitu dengan melompot tinggi lalu arahkan telapak tangan sedikit kebelakang saat memblok bola.

Hal ini bertujuan untuk memperlambat dan membelokkan bola ke atas sehingga rekan satu tim bisa meraihnya.

2. Strategi Hard Blocking

Teknik blocking yang satu ini adalah kebalikan dari teknik soft blocking, karena fungsi dan tujuan hard blocking adalah untuk menangkis serangan lawan dan mencetak poin.

Kesalahan yang sering terjadi saat melakukan hard blocking adalah blocker mengarahkan telapak tangga ke belakang, seharusnya kedepan. Jika seperti ini, bukannya hard blocking malah menjadi soft blocking.

3. Strategi Split Blocking

Jika kamu bermain bola voli dan berhadapan dengan hitter yang terus menerus memukul bola di sekitar blocker dengan tajam, cara menghentikannya yaitu dengan split blocking.

Akan tetapi strategi ini bukan sesuatu yang terjadi secara mendadak, kamu perlu melakukan perencanaan denan rekan satu tim.

Jika, sudah maka buatlah terkejut hitter dengan kemuculan blocker lain secara tiba-tiba.

4. Strategi Solo Blocking

Seorang blocker membutuhkan strategi saat mereka terjebak untuk memblokir sendirian. Nah disinilah kamu perlu melakukan strategi solo blocking.

Caranya yaitu dengan berdiri sejajar atau agak kesamping dari hitter, lalu melompat dan baca pergerakan hitter, selanjutnya kamu bisa mempersempit ruang tembak atau langsung mem-block bola. Tentu hal ini tergantung situasi dan kondisi.

Beberapa Tips Untuk Blocker

Tips Untuk Blocker
bebasketik.com

Berikut adalah beberapa tips penting untuk para blocker agar melakukan blocking dengan baik dan benar.

  • Sebagai seorang blocker kamu harus tetap berada di dekat net dan selalu waspada dengan serangan lawan.
  • Kamu juga perlu meningkatkan keterampilan dalam membaca pergerakan lawa. Jika kamu mampu membaca lawan khususnya hitter, hal tersebut akan membuat pertahanan timmu semakin kokoh.
  • Perhatikan pemain lawan yang akan memukul bola, lalu fokuskan perhatianmu pada pemukul tersebut.
  • Posisi sikap seorang blocker, telapak tangan harus menghadap pada jaring net setinggi bahu, siku ditekuk, tangan ke dalam.
  • Jika setter lawan melompat untuk memberikan umpan, kamu jangan melompat bersamanya, tunggu dan perhatikan gerakkanya untuk mengetahui ke mana dia akan mengirim.
  • Saat kamu meregangkan tangan untuk memblokir bola, berhati-hatilah agar tidak menyentuhnya jaring net.
  • Dan yang tak kalah penting yang perlu kamu ingat adalah bahwa kamu hanya boleh melompat setelah penyerang dari tim lawan melompat. Jika kamu melompat sebelum atau bahkan bersamaan, hal itu terlalu cepat dan akan membuatmu kehabisan lompatan sehingga kamu akan turun saat bola melewati net. Hal ini sangat fatal.
  • Saat kamu melakukan blocking ganda atau tripel, pastikan untuk melompat secara bersamaan. Hal ini sangat penting!

Catatan Penting Untuk Blocker

Meskipun kamu ingin selalu membawa timmu pada kemenangan, akan tetapi saat kamu melakukan blocking, kamu harus bermain sesuai dengan aturan yang ada.

Nah, aturannya disini mengatakan bahwa kamu tidak boleh menghalangi lawan saat hendak menyerang. Maksudnya apa? Jadi, kamu tidak bisa memblok bola sebelum hitter atau pemukul tim lawan sempat memukulnya.

Aturan ini memang benar adanya. Untuk menjunjung permainan yang adil dan sportif, aturan membuat batasan-batasan tertenu.

Untuk lebih jelasnya begini, jika lawanmu mendapatkan bola, bola sedang menuju ke arah hitter dan kamu memblokir bola sebelum hitter tim lawan dapat memukulnya, wasit akan memperingatimu dan memberikan poin kepada tim lawan.

Jadi kamu harus mengingat peraturan ini.


Itulah tadi pembahasan lengkap seputar block dalam permainan bola voli, mulai dari pengertian blocking, jenis blocking, hingga teknik dan strategi blocking bola voli.

Semoga dengan adanya artikel tersebut dapat menjadi pengetahuan dan meningkatkan skill dalam bermain bola voli. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like