Adahobi, Kegiatan pramuka merupakan salah satu wujud upaya bela negara untuk meningkatkan kemandirian dan skill para anggota pramuka baik penggalang, penegak dan pandega.

Ada berbagai macam kegiatan pramuka menarik yang biasa diadakan baik bersekala nasional maupun lokal di sekolah, kecamatan maupun kabupaten untuk jenjang pendidikan SD, SMP maupun SMA.

Biasanya kegiatan pramuka tersebut dilakukan setelah penerimaan tamu ambalan, liburan tengah semester ataupun acara-acara tertentu menjelang hari peringatan pramuka nasional.

Salah satu contoh kegaitan pramuka tingkat nasional dan yang paling dinanti disebut dengan jambore nasional, namun ada pula kegiatan kecil lainnya yang tidak kalah seru terutama di masa pandemic covid-19 seperti sekarang ini.

1. Estafet Tunas Kelapa

Estafet Tunas Kelapa

Kegiatan pertama yang direkomendasikan untuk kegiatan Pramuka adalah Estafet Tunas Kelapa. Kegiatan ini kurang lebih merupakan acara kirab, dengan anggota dari siswa pramuka yang dilakukan secara estafet.

Karena kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak kwartir daerah, maka anggota pramuka yang akan hadir dan turut berpartisipasi di dalamnya biasanya dalam jumlah yang besar mulai dari  anggota pramuka tingkat siaga, penggalang, hingga dewan ambalan diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Para peserta kirab akan berangkat dalam beberapa titik pemberangkatan, kemudian akan diatur sedemikian rupa sehingga semua peserta berakhir di arena atau tempat yang sama. Nantinya semua anggota kirab akan berkumpul di tempat yang akan digunakan untuk kegiatan lebih besar, seperti ulang tahun pramuka atau aktivitas perkemahan.

2. Jota dan Joti

Kegiatan Jota dan Joti Pramuka

Jota adalah istilah yang digunakan untuk menyebut acara jambore yang diselenggarakan oleh ORARI (Organisasi Radio Amatir Indonesia). Jambore yang dilakukan ini bersifat on-air, dari nama itulah jambore tersebut kemudian disebut JOTA. 

Sedangkan kegiatan yang kedua adalah JOTI, kata tersebut merupakan akronim dari Jambore on the Internet yang dilakukan oleh pihak yang sama. Berbeda dengan Jota yang dilakukan secara on-air, maka Joti dilakukan dengan gaya online.

Untuk kegiatan yang dilakukan secara offline, kurang lebih ia dibuat sebagaimana kegiatan jambore pramuka pada umumnya. Sedangkan untuk jambore online, kegiatannya akan disesuaikan sehingga bisa dilakukan dengan bantuan perangkat daring.

3. Pesta Siaga

Kegiatan Pesta Siaga Pramuka

Anggota siaga merupakan anggota pramuka yang berada di tingkat dasar, di Indonesia senidiri biasanya berusia antara 7-12 tahun. Anggota siaga kebanyakan merupakan anak-anak yang berada di jenjang sekolah dasar, sehingga kegiatan yang dilakukan lebih bersifat menyenangkan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk pramuka siaga adalah pesta siaga, acara ini merupakan kegiatan pramuka yang rutin diadakan dengan model pelaksanaan yang edukatif dan ringan.

Adapun contoh kegiatan didalamnya yang sering dilakukan adalah mengadakan permainan antar anggota siaga, mengadakan pameran dari hasil karya pramuka siaga, hingga bermain drama kepramukaan yang juga dilakukan oleh anggota siaga.

4. Lomba Tingkat

Lomba Tingkat

Rekomendasi kegiatan selanjutnya adalah lomba tingkat yang ditujukan untuk anggota tingkat pramuka penggalang. Pramuka penggalang merupakan anggota pramuka yang berusia antara 12-15 tahun dan berada di jenjang pendidikan SMP sederajat.

Kegiatan lomba tingkat biasanya dimulai di ranting cabang, dan terus naik hingga menuju ranting pusat. Di dalam kegiatan perlombaan tersebut, disediakan beragam lomba yang menampilkan kepaawaian anggota penggalang dalam memahami materi-materi pramuka.

Anggota pramuka penggalang yang tertarik untuk mengikuti kegiatan lomba tingkat biasanya dikelola oleh sekolah dan dibina dengan baik. Berbagai lomba yang disediakan bisa dilakukan oleh regu penggalang atau perseorangan, sesuai dengan jenis lomba yang dipilih.

5. Jambore

Kegiatan Jambore Pramuka

Kegiatan jambore merupakan kegiatan yang dikhususkan untuk anggota tingkat pramuka penggalang. Jadi untuk anggota siaga, pandega dan dewan ambalan tidak diperkenankan untuk ikut serta dalam acara ini.

Kegiatan jambore biasanya dilakukan dalam skala besar dan mengundang anggota penggalang dari berbagai daerah. Jambore ini bisa dilaksanakan oleh pramuka pusat ataupun pramuka daerah setingkat provinsi.

Meski demikian, kini jambore bisa dilakukan dan digelar oleh kwartir cabang, ranting hingga daerah sekaligus. Untuk mereka yang terpilih, bisa mengikuti kegiatan pramuka jambore internasional di luar negeri.

6. Gladian Pimpinan Regu

Gladian Pimpinan Regu

Setiap jenjang anggota pramuka, umumnya tersedia regu-regu dimana sekelompok anggota akan dijadikan satu. Nama dari regu ini diambil dari nama-nama yang telah ditentukan, yang akan merepresentasikan regu tersebut dan membedakannya dari regu yang lain.

Kegiatan ini hanya diperbolehkan untuk diikuti jenjang pramuka penggalang, itupun hanya pimpinan regu utama dan wakilnya. Kegiatan ini bukan dimaksudkan untuk mengistimewakan salah satu anggota saja, melainkan untuk memberikan materi tambahan kepada ketua dan wakil regu sehingga bisa memberikan pengajaran yang lebih maksimal kepada anggotanya.

Materi yang diajarkan dalam kegiatan ini cukup beragam, biasanya adalah manajerial kepemimpinan serta materi lanjutan mengenai kepramukaan.

Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan yang dikelola oleh kwartir cabang, yang nantinya akan turun menuju kwartir ranting dan gugus depan sebagai satuan terkecil. 

7. Perkemahan Bakti

Perkemahan Bakti

Masih untuk pramuka tingkat penggalang, kegiatan pramuka Perkemahan Bakti adalah kegiatan perkemahan sekaligus acara bakti kepada masyarakat. Setelah kegiatan perkemahan dilakukan, maka disisipkan kegiatan bakti untuk masyarakat sebagai bentuk refleksi dari sifat-sifat sejati pramuka.

Kegiatan bakti yang dilakukan beraneka ragam, bisa disesuaikan dengan waktu dan ruang lingkup yang ingin dicapai. Biasanya kegiatan bakti yang dilaksanakan mulai dari bersih lingkungan, ikut dalam kegiatan pembangunan masyarakat hingga bakti sosial.

Perkemahan bakti diisi dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan, bisa berupa api unggun, perlombaan, hingga unjuk kebolehan dan pentas. Meski demikian, tidak sedikit perkemahan bakti dilakukan untuk menambah teman dan kegiatan komunikatif untuk mempertemukan para anggota pramuka.

8. Penjelajahan

Penjelajahan Pramuka

Penjelajahan biasanya dilakukan oleh anggota pramuka penggalang, namun kini ia sudah bisa dilakukan hampir di semua jenjang anggota pramuka. Tentunya untuk setiap jenjang disediakan medan dan kesulitan yang berbeda untuk memudahkan anggota pramuka menyelesaikan penjelajahan.

Penjelajahan dilakukan di alam terbuka, dan bisa dilakukan baik beregu ataupun secara mandiri. Anggota yang mengikuti kegiatan penjelajahan akan menggunakan peta atau kompas untuk menemukan jalan, serta menyelesaikan berbagai praktik kepramukaan yang disediakan di dalam beberapa pos di medan penjelajahan.

Kegiatan pramuka ini dibuat bukan tanpa alasan, ini dimaksudkan agar anggota pramuka tidak kesulitan dengan menghadapi alam ketika untuk bertahan hidup. Medan yang dibuat juga dibuat senatural mungkin agar anggota pramuka yang ikut terbiasa dengan medan yang ada di sekelilingnya.

9. Forum Penggalang

Forum Penggalang

Kegiatan menarik selanjutnya adalah kegiatan forum penggalang, yang merupakan kegiatan kepramukaan khusus untuk jenjang pramuka penggalang. Meski demikian, kini sudah sering ditemukan kegiatan dengan tingkatan yang berbeda, misalnya forum dewan ambalan atau forum Pembina.

Di dalam kegiatan tersebut, anggota pramuka penggalang akan membahas suatu masalah kemudian mencari solusi yang tidak merugikan pihak lain. tujuan dari kegiatan ini sederhana, ia dimaksudkan untuk membuat anggota pramuka menerapkan materi kepramukaan yang telah dipelajari.

Selain itu kegiatan pramuka ini juga digunakan sebagai ajang untuk bertukar pikiran untuk menyelesaikan suatu masalah yang terjadi. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan anggota pramuka akan semakin bijak dan tidak mudah menyerah ketika menerima masalah.

10. Upacara dan Kemah Pramuka

Kemah Pramuka

Hari ulang tahun pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus pasti akan dirayakan oleh semua anggota pramuka dari berbagai jenjang. Ketika hari ulang tahun tiba, maka kegiatan perkemahan dan upacara kepramukaan akan dikoordinir dan dilakukan.

Pihak yang mengelola dan mengkoordinir kegiatan tersebut beragam, kadang dari ranting cabang ataupun ranting daerah di suatu kota. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua anggota pramuka yang tergabung dalam berbagi tingkatan, dari siaga hingga dewan ambalan.

 

Selain yang telah disebutkan diatas, ada pula kegiatan pramuka yang sifatnya untuk penanaman nilai terhadap peserta didik agar lebih toleran, disiplin, jujur, mandiri dan demokratis diantaranya seperti :

  • Keterampilan PPGD

PPGD adalah kegiatan kepramukaan yang berfokus pada pelatihan pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

  • Ketangkasan Pionering

Pionering adalah kegiatan pramuka yang sangat menantang dan menarik peserta didik untuk turut serta karena didalamnya akan diajarkan cara membuat penara pandang, gapura, jembatan goyang.

  • Kegiatan Pengembaraan

Pengembaraan adalah kegiatan pramuka bertemakan jalan-jalan di alam bebas dengan berbagai rintangan yang harus dihadapi. Adapun dari kegiatan pengembaraan ini diharapkan bisa membentuk karakter yang mandiri, lebih peduli lingkungan, kerjasama dan kepemimpinan.

  • Keterampilan Tali Temali

Keterampilan tali temali merupakan kegiatan pramuka untuk melatih ketangkasan seperti memasang tenda, membuat tandu dan membuat tiang bendera dengan memanfaatkan teknik tali temali.

  • Keterampilan Baris-Berbaris

keterampilan baris-berbaris merupakan kegiatan yang akan selalu diajarkan dalam kepramukaan untuk melaksanakan instruksi dan perintah melalui gerakan-gerakan fisik. Adapun kegiatan ini difokuskan untuk melatih kekompakan regu, keserasian dan kekompakan.

  • Keterampilan Semaphore dan Morse

Keterampilan ini merupakan kegiatan yang diajarkan untuk memahami bahasa sandi dalam kepramukaan. Yang membedakan antara semaphore dan morse hanyalah media yang digunakan saja.

Baca juga : 45+ Contoh Sandi Rumput Beserta Cara Menulis & Membaca

  • Keterampilan Membaca Sandi Pamuka

Ini merupakan kegiatan penyampaian pesan rahasia yang telah disepakati dalam dunia kepramukaan. Ada berbagai macam sandi dengan cara dan metode yang unik di dalamnya.

 

Selain itu kegiatan pramuka yang dilaksanakan di masing-masing tingkatan pramuka diharapkan bisa membentuk karakter peserta didik dan juga meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like