AdaHobi, Permainan Pramuka – Pramuka atau praja muda karana adalah organisasi nonformal yang bergerak dalam bidang pendidikan kepanduan di Indonesia.

Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya, karena hal tersebutlah yang membuat kegiatan ini banyak diikuti oleh anak muda.

Pramuka memiliki kegiatan positif yang beraneka ragam, mulai dari perkemahan, jambore, perlombaan, petualangan hingga permainan pramuka.

Permainan pramuka sendiri ada banyak sekali macamnya, permainan ini biasa diikuti oleh pramuka aiaga, penggalang, penegak hingga pandega.

Lalu, seperti apa permainan pramuka paling seru? simak ulasannya di bawah ini.

1. Permainan Pramuka Petani dan Pencuri

permainan petani dan pencuri
youtube.com

Pertama-tama, pemain membentuk lingkaran bersama, dan jangna lupa untuk memilih seorang anak yang menjadi pencuri.

Si pencuri harus di luar lingkaran. Selanjutnya kita pilih seorang anak yang akan menjadi petani. Jangan lupa letakan sebuh benda di tengah lingkaran.

Permainan dimulai. Si pencuri berjalan diluar lingkaran, dan dia boleh masuk lingkaran dari mana saja, selanjutnya dia mencuri benda yang ada di tengah lingkaran tadi.

Nah, tugas petani di sini adalah menangkapnya saat si pencuri menyentuh benda tersebut.

Jika suda menyentuh benda tadi, pencuri harus lari keluar dari lingkaran melalui jalan yang di laluinya tadi, dan dia akan menang jika berhasil keluar lingkaran tanpa tertangkap si petani.

Jika pencuri tertangkap, maka petani tadi akan berganti menjadi pencuri dan memilih petani baru.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kecepatan
Jumlah pemain Bebas
Waktu 8-10 menit
Peralatan Benda apa saja

Baca juga: 9+ Satuan Karya Pramuka di Indonesia

2. Permainan Pramuka Rebut dan Rampas

permainan rebut dan rampas
pinterest.com

Pertama-tama, semua berkumpul untuk membentuk lingkaran dengan jarak kurang-lebihi 1 meter.

Jika sudah terbiasa bermain permainan pramuka rebut rampas ini bisa menggunakan jarak yang agak jauh.

Selanjutnya, setiap anak anak di haruskan untuk memegang tongkatnya masing-masing dengan posisi berdiri tegak.

Bila nanti mendengar suara “ya”, maka setiap anak diharuskan untuk melepaskan tongkatnya dan dengan cepat mereka harus menangkap tongkat teman yang berada di sebelah kanannya. Apabila ada yang terdapat gagal menagkap tongkat, maka ia akan dikeluarkan dari permainan.

Permainan pramuka yang satu ini cukup digemari dan menyenangkan karena memiliki beberapa variasi.

Jarak antara satu orang dengan orang lainnya dapat diperlebar jika memang mereka sudah terbiasa. Perintahnya pun bisa diganti dengan menyebutkan “kiri” atau “kanan”.

Jika menginginkan permainan rebut dan rampas ini lebih lama lagi, kamu bisa mengeluarkan pemain jika gagal menakap tongkat 3 kali.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kecekatan
Jumlah pemain Bebas
Waktu 10 menit
Peralatan Tongkat

3. Permainan Siaga Musang dan Ayam

permainan musang dan ayam
kemenag.go.id

Permainan pramuka satu ini paling sering dimainkan di saat istirahat kegiatan pramuka. Permainan musang dan ayam berguna untuk melatih adik-adik peserta agar selalu siap siaga dalam mempertahankan Bentengnya.

Game ini menjadi salah satu favorit peserta pramuka karena memberikan kesan keseruan yang tidak bisa dilupakan.

Dalam game ini terdiri dari 2 regu, masing2 regu mengirimkan satu peserta untuk menjadi musang atau ayam.

Tugas musang yang berada di luar lingkaran adalah untuk menangkap ayam yang berada di dalam lingkaran sampai menyentuhnya.

Musang dikatakan berhasil jika sudah menangkap ayam, dan ayam yang tertangkap akan menjadi musang dan diharuskan untuk memburu ayam lainnya agar terlepas dari kutukan musang.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kecekatan
Jumlah pemain Bebas
Waktu 7-10 menit
Peralatan

4. Raja dan Ratu Permainan Pramuka Seru

permainan raja dan ratu
pixabay.com

Permainan pramuka ini dilakukan dengan cara membentuk sebuah barisan yang saling berhadap-hadapan, barisan sebelah kiri adalah ratu dan sebelah kanan adalah raja.

Dan di belakang dari barisan tersebut, sejauh kurang lebih 15 meter terdapat sebuah tonggak sebagai pembatas.

Selanjutnya, jika ada pembina yang memberikan instruksi dengan menyebut “Raja“, maka barisan sebelah kanan akan balik kanan dan lari menuju ke tonggak pembatas.

Dan barisan sebelah kiri (ratu) akan berusaha mengejar barisan raja untuk menepuk bahu mereka.

Bagi peserta yang kena tepuk sebelum tonggak batas akan di nyatakan gugur. Dan pemenangnya adalah peserta yang memiliki anggota regu paling banyak.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih konsentrasi dan kekompakan
Jumlah pemain Bebas
Waktu 5-7 menit
Peralatan Tonggak

5. Arung Jeram Game Pramuka Penggalang Seru

permainan arung jeram
deweezz.com

Arung jeram merupakan permainan pramuka yang berguna untuk melatih kekompakan dan strategi masing-masing regu.

Untuk memainkan permainan ini, pertama-tama semua anggota regu akan duduk melingkar dengan posisi kedua kaki diselonjorkan.

Setiap anggota di haruskan untuk memegang tali dengan jarak antar anggota sekitar 1 meter. Selanjutnya, semua anggota di haruskan untuk berdiri secara bersamaan.

Dan yang membuat permainan ini susah adalah pada saat hendak berdiri, lutut kita tidak boleh ditekuk, posisi lutut harus tetap lurus.

Setelah berhasil berdisi bersama-sama dengan kondisi tersebut, selanjutnya semua anggota harus duduk kembali secara bersamaan. Dan yang terpenting jangan sampai ada yang jatuh.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kekompakan kerjasama tim
Jumlah pemain Bebas
Waktu 5 menit
Peralatan Tali

6. Permainan Pramuka Tongkat Stick Goyang

permainan tongkat goyang
youtube.com

Permainan pramuka lainnya yang tak kalah seru adalah permainan stick goyang. Permainan yang melatih kerjasama tim dan mengaharkan toleransi ini cukup sering dimainkan pada saat ada acara kepramukaan.

Cara mainnya cukup mudah, setiap peserta diharuskan untuk memegang seutas tali. Selanjutnya kita siapkan sebuah tongkat bambu yang nantinya kita pasang dengan seutas tali tadi. Lalu kita tarik tali tadi sampai kencang.

Nah, pemenangnya disini ditentukan oleh regu yang berhasil menempuh waktu tercepat denga catatan balok bambu tadi tidak pernah terjatuh.

Rintangan dalam permainan stick goyang ini dapat dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga membuat permainan ini semakin menantang.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kerjasama tim dan toleransi
Jumlah pemain Bebas
Waktu 7 menit
Peralatan Tali, balok, halang rintang

7. Permainan Buat Barisan Siaga Pramuka

permainan pramuka buat barisan
deweezz.com

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengenal lebih dekat siapa diri mereka, selain itu permainan buat barisan sangat berguna untuk melatih kerjasama tim.

Untuk memainkan permainan ini yang pertama harus dilakukan adalah membagi peserta menjadi 2 kelompok.

Masing-masing kelompok akan membentuk barisan, barisan tersebut dibentuk berdasarkan kriteria tertentu sesuai keinginan pemandi. Biasanya dipilih berdasarkan usia, tinggi badan, model rambut dan lain sebagainya.

Terakhir, pemandu akan memberikan waktu sekitar 10 detik, selanjutnya selesai atau belum selesai melaksanakan instruksi tadi, kelompok diharuskan untuk berjongkok.

Selanjutnya kita akan saling mengecek apakan kelompok lawan telah melaksanakan instruksi tadi dengan benar.

Dalam permainan buat barisan ini pemenangnya ditentukan oleh kelompok yang dapat melaksanakan instruksi dari pembina dengan cepat dan benar.

Detail Penjelasan
Tujuan Mengenal diri
Jumlah pemain Bebas
Waktu 1 menit
Peralatan

8. Permainan Pramuka Bercermin

permainan pramuka bercermin
detik.net

Permainan bercermin ini sangat cocok dimainkan pada malam hari, karena dalam permainan ini bertujuan untuk mengungkapkan perasaan dengan jujur.

Cara bermainnya sangat mudah. Pertama-tama peserta harus memilih pasangannya dan berdiri saling berhadapan.

Posisi tangan berada diatas dengan jarak kira-kira sejengkal dari pasangan masing-masing. Selanjutnya, masing-masing peserta harus menirukan gerakan dari pasangannya. Seperti sebuah cermin, begitulah cara permainan ini.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih keberanian
Jumlah pemain 2 orang
Waktu 3 menit
Peralatan

9. Permainan Gerobak Dorong Pramuka Siaga

permainan gerobak dorong
youtube.com

Permainan pramuka penegak seru ini paling cocok dimainkan oleh laki-laki. Untuk memainkan gerobak dorong, pertama-tama mari kita bentuk barisan ke samping.

Selanjutnya kita pilih 2 orang peserta untuk menjadi wakil dari masing-masing regu. Nah, untuk 2 peserta ini posisinya yang satu berdiri dan yang satunya lagi, posisi kedua tangannya berada di tanah sebagai tumpuan dan kakinya di angkat oleh peserta yang berdiri tadi.

Selanjutnya jika sudah terdengar instruksi “Gerobak Dorong” dari pembina, maka peserta segera berjalan cepat-cepatan menuju garis finish yang telah di tentukan.

Pemenang dari permainan ini tentu saja peserta yang paling cepat sampai pada garis finis.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kegigihan
Jumlah pemain 2 orang
Waktu 2 menit
Peralatan

10. Permainan Pramuka Outdoor Loncat Berantai

permainan loncat berantai
youtube.com

Loncat berantai adalah permainan pramuka yang bagus dilakukan karena berguna untuk melatih kekuatan, kecepatan, mental dan juga kekompakan regu.

Cara bermain loncat berantai cukup sederhana, pertama setiap regu harus membuat barisan lurus kedepan yang jaraknya masing-masing satu sampai dua meter. Selanjutnya, peserta membungkuk kedepan 90 derajat atau sejajar lutut.

Setelah diberi aba-aba dan permainan dimulai, maka peserta permainan yang paling belakang harus melompati teman yang ada di depannya.

Setelah peserta pertama tadi melewati temannya yang membungkuk, maka peserta tersebut harus membungkuk lagi, selanjutnya peserta yang paling belakang harus melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh peserta pertama.

Lompatan tersebut berakhir jika sudah ada peserta yang memasuki garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat sampai garis finis.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kekompakan dan fisik
Jumlah pemain minimal 2 orang
Waktu 5-10 menit
Peralatan

11. Permainan Pramuka Siaga Petik Lari

permainan pramuka petik lari
klimg.com

Permainan pramuka yang juga menghibur selanjutnya adalah petik lari. Cara memainkan permainan ini, pertama-tama buat 2 barisan berbanjar 1 dengan jarak 15 meter.

Selanjutnya jika permainan telah dimulai, barisan pada banjar 1 maju menuju banjar 2 sampai jarak mereka 1 lengan dan saling berhadapan.

Kemudian yang berada pada barisan banjar 2 mengulurkan telapak tangannya untuk bagian dipetik, selanjutnya semua peserta yang berada pada banjar 1 bertugas untuk memetik/menepuk telapak tangan banjar 2.

Setelah peserta banjar 1 menepuk telapak tangan banjar 2 maka segeralah untuk berlari menuju ke tempat awal.

Semua peserta dari banjar 2 yang bertugas untuk di petik kemudian mengejar peserta banjar 2 sampai gari batas semula.

Untuk peserta yang tertangkap atau terkena tepukan harus berhenti, dan untuk peserta yang berhasil menepuk akan mendapatkan poin 1. Pemenang dari permainan pramuka ini adalah regu yang memiliki poin paling banyak.

Detail Penjelasan
Tujuan Melatih kelincahan
Jumlah pemain Bebas
Waktu 4-5 menit
Peralatan

Itulah tadi kumpulan permainan pramuka paling seru yang bisa dimainkan oleh pramuka siaga, penggalang, penegak hingga pandega. Semoga artikel ini dapat menginspirasi agar permainan pramuka lebih bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like