7 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas yg Sederhana

AdaHobi, Cara membuat rak sepatu dari barang bekas –  Rak sepatu adalah tempat penyimpanan yang dibuat dan rancang khusus untuk menyimpan sandal ataupun sepatu. Untuk membuat rak sepatu dari barang bekas tidak dibutuhkan banyak biaya, namun diperlukan kreativitas untuk menyusun setiap rangkaian barang bekas yang digunakan.

Ada berbagai macam barang bekas yang bisa digunakan seperti plastik, botol, kardus, kayu, triplek, bambu dan paralon. Keseluruhan barang bekas tersebut bisa kita manfaatkan untuk menjadi sebuah kerajinan yang bernilai sekaligus sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan atas pengolahan limbah yang ada.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi cara membuat rak sepatu dari barang bekas yang sederhana, simple, mudah, unik dan minimalis. Berikut ini kami hadirkan beberapa contoh desain untuk Anda semua.

Cara Membuat Rak Sepatu Dari Barang Bekas yang Sederhana

Ada beberapa pilihan cara membuat rak sepatu dari barang bekas yang bisa Anda jadikan referensi. Selain itu juga ada beberapa desain rak sepatu yang bisa Anda pilih sehingga tanpa perlu pusing-pusing bagaimana kontruksinya.

1. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik

Bagaimana bisa plastik dijadikan rak sepatu? mungkin itu pertanyaan beberapa orang di antara kalian. Cukup unik dan menarik memang plastik bisa dijadikan rak sepatu karena jarang sekali ada orang yang menggunakannya.

Untuk anda yang mau tau cara pembuatannya berikut alat dan baha, serta cara membuatnya.

Alat:

  1. Gunting
  2. Penggaris

Bahan:

  1. Kantong Plastik
  2. Stik Es Krim
  3. Gelang Karet

Langkah-langkah:

  1. Langkah Pertama, siapkan kantong plastik kemudian potong pakai gunting pada tiap ujung atas dan bawah plastik sehingga ukurannya 28 cm x 26 cm untuk bagian tatakan rak sepatu.

    LAngkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik
    AdaHobi

  2. Langkah Kedua, potong kantong plastik dengan ukuran 16 cm x 26 cm untuk bagian samping rak sepatu sebanyak 10 lembar.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik
    AdaHobi

  3. Langkah Ketiga, potong pucuk stick es krim yang melengkung dan kemudian susun sampai panjangnya 28 cm, 32 cm sebanyak 24 batang dan 100 cm sebanyak 4 batang.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik
    AdaHobi

  4. Langkah Keempat, ambil 5 lembar plastik berukuran 26 x 16 cm, 2 batang stick es kirm dengan panjang 100 cm dan 12 batang stick eskrim 32 cm. Kemudian susun plastik dengan memasukkan kolomnya dengan stik 100 cm. Setelah itu setiap sudut stik es krim yang tersusun diikat menggunakan karet gelang sehingga hasilnya seperti gambar berikut ini. Buat bagian ini sebanyak 2x karena akan digunakan untuk sisi kiri dan sisi kanan rak sepatu.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik
    AdaHobi

  5. Langkah Kelima, setelah kedua sisi rak sepatu jadi maka selanjutnya adalah menyatukan kedua sisi terebut dengan menggunakan stick eskrim yang ukuran panjangnya 24 cm. Sebelum sisi satunya disatukan masukan dulu plastik yang akan digunakan sebagai tatakan sepatu atau sandal baru setelah itu disatukan dengan sisi sebelahnya dan diikat denan karet.

    Langkah 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas dari Plastik
    AdaHobi

Nah seperti itulah cara membuat rak sepatu dari plastik yang bisa Anda tiru di rumah. Untuk anda yan mempunyai limbah atau plastik bekas yang jumlahnya cukup banyak, cara ini bisa menjadi solusi alternatif dalam cara membuat rak sepatu dari barang bekas.

2. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Botol

Alternatif kedua tentang bagaimana cara membuat rak sepatu dari barang bekas yaitu dengan menggunakan botol. Karena diluaran sana ada banyak sekali limbah botol minuman baik itu air meneral maupun bersoda yang terbuang begitu saja.

Padahal kita bisa menggunakan botol-botol bekas itu untuk suatu kerajinan yang bermanfaat serta melatih skill kreatifitas kita dalam m,engolah sampah. Salah satunya adalah dengan mengubah botol bekas menjadi rak sepatu.

PEnasaran apa saja peralatan dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya? Mari simak cara membuat rak sepatu dari barang bekas botol berikut ini.

Alat:

  1. Ember
  2. Meteran
  3. Spidol
  4. Penggaris
  5. Gergaji
  6. Lem Bakar

Bahan:

  1. Botol Bekas
  2. Air dan Pewarna
  3. Papan Kayu

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, masukkan air dan pewarna kedalam ember kemudian di aduk hingga air dan pewarna menyampur menjadi satu. Untuk warna yang digunakan bisa memilih sesuai dengan selera sobat hobi sekalian.

    Langkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Botol
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, masukkan air yang sudah berwarna tadi kedalam wadah botol yang hendak digunakan sebagai tatakan rak sepatu. Pastikan botol terisi penuh sampai tutup botol agar warnanya merata seperti gambar berikut.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Botol
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, siapkan papan kayu yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan rak sepatu kita. Ukur dengan menggunakan meteran kemudian tandai menggunakan spidol dan luruskan dengan penggaris. Potong papan kayu yang sudah ditandai tadi dengan gergaji dan buat hal serupa sejumlah tatakan yang dibutuhkan.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Botol
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, siapkan kayu yang sudah dipotong tadi lalu setiap sudut kayu diberi lem bakar untuk menempelkan botol yang sudah terisi Air. Setelah itu tutup botol di beri lem bakar juga  untuk ditempelkan papan kayu di atasnya. Lakukan hal ini beberapa kali sesuai jumlah papan kayu dan botol yang diinginkan. Agar botol dan kayu tertempel kuat setelah tersusun rak sepatunya tiap pinggir botol yang menempel kayu dilem sehingga jadi rak sepatu darang barang bekas botol ini.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Botol
    AdaHobi

Itulah cara membuat rak sepatu dari barang bekas botol yang bisa anda jadikan referensi untuk mengolah botol bekas menjadi rak sepatu.

3. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kardus

Kardus merupakan salah satu barang bekas yang sering kita jumpai di pasar maupun di rumah-rumah. Biasanya kardus digunakan hanya sebagai wadah atau pelindung dari suatu makanan maupun produk elektronik.

Biasanya setelah dilepas dari isinya kardus tidak lagi dimanfaatkan dan dibuang begitu saja. Sehingga AdaHobi ada ide sebaiknya kardus ini digunakan untuk apa? dan terbesitlah digunakan untuk bahan membuat rak sepatu atau sandal.

Ingin tau bagaimana cara membuat rak sepatu dari barang bekas kardus ini? Yuk disimak !

Alat:

  1. Karter
  2. Lem Bakar
  3. Mangkuk
  4. Kuas

Bahan:

  1. Kardus
  2. Kulit kardus yang sudah dikelupas
  3. Lem kayu
  4. Air

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, siapkan kardus dan potong menggunakan karter dengan ukuran 27 x 60 cm sebanyak 4 lembar, 27 x 23 sebanyak 10 lembar.

    Langkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, Setelah semua kardus terpotong sesuai dengan ukuran di atas, maka langkah selanjutnya adalah menyatukan 2 bagian kardus menjadi 1 bagian. Hal ini dilakukan agar membuat kardus menjadi lebih kokoh dalam menahan sepatu atau sandal kita nantinya. Setelah disatukan menjadi 1 bagian maka hasilnya akan menjadi 2 lembar kardus ukuran 27 x 60 cm, dan  5 lembar kardus ukuran 27 x 23 cm.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, pada bagian samping kardus yang memiliki rongga-rongga dilapisi dengan menggunakan kulit kardus yang sudah dikelupas dan disatukan menggunakan lem bakar.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, menyusun setiap bagian kardus menjadi sebauah rak sepatu yang direkatkan menggunakan lem tembak pada setiap sisinya. Pastikan juga pada waktu perekatan benar-benar matang dan kokoh.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, siapkan lem kayu pada mangkuk dan kemudian dituangkan air, aduk-aduk dengan menggunakan kuas hingga merata antara lem kayu dan air.

    Langkah 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, setelah pencampuran lem dan air selesai maka kuaskan campuran tadi pada permukaan rak sepatu yang sudah dibuat. Hal ini dilakukan supaya permukaan rak sepatu kardus ini lebih mengkilap serta tahan terhadap percikan air.

    Langkah 6 Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

  7. Jika semua langkah diatas sudah dilakukan dengan baik dan benar maka hasil rak sepatunya akan indah dan mengkilap seperti berikut ini.

    Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas
    AdaHobi

Cukup menarik bukan cara membuat rak sepatu dari barang bekas kardus ini? desainnya juga tampak indah dan minimalis. Bagaimana siap untuk mencoba membuatnya !

4. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu

Keberadaan kayu bekas furniture atau perabotan rumah yang tidak terpakai maupun limbah kayu dari mebel, biasanya keberadaannya hanya digunakan sebagai kayu bakar oleh sebagian masyarakat. Namun kali ini AdaHobi akan membagikan sedikit wawasan bahwa limbah kayu masih bisa digunakan sebagai bahan furniture lain seperti rak sepatu.

Kan sayang jika kayu bekas yang masih bisa digunakan kembali dibuang dan dibakar begitu saja. Maka dari itu dari pada terbuang sia-sia sebaiknya kita jadikan karya kreatif yang lebih bermanfaat.

Selain bisa digunakan kembali, barangkali juga bisa diputar menjadi pundi-pundi rupiah untuk meningkatkan perekonomian. Berikut cara membuat rak se[atu dari barang bekas kayu.

Alat:

  1. Meteran
  2. Pensil
  3. Penggaris Siku
  4. Gerinda Amplas
  5. Gergaji Kayu
  6. Gerinda Potong
  7. Kayu usuk
  8. Bor Skrup
  9. Kuas

Bahan:

  1. Papan kayu bekas palet
  2. Paku
  3. Triplek Tebal 1 cm
  4. Lem Kuning Fox
  5. Skrup
  6. Plitur Kayu
  7. Lem kayu

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, siapkan kayu palet yang sudah di bongkar kemudian ukur panjang kayu menggunakan meteran dan penggaris panjang atau tinggi rak sepatu sesuiai dengan keinginan. Setelah itu tandai dengan pensil kayu yang sudah diukur lalu dipotong menggunakan gergaji, haluskan tiap sisi kayu palet yang sudah dipotong dengan menggunakan gerinda amplas. Buat bagian ini sebanyak tiga buah.

    Langkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, siapkan triplek dengan tebal 1 cm yang kemudian diukur sesuai kebutuhan luas tatakan rak sepatu yang diinginkan. Setelah diukur dengan bentuk persegi dan ditandai maka potong dengan menggunakan gergaji. Buat bagian ini sebanyak 8 buah untuk tatakan sepatu atau sandal.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, siapkan triplek 1 cm yang hendak digunakan sebagai dasar atau kaki dari rak sepatu yang dibuat. Untuk lebarnya dua kali lebih lebar dari tatakan sepatu yang dibuat pada langkah kedua. Pada bagian ini buat sebanyak dua buah, karena akan digunakan untuk bagian atas dan bawah rak.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, siapkan kayu usuk yang hendak dibuat sebagai tiang penyangga rak sepatu yan kita buat. Ukur ketinggian sesuai dengan kebutuhan dan kemudian potong serta haluskan dengan gerinda amplas.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, cek kembali bagian-bagian yang sudah dipotong sebelumnya barangkali ada bagian yang belum dihaluskan. Jika masih ada yang terlewat maka haluskan terlebih dahulu dengan menggunakan gerinda amplas.

    Langkah 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, buat kulit untuk tutup pinggiran triplek yang berongga dengan menggunakan kayu palet. Potongg kayu palet dengan ukuran sesuai lebar pinggiran triplek yang berongga yaitu 1 cm. Pastikan potongan tipis rapi dan halus agar memudahkan dalam pemasangan. Setelah terpotong maka haluskan dengan menggunakan gerinda amplas.

    Langkah 6 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  7. Langkah ketujuh, setelah tutup pinggiran triplek sudah dihaluskan maka selanjutnya adalah pengeleman anatara tutup dan triplek agar rongga tidak terlihat. Dalam perekatan gunakan lem fox yang berwarna kuning, dan pastikan bahwa proses pemasangan presisi serta merekat dengan sempurna.

    Langkah 7 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  8. Langkah kedelapan, satukan 3 palet kayu yang sudah dipotong dan dihaluskan pada langkah pertama dengan menggunakan lem kayu yang berwarna putih dan pastikan bagian ini merekat dengan baik.

    Langkah 8 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  9. Langkah kesembilan, satukan papan triplek yang sudah dipotong pada langkah ketiga dengan 3 bagian palet kayu yang sudah disatukan. Untuk menyatukannya gunakan lem kayu dan skrup agar merekat dengan sempurna.

    Langkah 9 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  10. Langkah kesepuluh, satukan papan triplek berbentuk persegi untuk tatapak yang sudah dipotong tadi ke susuan tiang rak dari kayu palet yang sudah diberi bawahan dan atasan. Untuk menyatukan papan triplek untuk tatakan dengan penyangga rak adalah dengan menggunakan skrup pada sisi sampingnya.

    Langkah 10 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  11. Langkah kesebelas, apabila semua komponen bagian rak sudah terpasang maka selanjutnya adalah mendempul setiap bagian rak yang terlihat sambungannya kurang natural dengan menggunakan dempul kayu propan.

    Langkah 11 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  12. Langkah keduabelas, melakukan proses pendempulan selesai maka amplas dengan gerinda amplas sampai terlihat rapi dan terasa halus setiap sisinya.

    Langkah 12 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  13. Langkah ketigabelas, melakukan pemlituran pada seluruh bagian rak agar tampak lebih natural dan mengkilap dengan menggunakan kuas. Pastikan dalam proses inii dilakukan sampai merata pada setiap sudut rak.

    Langkah 13 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

  14. Setelah semua proses diatas selesai dilakukan dan plitur pada rak sudah mengering maka rak sepatu dari kayu palet bekas sudah siap digunakan.

    Langkah 14 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Kayu
    AdaHobi

Sepeti itu keseruan cara membuat rak sepatu dari barang bekas kayu palet yang bisa Anda tiru, cukup menarik bukan rak sepatu yang satu ini.

5. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek

Limbah triplek biasa ditemukan di proyek-proyek bekas pembangunan baru yang biasanya triplek yang digunakan itu tebal karena digunakan untuk menahan cor. Seusai proses pembangubangunan itu selesai biasanya triplek itu terbengkalai dan bahkan dibuang begitu saja padahal keadaannya masih bagus dan bisa dipakai kembali.

Karena adanya hal itu AdaHobi membagikan cara membuat rak sepatu dari barang bekas triplek dari proyek bangunan yang tak terpakai. Simak persiapan dan langkah-langkahnya pada pembahasan berikut ini.

Alat:

  1. Meja Gergaji
  2. Meteran
  3. Penggaris Siku
  4. Pensil
  5. Gergaji Tangan
  6. Amplas
  7. Karter
  8. Bor Skrup

Bahan:

  1. Triplek
  2. Kertasive
  3. Skrup

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, potong triplek tebal yang sudah disiapkan dengan menggunggunakan gergaji meja. Untuk ukuran potongan tripleknya adalah sebagai berikut ( 90 cm x 28 cm sebanyak 2 lembar, 60 cm x 28 cm sebanyak 5 lembar). Namun tidak ada patokan berapa ukurannya, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Hobi sekalian.

    Langkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, haluskan setiap bagian sisi triplek yang kasar dengan emnggunakan amplas yang tentunya dengan penuh kesabaran ya guys.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, menempelkan kertasive ke permukaan triplek yang tentunya dengan kepala yang dingin. Namun sobat hobi tidak perlu harus memakai kertasive, karena masih ada banya piulihan finishing seperti menggunakan hpl, decosheet atau duco, plitur dan lain sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan Sobah Hobi sekalian. Lakukan finishing ini dengan rapi ya agar hasil akhirnya bagus dan maksimal pada setiap bagian.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, ukur jarak antara tiap tatakan rak sepatu sesuai dengan keinginan Sobat Hobi.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, mulai rangkai tiap bagian rak sepatu yang sudah dilapisi kertasive dan satukan dengan skrup.

    Langkah 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

  6.  Alhamdulillah akhirnya rak sepatu dari triplek kita jadi juga.

    Langkah 6 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Triplek
    AdaHobi

Bagaimana Sobat Hobi, cukup ringkas bukan cara membuat rak sepatu dari barang bekas triplek ini? karena cara yang satu ini menurut mimin adalah cara yang paling simple dan bagus hasilnya.

6. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu

Limbah bambu biasanya sering ditemukan pada proyek pembuatan rumah bangunan yang di cor. Biasanya bambu ini pada proyek digunakan sebagai alat bantu penyangga dalam proses pengecoran bangunan dengan jumlah bambu yang sangat banyak.

Sehingga ketika usai melakukan pembangunan bambu ini seringkali terbengkalai begitu saja dan terbuang berserakan. Maka dari itu sebagai salah satu solusi dari bambu yang terbuang sia-sia adalah dipakai sebagai bahan kerajinan kreatif pembuatan rak sepatu.

Selain rak sepatu yang terdapat fungsi dan manfaatnya juga mengurangi dalam penguraian limbah bambu. Ingin tau bagaimana keseruan proses cara membuat rak sepatu dari barang bekas bambu? simak sampai habis penjelasannya dibawah ini.

Alat:

  1. Gergaji
  2. Bor plong
  3. Spidol
  4. Pencukil
  5. Penggaris siku
  6. Hammer kayu
  7. Palu

Bahan:

  1. Bambu
  2. Paku

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, siapkan bambu dan ukur menggunakan meteran lalu tandai dengan spidol, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian untuk rangkaian rak sepatu. Beberapa  bagian dan ukurannya adalah sebagai berikut ( 2 tiang belakang berukuran 80 cm, 2 tiang depan berukuran 72 cm, 7 ruas berukuran 65 cm, 4 ruas berukuran 35 cm ).

    Langkah 1 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, bor bagian atas dan bawah pada bambu yang berukuran 80 cm serta 72 cm. Ukuran bor disesuaikan dengan diameter bambu berukutan 72 cm, karena akan digunakan sebgai pengunci dalam penghubungan antart bambu.

    Langkah 2 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, setelah lubang-lubang penghubung sudah dibuat maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan anatara setiap bagian bambu dan dikunci dengan menggunakan paku, serta apstikan semua sisi sudah terkunci dengan baik.

    Langkah 3 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, berikan penutup pada rak bagian samping  dan belakang dengan menggunakan belahan bambu dengan ukura yang disesuaikan rangka rak sepatu. Untuk modelnya Sobat Hobi bisa menyesuaikan sesuai kreatifitas masing-masing individu pengrajinnya. Penutup samping dan belakang ini selain memperindah rak juga berfungsi agar sandal atau sepatu tidak mudah jatuh ke lantai atau tanah.

    Langkah 4 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, masukkan ruji-ruji bambu yang sudah dibelah sesuai ukuran panjangnya untuk tatakan rak, tata yang rapat dan rapi.

    Langkah 5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, lakukan pemlituran ke semua sisi rak sepatu dari bambu yang sudah Anda susun tadi dan ratakan dengan menggunakan kuas agar rapi.

    Langkah 6 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

  7. Seperti inilah tampilan rak sepatu dari bambu yang sudah melewati berbagai proses di atas sehingga sudah bisa digunakan.

    Langkah 7 Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Bambu
    AdaHobi

Bagaimana Sobat Hobi sekalian cara membuat rak sepatu dari barang bekas bambu ini cukup menarik bukan untuk dibuat kerajinan. Admin rasa kreasi rak ini juga sudah pantas apabila dijual ke masyarakat luas. Sehingga selain mengurangi limbah bambu proyek juga bisa menambah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bersama.

7. Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas Paralon

Limbah paralon atau PVC sering kita temui di tiap proyek bangunan bekas dari instalasi air pada bangunan tersebut. Apalagi jika bangunan besar makan sisa dari potongan-potongan paralon PVC sangat banyak sekali berserakan dan biasanya langsung dibuang atau dibakar.

Padahal potongan-potongan paralon PVC itu masih bisa di daur ulang maupun digunakan kembali untuk dibuat suatu karya yang bermnafaat salah satunya rak sepatu. Maka dari itu, kali ini AdaHobi akan membegikan bagaimana cara membuat rak sepatu dari barang bekas paralon PVC.

Berikut ini alat dan bahan yang perlu anda siapkan serta langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Alat:

  1. Gergaji besi
  2. Amplas
  3. Meteran

Bahan:

  1. Pipa paralon PVC
  2. HUB siku paralon
  3. HUB T paralon
  4. Lem paralon

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, siapkan paralon PVC, meteran dan gergaji. Kemudian potong paralon PVC meggunakan gergaji besi dengan ukuran panjang (60 cm 5 buah, 10 cm 2 buah, 8 cm 2 buah, 5 cm 4 buah, 3 cm 8 buah).
  2. Langkah kedua, amplas bagian dalam HUB dan ujung paralon PVC kemudian susun paralon seperti gambar berikut ini dan jangan lupa diberi lem agar rekatan kuat. Namun jika susunan paralon dirasa belum mantap maka jangan di lem terlebih dahulu agar mudah dalam membongkarnya.
  3. Langkah ketiga, sambungkan paralon yang paling panjang ke paralon yang sudah di susun dengan HUB tadi seperti gambar berikut ini.
  4. Langkah keempat, setelah itu sambungkan semua bagian hingga menjadi susunan rak sepatu berikut ini.

Cukup ringkas dan praktis bukan cara membuat rak sepatu dari barang bekas paralon yang bisa anda tiru ini. Ini merupaka salah satu alternatif bagi anda yang menginginkan rak sepatu dengan budget minimalis.

Alasan Kenapa Rak Sepatu Itu Penting

Rak sepatu merupakan salah satu furniture yang keberadaannya begitu penting pada setiap rumah. Beberapa alasan kenapa rak sepatu itu penting diantaranya seperti berikut ini:

  1. Terlihat Lebih Rapi – Sandal dan sepatu yang tersusun pada rak sepatu akan membuat rumah kita menjadi lebih teratur dan rapi. Jika hanya ditaruh didepan pintu sudah otomatis rumah kita akan terlihat kumuh dan berantakan serta memakan banyak ttempat.
  2. Sepatu Terlindungi – Dengan adanya rak sepatu maka sandal dan sepatu kita akan lebih terlindungi dari kelembapan, panas serta debu.
  3. Hemat Waktu & Biaya – Alasan ini didasari disaar kita sedang terburu-buru dan hendak hendak memakai sepatu, kita akan mudah untuk menemukannya. Karena posisi sepatu dan sandal kita terjaga disitu, beda kalau hanya ditaruh di lantai depan pintu sudah pasti akan berantakan dilewati banyak orang.
  4. Nafsu Belanja Sepatu dan Sandal Terkontrol – Saat kita tertarik dengan model sepatu atau sandala. Maka kita akan lebih memikir dua kali untuk membeli karena kita melihat rak sepatu dii rumah sudah sesak. Sehingga bisa menghindarkan kita dari pemborosan.
  5. Memperindah Dekorasi – Ada banyak sekali variasi desain rak sepatu saat ini. Sehingga kita tidak perlu menggunakan desain rak yang monoton begitu saja. Ada yang desainnya menempel di dinding, ada yang rang panjang, ada yang tinggi dan lain sebagainya. Warna, bentuk serta ukurannya pun beragam sesuai dengan kebutuhan dan keadaan ruang. Sehingga selain mementingkian fungsional juga artistik.
  6. Efisien Tempat – Apabila anda memiliki dimensi ruangan rumah yang terbatas, ini merupakan salah satu solusi untuk menghemat banyak tempat dalam penaruhan barang atau sandal dan sepatu.

Mungkin ini saja artikel tentang beberapa cara membuat rak sepatu dari barang bekas yang bisa AdaHobi bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dalam pembuatan rak sepatu dari barang bekas,

Apabila ada yang mau ditanyakan dan dijadikan bahan diskusi silahkan sampaikan di kolom komentar ya ! Selamat berkreatifitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like