AdaHobi, Cara membuat bros dari kain perca Bros adalah salah satu jenis aksesoris yang digunakan wanita untuk mempercantik penampilan mereka dalam berbusana. Biasanya bros ini banyak dipakai untuk menguatkan ikatan serta mempercantik kerudung, namun ada juga yang menggunakannya untuk hiasan tas atau saku baju.

Bagi kamu yang hobi membuat sebuah prakarya, kamu bisa membuat kerajinan bros yang simpel, unik dengan beragam bentuk seperti bunga mawar, kupu-kupu, pita maupun motif batik, renda model terbaru menggunakan kain perca.

Adapun kain perca yang merupakan sisa potongan kain tadi, dari pada dibuah percuma sebaiknya dikreasikan menjadi bros sehingga bisa menghemat uang sekaligus mampu mengasah skill kreativitasmu.

Untuk kamu yang tertarik untuk mencoba cara membuat bros dari kain perca, simak sampai habis artikel ini ya!

Cara Membuat Bros Dari Kain Perca

Dalam mempersiapkan alat dan bahan, AdaHobi rasa tidak perlu mengalami kesulitan karena sudah pasti kamu memilikinya di rumah. Bros yang sudah jadi nanti, selain bisa untuk dipakai sendiri juga bisa diputar untuk dijual lagi sehingga mampu meningkatkan dalam ekonomi.

Jika dari kamu ada yang kesulitan untuk mendapatkan kain perca, bisa didapatkan dengan membeli kain perca di penjahit-penjahit terdekat dengan rumah. Bisa juga menggunting-gunting pakaian yang sudah tidak terpakai lagi sebagai bahan kain perca.

1. Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak yang digemari oleh banyak orang karena aroma dan warnanya yang merah merekah melambangkan cinta. Sehingga tidak heran banyak orang menjadikan tanaman ini rujukan dalam pembuatan bros untuk menghiasi fashion maupun perlengkapan hidup mereka khususnya wanita.

Jika kamu penasaran bagaimana cara membuat bros dari kain perca sehingga berbentuk bunga mawar, simak langkahnya berikut ini.

Alat:

  1. Uang logam 500’an berwarna kuning
  2. Uang logam 500’an berwarna putih
  3. Gunting
  4. Korek api gas
  5. Lem bakar

Bahan:

  1. Kain perca berwarna merah
  2. Peniti

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, siapkan kain perca warna merah dan uang logam 500’an berwarna kuning. Kemudian lipat kain seukuran 10 mm lebih lebar dari diameter logam, baru digunting melingkar seukuran kain logam. Lakukan hal serupa pada uang logam 500 berwarna putih sampai kain merah berbentuk longkaran sejumlah 19 lembar dan logam kuning sebanyak 8 lembar untuk 1 buah bunga.

    Langkah 1 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, pada setiap helai kain yang berbentuk bulat panasi dengan korek agar membentuk lengkungan seperti kelopak bunga mawar. Lakukan hal tersebut pada semua kain yang sudah berbentuk bulat, baik yang menggunakan cetakan logam putih maupun kuning.

    Langkah 2 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, ambil 3 helai kelopak dari cetakan logam kuning dan satukan menjadi satu untuk dijadikan dasar dalam bunga mawar.

    Langkah 3 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, ambil 5 helai kelopak dari cetakan logam kuning dan rangkai menjadi satu kemudian satukan dengan rangkaian 3 kelopak sebelumnya dengan menggunakan lem tembak.

    Langkah 4 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, susun lembaran kelopak kain untuk bunga mawar seperti langkah ke empat dan kemudian satukan dengan dasaran rangkaian bunga mawar sebelumnya untuk di lapiskan. Hal itu dilakukan agar tersusun menyerupai bentuk pada bunga mawar yang aslinya.

    Langkah 5 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, setelah semua rangkaian kelopak disatukan maka hasil selanjutnya akan seperti berikut ini.

    Langkah 6 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  7. Langkah ketujuh, membuat tutup belakang kelopak yang sudah jadi dengan menggunakan lemaran kain bulat agar tertutup dan terlihat lebih rapi.

    Langkah 7 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

  8. Langkah kedelapan, menyatukan peniti dengan kelopak bunga mawar yang sudah dirapikan agar bisa menjadi bros bunga mawar yang sempurna dengan menggunakan lem tembak.

    Langkah 8 Cara Membuat Bros Mawar dari Kain Perca
    AdaHobi

2. Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca

Bros Pita dari kain perca adalah salah satu aksesoris yang bisa kamu buat dengan mudah. Tapi cara membuat bros dari kain perca ini tidak terlalu mudah juga dalam pembuatannya. Karena hal itu tergantung dengan bagaimana tingkat kreatifitas yang kamu miliki.

Dalam membuat bros pita dari kain perca, kamu memerlukan beberapa alat dan bahan yang perlu disediakan. Beberapa alat dan bahan yang perlu kamu butuhkan sebagai berikut:

Alat:

  • Lem Tembak
  • Gunting
  • Jarum

Bahan:

  • Benang Woll/Biasa
  • Kain Perca 6 cm x 3 cm
  • Kain Perca 15 cm x 10 cm
  • Peniti

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, ambil kain perca yang berukuran 15 cm x 10 cm kemudian lipat menjadi 3 bagian panjang seperti gambar berikut ini.

    Langkah 1 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, lipat kembali menjadi 3 bagian yang ukurannya lebih kecil atau pendek.

    Langkah 2 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, jahit menggunakan jarum dan benang bagian tengah yang pas antara sambungan kain dan kemudian lilitkan benang dan kunci ikatan sehingga berbentuk menjadi pita seperti gambar berikut. Langkah 3 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
  4. Langkah keempat, ambil potongan kain perca yang berukuran 6 cm x 3 cm kemudian lipat menjadi 3 bagian seperti langkah pertama, cuma yang membedakan hanya ukurannya saja.

    Langkah 4 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, lilitkan kain 6 cm x 3 cm tadi pada kain yang sudah dijahit dan dililiti benang untuk menutupi lilitan benang. Kemudian kunci dengan menggunakan lem bakar dan rapikan menggunakan gunting, sehingga lebih jelas bentuk pita pada kain percanya.

    Langkah 5 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, beri lem bakar pada bagian belakang bros pita lalu pasangi peniti yang berfungsi sebagai pengikat pada baju, tas dan permukaan yang lainnya.

    Langkah 6 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

  7. Setelah semua langkah diatas selesai kita lalui maka, jadilah bros pita dari kain perca yang telah kita buat dan siap untuk dipakai maupun bisa untuk dijual ke masyarakat.
    Langkah 7 Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca
    AdaHobi

     

Baca Juga : 7+ Cara Membuat Rak Sepatu dari Barang Bekas yg Sederhana

3. Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca

Agar penampilan tampak lebih anggun sepertinya bros kupu-kupu juga tepat untuk digunakan dalam berfashion, khususnya pada wanita. Berikut ini penjelasan tentang alat, bahan dan cara membuat bros dari kain perca dengan bentuk kupu-kupu yang diperlukan:

Alat:

  • Gunting
  • Lem Tembak
  • Korek
  • Peniti
  • Jarum Pentul
  • Jarum Jahit

Bahan:

  • Kain Perca Satin
  • Kain Perca Katun Motif Sebagai Kombinasi
  • Benang
  • Kancing
  • Manik-manik

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, potong kain perca satin dengan menggunakan gunting berbentuk kotak berukuran  10 cm x 10 cm sebanyak 2 lembar, kotak berukuran 8 cm x 8 cm sebanyak 1 lembar, bulat berdiameter 10 cm 2 lembar, bulat berukuran 8 cm 1 lembar. Kemudian kain perca katun motif dipotong persegi berukuran 8 cm x 8 cm 2 sebanyak 2 lembar.

    Langkah 1 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, ambil kain perca katun motif untuk dilipat dan dipertemukan setiap sudutnya sebanyak 3 kali lipatan seperti gambar berikut ini.

    Langkah 2 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, setelah dilipat sebanyak 3 kali lipatan maka langkah selanjutnya pertemukan kedua sisi ujung bawah dengan melipatnya keatas kemudian dikunci dengan menggunakan jarum pentul. Lakukan hal ini sebanyak 2x dalam pembuatan 1 bross kupu-kupu pada 2 bahan dengan jenis dan ukuran yang sama.

    Langkah 3 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, jahit bagian ujung yang dikunci menggunakan jarum pentul itu dengan menggunakan jarum jahit dan benang. Setelah terjahit, lepas kuncian jarum pentul tadi untuk mengetahui bahwa jahitan dari benang benar-benar kuat.

    Langkah 4 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, rekatkan kain pada bagian bawah jahitan yang menganga dengan menggunakan lem bakar dan pastikan proses pengeleman rapi.

    Langkah 5 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, ambil kain perca satin berukuran 10 cm x 10 cm kemudian lipat seperti langkah kedua yaitu mempertemukan setiap bagian ujung kain sebanyak 3 x lipatan.  Lalu pada ujung atas hasil lipatan dkunci dengan menggunakan jarum pentul dan jangan lupa rapikan dengan menggunakan gunting jika ada sisi yang kurang rapi.

    Langkah 6 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  7. Langkah ketujuh, jahit ujung lipatan kain perca satin 10 cm x 10 cm tadi dan rapikan dengan korek ujungnya agar rata dan rapi, lakukan hal ini sebanyak 2 kali pada bahan dengan ukuran yang sama untuk sisi kanan dan kiri bros kupu-kupu.

    Langkah 7 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  8. Langkah kedelapan, ambil potongan kain perca satin berbentuk lingkarang yang berdiameter 10 cm dan lipat menjadi 2 bagian seperti gambar berikut.

    Langkah 8 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  9. Langkah kesembilan, setelah terlipat menjadi 2 lipatan kemudian lipat bagian bawah dengan menarik ujungnya ke atas dan lakukan hal ini pada kedua sisi.

    Langkah 9 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  10. Langkah kesepuluh, jahit ujung lipatan pada lembaran kain berdiameter 10 cm tadi dengan menggunakan jarum dan benang serta rapikan ujungnya menggunakan korek. Lakukan hal serupa sebanyak dua bagian untuk pembuatan1 bros kupu-kupu.

    Langkah 10 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  11. Langkah kesebelas, ambil lapisan kain persegi berukuran 8 cm lipat menjadi 3 bagian dan jahit seperti langkah kedua, lakukan sebanyak 1 kali saja sesuai jumlah potongan.

    Langkah 11 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  12. Langkah kedua belas, ambil lembaran kain yang terakhir berbentuk lingkaran berukuran diameter 8 cm. Lipat menjadi 2 lipatan dan kemudian lipat seperti gambar berikut ini dengan menonjolkan pada sisi bagian tengahnya.

    Langkah 12 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  13. Langkah ketiga belas, potong bagian belakangnya dan kemudian rapikan dengan menggunakan korek api bekas guntingan karena benangnya tak beraturan dan satukan.

    Langkah 13 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  14. Langkah keempat belas, masukkan kain perca katun motif kedalam kain perca satin yang sudah kita lipat-lipat dan bentuk tadi seperti ini.

    Langkah 14 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  15. Langkah kelima belas, satukan semua bagian bros yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan lem tembak sehingga berbentuk kupu-kupu seperti pada gambar berikut.

    Langkah 15 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  16. Langkah keenam belas, pasang kancing berlian, manik-manik dan antena kupu-kupu seperti rangkaian gambar ini dengan menggunakan lem bakar.

    Langkah 16 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

  17. Langkah terakhir adalah beri peniti pada bagian belakag bros kupu-kupu agar bisa dipasang pada jilbab, baju, tas dan yang lainnya.

    Langkah 17 Cara Membuat Bros Kupu-kupu dari Kain Perca
    AdaHobi

4. Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik

Bagaimana cara membuat bros dari kain perca batik? untuk sebagian besar kalangan wanita memang terasa tidak lengkap jika pada fashion mereka tanpa hiasan bros. Serta selera mereka dalam desain aksesoris bros ini juga berbeda beda salah satunya adalah dengan menggunakan kain perca batik.

Sebenarnya cara membuat bros dari kain perca batik ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat bros lainnya. Hanya saja yang memebedakan adalah warna atau motif batik pada kainnya.

Maka dari itu berikut ini kami sajikan tutorial bagaimana cara membuat bros dari kain perca batik untuk Anda jadikan referensi.

Alat:

  • Jarum
  • Tutup Gelas
  • Gunting
  • Spidol
  • Lem Tembak

Bahan:

  • Kain Perca Batik
  • Benang
  • Peniti
  • Kancing Batok

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama, ambil kain perca, spidol dan tutup gelas. Kemudian taruh tutup gelas diatas kain perca kemudian tandai dengan menggunakan spidol sesuai ukuran tutup gelas.

    Langkah 1 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

  2. Langkah kedua, setelah kain perca ditandai maka langkah selanjutnya memotong bagian yang sudah ditandai menjadi bentuk lingkaran dengan ukuran sesuai ukuran tutup botol.

    Langkah 2 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga, siapkan potongan kain perca yang sudah berbentuk bulat atau lingkaran lalu lipat menjadi dua bagian sehinggga berbentuk setengah lingkaran.

    Langkah 3 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

  4. Langkah keempat, ambil jarum dan benang untuk menjahit potongan kain perca yang berbentuk setengah lingkaran tadi lalu jahit bagian yang melengkung dari ujung ke ujung sampai menyatu dan lakukan hal tersebut sampai 5 kali sehingga membentuk lingkaran dan berbentuk bunga. Jangan lupa kunci sambungan kain perca trersebut dan pastikan kuncian cukup kuat agar bros yang dibuat tidak pudar.

    Langkah 4 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

  5. Langkah kelima, pasang peniti dengan merekatkannya pada kain perca menggunakan lem bakar untuk perekatan antara peniti dengan bros bunga.

    Langkah 5 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

  6. Langkah keenam, pemasangan kancing batok kebagian depan bros bunga sebagai hiasan tambahan agar tampak natural dan indah dipandang dan bros dari kain batik pun sudah siap digunakan maupun dijual.

    Langkah 6 Cara Membuat Bros dari Kain Perca Batik
    AdaHobi

Kreasi Apa Saja Yang Bisa Dibuat Dengan Kain Perca?

Kain perca tidak hanya dijadikan kain bros saja, selain cara membuat bros dari kain perca kamu bisa melakukan kreasi dengan beraneka macam kerajianan. Adapun beberapa kerajinan yang bisa kamu buat dari kain perca antara lain adalah:

  • Boneka Dari Kain Perca
  • Tas Dari Kain Perca
  • Lukisan Dari Kain Perca
  • Keset Dari Kain Perca

Jadi itulah beberapa contoh tutorial cara membuat bros dari kain perca dengan beragam bentuk dan model terbaru yang bagus untuk digunakan dan bisa mempercantik penampilan kamu. Selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like