50+ Contoh Kerajinan Limbah Organik Yang Mudah Dibuat

AdaHobi, Kerajinan limbah organik –Tahukah Anda bahwa limbah organik yang biasa dibuang begitu saja ternyata bisa dimanfaatkan menjadi bahan kerajinan yang mudah di buat dan memiliki nilai seni tinggi.

Adapun limbah organik tersebut bisa berasal dari sisa-sisa rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran, kulit dan biji buah-buahan ataupun yang berasal dari alam terbuka seperti daun kering, rerumputan, potongan kayu maupun sisa-sisa cangkang, tulang dan kulit hewan.

Untuk jenis dari limbah organik ini ada yang kering, basah, keras maupun lunak, tapi Anda bisa memanfaatkan kembali limbah organik dengan cara di cuci bersih, lalu dikreasikan sesuai kreativitas menjadi bentuk-bentuk yang lucu, unik dan bagus sebagai hiasan.

Untuk Anda yang penasaran berikut ini beberapa contoh kerajinan hasil dari limbak organik yang bisa dijadikan referensi.

Kerajinan Limbah Organik Dari Pisang

Pohon pisang merupakan salah satu pohon yang hampir setiap bagiannya bisa diolah dan dijadikan sebuah kerajinan. Jadi apabila Anda menjumpai limbah dari pohon pisang baik itu pelepah, batang maupun daunnya jangan terburu-buru di buang.

Cobalah untuk berkerasi membuat sebuah kerajinan yang mudah dan simple menggunakan sisa-sisa limbah dari bagian pohon pisang yang masih ada seperti berikut ini.

1. Kerajinan Pelepah Pisang

kerajinan limbah organik pelepah pisang

Siapa sangka kerajinan berbentuk miniature perahu di atas dibuat dengan menggunakan limbah pelepah pisang yang sudah kering.

Adapun pelepah tersebut dikreasikan untuk dijadikan dasar perahu, layar maupun aksen-aksen miniatur sehingga menyerupai bentuk aslinya.

Uniknya lagi sebagaian besar bahan utama tersebut adalah pelepah pisang. Sementara kombinasi bahan lainnya bisa menggunakan kulit bambu untuk mempertegas bagian garis tepi yang dilekatkan menggunakan lem.

2. Kerajinan Daun Pisang

kerajinan limbah organik daun pisang

Sementara limbah daun pisang sendiri bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan anak dalam membuat kerajinan anyaman.

Sebenarnya proses pembuatan anyaman limbah daun pisang tersebut tidaklah sulit

  • Anda hanya perlu memotong daun sama panjang
  • Kemudian bagi menjadi 2 bagian antara sisi luar dan sisi dalam daun
  • Yang terakhir lakukan pola menganyam dengan teknik satu atas dan satu bawah

3. Kerajinan Batang Pisang

kerajinan limbah organik daun pisang

Untuk limbah organik batang pisang ini bisa digunakan untuk membuat mainan monbil-mobilan anak sederhana seperti contoh di atas.

Jadi caranya cukup memilih batang pisang bagian ujung yang tidak terlalu besar untuk badan mobil, sedangkan bagian rodanya bisa dibuat dari batang pisang yang paling dalam. Roda tersebut nanti bisa di tusuk menggunakan lidi menembus bagian badan mobil sehingga mirip seperti mainan aslinya.

4. Kerajinan Batang Daun Pisang

kerajinan limbah organik batang daun pisang

Kalau tadi menggunakan batang pisang, kerajinan pistol mainan ini dibuat dengan memanfaatkan bagian batang daun pisang.

Batang daun pisang tersebut di susun dan di potong sedemikian rupa, kemudian di  ikat menggunakan karet gelang dan tambahan batang bambu sebagai penguat. Bagaimana, simpel bukan?

Kerajinan Limbah Organik Dari Jagung

Ada banyak ide kerajinan yang dapat di buat dengan memanfaatkan limbah jagung. Anda bisa berkreasi menggunakan bagian kulit jagung maupun dari bonggol jagung sisa tersebut menjadi kerajinan unik dan menarik seperti berikut ini.

1. Kerajinan Kulit Jagung

kerajinan limbah organik kulit jagung

Jadi limbah kulit jagung ini biasanya dibuang begitu saja, menariknya kulit ini biasanya sudah dalam keadaan kering sehingga sangat mudah untuk di lipat, di lengkuk maupun dibentuk sesuai dengan keinginan.

Salah satu contoh kerajinan limbah organik kulit jagung ini seperti dijadikan berbagai macam bunga hias untuk diletakkan di meja rumah.

Bagi Anda yang mungkin ingin membuatnya lebih berwarna maka bisa juga sebelum di kreasikan, limbah kulit jagung tersebut setelah di cuci bersih bisa di cat dan dijemur sampai kering.

2. Kerajinan Bonggol Jagung

Kerajinan Bonggol Jagung

Dengan memanfaatkan bonggol jagung yang di potong-potong dengan ukuran yang berbeda nyatanya bisa dijadikan sebuah kerajinan berguna dan bernilai jual tinggi sepeti dibuat menjadi kotak tisu.

Adapun caranya :

  • Potonglah bonggol jaung yang sudah kering sama besar
  • Kemudian siapkan kerangka kotak tisu dengan bamboo atau bahan lain
  • Susun potongan bonggol jagung tersebut untuk memenuhi kotak disemua sisinya
  • Lekatkan menggunakan lem kayu agar terkait dengan sempurna

Kerajinan Limbah Organik Dari Bawang Putih

kerajinan limbah organik kulit bawang putih

Untuk Anda yang sering memasak dengan berbagai bahan-bahan dapur seperti bawang putih, maka tidak ada salahnya coba berkreasi menggunakan  limbah dari bahan tersebut dengan memanfaatkan kulit umbi yang tidak terpakai.

Jadi kerajinan bunga cantik di atas dibuat dari limbah kulit bawang putih yang sudah di keringkan. Anda hanya perlu mengumpulkan limbah kulit bawang putih yang lebar, kemudian disusun dan direkatkatkan hingga membentuk seperti kelopak bunga.

Kerajinan Limbah Organik Dari Bawang Merah

Kerajinan Limbah Organik Dari Bawang Merah

Tidak jauh berbeda dengan bawang putih, limbah dari kulit bawang merah juga bisa kita gunakan sebagai bahan kerajinan membuat bunga seperti mawar contoh di atas.

Adapun caranya sangat mudah :

  • Sisihkan kulit bawang merah berukuran besar dan lebar
  • Lengkungkan kulit tersebut menggunakan penggaris agar didapatkan bentuk seperti cekungan
  • Susun seluruh kulit yang sudah di lengkukkan dan rekatkan dengan lem
  • Pastikan tampilan akhirnya menyerupai bentuk kelopak bunga mawar yang cantik
  • Bunga ini bisa di tempel pada kertas atau bisa juga untuk hiasan kertas ucapan

Baca juga : 19+ DIY Barang Bekas yang Unik dan Berguna

Kerajinan Limbah Organik Dari Kacang-Kacangan

Ada berbagai macam kreasi kerajinan yang bisa dibuat dari limbah kacang-kacangan sisa. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah dan kacang arab.

Masing-masing memiliki warna dan ukuran yang berbeda, sehingga bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan kita seperti contoh di bawah ini.

1. Kerajinan Dari Kacang Kedelai

kerajinan limbah organik dari kacang kedelai

Umumnya hasil limbah kacang kedelai sisa bisa dibersihkan dan dikeringkan, kemudian dapat dikreasikan menjadi sebuah kerajinan seperti contoh di atas menggunakan teknik mosaik.

Kerajinan tersebut biasanya dibuat oleh anak-anak SD maupun TK karena bisa dibuat dengan mudah. Jadi Anda hanya perlu mengisi biji-bijian pada pola gambar yang sudah ditetapkan.

2. Kerajinan Dari Kacang Hijau

kerajinan limbah organik dari kacang hijau

Sama dengan limbah kacang kedelai, biji kacang hijau juga bisa dibuat menjadi kerajinan dengan teknik mosaik membentuk hewan-hewan yang ada di alam nyata.

Karena kacang hijau memiliki basic warna hijau yang tidak terlalu pekat, maka sepertinya sangat cocok untuk membuat gambar kura-kura dengan mengisi pola yang ada.

3. Kerajinan Dari Kacang Tanah

  • Biji Kacang Tanah

kerajinan limbah organik dari kacang tanah

Karakteristik kacang tanah memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kacang kedelai dan kacang hijau. Oleh karena itu olahan limbah organic dari biji kacang tanah ini sebaiknya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan hiasan dinding yang berpola seperti contoh di atas.

  • Kulit Kacang Tanah

kerajinan limbah organik dari kulit kacang tanah

Sementara kulit kacang tanah ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk kerajinan bunga seperti berikut.

Kerajinan Limbah Organik Dari Padi

Padi adalah salah satu bahan alam yang limbahnya bisa dijadikan kerajinan dengan berbagai macam bentuk. Adapun bagian limbah dari padi sisa yang bisa dimanfaatkan seperti jerami dan juga bijinya.

Jadi jika Anda menemukan limbah baik itu jeraminya ataupun biji padi sisa jangan dibuang dan sebaiknya dibuat sebuah kerajinan dengan nilai seni yang tinggi seperti berikut ini.

1. Kerajinan Dari Jerami Padi

kerajinan limbah organik dari jerami padi

Siapa sangka sandal di atas terbuat dari sisa limbah jerami padi. Selain berguna tentunya sandal tersebut terkesan sangat unik dan klasik.

Cara pembuatannya juga cukup mudah kok, Anda hanya perlu menganyam jerami pada kerangka yang ada membentuk seperti persegi panjang. Kemudian untuk ikatannya bisa terbuat dari jerami yang di lilitkan sehingga mirip seperti sandal asli.

2. Kerajinan Dari Biji Padi

kerajinan limbah organik dari biji padi

Sedangkan limbah sisa biji padi bisa dibuat untuk menggambar dengan teknik mosaik yang dipadukan dengan biji-bijian lainnya sehingga terlihat lebih bagus dan indah sebagai hiasan.

Kerajinan Limbah Organik Dari Kulit Kerang

Kulit kerang adalah salah satu limbah orgnaik yang memiliki harga jual sekaligus nilai seni yang tinggi. Ada banyak sekali jenis kerajinan kulit kerang ini yang telah di ekspor keseluruh Indonesia dan mancanegara.

Nah, jika Anda memiliki banyak limbah kulit kerang tidak terpakai ada baiknya coba dibuat menjadi sebuah kerajinan yang bagus dan layak dijual seperti berikut ini.

  • Menjadi Hiasan

Kerajinan limbah kulit kerang

Untuk membuat hiasan dari kulit kerang seperti contoh di atas, Anda bisa menggunakan balon yang di tiup setengah kemudian menempeli kulit kerang ke seluruh permukaannya.

Bisa dilihat, dengan beragam bentuk dan motif kerang yang digunakan akan terlihat seperti hiasan yang bagus dan menarik bukan!

  • Vas Bunga

Kerajinan limbah organik dari kulit kerang

Vas bunga dari sisa-sisa kulit kerang dibuat mirip menyerupai wadah pot aslinya. Meskipun terkesan sangat rapuh tapi untuk nilai estetiknya jangan ditanya lagi, bahkan vas bunga dari kulit kerang ini memiliki harga jual yang sangat tinggi

  • Bentuk Bunga

Kerajinan limbah kulit kerang bentuk bunga

Kerajinan simpel dan mudah yang bisa dibuat dari cangkang kerang berikutnya adalah menjadikannya seperti bentuk bunga.

Jadi cangkang kerang bisa Anda susun menyerupai kelopak bunga untuk kemudian di lekatkan pada bidang datar atau bisa juga digunakan sebagai hiasan dinding yang indah.

  • Bingkai Kaca

Kerajinan limbah kulit kerang bingkai kaca

Untuk membuat kaca rumah tidak terkesan monoton, tidak ada salahnya kumpulan limbah organik kulit kerang coba di lekatkan ke seluruh tepi bingkai kaca seperti contoh di atas. Bagaimana? sangat indah bukan.

Kerajinan Limbah Organik Dari Kulit Telur

Limbah organik berupa kulit atau cangkang telur jangan langsung dibuang begitu saja. Jika Anda ingin membuat kerajinan unik, maka sejak awal dalam memecahkan telur tersebut harus diperhatikan.

Anda bisa memecahkan telur langsung menjadi 2 atau bisa juga dengan melubangi bagian atas untuk mengeluarkan isinya. Hasil dari dua teknik tersebut nanti sangat mempengaruhi mau dijadikan kerajinan apa dari hasil limbah cangkang kulit telur tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh kerajinan limbah organik dari cangkang telur yang bisa Anda tirukan di rumah.

  • Hiasan Bingkai Foto

Kerajinan Limbah Organik Cangkang Telur Bingkai Foto

Apabila Anda menemui sisa limbah cangkang telur yang sudah hancur, maka salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari bahan tersebut adalah menjadikannya sebagai hiasan bingkai foto.

Anda cukup menempelkan pecahan-pecahan cangkang ke seluruh bingkai foto dan merekatkannya dengan lem. Pastikan pecahan tersebut terpasang dengan kuat dan disusun dengan rapi ya!

  • Boneka Cangkang Telur

Kerajinan Limbah Organik boneka kulit Telur

Untuk sisa cangkang telur yang masih utuh, Anda bisa coba membuatnya menjadi boneka telur dengan teknik lukis.

Ada berbagai macam karakter unik yang bisa di bubuhkan pada permukaan cangkang tersebut untuk memberikan kesan lucu dan estetik.

  • Pot Cangkang Telur

Kerajinan Limbah Organik Pot Cangkang Telur

Kerajinan pot menggunakan cangkang telur yang sudah terbuka setengah memang sangat cocok untuk dijadikan hiasan meja. Cangkang tersebut bisa dihias atau diberi aksen sebelum akhirnya di jejer dalam satu wadah.

Jadi pot mini tersebut bisa dimanfaatkan untuk menanam jenis kaktus mini dan bisa menambah keindahan ruang Anda.

  • Lukisan Kulit Telur

Kerajinan Limbah Organik lukisan kulit telur

Jadi bagi Anda yang hobi melukis, maka tidak ada salahnya membuat sebuah lukisan dari media kulit telur. Pastinya apabila lukisan tersebut bisa di pajang sebagai bahan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi.

Baca juga : 10+ Kerajinan dari Limbah Anorganik yang Berdaya Jual Tinggi

Kerajinan Limbah Organik Dari Kelapa

Seperti kata pepatah, hampir semua bagian dari pohon kelapa ini nyatanya bisa dimanfaatkan menjadi banyak kerajinan. Mulai dari tempurungnya, sabutnya, daunnya hingga kayu dari pohon ini bisa dibuat menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi.

1. Kerajinan Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa yang notabene banyak dibuang setelah di ambil air dan daging buahnya ada baiknya di simpan dan di olah menjadi sebuah kerajinan yang unik dan bermanfaat. Beberepa contoh kerajinan tempurung kelapa seperti berikut

  • Gelas Tempurung Kelapa

kerajinan limbah organik gelas tempurung kelapa

Kalau di lihat sebenarnya pembuatan kerajinan limbah organik tempurung kelapa di atas sangatlah mudah. Adapun sisa tempurung kelapa setengah lingkarang hanya perlu diberikan pegangan dari kayu sudah menjadi gelas minum yang estetik.

  • Boneka Tempurung Kelapa

kerajinan boneka tempurung kelapa

Jika kamu memiliki limbah tempurung kelapa yang bentuknya masih utuh, maka cobalah untuk membuat boneka tempurung kepala bentuk babi seperti di atas untuk hiasan meja ataupun lemari kamar.

Anda hanya perlu memperhalus bagian tempurung kelapa kemudian mengecatnya, setelah itu agar terkesan lebih hidup bisa menambahkan mata, telinga, mulut dan kaki dari bahan-bahan yang ada lainnya.

2. Kerajinan Sabut Kelapa

Sabut kelapa adalah bagian yang paling berserat namun bisa diolah sedemikian rupa menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik seperti di bawah ini.

  • Gantungan Kunci

kerajinan limbah sabut kelapa bentuk gantungan kunci

Jadi gantungan kunci lucu ini terbuat dari sabut kelapa yang di susun dalam sebuah wadah sehingga membentuk karakter-karakter lucu dan menarik.

Untuk tahap finishing, Anda bisa menambahkan mata, mulut ataupun aksen lainnya agar gantungan kunci tersebut terkesan lebih hidup.

  • Wadah Tabung

wadah dari sabut kelapa

Apabila Anda ingin membuat sabut kelapa menjadi lebih berguna, maka bisa dibuat menjadi kerajinan tempat pensi, atau tempat peralatan lain agar lebih terorganisir dengan baik.

Caranya buatlah kerangka wadah, bisa dari kawat ataupun kayu kemudian isi kerangka tersebut dengan limbah sabut kelapa yang tidak terpakai lagi.

3. Kerajinan Daun Kelapa

Siapa sangka daun kelapa yang dianggap tidak punya nilai nyatanya bisa juga kok digunakan sebagai bahan membuat kerajinan yang bagus dan memiliki nilai seni tinggi.

Biasanya daun kelapa ini akan di anyam sedemikian rupa kemudian dibentuk menjadi kerajinan-kerajinan seperti di bawah ini :

  • Kerajinan Mangkok Daun

Kerajinan dari limbah daun kelapa

Mangkok dari daun kelapa ini dalam proses pembuatannya memang diperlukan keahlian khusus. Tapi seperti yang terlihat, meskipun dari daun namun hasilnya tetap bisa rapi dan sangat cocok untuk wadah mainan anak.

  • Kerajinan Bentuk Hewan

kerajinan daun kelapa

Kerajinan simpel yang bisa dibuat dari daun kelapa adalah membuat bentuk-bentuk hewan seperti contoh di atas. Ada juga sebenarnya bentuk lain sepert bentuk kuda atau bahkan bentuk ketupat.

  • Kerajinan Topi Daun

kerajinan topi dari daun kelapa

Topi dari bahan daun kelapa sisa ini dapat dibuat oleh mereka yang sudah ahli dan tentunya juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Kerajinan Limbah Organik Dari Salak

Mungkin tidak pernah terbayang jika limbah organik dari pohon salah itu juga bisa dijadikan sebuah kerajinan. Biasanya kita hanya mengambil buahnya saja tanpa peduli mau di apakan dahan ataupun kulit buah dari salah itu sendiri.

Nah mulai sekrang bisa dicoba membuat kerajinan dari dua bahan (dahan dan kulit buah) salak seperti berikut ini ya.

1. Kerajinan Dahan Dahan Salak

Kerajinan Tirai dari Dahan Salak

Jadi dahan salah yang terlihat seperti kayu keras ini nyatanya bisa dijadikan bahan pembuat kerajinan yang bisa berguna untuk mempercantik interior rumah seperti tirai.

Jadi caranya dengan menguliti dahan salak tersebut untuk di ambil beberapa bagian, kemudian di anyam menjadi sebuah tirai yang estetik.

2. Kerajinan Dari Kulit Buah Salak

Kerajinan limbah kulit salak

Sementara bagian dari kulit buah salak sisa kita mengonsumsi buahnya, juga bisa dibuat kerajinan seperti bunga hias ataupun kerajinan unik lainnya.

Kerajinan Limbah Organik Dari Bambu

Pada dasarnya limbah bambu yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang mudah, simpel dan unik.

Bentuk dari bambu sendiri sudah menyerupai tabung, jadi dalam proses pengolahannya pun tidak susah. Hanya perlu menambahkan sedikit aksen maka kerajinan bambu sudah menjadi barang yang bernilai.

  • Kerajinan Lampu Hias Bambu

Kerajinan tempat lampu dari bambu

Seperti yang Anda lihat, dari sisa bambu berukuran panjang, kemudian di potong dan bagian bawahnya di beri lubang untuk keluar cahaya dari samping yang nanti akan disambungkan kabel dari bagian bawah.

  • Kerajinan Gelas Bambu

Kerajinan limbah organikl gelas dari bambu

Gelas dari sisa bambu bekas ini bisa dibuat dengan mudah, Anda hanya perlu memotong bambu yang masih memiliki ruas batang sama besar. Sedangkan untuk mempercantik gelas tersebut bisa ditambahkan lukisan-lukisan.

Kerajinan Limbah Organik Dari Serbuk Gergaji

Bahan yang semula tampak tidak diperlukan lagi, ternyata kalau kita mau lebih kreatif maka serbuk gergaji kayu bisa dibuat menjadi kerajinan yang bagus lho!

Serbuk gergaji ini bisa dari kayu apa saja, yang paling penting adalah ukuran serbuk gergaji tersebut harus sama.

  • Kerajinan Tempat Pensil

Kerajinan limbah serbuk gergaji

Dari tempat pensil tersebut, peran dari serbuk gergaji yaitu untuk melapisi permukaan wadah yang telah di olesi dengan lem perekat. Pastikan permukaan diberi serbuk gergaji sampai rata kesemua bagian agar terlihat rapi

Baca juga : Cara Mudah Membuat Kerajinan dari Barang Bekas Tak Terpakai

Kerajinan Limbah Organik Dari Kulit Durian

Pagi penggemar durian, setelah mengonsumsi daging buahnya cobalah untuk berkreasi dengan kulit buah durian.

Mungkin masih belum terbayang mau dijadikan kerajinan seperti apa, untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa referensi ide kerajinan dari kulit durian.

  • Minatur Hewan

Kerajinan dari limbah kulit durian

bnetuk kelinci di atas terbuat dari suunan kulit durian yang dikreasikan sedemikian rupa menjadi bentuk seperti aslinya. Bagaimana lucu bukan?

  • Bando Kepala

Kerajinan limbah kulit durian

Ide kreatif lainnya yaitu dengan membuat potongan kulit durian menjadi bando kepala. Bando tersebut kombinasi dari kulit durian yang di ikatkan dengan tali sehingga bisa terlihat bagus ketika digunakan.

Kerajinan Limbah Organik Dari Jeruk Bali

Kerajinan dari limbah kuli jeruk bali

Karena sifat dari kulit jeruk bali yang super tebal, maka limbah tersebut bisa dibuat menjadi kerajinan mainan anak seperti mobil-mobilan.

Caranya cukup mudah :

  • Buatlah bagian badan mobil-mobilan dari kulit jeruk segitiga berbentuk segitiga memanjang
  • Kemudian buatlah roda mobil dengan kulit jeruk yang dibulatkan
  • Pasang roda tersebut di sisi kanan dan kiri badan mobil
  • Yang terakhir adalah berilah pegangan bisa kayu ataupun tali pengikat untuk ditarik

Kerajinan Limbah Organik Dari Biji Kopi

Kerajinan gelang dari biji kopi

Biji kopi yang terkenal nikmat ketika diseduh, kali ini cobalah untuk menjadikannya sebagai kerajinan unik yang memiliki nilai seni tinggi.

Jadi biji kopi tersebut bisa dilubangi bagian tengah untuk kemudian dimasukkan tali sehingga bisa membentuk gelang yang bisa digunakan. Hasilnya juga sangat bagus!

Kerajinan Limbah Organik Dari Batang Daun Singkong

Kerajinan kalung dari dahan daun singkong

Jika mengingat waktu kecil, batang daun singkong yang terlihat sederhana bisa dibuat menjadi kerajinan yang unik dan sangat diminati oleh anak-anak.

Salah satu contoh kerajinan dari batang daun pisang yaitu dijadikan kalung sederhana, selain itu batang daun tersebut juga bisa dibuat menjadi wayang-wayangan yang lucu.

Kerajinan Limbah Organik Dari Daun

Ada berbagai macam daun yang bisa kita jumpai di sekitar, biasanya setelah dipanen maka akan banyak daun yang di buang tanpa tahu mau diapakan limbah organik tersebut.

Padahal ada beberapa daun yang bisa di kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang berguna dan bernilai seni tinggi seperti di bawah ini.

1. Kerajinan Dari Daun Pandan

Kerajinan limbah daun pandan

Daun pandan adalah daun yang memiliki bentuk memanjang dan bisa dilipat tanpa mudah sobek. Hal inilah yang menjadikan para pengrajin kerap memanfaatkan daun pandan yang sudah dikeringkan untuk dibuat anyaman dan dijadikan benda kerajinan yang unik

Selain itu daun pandan yang sudah kering biasanya dijadikan anyaman untuk alas lantai atau tikar piknik yang sangat bagus dan pastinya awet.

2. Kerajinan Dari Daun Lontar

Kerajinan daun lontar

Daun lontar kering banyak dimanfaatkan oleh orang timur indonesia menjadi sebuah topi yang bagus dan memiliki harga jual di pasaran yang tinggi karena sangat unik.

Kerajinan Limbah Organik Dari Kulit Hewan

Yang terakhir adalah kerajinan yang dibuat dari kulit hewan memang tengah marak akhir-akhir ini. Biasanya kulit hewan yang telah di sembelih bisa dijadikan bedug ataupun kerajinan lain seperti berikut ini.

1. Kerajinan Kulit Kambing

Kerajinan wayang kuli kambing

Kulit kambing biasanya tidak akan dibuang alias dimanfaatkan menjadi kerajinan bernilai jual tinggi seperti dibuat wayang untuk hiasan dinding.

2. Kerajinan Kulit Sapi

kerajinan dari kulit sapi

Kulit sapi ini bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan, misalnya saja untuk selop jam tangan, tas, dompet ataupun untuk gantungan kunci kendaraan.

Selain terkenal karena keawetannya, jika Anda menekuni kerajinan yang satu ini maka Anda bisa merintis bisnis yang prospek di masa depan karena pangsa pasarnya yang luas.


Jadi itulah pembahasan mengenai beberapa contoh kerajinan yang bisa dibuat dari sisa-sisa limbah organik. Selain hasilnya sangat bagus, ada beberapa dari kerajinan tersebut yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like