4 Ukuran Postcard dan Manfaatnya di Zaman Sekarang

AdaHobi, Ukuran Postcard – Zaman telah maju dan alat-alat komunikasi tertentu lambat laun menghilang. Postcard atau kartu pos misalnya.

Saat ini bahkan anak muda mungkin tak pernah tahu tentang kartu pos dan perangko. Apalagi ukuran postcard dan apa saja fungsinya dahulu kala.

Kali ini mimin bakalan membahas sedikit hal tentang postcard, terkait apa itu postcard atau kartu pos, ukuran standar postcard, dan apa saja manfaatnya di zaman sekarang ini.

Pengertian Postcard

Ukuran Standar Postcard

Postcard atau dalam Bahasa Indonesia berarti kartu pos adalah media kartu yang dipakai untuk mengirimkan pesan melalui layanan pos.

Media ini berbentuk karton tipis atau tebal yang bentuk persegi panjang. Kartu pos atau postcard memilki dua buah sisi, sisi pertama ialah yang biasanya berupa sebuah gambar pemandangan.

Sisi lain dari postcard yakni tempat untuk menulis. Sisi ini terbagi lagi menjadi sebelah kiri dan kanan. Bagian kiri untuk menuliskan pesan dan tanggal penulisan surat, bagian kanan untuk menuliskan alamat penerima serta untuk menempel perangko di kanan atas.

Dahulu kala, cara ini ramai digunakan sebelum adanya teknologi ponsel pintar untuk berkirim pesan kepada orang lain.

Hingga kini, kartu pos atau postcard masih digunakan untuk berkirim pesan sebab dianggap bernilai seni dan memiliki kesan yang lebih dalam.

Ukuran Postcard Standart

Berapa sih ukuran postcard standar itu?

Jika kamu ingin mengirim pesan bernilai seni tinggi dan memiliki kesan mendalam, sangat dianjurkan untuk menggunakan postcard atau kartu pos.

Seperti yang telah kita bahas, kamu juga bisa menjadikan sebagai cinderamata untuk wisatawan jika memiliki bisnis wisata. Bisa jadi tidak hanya untuk bisnis wisata, jika kamu cukup jeli untuk menggunakannya.

Ukuran Standar Postcard
Ukuran postcard via surgatekno.com

Berikut adalah ukuran postcard yang wajib kamu ketahui sebelum menggunakannya untuk berbagai keperluan:

Jenis Ukuran Keterangan
Postcard Standart 4 x 6 Inci standar yang paling banyak digunakan di Indonesia
Postcard Standar Internasional (148 x 105 mm atau 5.8 x 4.1 inchi) sebesar ukuran kertas A6
Standar Postcard Amerika Max (6.0 x 4.25 in), Min (5.0 x 3.5 in) Postcard ini memiliki ukuran dalam rentang tersebut (max – min)
Standar Postcard Old British 4.75 x 3.5 inchi (1984-1899), 5.5 x 3.5 inchi (1899), 5.875 x 4.125 inchi (1925) Memiliki ukuran postcard yang terus berubah dari masa ke masa

Contoh Custom Postcard

Setelah tahu ukuran standar dari sebuah postcard, sekarang saatnya kamu ketahui contoh custom postcard dengan berbagai macam keperluan seperti berikut ini:

Ukuran Postcard A4

Ukuran Postcard A4

Selain ukuran postcard standar yang telah kita bahas, ada juga postcard yang menggunakan ukuran A4.

Ukuran ini bisa kamu sesuaikan sendiri jika dalam proses pembuatan postcard kamu menggunakan aplikasi sederhana seperti Word.

Ukuran Postcard K-Pop

Ukuran Postcard K-Pop
mirroradvertising.id

Bagi kamu pecinta dunia K-Pop tentu tak asing dengan Treasure atau BTS, kan? Yup, salah satu idol group yang banyak digandrungi para gadis ini juga sering dijadiin desain dalam sebuah postcard.

Ukuran Postcard Foto

Ukuran Standar Postcard
Mengabadikan momen ke dalam postcard via brilio.net

Selain itu, postcard juga lazim digunakan di dunia fotografi. Namun, maksud postcard ini berbeda dengan postcard di dunia pos atau surat-menyurat.

Postcard di dunia fotografi diambil standar ukurannya untuk mencetak foto yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ukuran postcard juga sangat cocok untuk jadi ukuran cetakan suatu foto.

Bagi kamu yang bertanya-tanya: “Berapa sih ukuran postcard dalam R?” Nah, jawabannya mudahnya, umumnya ukuran postcard dunia perfotoan yakni 3R = 8.9cm x 12.7cm = 3,5inch x 5inch.

Mengapa Masih Menggunakan Postcard?

Ukuran Postcard
freepik.com

Tentu kamu perlu tahu alasan mengapa mesti menggunakan postcard di zaman teknologi serba canggih sekarang ini.

Jika kamu bisa saling bertukar surat dengan seseorang yang jauh di sana. Teknologi pengirim pesan canggih mungkin hanya untuk keperluan cepat.

Tapi, mengirim pesan lewat kartu pos bisa dijadikan untuk mengungkapkan sesuatu yang tak terwakilkan oleh teknologi.

Manfaat Postcard di Zaman Sekarang

Ukuran Postcard
www.goodhousekeeping.com

Keunikan dan nilai sejarah dari penggunaan postcard menjadi daya tarik bagi beberapa orang. Misalnya, bagi para pelaku bisnis kartu pos bisa dijadikan sebagai media branding.

Kartu pos yang dijadikan sebagai alternatif personal branding dianggap ideal untuk jenis bisnis tertentu, seperti contoh untuk bisnis wisata. Kartu pos bisa dicetak berupa gambar unik dari tempat wisata sebagai oleh-oleh untuk wisatawan dalam dan luar negeri.

Keunggulan Postcard Untuk Media Branding

Anggapan bahwa postcard itu ketinggalan zaman memang ada benarnya. Namun, jika memandang kartu pos tidak lagi berguna ketika zaman sudah maju sepertinya tidak tepat.

Postcard masih banyak digunakan sebagai media promosi dan juga komunikasi (dengan memberikan kesan tertentu bagi si penerima). Berikut keunggulan postcard jika digunakan sebagai media branding:

1. Terkesan Lebih Personal

Ukuran Postcard
www.travelandleisure.com

Mengirimkan sebuah kartu pos untuk pelanggan toko online kamu bisa jadi media branding pilihan. Saat ini pesan elektronik (email) menjadi sangat marak dan kadang orang tidak terlalu memperhatikan. Email-email tertentu bahkan hanya berakhir di kotak spam dan tak terbaca.

Kesan personal dan intim bisa kamu berikan kepada pelanggan setia tokomu dengan mengirim postcard kepada mereka. Isi di dalamnya bisa berupa promo pembelian atau bisa juga berupa ucapan di hari spesial. Bebas saja.

2. Mudah Disimpan

Ukuran Standar Postcard
www.putrizkiani.com

Jika desain postcard kamu keren bisa saja penerimanya menyimpan atau meletakkanya di tempat yang dilihat orang. Ukuran postcard yang tak terlalu makan tempat juga menjadikannya mudah disimpan.

Jika kamu pelaku bisnis, jangan lupa menaruh logo brand kamu dan ini bisa jadi alat marketing cuma-cuma, lho.

3. Mudah dan Cepat Dicetak

Ukuran Postcard
canva.com

Tak perlu banyak modal untuk menjadikan postcard sebagai media promosi. Kamu bisa memulai dengan desain template postcard gratis di Canva, mengedit di laptop, kertas tebal sesuai kebutuhan, dan printer.

Sebelum mencetak pastikan kamu terlebih dahulu memastikan ukuran postcard yang kamu inginkan.

4. Menyediakan Banyak Informasi

Ukuran Postcard
99designs.es

Pastikan kamu memberikan informasi berharga di postcard. Informasi tersebut bisa berupa promo, kupon, fitur terbaru, atau kelebihan dari bisnis yang kamu promosikan.

Dalam postcard yang kamu kirim ke pelanggan, kamu bisa selipkan beberapa promo atau diskon di dalamnya. Langkah ini bisa kamu lakukan bersamaan dengan memberikan ucapan-ucapan tertentu kepada pelanggan.


Yup, itulah pembahasan tentang pengertian postcard, ukuran, dan manfaatnya sekarang ini. Pemanfaatan kartu pos walau tak segencar dulu, namun masih bisa dijadikan sebagai media branding bagi pelaku bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like