Sketsa Gambar Hewan – Menarik memang ketika kita membicarakan tentang menggambar, pasti pertama kali yang terlintas dalam pikiran adalah masa kecil kita saat sedang menggambar di sekolah dengan ceria.

Pada masa itu kita sering menggambar pemandangan dengan background gunung, jalan raya dan sawah.Terkadang kita juga menggambar sketsa hewan lucu seperti kelinci, ayam ataupun bebek.

Nah kali ini kita akan memberikan beberapa contoh sketsa gambar hewan mudah yang dapat di ikuti oleh anak-anak. Diantaranya sebagai berikut.

Sketsa Gambar Hewan Berkaki 4

Berikut ini adalah sketsa gambar hewan berkaki 4 yang umumnya banyak dijumpai di kebun binatang. Ada hewan yang suka di air seperti kuda nil, ada domba maupun kucing yang menggemaskan.

1. Sketsa Gambar Kuda Nil

menggambar kuda nil
youtube.com

Kuda Nil merupakan hewan yang memiliki berat hinga 3 ton. Untuk menggambar kuda nil ini cukup mudah dikarenakan tubuhnya yang besar sehingga tidak memiliki kerumitan dalam menentukan garis dasar.

Yang perlu kamu perhatikan lebih adalah garis yang membentuk lekuk tubuhnya seperti perut dan leher agar terlihat lebih nyata.

2. Sketsa Gambar Domba

gambar sketsa domba
thegorbalsla.com

Sketsa gambar hewan mudah yang selanjutnya adalah Domba. Hewan yang memiliki telingan kecil yang mengarah ke samping kepalanya ini cukup mudah untuk di gambar.

Lihat saja gambar sketsa domba diatas, karena hampir semua bentuk tubuhnya terlihat seperti banang wol halus jadi kamu cukup menggambar bentuk keriting-keriting untuk kepala, badan dan ekor.

Itu saja yang perlu diperhatikan, karena gambar domba tidak terlalu rumit.

3. Sketsa Gambar Kucing

sketsa gambar hewan kucing
saran.id

Kucing merupakan hewan yang paling sering digambar, mungkin karena ke-imutan-nya. Kucing sendiri merupakan hewan yang tergolong dalam mamalia yang memiliki hobi tidur.

Seperti yang terlihat dalam sketsa gambar kucing diatas, yang perlu diperhatikan dalam menggambarnya adalah bagian kepala.

Kamu perlu menggambarnya dengan hati-hati, terutama di bagian matanya. Usahakan untuk membuat mata kucing terlihat besar dan lebih berekspresi.

Sketsa Gambar Hewan Berkaki 2

Berikut ini adalah kumpulan sketsa gambar hewan berkaki 2 yang biasa kita jumpai. Ada ayam, monyat, bebek dan berbagai jenis hewan lainnya yang dapat digambar dengan mudah.

1. Sketsa Gambar Ayam

gambar sketsa hewan
belajarmewarnai.info

Untuk menggambar ayam cukup mudah karena kita sudah familiar dengan hewan yang satu ini. Pertama pastikan dulu arah ayamnya.

Yang selanjutnya buat 2 objek besar dan kecil untuk menggambar kepala dan badan ayam. Setelah itu buat detailnya seperti garis luar dan garis dalam.

Tambahkan beberapa objek seperti telur dan jerami.

2. Sketsa Gambar Monyet

sketsa monyet bergelantungan
belajarmewarnai.info

Monyet merupakan primata yang saat ini terdapat lebih dari 264 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Untuk menggambar monyet, biasanya seorang anak terinspirasi dari kartun Curios George yang ada di ANTV.

Sebelum menggambar monyet, pastikan terlebih dulu untuk melihat sketsanya, lalu amati dan tiru. Seperti sketsa gambar monyet di atas, terlihat bentuknya tidak terlalu susah, terdiri dari kombinasi bulatan-bulatan.

3. Sketsa Gambar Bebek

sketsa gambar bebek
belajarmewarnai.info

Bebek atau yang juga disebut dengan itik merupakan hewan yang termasuk ke dalam spesies burung. Bebek umumnya memiliki rentan hidup 5 hingga 10 tahun.

Bebek cukup familiar di kehidupan kita, maka dari itu untuk menggambarnya cukup mudah.

Jika kita perhatikan sketsa gambar bebek di atas, bagian tubuh bebek tidak ada yang rumit. Jadi untuk menggambarnya dengan bagus, yang perlu kamu lakukan adalah dengan latihan mencoret.

Sketsa Gambar Hewan Buas

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan buas yang hidup di alam liar. Hewan tersebut ada banyak jenisnya seperti singa, harimau dan buaya.

1. Sketsa Gambar Singa

sketsa singa mudah
pinimg.com

Gambar sketsa yang selanjutnya adalah raja hutan, yaitu singa. Singa adalah hewan yang hidup berkelompok yang termasuk dalam keluarga kucing.

Banyak anak kecil yang menyukai singa karena keberaniannya yang di tampilkan dalam kartun-kartun kesayangan.

Untuk menggambar singa memang cukup sulit, apalagi dibagian bulu kepalanya, perlu perhatian khusus.

Lalu, di bagian badan dan kaki agar terlihat realistis maka harus di tonjolkan ototnya. Untuk menggambar dengan baik silahkan perhatikan sketsa gambar singa di atas.

2. Sketsa Gambar Harimau

contoh sketsa macan
tutsplus.com

Harimau merupakan hewan spesies kucing terbesar, bahkan ukurannya bisa lebih besar dari pada singa. Hewan karnivora ini juga merupakan hewan tersepat setelah citah.

Untuk menggambar hewan yang satu ini diperlukan ketelitian, apalagi dalam membuat loreng yang ada di badannya.

Selain itu juga perlu perhatian khusus dalam pembuatan jari kaki. Dan untuk bagian kepala akan sangat rumit. Jika ingin menggambarnya, kamu harus terus mengasah kemampuanmu dalam menggambar.

3. Sketsa Gambar Buaya

gambar buaya mudah
pinterest.com

Buaya, hewan karnivora yang berkembang biak dengan cara bertelur ini cukup sulit untuk digambar.

Seperti yang terlihat dalam sketsa di atas, untuk menggambarnya perlu ke telitian dalam membuat sisik yang seperi gergaji tersebut.

Apalagi dalam menggambar untuk kepalanya, pasti sedikit sulit. Akan tetapi jika kamu penggemar Tyrannosaurus pasti akan lebih antusias dalam menggambarnya. Pasalnya, kepala buaya dengan Tyrannosaurus itu serupa.

Sketsa Gambar Hewan Jinak

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan jinak yang biasa kita pelihara di rumah ataupun dijadikan teman baik oleh anak-anak.

1. Sketsa Gambar Anjing

sketsa gambar hewan
symbianplanet.net

Anjing merupakan binatang sosial cerdas yang memiliki ratusan variasi ras. Banyak juga anak yang ingin menggambar anjing dikarenakan sering menonton Scooby Doo.

Cara untuk menggambar anjing lucu silahkan perhatikan sketsa gambar diatas. Perhatikan setiap coretan dan pastikan untuk mencobanya sendiri dengan coretan tipis di kertasmu.

2. Sketsa Gambar Gajah

gambar sketsa gajah
symbianplanet.net

Gajah merupakan mamalia terbesar yang tinggal di hutan. Terdapat 2 jenis gajah yang di akui dunia, yakni gajah afrika dan gajah asia.

Hewan satu ini termasuk kedalam kategori hewan yang sering di gambar oleh anak-anak karena untuk menggambarnya tidak terlalu sulit.

Kamu bisa menggambarnya dengan mudah hanya dengan melihat gambar sketsa gajah di atas.

3. Sketsa Gambar Jerapah

sketsa gambar jerapah
pinterest.com

Jerapah merupakan hewan mamalia tertinggi di dunia. Jerapah dapat mencapai tinggi hingga 5 meter dengan berat 1 ton.

Faktanya, untuk menggambar jerapah cukup sulit karena memang kita tidak terlalu familiar dengan hewan yang satu ini.

Lalu bagaimana menggambarnya? Cara sederhanya dengan mengambar mirip dengan kambing. Perbedaanya hanya pada leher jerapah yang panjang. Lalu buat corak pada tubuh jerapah.

Sketsa Gambar Hewan Laut

Berikut ini adalah beberapa sketsa gambar hewan laut seperti ikan, kura-kura maupun bintang laut dengan bentuk dan wujud yang unik.

1. Sketsa Gambar Ikan

sketsa ikan tawar
cakbagus.net

Ikan merupakan kelompok vertebrata  yang hidup di air dan bernafas menggunakan insang. Ikan memiliki lebih dari 27,000 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Tentu saja kita sangat familiar dengan ikan sejak kecil. Karena itu, kita memiliki ketertarikan untuk menggambar ikan saat masih kecil.

Cara menggambar ikan cukup mudah, tidak di perlukan coretan rumit dalam membuatnya. Sebagai contoh, lihat saja sketsa gambar ikan di atas. Kamu hanya perlu menirukan setiap coretan dengan hati-hati.

2. Sketsa Gambar Kura-kura

menggambar kura kuar
pinimg.com

Kura-kura merupakan hewan yang tergolong dalam jenis reptil, sama halnya dengan biawak, ular dan buaya. Di dunia ini terdapat lebih dari 365 spesies kura-kura, baik yan hidup di darat, sungai atau pun laut.

Kura-kura termasuk hewan yang di lindungi karena akhir-akhir ini cukup langka. Anak kecil biasa menggambar kura-kura karena terinspirasi dengan kartin Kura-kura Ninja.

Lalu, bagaimana cara menggambar kura-kura? Langkah pertama yakni dengan membuat coretan sederhana, lalu perkuat coretan tersebut dengan menambah detail pada cangkang kura-kura yang memang cukup sulit.

Yang terpenting adalah jangan menyerah, pastikan untuk melihat sketsa yang ada.

3. Sketsa Gambar Bintang Laut

gambar bintang laut
pinimg.com

Bintang laut atau Starfish merupakan hewan yang tinggal di laut. Uniknya, hewan ini mampu hidup hingga 35 tahun.

Untuk menggambar bintang laut seperti sketsa di atas, yang perlu kamu lakukan adalah dengan membentuk pola seperti bintang, tapi ujung nya tidak runcing.

Lalu buat, bulatan-bulatan seperti pori-pori pada tubuh bintang laut. Selanjutnya tambahkan mata dan mulut (ini hanya tambahan saja).

Sketsa Gambar Hewan Darat

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan darat yang biasa kita jumpai di kebun binatang. Ada ular, sapi, rusa dan beragam jenis hewan darat lainnya.

1. Sketsa Gambar Ular

sketsa gambar ular
kreasiwarna.com

Bagaimana cara menggambar ular, apakah sulit? Ular merupakan binatang yang termasuk kedalam kelompok reptilia.

Ular sendiri tersebar luas di seluruh dunia. Binatang yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang panjang akan tetapi tidak memiliki kaki.

Lalu bagaimana cara menggambar ular? Pertama kamu harus memulai dengan menggambar kepala ular, karena disitulah letak tersulit dalam menggambarnya. Selanjutnya di lanjutkan dengan menggambar tubuhnya.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu perlu mengasah kemampuanmu dalam menggambar. Carilah sketsa gambar ular yang terlihat sederhana.

2. Sketsa Gambar Sapi

bentuk sketsa sapi
marimewarnai.com

Sketsa gambar hewan yang selanjutnya adalah sapi. Sapi merupakan hewan herbivora yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dengan leher yang pendek.

Untuk menggambar sapi cukup mudah karena bentuknya yang sederhana, tapi yang sulit adalah memberikan detail seperti bercak-bercak pada badan sapi.

Kamu harus bisa membuatnya senatural mungkin agar terlihat lebih nyata.

3. Sketsa Gambar Rusa

sketsa gambar rusa
pinimg.com

Rusa atau menjangan merupakan mamalia yang termasuk ke dalam golongan famili Cervidae. Hewan ini memiliki berat hingga 180 kg dan mampu berlari dengan kecepatan 80 km/jam.

Untuk menggambar rusa sesuai dengan hewan aslinya cukup sulit, karena rusa memiliki tanduk luar biasa yang cukup merepotkan untuk di gambar.

Jadi cara termudahnya adalah dengan menggambar rusa seperti sketsa di atas, karena cukup sederhana dan tidak banyak bagian yang sulit dikerjakan.

Sketsa Gambar Hewan Lucu

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan lucu dang menggemaskan seperti kelinci, panda dan kupu-kupu.

1. Sketsa Gambar Kelinci

gambar kelinci mudah
symbianplanet.net

Kelinci adalah hewan yang termasuk kedalam golongan mamalia. Kelinci sudah tersebar di seluruh dunia dengan berbagai macam spesies.

Kelinci terkenal dengan keimutannya, karena hal tersebutlah yang membuat banyak anak kecil menyukainya.

Cara menggambar kelinci cukup sederhana, pertama mulailah dengan membentuk keseluruhan tubuh kelinci. Selanjutnya gambar juga kaki kelinci.

Bentuklah mata dan telinga kelinci sebaik mungkin. Dan yang terakhir pertebal coratan tadi agar terlihat lebih nyata.

2. Sketsa Gambar Panda

sketsa panda imut
pngkit.com

Panda adalah hewan mamalia asli tiongkok yang mampu bertahan hidup di hutan hingga 20 tahun. Panda merupakan hewan yang sering bersuara, tidak kalah dengan burung.

Jika kamu penasaran ingin tahu bagaimana cara menggambar panda yang baik dan benar, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat 2 oval kecil dan besar untuk bagian kepala dan badan panda, buatlah dengan menyambungnya.

Selanjutnya gambar telinga, tangan dan kaki panda. Lalu buat detailnya, seperti mata. hidung dan mulut.

Terakhir tinggal menyamakan panda yang kita gambar dengan sketsa panda yang kamu miliki.

3. Sketsa Gambar Kupu-kupu

gambar kupu kupu
pinimg.com

Kupu-kupu merupakan serangga yang memiliki rentang hidup hingga 12 bulan saja. Kupu-kupu merupakan serangga yang imut dan lucu, sehngga banyak yang menyukainya.

Cara menggambar kupu-kupu sangat mudah, coba perhatikan sketsa gambar kupu-kupu di atas. Kamu cukup menirunya saja, lalu tambahkan warna sesuai keinginanmu, karena memang kupu-kupu memiliki berbagai jenis warna.

Yang paling penting dalam menggambar adalah tidak ragu-ragu dalam meberikan coretan.

Sketsa Gambar Hewan Burung

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan burung yang dapat terbang di angkasa, burung tersebut memiliki bragam warna dan bentuk seperti di bawah ini.

1. Sketsa Gambar Burung Hantu

gambar sketsa burung hantu
narmadi.com

Burung hantu termasuk kedalam golongan burung buas. Burung hantu merupakan hewan nokturnal atau aktif di malam hari.

Burung ini mampu melihat dengan baik dalam kegelapan. Fakta unik dari burung ini adalah burung hantu mampu memutar kepalanya 135 derajat di kedua arah.

Cara menggambar burung hantu sangat mudah, cukup perhatikan sketsa sederhana di atas. Maka kamu akan mampu menggambarnya.

2. Sketsa Gambar Burung Garuda

sketsa burung garuda
masfikr.com

Burung garuda asli atau fakta? Kita masih belum tahu apakah burung garuda ini ada, tapi burung garuda ini mirip dengan burung elang.

Jika kamu ingin menggambar burung garuda ini di perlukan latihan menggambar yang ekstra. Pasalnya, burung ini memiliki bulu yang rumit.

Tapi tentu tak pantang menyerah, karena burung ini memang keren, jadi bisa dijadikan sebagai motivasi menggambar.

3. Sketsa Gambar Burung Merpati

Gambar Mewarna Burung Hebat mewarnai burung merpati h warna
menulismenconteng.my

Burung merpati atau dara ini tentu sudah familiar bagi kita, karena burung ini sering dijadikan sebagai lambang kesetiaan, sehingga sering muncul di cover undangan pernikahan.

Untuk menggambar burung merpati, silahkan perhatikan sketsa tersebut. Terdapat garis lengkung yang sederhana sehingga mudah diikuti.

Yang perli di perhatikan adalah bentuk dari sayapnya. Untuk menggambarnya dengan bagus, kamu harus bersabar.

Sketsa Gambar Hewan Berwarna

Berikut ini adalah beberapa sketsa gambar hewan berwarna merah, hijau ataupun biru seperti semut, kumbang dan belalang.

1. Sketsa Hewan Berwarna Merah – Semut Merah

gambar sketsa semut merah
pinimg.com

Semut merah merupakan semut yang hidup berkoloni, biasanya mencapai hingga 100.00 ekor. Semut merah dengan panjang mencapai 3 mm ini juga dijuluki sebagai semut api, karena gigitannya seperti api.

Jika terkena gigitan semut ini bisa bentol-bentol dan berbekas seperti terkena api.

Untuk menggambar semut merah versi sederhananya, kamu bisa mengikuti sketsa di atas atau mencari sketsa lainnya sesuai keinginganmu.

2. Sketsa Hewan Berwarna Biru – Kumbang Biru

gambar sketsa kumbang biru
pinimg.com

Sketsa hewan selanjutnya adalah kumbang. Kumbang adalah hewan kecil yang disukai anak-anak karena memiliki warna dan pola yang unik.

Kumbang ini ternyata memiliki bau pada kakinya, dan fakta menariknya kembang adalah hewan kanibal. Sehingga sudah biasa bila kumbang saling memakan diantaranya sesamanya.

Untuk menggambar kumbang ini sangat sederhana karena terlihat seperti kecoa. Kamu hanya perlu membuat bentuk oval yang di beri kaki dan mata.

Sesederhana itu, jadi kumbang ini cukup bagus digunakan untuk latihan menggambar.

3. Sketsa Hewan Berwarna Hijau – Belalang

gambar sketsa belalang sembah
pinimg.com

Gambar sketsa yang selanjutnya adalah belalang sembah atau biasa disebut dengan mantis. Belalang ini ternyata memiliki lebih dari 2.300 spesies.

Untuk menggambar belalang sembah yang terlihat seperti aslinya tentu akan susah bila masih belajar menggambar.

Maka dari itu, sketsa diatas adalah sketsa belalang sembah versi sederhananya. Hal tersebut akan membantu kamu dalam menggambar.

Jika sudah bisa, maka tingkatkan lagi kemampuan menggambarmu dengan menggambar belalang yang terlihat nyata.

Sketsa Gambar Hewan Untuk Anak TK

Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa gambar hewan yang bisa digambar dengan mudah oleh anak TK ataupun Paud.

1. Sketsa Gambar Kancil

gambar sketsa kancil
pinimg.com

Kancil merupakan hewan yang sudah menjadi legenda di kalangan anak-anak, karena sewaktu hendak tidur selalu diceritakan tentang cerita rakyat “Si Kancil“.

Jika kamu bisa menggambar rusa atau kambing, tentu akan mudah jika ingin menggambar kancil.

Seperti yang kamu lihat pada sketsa gambar diatas, kecil terlihat familiar dengan rusa dan kambing. Jadi, menggambar kancil cukup sederhana untuk dilakukan.

2. Sketsa Gambar Katak

gambar sketsa katak
wikihow.com

Katak merupakan binatang amfibi yang memakan serangga. Binatang yang memiliki kulit licin berwara merah kecoklat-coklatan atau hijau ini biasa hidup di air tawar atau daratan.

Untuk menggambar katak diperlukan perhatian khusus pada kepalanya, karena bagian itulah yang paling sulit digambar.

Agar terlihat lebih menarik, gambarlah daun dibagian bawah kaki sebagai pijakan.

3. Sketsa Gambar Siput

gambar sketsa siput
kreasiwarna.com

Jika melihat siput pada sketsa diatas, maka akan teringat dengan siput peliharaan yang dimiliki oleh Spongebob, yaitu Gary.

Faktnya sketsa diatas adalah Gary yang ada di film kartun SpongeBob SquarePants. Anak-anak tentu tau kartun tersebut.

Untuk menggambar Gary si siput kamu hanya perlu menambahkan pola unik yang ada di cangkangnya. Karena sketsa Gary sama dengan sketsa siput pada umumnya.

Cara Menggambar Sketsa Binatang

Cara Menggambar Sketsa Binatang
brightspotcdn.com

Disini kami tidak akan menjelaskan bagaimana cara menggambar sketsa binatang, akan tetapi kami akan memberikan beberapa contoh gambar sketsa binatang yang baik dan benar.

Maka dari itu, yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan setiap bagian dari sketsa tersebut, lalu mulailah untuk mengikuti setiap arahannya.

Berikut beberapa langkah contoh menggambar sketsa binatang yang perlu anda coba.

  • Belajar menggambar sketsa hewan kelelawar

  • Belajar menggambar sketsa hewan keledai

  • Belajar menggambar sketsa hewan landak

  • Belajar menggambar sketsa hewan tikus

  • Belajar menggambar sketsa hewan unta

Itu tadi beberapa contoh sketsa gambar hewan yang mudah dititru untuk anak TK atau pemula. Latih terus kemampuan menggambar sampai seperti yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like