AdaHobi, Pagar Tembok Minimalis – Jika kamu mengetik kata “pagar rumah” di mesin pencari Google, maka akan muncul banyak sekali opsi, tak hanya puluhan tapi bahkan ratusan, dan salah satunya adalah pagar tembok minimalis.

Gaya minimalis sudah ada sejak tahun 1960-an, dan kini telah menjadi salah satu desain arsitektur paling hits.

Sesuai namanya, pagar minimalis mengusung konsep kesederhanaan tapi tetap bergaya.

Ciri khas lainnya adalah warna pagar biasanya hanya berkisar dari putih, hitam, abu-abu, beige, krem, atau kombinasi di antara mereka (kombinasi biasanya tidak lebih dari dua warna dasar).

Pagar Tembok Minimalis

Pagar adalah sentuhan terakhir yang indah sebagai sampul depan rumahmu, sekaligus menawarkan keamanan ekstra bagi penghuni di dalam rumah karena orang-orang luar tidak akan mudah masuk ke dalam rumah.

Fungsi lainnya adalah pagar dapat membuat batas dan menjadikan rumah lebih private, karena tidak berhadapan langsung dengan rumah tetangga.

Tapi selain untuk mengamankan ruang dan menandai batas, pagar rumah juga banyak digunakan sebagai tepian untuk membingkai taman atau sebagai titik fokus depan rumah.

Karena itu, sangat penting bagi setiap pemilik rumah untuk memilih desain pagar yang tepat di antara ratusan ide yang ada.

Jika kamu bosan dengan tampilan pagar yang itu-itu saja, atau mungkin sedang mencari ide

untuk membuat pagar pertama kalinya, inilah 20 pilihan gambar pagar rumah minimalis paling populer yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Pagar Tembok Kombinasi Kayu

Pagar Tembok Kombinasi Kayu
bramblefurniture.com

Pagar yang terinspirasi dari gaya pedesaan ini adalah salah satu ide dan desain pagar paling trendy saat ini.

Elegan, minimalis, dan indah, adalah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan desain pagar rumah yang satu ini.

Warna coklat alami dari kayu cedar ini tampak hangat dan terlihat modern dalam bilah kayu horizontal, yang secara cerdas melengkapi tampilan rumah lantai dua yang juga berdinding kayu.

Kayu adalah bahan klasik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman untuk digunakan, apalagi sebagai pagar rumah.

Pagar tembok kombinasi kayu juga lebih mudah dirawat dan tahan lama (jika kamu bisa memilih bahan kayu yang tepat).

2. Pagar Tembok Modern Tradisional

Pagar Tembok Modern Tradisional
pinterest.com

Seperti yang terlihat, pagar ini adalah kombinasi dari gaya modern dan tradisional serta masih mengusung konsep minimalis yang terlihat dari pemilihan warna cat, yaitu kombinasi abu-abu muda, tua, dan putih.

Ide yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin upgrade pagar rumah lama dengan gaya baru namun dalam anggaran yang terbatas, jadi kamu tidak perlu membongkar seluruh pagar tapi hanya mengganti warna cat.

Pemilihan cat yang tepat akan membuat dinding pagar yang apik dan bergaya.

Sedangkan untuk beberapa bagian yang mungkin rusak atau terdapat noda yang tidak bisa dihilangkan, kamu bisa menambahkan lapisan semen baru untuk menutupinya.

3. Pagar Tembok Batu dan Besi

Pagar Tembok Batu dan Besi
polarumah.com

Jika yang kamu cari adalah model pagar rumah yang tampak kokoh dan tahan lama, maka pagar berbahan batu kombinasi besi adalah pilihan paling sempurna.

Ide ini sangat tepat untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan raya, karena tingkat keamanan lebih tinggi.

Tumpukan batu alam dalam bentuk yang tak beraturan seperti pada gambar justru membuatnya menjadi garis dan bentuk yang tepat.

Kamu bisa memilih batu berwarna cantik dengan pola yang menarik, kemudian kombinasikan dengan besi berwarna hitam untuk tampilan yang lebih garang.

Tapi karena terbuat dari bahan-bahan yang kokoh, model pagar ini biasanya membutuhkan dana yang cukup banyak.

Meski begitu, hal ini cukup sepadan dengan ketahanannya hingga berpuluh-puluh tahun.

4. Pagar Tembok Modern dengan Pintu Besi

Pagar Tembok Modern dengan Pintu Besi
pinterest.com

Kombinasi tembok putih dengan besi hitam adalah perpaduan yang tidak pernah salah. Sekilas, model pagar ini memang terlihat sederhana, tapi di saat yang sama juga tampak stylish dan kekinian.

Karena dibuat tidak terlalu tinggi, pagar model ini sangat ideal untuk kamu yang ingin memperlihatkan landscape halaman depan.

Jika dilihat dari desainnya, pagar model ini tidak membutuhkan banyak biaya karena bahannya terbilang sedikit.

Tapi jika letak rumah kamu berada di pinggir jalan raya, sebaiknya hindari menggunakan pagar rendah seperti ini, karena tingkat keamanannya kurang terjamin.

Sebaliknya, fungsi pagar ini adalah sekedar untuk membuat batas.

5. Pagar Tembok dengan Gerbang

Pagar Tembok dengan Gerbang
rumahpropertigratis.com

Jika kebetulan kamu memiliki mobil di rumah, maka pagar tembok wajib banget nih memiliki gerbang besar seperti gambar di atas.

Karena desainnya dibuat tinggi, keamanan rumah dan kendaraan juga akan lebih terjamin, apalagi jika lokasi rumah kamu di perkotaan yang padat penduduk.

Model dari gerbangnya sendiri ada banyak, salah satu yang paling umum adalah gerbang dengan roda yang cara membuka dan menutupnya adalah dengan didorong.

Tapi jika tak ingin kerepotan, kamu juga bisa membuat yang model otomatis lho, tapi tentunya dengan biaya yang lebih banyak ya.

6. Desain Pagar Tembok Klasik Minimalis

Desain Pagar Tembok Klasik Minimalis
pinterest.com

Pagar klasik tapi minimalis? Bisa banget dong. Salah satunya adalah gambar di atas.

Model pagar ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 90-an, tapi karena dicat dengan kombinasi warna yang tepat, kesan jadul jadi sedikit tersamarkan ya.

Buat tampilannya tetap sederhana dan bersih dengan tidak menambahkan ukiran atau tanaman hias apapun seperti gambar di atas, sehingga konsep minimalis yang identik dengan kesederhanaan akan kian terasa.

7. Desain Pagar Tembok Tinggi

Desain Pagar Tembok Tinggi
dekorrumah.net

Jika yang kamu inginkan adalah pagar full privasi dan super aman, maka pagar tembok tinggi seperti ini adalah opsi terbaik, terutama jika kamu berada di wilayah yang rawan maling atau di pinggir jalan raya besar di daerah perkotaan.

Hadir dengan satu warna yaitu putih bersih, pagar ini tetap tampak mempesona dan di saat yang sama justru menonjolkan kesederhanaan pada konsep minimalisnya.

Agar tidak terlihat sangat polos, kamu hanya perlu memberi sedikit lekukan di beberapa bagian seperti yang terlihat pada gambar.

8. Desain Pagar Tembok Batu Modern

Desain Pagar Tembok Batu Modern
popbela.com

Pagar tembok batu adalah salah satu ide dan desain pagar terkuat sejak abad pertengahan.

Kamu bisa memadukannya dengan pintu kayu berwarna coklat seperti pada gambar untuk menonjolkan kesan alam tapi di saat yang sama juga tampak modern.

Kombinasi kedua bahan ini membuatmu mendapatkan pagar rumah yang terlihat sangat menarik, sangat modern, dan sangat kuat.

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa menambahkan lampu outdoor di bagian dinding atau tanam di tanah, sehingga pagar terlihat cantik saat malam hari.

9. Desain Pagar Tembok Minimalis dengan Batu Alam

Tembok Minimalis dengan Batu Alam
klimg.com

Model pagar minimalis selanjutnya mirip dengan gambar sebelumnya, yaitu pagar batu yang dikombinasikan dengan bahan kayu sebagai pintu.

Campuran kedua bahan ini adalah desain modern dari gaya pagar yang saat ini paling disukai. Tampilannya sangat unik, tampak modern, tapi juga terkesan alami.

Jika lokasi rumahmu di perkotaan, desain pagar seperti ini akan membuat rumahmu tampak kekinian dan unik.

Sedangkan untuk lokasi rumah di pedesaan, pagar ini akan tampak menonjol tapi tidak norak, justru akan terlihat indah dan menyatu dengan nuansa desa yang cenderung masih alami.

10. Desain Pagar Tembok dengan Batu Bata

Desain Pagar Tembok dengan Batu Bata
blogpictures.99.co

Siapa bilang pagar bata selalu tampak jadul? Contohnya adalah gambar di atas.

Bukannya terlihat ketinggalan zaman, pagar ini justru tampak modern dan trendi, bukan? Warna asli bata dikombinasikan dengan cat putih membuat pagar ini tampak indah.

Karena bahannya sangat minim, kemungkinan besar total biaya pembuatan pagar ini cukup murah.

Cocok banget nih untuk kamu yang ingin membuat pagar tapi dengan dana yang terbatas.

Tapi kamu harus memilih tukang yang ahli ya, karena membuat desain pagar seperti ini membutuhkan skill khusus.

11. Model Pagar Tembok Beton

Model Pagar Tembok Beton
blogpictures.99.co

Upgrade pagar beton tuamu hanya dengan menambahkan sedikit sentuhan warna, contohnya adalah warna abu-abu tua seperti foto di atas.

Agar terkesan lebih dramatis, kamu juga bisa lho menambahkan bebatuan warna putih dan lampu taman seperti yang terlihat pada gambar.

Saat malam hari, dijamin tampilannya akan lebih indah.

Selain lebih apik, pagar model ini juga memberikan keamanan lebih karena bahannya yang tidak mudah rusak dan biasanya lebih tahan lama.

12. Model Pagar Tembok Mozaik

Model Pagar Tembok Mozaik
blogpictures.99.co

Pagar tembok dengan desain mozaik dan full color seperti ini cocok banget nih untuk kamu yang ingin memberikan kesan trendi untuk rumah.

Ditambah dengan lampu outdoor di atas pagar seperti pada gambar di atas membuat tampilan pagar akan lebih menawan saat malam tiba.

Apalagi jika warna lampunya kuning hangat, jadi bukan putih terang. Sedangkan untuk bagian pintu pagar, kamu bisa memilih bahan kayu agar kesan homey lebih tercipta.

13. Model Pagar Tembok Beraksen

Model Pagar Tembok Beraksen
polarumah.com

Desain pagar rumah minimalis tidak harus selalu polos kok, karena ada juga model yang beraksen seperti foto di atas.

Jika diperhatikan, aksen tersebut sepertinya adalah tambahan ya, jadi tidak dipasang bersamaan dengan pembuatan pagar.

Artinya, kamu bisa menambahkan aksen untuk pagar polos yang saat ini kamu miliki.

Desain, bentuk, serta ukuran dari aksen pagar sangat beragam, yang bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan selera, kebutuhan, atau anggaran.

14. Model Pagar Tembok Dengan Bonsai

Model Pagar Tembok Dengan Bonsai
pinterest.com

Tanaman hidup bisa menjadi sentuhan yang cantik untuk pagar rumahmu, dan salah satu tanaman indah yang bisa kamu tambahkan adalah bonsai.

Namun, tanaman ini juga membutuhkan perawatan rutin agar tidak tumbuh rumput liar di sekitarnya dan bentuk bonsai tetap indah.

Jika kurang suka dengan bonsai atau mungkin tidak bisa membeli karena harganya yang mahal, kamu juga bisa kok menambahkan tanaman favorit lainnya, seperti Sansevieria, Suplir, Tanduk Rusa, Kadaka, dsb.

Jika ingin yang lebih berwarna, kamu bisa memilih Aglaonema, Lili Paris, atau Calathea Black.

15. Model Pagar Tembok Nuansa Putih

Model Pagar Tembok Nuansa Putih
marwahshop.com

Ingin menampilkan kesan bersih pada rumah? Maka pagar tembok warna putih polos adalah opsi terbaik untukmu.

Jangan khawatir tampilannya akan membosankan ya, karena kamu bisa menambahkan sedikit sentuhan hijau dengan tanaman dan beberapa lampu taman yang juga berwarna putih.

Bahkan bagian pintu pagar juga bisa tetap putih kok. Kamu bisa memilih bahan besi atau pun kayu.

Meskipun seluruh warnanya putih, tapi dijamin tampilannya akan tetap memukau. Tapi resikonya satu, kamu harus rajin merawatnya terutama saat musim hujan tiba.

Agar pagar tidak cepat kotor dan berlumut, pastikan untuk memilih cat tembok yang bagus ya.

Jadi saat ada noda, kamu hanya perlu membersihkannya dengan air plus kain, tidak harus selalu mengecat ulang. Meski begitu, cat ulang tetap dibutuhkan setidaknya 2 kali dalam 1 tahun ya.

16. Inspirasi Pagar Tembok Berornamen

Inspirasi Pagar Tembok Berornamen
imgix.net

Ada banyak sekali ornamen pagar tembok yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah foto di atas.

Tapi warnanya tidak harus putih kok, kamu bisa memilih abu-abu muda atau tua, beige, krem, atau bahkan kombinasi dua warna, misalnya putih dan abu-abu atau putih dan beige.

17. Inspirasi Pagar Tembok Dekoratif

Inspirasi Pagar Tembok Dekoratif
imgix.net

Tambahkan sedikit kesan unik pada pagar rumahmu agar tampilannya tidak kaku atau tampak membosankan dengan memilih pagar dekoratif.

Salah satunya adalah pola pohon pada pagar besi seperti pada gambar di atas, yang tentunya sangat menarik perhatian.

Dikombinasikan dengan batu bata berwarna senada, kesan natural akan lebih terasa. Desain pagar ini sangat ideal jika kamu menginginkan daya tarik pinggir jalan yang mengagumkan.

Selain warna coklat, kamu juga bisa memilih putih jika ingin tampil lebih menonjol. Pagar ini tak hanya memberikan privasi untuk halaman depan rumah tapi juga bisa mempercantik rumah.

18. Inspirasi Pagar Tembok Aluminium Minimalis

Inspirasi Pagar Tembok Aluminium
pgimgs.com

Pemasangan pagar tembok aluminium dengan pintu lipat seperti ini sangat sempurna untuk kamu yang ingin menetapkan batas tanpa perlu bersusah payah mendorong pintu setiap kali ingin keluar atau masuk.

Aluminium juga termasuk bahan ideal untuk kamu yang menginginkan pagar tahan lama, karena bahan ini tidak mudah berkarat dan harganya sangat beragam, jadi kamu memiliki lebih banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget.

Kamu bisa memilih warna putih untuk tampilan yang lebih bersih, atau kombinasikan warna asli aluminium dengan abu-abu untuk kesan lebih gaya. Selain aluminium polos, ada juga yang sudah bermotif lho.

19. Inspirasi Pagar Tembok Nuansa Kastil

Pagar Tembok Nuansa Kastil
pixabay.com

Jika tak ingin pagar rumah sederhana, maka kamu bisa memilih yang lebih megah dengan tema kastil seperti pada foto ini.

Pagar model ini sangat cocok jika rumahmu mengusung konsep mewah dalam bentuk bangunan dua lantai atau bahkan lebih.

Kamu bisa membuat desain keseluruhan pagar menggunakan bahan besi seperti pada gambar, atau pilih bahan besi hanya sebagai pintu dan bagian lain berupa tembok tertutup.

Opsi kedua cenderung lebih aman karena pemandangan depan rumah tidak akan terlihat secara jelas, sehingga tidak menarik perhatian maling.

Selain itu, privasi juga lebih bisa didapat karena desain kedua membuat aktivitas di halaman depan rumah tidak tampak oleh tetangga.

20. Inspirasi Pagar Tembok Vinyl

Inspirasi Pagar Tembok Vinyl
polarumah.com

Jika kamu sedang mencari alternatif pagar kayu tradisional, maka pagar vinyl adalah jawabannya.

Vinyl adalah bahan plastik yang terbuat dari polivinil klorida (PVC), yang umumnya membutuhkan perawatan rendah dan tidak akan retak atau pecah seperti kayu.

Bahan ini juga tidak akan busuk atau lapuk seperti kayu, tidak dimakan rayap, serta cat yang menempel lebih tahan lama.

Kelebihan lainnya adalah pagar vinyl hadir dalam beberapa warna dan gaya, mulai dari pagar pendek hingga pagar privasi yang tinggi. Ada juga vinyl yang dibuat bertekstur untuk tampilan seperti serat kayu.

Ada banyak sekali contoh pagar rumah minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi, dan 20 opsi paling populer telah kamu lihat. Jadi, pagar tembok minimalis seperti apa yang kira-kira akan kamu buat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like