25+ Desain Kanopi Rumah Minimalis Modern & Klasik Terbaru

AdaHobi, Desain Kanopi Rumah Minimalis – Apakah anda sedang mencari inspirasi tentang desain kanopi rumah minimalis untuk disesuaikan dengan teras rumah? Anda tepat berada disini, wajib untuk anda menyimak artikel ini sampai selesai.

Dalam dunia bangunan rumah, kanopi merupakan salah satu bagian penting keberadaannya. Fungsi dari kanopi sendiri beragam sesuai kebutuhan si pemilik rumah dalam penggunaannya.

Namun pada umumnya kanopi digunakan oleh banyak orang untuk melindungi kendaraan maupun halaman rumah. Dari derasnya hujan dan terik panas matahari di luar rumah.

Selain itu juga dengan adanya kanopi sebagai pelindung panas dan hujan di halaman teras rumah. Kanopi juga mempunyai peranan dalam pertukaran udara sehingga berpengaruh pada tingkatan kesejukan didalam rumah.

Sekarang ini ada banyak sekali model atau gaya rumah seiring perkembangan zaman dan sesuai kepribadian serta keinginan pemilik rumah. Baik ada rumah yang bergaya klasik tradisional sampai rumah mewah dan modern.

Maka dari itu AdaHobi kini akan membagikan artikel tentang desain kanopi rumah minimalis sesuai dengan kebutuhan anda di rumah.

Namun sebelum anda masuk ke pembahasan desain kanopi rumah minimalis, alangkah baiknya jika mengetahui bahan dari kanopi. Sehingga Anda bisa memilih bahan kanopi sesui fungsi dan kondisi rumah Anda.

Pilihan Bahan Kanopi

Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memasang kanopi pada hunian atau bangunan Anda. Karena bahan juga bisa mempengaruhi dari kondisi serta situasi pada bangunan.

Dengan mengetahui bahan kanopi ini apa saja, Anda bisa menyesuaikan tipe bahan seperti apa yang dibutuhkan.

Bahan Atap Kanopi

  1. Spandek: berbahan dasar seng dan aluminium yang kemudian ditambahkan silikon agar lentur. Spandek biasanya digunakan sebagai atap di gudang, ruko, pabrik dan lain sebagainya. Ada beragam warna dari spandek yang bisa Anda pilih di toko bangunan terdekat.
  2. Akrilik: berbahan dasar akrilik ini terbilang cukup mahal harganya. Namun jika menggunakan akrilik rumah akan terlihat tampak cantik dan indah. Namun kelemahan pada bahan dasar akrilik ini adalah mudah tergores dan cepta buram jika kena cahaya matahari serta hujan.
  3. Kaca: berbahan dasar kaca apabila digunakan cahaya sinar matahari akan tetap masuk ke bawah kanopi Anda. Sehingga pencahayaan pada hunian anda menjadi lebih baik namun tetap terlindungi dari adanya hujan. Biasanya jika menggunakan kaca, harus dirangkap dua agar tidak muadh pecah.
  4. Polikarbonat: berbahan dasar plastik cocok digunakan untuk jenis rumah modern. Teksturnya yang berongga berfungsi untuk menyerap sinar matahari sehingga tahan akan panas matahari.

Bahan Rangka Kanopi

  1. Bahan rangka besi hollow
  2. Bahan rangka besi pipa
  3. Bahan rangka baja ringan
  4. Bahan rangka stainless steel
  5. Bahan rangka kayu

Desain Kanopi Rumah Minimalis Terbaru

Berikut ini beberapa desain kanopi rumah minimalis yang dapat dijadikan referensi. Agar rumah hunian anda menjadi lebih nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

1. Desain Kanopi Rumah Minimalis 1 Tiang

Desain Kanopi Rumah Minimalis 1 Tiang
pinterest.com

Desain kanopi ini cocok untuk kamu yang menginginkan halaman rumah yang rindang dan terasa luas. Luas halaman itu dikarenakanj desain kanopi ini hanya menggunakan 1 tiang penyangga yang posisinya menempel pada tembok.

Dengan menggunakan desain kanopi ini, tidak akan memakan ruang halaman dan lebih efisien tempat.  Sehingga Anda bisa menggunakan halaman secara optimal baik untuk parkit, acara, maupun tempat bermain anak.

2. Desain Kanopi KPR 2 Tiang Setengah

 

allrumahminimalis.blogspot.com

Desain ini terbilang unik karena hanya menggunakan setengah tiang penyangga dari besi yang kemudian di sambungkan dengan tiang cor. Hal itu didesain oleh pemilik rumah karena mempunyai alasan.

Alasan tiang besi dibuat setengah agar besi tidak langsung menyentuh ke tanah dan lebih terlindungi dari air. Sebab apabila dibawah sampai lantai, besi akan sering terkena air dan bisa berkarat.

3. Desain Kanopi 3 Tiang Setengah

pinterest.com

Desain kanopi ini konsepnya hampir sama dengan desain nomer 2 pada artikel ini. Yang membedakan hanya panjangnya dan jumlah tiang yang digunakan.

Kanopi ini menggunakan 3 tiang karena memang bentangannya cukup lebar karena dibuat full sesuai ukuran teras.

4. Desain Kanopi Lengkung Yang Mewah

pintukayu.com

Bila kamu menyukai desain rumah yang mewah, Anda bisa menggunakan kanopi lengkung ini. Yang dipadukan dengan warna merah emas dan kuning emas pada warna kanopi.

Kemewahan itu lebih terlihat juga dengan adanya lengkungan aksesoris yang ditempelkan pada kanopi ini. Kemudian disesuaikan dengan desain rumah dan pagar agar lebih serasi.

5. Desain Kanopi Rumah Minimalis Modern Tanpa Tiang

deaagamdesign.com

Desain Kanopi Rumah Minimalis ini tampak modern dan mewah dengan disandingkan pada rumah yang sedemikian rupa. Desainnya yang tak berlebihan dan tanpa tiang terbilang cocok untuk desain orang zaman modern sekarang.

Untuk Anda yang berjiwa modern dan mewah bisa mencoba untuk mengaplikasikan kanopi ini pada hunian rumah. Yang tentunya harus disesuaikan dengan tema model bangunan rumah ya.

6. Desain Kanopi Satu Setengah Tiang

ruangarsitek.com

Untuk Anda yang tinggal di lingkungan perumahan, bisa menggunakan desain kanopi ini untuk diaplikasikan pada rumah Anda. Tampilannya yang minimalis dan struktur rangkanya cocok untuk perumahan Anda.

Kanopi ini menggunakan 2 tiang, yang masing-masing tiang memiliki tinggi berbeda. Yang satu full sampai tanah, dan yang satu berada di atas tembok skat yang biasa ada di perumahan.

7. Desain Kanopi Double Tiang Miring

medium.com

Pada kanopi ini tampak desain tiangnya unik daripada desain kanopi yang lainnya. Hal itu dikarenakan posisi tiang penyangga kanopi yang dibuat miring.

Desain itu dibuat pemilik rumah karena mungki menginginkan hal yang berbeda dan unik dari pada kanopi lainnya. Namub desain ini juga tampak modern dan mewah jika kita perhatikan.

8. Desain Kanopi Perpaduan Besi Dan Kayu

cekbahanbangunan.com

Perpaduan kanopi yang berbahan besi dan kayu dengan bentuk yang nggak macam-macam ini ini nampak terlihat modern, minimals, tradisional dan mewah. Semua tercampur bersatu padu pada desain kanopi ini.

Untuk Anda yang menyukai keempat model desain yang disatu padukan bisa menggunakan desain ini untuk hunian rumah idaman Anda. Selain itu tiang penyangga yang besar menggunakan kalan H juga melambangkan kekokohan kanopi tersebut.

9. Desain Kanopi Baja Ringan

ndikhome.com

Terlihat kanopi ini menggunakan bahan yang berbeda dibandingkan kanopi pada umumnya. Untuk Anda yang belum tau kanopi ini menggunakan rangka baja ringan sehingga dalam pemasangannya tidak perlu melakukan pengelasan.

Berat dari bahan baja ringan ini sudah pasti lebih ringan dan harga baja ringan ini sendiri cenderung lebih murah apabila dibandingkan dari bahan besi. Sehingga Anda bisa lebih berhemat dalam anggaran pembelanjaan bahan bangunan.

10. Desain Kanopi Rumah Minimalis Transparant

kanopitop.com

Jika anda menginginkan teras rumah yang rindang dan terlindungi dari cuaca panas maupun hujan. Namun tetap bisa menikmati pemandangan langit nan indah dan mengagumkan setiap harinya. Dan tentunya tidak mengurangi nilai estetika rumah Anda.

Mungkin Anda bisa menggunakan desain kanopi ini, dengan desainnya yang elegan dan atap yang transparan. Sehingga tetap bisa menikmati pemandangan langit di siang maupun malam hari.

11. Desain Kanopi KPR Minimalis

bengkellasciamis.com

Bila anda tinggal di perumahan KPR yang sedang mencarai referensi kanopi rumah KPR Anda. Desain ini cocok untuk Anda aplikasikan pada perumahan idaman Anda. Karena desain kanopi ini memang sudah di desain sedemikian rupa agar cocok dan serasi untuk rumah KPR.

Selain serasi dengan desain rumahnya, kanopi in juga diserasikan dengan pagar halam rumah. Dengan warna yang juga diserasikan.

12. Desain Kanopi Rumah Minimalis 2 Tiang

rumahkuhebat.com

Kokoh, sederhana, minimalis dan mewah menggambarkan desain dari kanopi berikut ini. Dengan menggunakan 2 tiang penyangga dan palang dari besi yang terbilang kokoh dan tahan lama untuk digunakan.

Kanopi ini cocok diterapkan pada rumah maupun perumahan elit, lihat saja betapa gagah dan serasinya. Desain ini harus anda pergitungkan dalam referensi pencarian Anda.

13. Desain Kanopi Minimalis Tiang V

mastertukang.com

Modern dan unik terlihat pada rumah ini, karena ada tambahan kanopi tiang v ini. Yang menjadikan rumah ini tampak lebih elegan dan mewah walau luas rumahnya tidak terlalu besar,

Desain ini cocok digunakan para rumah pasangan muda yang baru menikah dan memiliki rumah minimalis. Jika tertarik, Anda bisa menggunakan desain ini.

14. Desain Kanopi Desain Minimalis Tarikan

pinterest

Untuk Anda yang menginginkan keberadaan kanopi, namun tidak ingin lahan teras anda berkurang karena tiang penyangga kanopi. Anda bisa jadikan desain ini contoh model desain kanopi halam rumah Anda yang telah diidam-idamkan.

Bagaimana tidak, desainnya yang tidak memerlukan tiang penyangga membuatnya tampil unik dan seakan-akan ada teknologi modern di dalamnya. Padahal itulah kekreatifan tukang maupun sipemilik rumah dalam mendesainnya.

15. Desain Kanopi Baja Ringan 4 Tiang Hemat

dapurindonesia.com

Mau hemat dalam pembuatan kanopi rumah? Anda bisa menggunakan baja ringan sebagai bahan pembuatan kanopi. Sebab bahan baja ringan tergolong murah dan efisien dalam pemasangannya karena mudah.

Selain itu juga dalam membentuk struktur kerangka kanopi juga mudah untuk dibentuk dan digunakan. Jada bahan baja ringan ini cocok untuk Anda yang ingin berhemat dalam pembuatan kanopi.

16. Desain Kanopi Elegant dan Mewah

pinterest.com

Rumah mewah identik pada bentuk dengan estetika yang indah dan elegan, serta disempurnakan dengan warna kuning emas yang melambangkan kemewahan didalamnya. Seperti pada tampilan rumah diatas.

Selain rumahnya yang megah dan mewah, pagar serta kanopinya juga mampu menambah kesan elegan, indah dan mewah. Sehingga desain kanopi diatas bisa Anda jadikan referensi dalam pembuatan kanopi rumah Anda.

17. Desain Kanopi Abstrak

youtube.com

Coba lihat desain kanopi ini, coba apa yang sedang Anda fikirkan? karena bentuknya yang tidak pada umumnya. Mungkin si pemilik rumah menginginkan tampilan yang berbeda dari pada kanopi pada umumnya.

Dan bahkan bisa jadi si pemilik rumah memiliki jiwa seni yang tinggi dan menyukai seni abstrak. Sehingga si pemilik rumah mengimplementasikannya pada kanopi di depan rumah sebagai identitas dirinya.

18. Desain Kanopi 2 Tiang Miring Cerah

Desain Kanopi 2 Tiang Miring Cerah

Tema ceria tergambarkan pada desain rumah ini, yang dilengkapi dengan kanopi yang ikut berwarna orange cerah. Terlihat menyenangkan memang melihat desan warna rumah hunian sedemikian rupa.

Selaras dengan bentuk desain rumah yang dilengkapi taman di depannya. Aksen tiang yang unik peletakkannya melambangkan bahwa si pemilik rumah seorang yang periang dan kreatif.

19. Desain Kanopi Rumah Minimalis Buka Tutup Modern

desain.id

Berikut ini adalah salah satu desain kanopi yang cukup unik dan lebih modern jika dibandingkan dengan desain kanopi lainnya. Kenapa demikian? karena atap pada kanopi ini bisa dibuka tutup sesuai keinginan dan kehendak pemilik rumah.

Sehingga apabila si pemilik rumah menginginkan terkena sinar matahari tinggal membuka atapnya, dan apabila agar rindang dan terlindungi dari hujan tinggal ditutup.

20. Kanopi Rumah Sederhana

desain kanopi rumah minimalis
pinterest.com

Jika anda menginginkan desain kanopi yang memang sederhana, Anda bisa mencoba desain ini. Tampilannya yang sederhana membuat rumah tampak elegan dan kekinian tanpa adanya lekukan-lekukan.

Dan hanya mengandalkan garis lurus pada besi dengan mengatur jarak antara rangka sesuai ukuran area kanopi. Sehingga desain ini recomended sekali untuk Anda yang berjiwa muda dan minimalis.

21. Kanopi Minimalis Galvalum

Kanopi Minimalis Galvalum
pinterest.com

Atap kanopi yang kokoh adalah dambaan beberapa bagian banyak orang agar tidak selalu sering mengganti atap kanopi mereka. Sehingga kanopi minimalis gavalum ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mecari referensi kanopi yang kuat.

Namun kekurangan pada kanopi gavalum adalah berisik jika terkena air hujan. Sehingga cukup mengganggu, namun jika peredaman di dalam rumah cukup baik itu bukanlah suatu masalah berarti.

22. Model Kanopi Rumah Mewah

transmedia

Model kanopi rumah mewah ini sangat menarik jika dilihat, menggambarkan kemegahan dari sebuah bangunan. Dan membuat bangga si pemilik rumah dengan keindahan serta kemegahannya.

Tampilan kanopi rumah mewah ini tidak seperti kanopi pada umumnya ya, karena terbuat dari cor-coran. Atapnya yang bisa disebut dengan balkon rumah bisa menjadi teras tambahan di lantai 2.

23. Desain Kanopi Baja Ringan

pinterest.com

Untuk kamu yang sedang menghemat budget untuk pembuatan kanopi untuk rumah. Anda bisa menggunakan desain kanopi rumah minimalis dari baja ringan ini.

Karena desain kanopi rumah minimalis dari baja ringan haraga bahannya cukup murah jika dibandingkan dengan bahan kanopi lainnya. Selain itu rangka dari baja ringan juga ringan serta tahan dari karat.

24. Model Kanopi Hollow Minimalis

Model Kanopi Hollow Minimalis
pinterest.com

Model desain kanopi rumah minimalis dengan menggunakan besi hollow ini juga menjadi pilihan banyak orang. hal itu dikarenakan struktur dan rangkaian besi yang cukup kokoh dan awet.

Selain itu juga bentuk dari besi hollow sendiri membuat tampilan kanopi tampak elegan dan mewah jika dipandang. Sehingga cocok untuk Anda yang berjiwa minimalis dan elegan.

25. Model Kanopi Teras Depan Rumah

Model Kanopi Teras Depan Rumah
www.arsitekturrumah.com/

Ini salah satu model desain kanopi rumah minimalis untuk teras depan rumah yang cukup indah. Anda bisa menggunakan desain kanopi rumah minimalis ini karena tampilannya cukup menarik.

Selain sebagai peneduh teras depan rumah, desain kanopi rumah minimalis ini juga mampu membuat tampilan rumah anda semakin indah.

26. Desain Kanopi Rumah Minimalis Halaman Belakang

pinterest.com

Desain kanopi rumah minimalis ini perpaduan antara classic, elegan dan mewah. Dengan desain sedemikian rupa dengan ada banyak fentilasi udara yang berongga. Sehingga membuat sirkulasi udara yang masuk juga menjadi banyak dan bagus.

Desain kanopi ini memang membantu untuk melindungi dari terik sinar matahari. Namun kelemahan pada desain kanopi ini adalah ketika hujan datang. Maka teras rumah akan tetap basah terkena air hujan.

27. Desain Kanopi Rumah Minimalis Dari Bahan Kayu

Desain Kanopi Rumah Minimalis Dari Bahan Kayu
apkpure.com

JIka kamu ingin membuat kanopu yang berbahan dari kayu, Anda bisa menggunakan desain kanopi kayu ini. Tampilannya cukup unik kita lihat karena masih jarang sekali orang Indonesia menggunakan desain kanopi kayu seperti ini.

Balokan untuk tiang penyangga serta tiang palangnya juga menggunakan balok besar agar kokoh menyangga atap yang juga dari kayu. Cocok juga kanopi ini diaplikasikan di teras maupun halaman belakang rumah untuk taman.

28. Desain Kanopi Pintu Masuk Dengan Seni Tinggi

Desain Kanopi Pintu Masuk Dengan Seni Tinggi
pinterest.com

Desain dari kanopi ini dirancang sedemikian rupa karena arsiteknya memang bergaya modern, teknologi dan mewah. Dengan bahan utama baja ringan dan kaca, menjadikan kanopi ini tampak elegan dan mewah.

Jika dilihat-lihat sulit rasanya jika mau meniru bentuk desain kanopi seperti ini. Karena tergolong cukup rumit dalam pembuatan kanopin seperti ini.

29. Desain Kanopi Rumah Minimalis Dari Kayu dan Beton

Desain Kanopi Rumah Minimalis Dari Kayu dan Beton
apkpure.com/

Desain kanopi rumah minimalis yang ini hampir sama dengan desain nomer 27, namun yang membedakan adalah tiang penyangganya. Tiang penyangga pada kanopi ini menggunakan tiang cor yang kemudian dirapikan sedemikian rupa.

Sehingga perpaduan antara cor dan kayu menghasilkan kanopi yang indah. Kanopi ini juga cocok digunakan ditaman untuk berbagai acara pesta maupun kumpul bersama keluarga.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membuat desain kanopi rumah minimalis ini?

Nah itulah berbagai desain kanopi rumah minimalis yang bisa anda gunakan supaya rumah yang Anda idam-idamkan terasa semakin nyaman, teduh serta indah. Maka dari itu Anda sebaiknya tidak asal-asalan dalam membuat kanopi rumah.

Jadi Anda menunggu apalagi? Anda bisa memilih desain kanopi dari referensi kami diatas untuk melindungi rumah Anda dari hujan serta sengatan matahari. Serta keindahan tampilan model yang disesuaikan dengan rumah Anda.

Karena kanopi rumah posisinya berada pada bagian paling depan pada rumah Anda. Sehingga sangat mempengaruhi dalam tampilan dari rumah Anda.

Tips Dalam Membuat Desain Kanopi Rumah Minimalis:

  1. Gunakan bahan kanopi yang awet dan tahan lama, yaitu menggunakan besi. Namun apabila ingin menggunakan desain kayu, pilihlah kayu yang kuat yaitu asli kayu jati dengan kualitas yang baik.
  2. Sebelum membuat kerangka kanopi, ukur dan sesuaikan terlebih dahulu dengan teras atau halaman rumah yang akan dipasang kanopi. Serta perhatikan juga ketinggian dari kanopi rumah Anda agar lebih nyaman.’
  3. Agar terlkihat lebih elegan lagi, sesuaikan warna kanopi dengan tema desain rumah Anda. Baik yang tradisional, modern maupun mewah. Karena jika menggunakan warna yang bertentangan daru rumah, akan mengurangi keindahan.
  4. Selalu rawat kanopi supaya keindahannya tetap terjaga, baik itu kebersihan maupun catnya. Namun apabila ada kerusakan segera diperbaiki ataupun diganti supaya tidak membahayakan penghuni rumah.

Demikian artikel dari kami mengenai desain kanopi rumah minimalis beserta tips dalam membuat kanopi. Semoga artikel kami ini bisa bermanfaat untuk Anda pembaca. Ikuti terus artikel-artikel AdaHobi lainnya, jika bermanfaat bagikan kepada teman dan keluarga lainnya.

Jika Anda merasa kesulitan dalam merancang desain interior maupun exterior rumah, bisa Anda gunakan jasa arsitek desain rumah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mendesain rumah impian sekeluarga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like