50+ Kerajinan dari Bambu yang Unik dan Mudah Dibuat

AdaHobi, Kerajinan dari bambu – Bambu merupakan salah satu bahan yang berasal dari alam dan bisa dengan mudah kita kitemui. Dengan memanfaatkan sisa-sisa bambu yang ada di pekarangan, Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah kerajinan yang unik, mudah dan memiliki nilai seni tinggi.

Bahkan dari bahan sisa bambu kering bisa dibuat menjadi tempat pensil, vas bunga, asbak, hiasan dinding, mainan maupun barang lain yang dapat digunakan dalam aktivitas rumah tangga seperti wadah alat makan, tatakan meja maupun gelas minum.

Yang paling dibutuhkan disini adalah kreatifitas dan juga seni dari masing-masing pribadi dalam memilih bahan, menentukan ide dan mengeksekusi bahan mentah (bambu) menjadi sebuah barang yang bernilai seni sekaligus berharga jual tinggi.

Bagi Anda yang penasaran, sebenarnya bambu bisa dibuat menjadi kerajinan apa saja sih? dan bagaimana cara membuatnya? untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini ya.

1. Kerajinan Gelas dari Bambu

Kerajinan Gelas dari Bambu

Kerajinan yang pertama adalah gelas dari bambu. Meskipun di awal terlihat rumit, tapi sebenarnya pembuatannya cukup mudah lho.

  • Anda hanya perlu memilih bambu bagian bawah yang memiliki ukuran agak besar
  • Kemudian potong bagian atas dan dihaluskan
  • Rapikan bagian samping untuk menghilangkan bagian luar bambu
  • Yang terakhir adalah dengan menambahkan kayu yang di lem sebagai pegangan

Untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna, ada baiknya gelas tersebut di amplas baik bagian luar dan dalamnya dengan menggunakan kertas amplas kayu. Pastikan keseluruhan bagian di poles dengan sempurna.

2. Kerajinan Pigura dari Bambu

Kerajinan Pigura dari Bambu

Apabila biasanya kita membeli pigura di pasaran dengan bahan dasar alumunium ataupun kaca, maka tidak ada salahnya membuat pigura sendiri berbahan dasar bambu yang ada di sekitar kita.

Adapun caranya membuatnya cukup mudah :

  • Pertama siapkan bambu yang tidak berukuran besar (gunakan bagian ujung bambu)
  • Potong bambu menjadi sama panjang sesuai kebutuhan
  • Bersihkan bambu dari kotoran menggunakan amplas
  • Cat bambu yang sudah dibersihkan dengan warna kesukaan
  • Susunlah dan rekatkan antar bagian bambu membentuk kotak seperti contoh dengan lem
  • Pastikan keseluruhan bagian terhubung dengan sempurna agar pigur bisa awet dan tahan lama

Pada dasarnya ada berbagai macam bentuk pigura bambu yang bisa di buat, selain bentuk klasik (kotak) Anda juga bisa membuat bentuk-bentuk lainnya seperti bulat, persegi panjang sesuai keinginan.

4. Kerajinan Lampu Taman dari Bambu

Kerajinan Lampu Taman dari Bambu

Rumah yang nampak bagus dan indah bukan berarti semua barangnya dibuat dengan menggunakan bahan mahal dan buatan.

Buktinya kerajinan lampu taman yang dibuat dengan kreasi bambu seperti contoh di atas tampak bagus dan memiliki nilai seni tinggi. Bahkan kesan natural bisa didapatkan dengan menggunakan bahan-bahan alam salah satunya dari bambu tersebut.

5. Kerajinan Kotak Pensil dari Bambu

Kerajinan Kotak Pensil dari Bambu

Kerajinan dari bambu berikut ini sepertinya bisa dibuat oleh anak sd sekalipun. Ya, kotak pensil merupakan salah satu barang yang paling dibutuhkan oleh pelajar sehingga tidak ada salahnya Anda membuat kotak pensil sendiri dari bahan bambu.

Tidak perlu membuat kotak pensil berukuran besar, cukup kotak pensil kecil yang bisa di isi oleh penghapus, pulpen dan pensil. Adapun caranya :

  • Pilihlah bambu besar dengan kualitas baik
  • Potong bambu tersebut menjadi 4 bagian sama besar
  • Ambil bagian bambu yang lurus (bagian tengah) untuk dihaluskan 
  • Kemduian dilekatkan menjadi satu sehingga membentuk kota
  • Pastikan desain yang anda buat sudah sesuai dengan bentuk yang ada

Yang terakhir adalah mengaplas kotak pensil dari bambu untuk mendapatkan hasil yang sempur. Namun apabila Anda menghendaki kotak pensil yang berwarna, bisa mengecat terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca juga : 40+ Ide Kerajinan dari Barang Bekas, Gampang Banget !!

6. Kerajinan Tempat Alat Tulis dari Bambu

Kerajinan Tempat Alat Tulis dari Bambu

Kerajinan dari bambu yang satu ini sangat mudah di buat, Anda hanya perlu memilih batang bambu berbentuk bulat sempurna, dan dipotong menyerupai tabung. Kemudian bagian luarnya di amplas untuk dibersihkan hingga tersisa bagian berwarna coklat.

Untuk membuatnya semakin cantik Anda juga bisa memberinya warna, dengan begitu tempat alat tulis dari bambu bisa Anda miliki hasil kreasi tangan sendiri.

7. Kerajinan Nampan dari Bambu

Kerajinan Nampan dari Bambu

Untuk membuat kerajinan bambu yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangatlah mudah. Ada banyak peralatan misalnya seperti nampan dari bambu seperti contoh di atas.

Bisa Anda lihat hanya dengan menata potongan bambu secara berurutan yang dikaitkan menggunakan paku dan lem, kemudian diberikan aksen pegangan menggunakan potongan bambu berukuran lebih lebar sudah bisa jadi sebuah nampak cantik, natural dan pastinya sangat berguna.

8. Kerajinan Wadah Alat Makan dari Bambu

Kerajinan Wadah Alat Makan dari Bambu

Selain nampan, bisa juga membuat wadah peralatan makan dari bambu yang terlihat simpel namun tetap cantik dipajang.

Adapun cara pembuatan kerajinan wadah dari bambu tesebut adalah :

  • Pilihlah potongan bambu berukuran 15 cm yang di potong menjadi dua bagian untuk tepi kanan dan kiri
  • Sementara untuk sekatnya bisa dibuat menggunakan potongan bambu yang sudah di haluskan
  • Sedangkan bagian tampak depan dan belakang bisa diambil dari bagian tengah bambu yang sudah di haluskan sehingga lebih mudah untuk di lengkungkan.

Agar hasilnya lebih bagus, jangan lupa batang bambu tersebut di poles menggunakan amplas dan dibubuhkan cat sesuai dengan keinginan. Namun untuk yang suka warna-warna alami nampaknya tidak perlu adanya tambahan cat pewarna.

9. Kerajinan Piring dari Bambu

Kerajinan Piring Kotak dari Bambu

Kerajinan Piring dari Anyaman Bambu

 

Untuk membuat kerajinan tingkat menengah, Anda bisa mencoba membuat piring dari bambu baik yang berbentuk kotak maupun lingkaran. Adapun bambu yang digunakan adalah jenis bambu muda agar mudah untuk di lengkung-lengkuk.

  • Untuk piring bambu yang berbentuk lingkaran biasanya dibuat dari beberapa potongan bambu muda panjang yang di raut sedemikian rupa agar bisa di anyam seperti contoh di atas
  • Sementara untuk piring bambu berbentuk kotak dibuat dengan anyaman bambu yang di bagian tepinya diberi pembatas sekaligus pegangan agar lebih kuat

10. Kerajinan Tempat Tisu dari Bambu

Kerajinan Tempat Tisu dari Bambu

Kerajinan kayu memang tidak ada batasnya asalkan Anda mau mencoba dan terus berkreasi. Bahkan hanya dengan bambu Anda bisa membuat kotak tisu lengkap dengan lubang di bagian tengah untuk pengambilan.

Jadi dalam proses pembuatannya memang cukup rumit, Anda harus mengkombinasikan antara membuat anyaman sekaligus mengelem bambu untuk bagian kerangkanya.

Selebihnya dibagian finishing untuk merapikannya cukup dengan melakukan penghalusan dan menghilangkan sisa-sisa serat bambu yang mungkin tertinggal.

11. Kerajinan Hiasan Dinding dari Bambu

Kerajinan Hiasan Dinding dari Bambu

Kerajinan unik lainnya yang bisa dibuat dengan memanfaatkan potongan bambu bekas adalah dengan membuatnya menjadi hiasan dinding yang memilki nilai artistik tinggi.

Anda cukup menyusun potongan bambu dengan panjang yang bervariasi membentuk lingkaran. Adapun desain hiasan dinding yang dibuat di atas lebih menyerupai matahari yang bersinar.

12. Kerajinan Jam Dinding dari Bambu

Kerajinan Jam Dinding dari Bambu

Membuat jam dinding dari anyaman bambu memang gampang-gampang susah, diperlukan kesabaran dan kreativitas tinggi dalam pembuatannya.

Jadi untuk bagian tengah jam Anda bisa membuat anyaman berbentuk kotak, nanti pada anyaman inilah angka dan jarum diletakkan.

Sedangkan bagian tepinya cukup diberikan potongan bambu memanjang yang lebih keras, sekaligus untuk tempat mengaitkan jam pada dinding (bisa dengan paku ataupun tali).

13. Kerajinan Tempat Lilin dari Bambu

Kerajinan Tempat Lilin dari Bambu

Kerajinan lilin dari bambu

Hal yang paling simpel dan mudah yang bisa dibuat dengan memanfaatkan bambu yaitu sebagai tempat lilin.

Kerajinan tempat lilin ini bisa dibuat dengan memanfaatkan bagian ruas-ruas bambu yang di potong dengan tinggi dan bentuk sesuai keinginan. Jadi Anda cukup memotong bagian antara ruas bambu atas dan bawah sehingga menyisakan bagian ruasnya dimana ini sebagai wadah peletakan lilin.

14. Kerajinan Lonceng Angin dari Bambu

Kerajinan Lonceng Angin dari Bambu

Untuk membuat hiasan yang di gantung, baik di dalam rumah ataupun di teras rumah. Lonceng angin dari bambu ini sepertinya bisa menjadi pilihan ide kerajinan yang menarik.

Jadi lonceng angin ini bisa menimbulkan suara jika terkena hembusan angin ataupun di gerakkan dengan tangan.

  • Adapun proses pembuatannya dengan memanfaatkan 5 potong bambu yang masih berbentuk bulat, kemudian bagian bawahnya di runcingkan hingga membentuk setengah lingkaran.
  • Sementara bagian atasnya bisa di kaitkan pada satu media yang disini kita memanfaatkan batok kelapa sebagai atasannya.
  • Untuk bagian tengahnya bisa diberikan tali memanjang kebawah serta bulatan kayu untuk membunyikan lonceng angin secara manual

Bagaimana, sangat mudah kan !!

15. Kerajinan Vas Bunga dari Bambu

Kerajinan Vas Bunga dari Bambu

Vas bunga tidak selalu dari plastik ataupun kaca. Untuk menambahkan kesan artistik justru Anda bisa membuat kerajinan tersebut dari bambu kering.

Ya, bambu yang di potong mirip tabung dengan menyisakan beberapa tangkai kering yang menempel seperti contoh di atas bisa membuat vas bunga terlihat lebih natural dan cantik.

Baca Juga : 30+ Contoh Kerajinan dari Bahan Alam yang Mudah Dibuat

16. Kerajinan Mainan dari Bambu

Kerajinan Mainan dari Bambu

Selain berbagai macam peralatan, Bambu juga bisa di kreasikan menjadi permainan-permainan unik mirip permainan jaman dahulu.

Seperti contoh di atas, permainan otok-otok dari bambu dibuat dengan memanfaatkan bambu kecil yang di bagian atas diberikan sebuah pola untuk dapat menghasilkan suara dari putaran yang dilakukan.

17. Kerajinan Miniatur dari Bambu

Kerajinan Miniatur dari Bambu

Miniatur kendaraan seperti contoh di atas, hampir keseluruhan bagiannya menggunakan potongan bambu lho! Hanya saja di bagian roda menggunakan potongan kayu yang di bulatkan.

Anda hanya perlu memilih ukuran bambu yang kecil-kecil untuk kemudian di haluskan, disusun dan di rekatkan menggunakan lem dan tali. Jadilah sebuah miniatur motor kecil yang unik dan mebarik.

18. Kerajinan Mobil-Mobilan dari Bambu

Kerajinan Mobil-Mobilan dari Bambu

Jika sebelumnya membuat miniatur motor, sekarang bisa juga membuat kerajinan mobil-mobilan anak dari bambu yang sangat mudah.

Caranya cukup mudah :

  • Pilih satu potongan bambu dengan kondisi yang bagus
  • Kemudian potong dan rapikan bagian depan membentuk sedikit lancip ke bawah
  • Sedangkan bagian atas bisa di lubangi sebagai tempat dudukan penumpang
  • Yang terakhir tinggal memberikan roda menggunakan potongan ruas-ruas bambu

19. Kerajinan Gantungan Kunci dari Bambu

Kerajinan Gantungan Kunci dari Bambu

Gantungan kunci dari bambu seperti contoh di atas sangat menarik bukan? Selain itu pastinya sangat awet digunakan dalam waktu yang lama.

Jadi gantungan tersebut bisa dibilang kerajinan dari bambu yang paling mudah, Anda hanya perlu memilih bagian ujung bambu kering yang memiliki bentuk unik dan lucu secara alami.

Untuk finishingnya Anda bisa menambahkan gantungan di bagian atas bambu tadi dengan mengaitkannya secara kuat-kuat. Dan, gantungan kunci dari bambu sudah siap untuk digunakan!!

20. Kerajinan Asbak dari Bambu

Kerajinan Asbak Bambu

Kerajinan Asbak dari Bambu

Ada dua contoh kerajinan asbak yang terbuat dari bambu seperti di atas. Adapun dalam pembuatannya Anda hanya perlu memanfaatkan bagian pangkal ruas dari bambu itu sendiri untuk langsung di cat dan digunakan sebagai asbak.

Namun bila menginginkan asbak yang lebih kreatif bisa mengkombinasi 4 potongan bambu setengah lingkaran untuk saling direkatkan dan saling mengunci sehingga membentuk asbak seperti bunga seperti contoh yang pertama.

21. Kerajinan Tatakan Gelas dari Bambu

Kerajinan Tatakan Gelas dari Bambu

Tatakan gelas kecil dan unik di atas terbuat dari anyaman bambu yang diberikan lapisan bambu kecil di bagian luarnya.

Meskipun terlihat sederhana namun nilai estetikanya tetap bisa diperhitungkan dan bahkan kerajinan ini memiliki harga jual yang tinggi untuk cafe-cafe maupun restoran mewah yang mengusung tema natural.

22. Kerajinan Air Mancur dari Bambu

Kerajinan Air Mancur dari Bambu

Membuat miniatur air mancur dari bambu untuk taman berukuran kecil seperti di atas sepertinya sangat cocok untuk menambah kesan estetik. Meskipun memerlukan tingkat kreatifitas yang tinggi tapi pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah lho!

Anda hanya perlu memotong bambu dengan ukuran yang sama sebagai pembatas taman melingkar, kemudian memanfaatkan bambu utuhan yang diberikan lubang di satu sisinya untuk ari mancur mengalir.

23. Kerajinan Sedotan dari Bambu

Kerajinan Sedotan dari Bambu

Simpel dan sederhana, itulah kata yang bisa di ungkapkan untuk kerajinan dari bambu yang satu ini. Ya, membuat kerajinan sedotan dari bambu selain memiliki nilai estetik pastinya juga sangat berguna dalam sehari-hari.

Selain itu Anda juga bisa mendukung gerakan go green dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa digunakan berkali-kali dan sangat ramah lingkungan.

24. Kerajinan Anyaman Kipas dari Bambu

Kerajinan Anyaman Kipas dari Bambu

Kipas bambu yang banyak digunakan para penjual sate ini merupakan salah satu kerajinan dari anyaman bambu yang memiliki nilai tinggi dan laku di pasaran.

Meskipun sekarang sudah jaman modern menggunakan kipas listrik, tapi kipas dari anyaman bambu ini masih banyak di cari karena terkesan unik dan sesuai dengan kebutuhan.

Caranya cukup mudah bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam membuat anyaman bambu. Buatlah anyaman berbentuk kotak, kemudian di bagian ujung satunya diberikan potongan bambu yang lebih kaut sebagai pegangan kipas.

25. Kerajinan Miniatur Meja Kursi dari Bambu

Kerajinan Miniatur Meja Kursi dari Bambu

Apabila terlalu susah untuk membuat meja dan kursi sungguhan dari bambu, sebagai alternatif kerajinan yang mudah untuk dibuat yaitu bisa membuat miniaturnya.

Biasanya miniatur ini akan dijadikan souvenir sekaligus hiasan di atas meja atau di pasang di tatakan dinding untuk menghiasi ruang tamu, cafe ataupun tempat ekstetik lainnya.

Baca Juga : 27+ Contoh Kerajinan dari Daun Kering yang Mudah dan Simple

26. Kerajinan Bingkai Cermin dari Bambu

Kerajinan Bingkai Cermin dari Bambu

Bagi Anda yang bosan dengan desain bingkai kaca yang gitu-gitu aja! Tidak ada salahnya mencoba membuat bingkai kaca sendiri dari bambu dengan memanfaatkan bagian bambu yang di potong kecil-kecil berbentuk lingkaran.

Jadi potongan lingkaran kecil tersebut di letakkan di pinggir kaca dengan susunan dan formasi sesuai dengan keinginan kita masing-masing.

27. Kerajinan Pot Tanaman dari Bambu

Kerajinan Pot Tanaman dari Bambu

Kerajinan bambu selanjutnya yaitu membuat pot tanaman asli. Jadi pot ini umumnya bisa berbentuk kotak, persegi panjang atau bentuk lain dengan cara menyusun potongan bambu dan memakunya untuk saling terikat.

Hasil dari pot bambu nanti bagian dalamnya bisa di isi tanah, kemudian di tanami pohon atau bunga hidup dan di biarkan tumbuh secara alami.

28. Kerajinan Rumah Burung dari Bambu

Kerajinan Rumah Burung dari Bambu

Yang terakhir adalah membuat kerajinan rumah burung dari bambu. Ini sangat unik dan cocok bagi Anda penggemar burung model aviary.

Jadi hasil dari kerajinan rumah burung dari bambu ini bisa ditempatkan di atas dahan pohon untuk dia berternak dan berkembang biar secara alami.


Jadi itulah kumpulan beberapa ide kerajinan unik dari bambu yang bisa dengan mudah dibuat dan pastinya tidak menguras kantong. Hanya saja Anda perlu mempersiapkan bambu berkualitas dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Selamat berkarya, semoga bisa menghasilkan prakarya unik bernilai seni tinggi lainnya dengan memanfaatkan bambu atau bahan lain yang tersedia di alam!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like