27+ Contoh Kerajinan dari Daun Kering yang Mudah dan Simple

AdaHobi, Kerajinan Dari Daun Kering – Ada berbagai macam kerajinan yang bisa dibuat dengan mudah dan bahannya tersedia langsung dari alam. Salah satu kerajinan tersebut berasal dari daun-daunan kering seperti daun rambutan, mangga, jambu, pisang dan lain sebagainya.

Meskipun terkesan sederhana, namun kerajinan dari daun kering ini sangat cocok dibuat oleh anak SD karena prosesnya tidak ribet, bahannya mudah ditemui, lebih simpel dan tetap memiliki nilai seni yang tinggi.

Untuk Anda yang penasaran daun kering tersebut bisa dibuat menjadi kerajinan apa saja sih, langsung saja berikut ini saya hadirkan beberapa contohnya !!

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Hewan

Hal yang paling mudah untuk membuat prakarya menggunakaan dedaunan kering dari alam sekitar yaitu dengan menjadikannya seperti bentuk-bentuk hewan yang sederhana, simpel dan lucu.

Tapi kira-kira hewan apa saja sih yang bisa dibuat dengan menggunakan daun-daun kering? Berikut ini beberapa referensi kerajinan dari daun kering bentuk hewan menyerupai teknik kolase.

1. Bentuk Merak

Yang pertama adalah daun kering dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk burung merak. Merak identik dengan bentuk ekor panjang yang lebih dominan daripada bentuk badan dan kepalanya.

Bisa dibilang merak ini cenderung lebih mudah dibuat menggunakan daun kering karena yang dibutuhkan hanya beberapa daun ukuran kecil (boleh beberapa jenis daun berbeda) untuk memberikan efek ekor yang nyata.

2. Bentuk Kupu-Kupu

Kerajinan daun kering atau yang sudah gugur berikutnya adalah dibuat sedemikian hingga menyerupai bentuk kupu-kupu.

bentuk kupu-kupu memiliki 4 sayap utama dan bagian badan, Sementara untuk antena hanyalah pelengkap yang bisa ditambahkan pada bagian akhir.

3. Bentuk Kucing

Membuat bentuk kucing seperti di bawah ini terbilang lebih kompleks, ada beberapa macam bentuk daun yang dibutuhkan seperti daun kering bulat maupun yang agak lonjong.

Pembuatan bagian badan bisa diambil dari daun berukuran paling besar, kemudian untuk kepala bisa menggunakan daun yang berbentuk bulat, sementara bagian kaki cukup dengan menggunakan daun kering agak lonjong yang di tata sedemikian rupa.

 

4. Bentuk Kelinci

Lucu dan menggemaskan !! itulah yang menjadi ciri khas hewan kelinci baik yang dipelihara maupun yang hidup di alam bebas.

Cara membuat kerajinan menggunakan daun kering bentuk kelinci ini juga tidak terlampau sulit, Anda hanya perlu mencari daun gugur atau kering yang masih berwarna hijau untuk membuat bagian telinga (daun bentuk lonjong), bagian kepala (daun berbentuk bulat), bagian badan (daun bentuk oval besar) dan bagian kaki menggunakan daun bentuk sedang.

5. Bentuk Gajah

Meskipun sedikit lebih rumit, namun hewan gajah juga bisa lho dibuat menggunakan kumpulan dedaunan kering yang di susun sedemikian rupa.

Yang harus dipersiapkan mungkin sekitar 1 daun ukuran besar untuk badan, 3 daun berukuran sedang untuk kepala dan kedua telinga gajah, dan 2 daun dengan bentuk lonjong untuk bagian kakinya.

Sedangkan untuk bagian belalai ini bisa dibuat dengan menyusun daun-daun kering berukuran kecil dengan panjang dan bentuk sesuai dengan keinginan.

6. Bentuk Burung dan Anaknya

Bentuk hewan berikut ini sangat simpel dan mudah dibuat, tidak ada kesulitan yang harus dihadapi karena Anda hanya perlu memilih daun dengan bentuk yang sesuai dan tepat.

Hanya dengan 1 daun kering besar berwarna kuning dan tambahan daun berukuran lebih kecil untuk bagian sayap Anda sudah bisa membuat se-ekor burung yang cantik. Untuk membuatnya semakin hidup, hanya dibutuhkan kaki dari batang daun seperti contoh di bawah ini.

7. Bentuk Burung Nuri

Selain hewan yang berjalan di darat, Ternyata bisa juga kok membuat kerajinan daun kering dengan bentuk burung-burung yang indah.

Di bawah ini adalah bentuk burung nuri yang dibuat menggunakan daun-daun kering yang masih berwarna hijau yang disusun sedemikian rupa lengkap mulai dari paruh, kepala, badan, sayap dan ekornya.

 

8. Bentuk Ayam Jago

Jika Anda menemukan banyak daun kering dengan model memanjang, sepertinya sangat tepat untuk dibuat kerajinan menyerupai bentuk ayam jago. Ya, ayam jago ini memiliki ekor yang eksotik dan paruh yang unik.

Adapun ekor ayam jago bisa dibuat dengan cara menyusun daun kering serupa, sementara bagian badan cukup menggunakan daun kering berbentuk bulat, begitupun bagian leher dan kepala.

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Boneka 

Siapa bilang tidak mungkin membuat boneka lucu dari dedaunan kering? buktinya seperti gambar di bawah ini, Anda bisa memanfaatkan daun kering untuk dibuat menjadi boneka stik es krim.

Caranya pilihlah daun kering dengan bentuk seperti contoh, kemudian bisa dilaminating. Nah untuk membuat badannya bisa memanfaatkan kombinasi stik es krim bekas. Bagaimana, unik bukan!!

Kerajinan Dari Daun Kering Hiasan Pintu

Untuk tingkat yang lebih ekspert, Daun kering juga bisa dijadikan sebagai hiasan pintu yang bagus dan memiliki nilai seni tinggi. Bagaimana caranya?

Pertama buatlah kerangkan menggunakan ranting yang dilengkungkan sehingga membentuk bulat dengan diameter sesuai dengan kebutuhan. Jadi ini nanti akan dijadikan kerangka atau dasaran dimaan daun-daun kering ini nanti akan ditempelkan.

Jika sudah proses inti berikutnya adalah mengumpulkan daun berbagai macam bentuk, motif, warna dan ukuran. Semuanya disusun di atas kerangka yang sudah di buat dan ditempelkan menggunakan lem kayu.

Pastikan penyusunan dibuat dengan rapi sehingga didapatkan kombinasi bentuk dan warna daun kering yang perfect.

Baca juga : Contoh Kolase dari Daun Kering Berbagai Macam Bentuk !!

Kerajinan Dari Daun Kering Hiasan Gantung

Ide lain untuk membuat kerajinan berbahan dasar daun kering yaitu dengan membuatnya sebagai hiasan gantung.

  • Contoh 1

Jadi keseluruhan daun kering ini nanti bagusnya dicat terlebih dahulu menggunakan cat air. (dicat dengan cara di celupkan)

Kemudian daun-daun tersebut dikeringkan, lalu di susun untuk di ikatkan pada sebuah tali yang sudah di desain sedemikian rupa.

Nb: bisa juga menggunakan daun kering langsung tanpa perlu di cat namun pilihlah daun dengan warna yang bagus ya!

 

  • Contoh 2

Untuk contoh kedua ini hiasan gantungnya dibuat dengan menempelkan pada kertas bulat yang diberi tali sebagai gantungannya. Sedangkan dedaunannya bisa dilekatkan disepanjang area bulatan dan di susun secara rapi.

Kerajinan Dari Daun Kering untuk Gantungan Kunci

Ide kreatif yang jarang di pikirkan orang adalah membuat kerajinan dari daun kering untuk gantungan kunci. Bagus dan unik sudah pasti, namun yang paling menarik adalah cara pembuatannya juga mudah.

Anda hanya perlu menggunting daun sesuai bentuk yang di inginkan, kemudian diberi lubang di bagian atasnya untuk ikatan. Nah, agar gantungannya ini tidak mudah rusak, Anda bisa memilih jenis daun yang agak tebal atau bisa juga dengan beberapa daun yang di tumpuk menjadi satu kemudian di rekatkan.

Kerajinan Dari Daun Kering Motif Batik

Jika Anda seroang yang hobi menggambar, membuat kerajinan dari daun juga bisa dijadikan alas media gambar lho !!

Agar kerajinan yang Anda buat terlihat bagus, bisa mencoba membuat motif batik di atas dedaunan kering dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

  • Contoh 1

  • Contoh 2

  • Contoh 3

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Bunga

Meskipun terbuat dari dedaunan kering yang disusun sedemikian rupa, tapi nilai seni dan kreatifitas tetap dibutuhkan dalam pembuatan daun kering menjadi bentuk bunga.

  • Contoh 1

Untuk contoh pertama dedaunan kering ini dijadikan bentuk bunga matahari secara 3 dimensi. Nah, daun ini bisa di susun untuk menjadi bungan matahari dengan bantuan alat perekat di atas pot dan dahan yang sudah di sediakan.

  • Contoh 2

Untuk membuat bentuk bunga secara 2 dimensi dari dedaunan kering bisa seperti contoh di bawah ini. Anda susun beberapa daun menyepuai bunga, sementara bagian bawah bisa mengambil daun yang masih menempel pada dahannya.

Kerajinan Dari Daun Kering Untuk Hiasan Bingkai Foto

Agar bingkai foto di rumah Anda tidak begitu-begitu saja, maka salah satu ide kreatif adalah dengan menambahkan daun kering baik di bagian pigura maupun di bagian dalam isi foto.

Jadi penambahan dedaunan kering ini bisa membuat bingkai foto lebih bagus dan hidup, serta memiliki makna yang lebih dalam. Apalagi jika bingkai tersebut berisikan kata-kata motivasi, kata bijak ataupun kata nasehat yang bermakna.

Kerajinan Dari Daun Kering Mahkota Kepala

Salah satu kerajinan yang paling sering dibuat dari dedaunan kering adalah untuk mahkota kepala. Selain bentuknya yang bagus, cara pembuatannya juga terbilang mudah.

Anda hanya perlu merangkai daun-daun kering tersebut disematkan pada lidi untuk dibentuk menjadi bulatan sebesar kepala. Anak sekolah pasti suka dengan kerajinan dari daun kering yang satu ini.

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Mangkok

Bagi Anda yang suka dengan kerajinan unik dan berbeda, daun-daun kering ternyata juga bisa dijadikan hiasan meja dengan membuatnya menjadi ala-ala mangkok daun.

Jadi Anda bisa menggunakan bantuan mangkok untuk mendapatkan bentuk yang di inginkan, kemudian mulai menata dedaunan di bagian pinggirnya dan direkatkan menggunakan lem.

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Perahu

Apabila kita selalu menggunakan kertas untuk embuat perahu mainan, kerajinan kali ini bisa juga dengan menggunakan daun kering. Tapi perlu di ingat, daun kering yang bisa digunakan di sini adalah jenis daun berukuran besar dan tidak mudah robek.

Kerajinan Dari Daun Kering untuk Tempat Tisu

Nah, untuk membuat kerajinan tempat tisu dari daun Anda pastinya harus mempersiapkan bentuk dasar kotak yang terbuat dari kertas biasa atau karton.

Setelah bentuk dasarnya sudah ada, maka selanjutnya peran dedaunan kering mulai dimainkan, Anda bisa menutupi keseluruhan kotak dengan daun kering pilihan (bentuk, motif dan ukuran) yang sesuai.

Kerajinan Dari Daun Kering Bentuk Karakter 

Yang paling di sukai oleh anak-anak dalam pembuatan kerajinan dari daun kering adalah membuat karakter-karakter lucu kegemaran masing-masing. Adapun karakter tersebut nyatanya bisa dibuat menggunakan daun kering dengan cara dan contoh seperti berikut ini.

1. Bentuk Monster Daun

Ini adalalah karaktor monster daun yang mudah di buat, jadi hanya perlu memilih daun yang sesuai untuk di gunting dan dibuat sedemikian menyerupai contoh karakter aslinya.

3. Karakter Wajah Lucu

Karakter selanjutnya ini sangat mudah dan simpel, pilihlah daun dengan bentuk dan warna berbeda, tugas kalian cukup memberikan mata, hidung dan mulut maka karakter lucu bisa ter-realisasi.

3. Bentuk Badut

Untuk karakter badut seperti di bawah ini terdiri dari beberapa jenis daun berbeda, Mulai dari bagian kepala, badan, tangan dan kaki bisa dibuat dari daun kering pilihan yang di tempel di atas kertas.


Bagaimana? sangat menarik bukan membuat kerajinan dari daun kering. Sebenarnya masih banyak kreasi dan bentuk kerajinan dari daun kering lainnya yang bisa dibuat.

Yang paling penting adalah kreativitas dari masing-masing anak harus terus di asah untuk mendapatkan karakter atau bentuk yang sesuai dengan keinginan!! Selamat mencoba ya……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like