45+ Contoh Sandi Rumput Beserta Cara Menulis & Membaca

AdaHobi. Sandi Rumput – Halo Sobat Hobi, kali ini AdaHobi akan membagikan artikel tentang Sandi Rumput Lengkap dengan pengertian dan bagaimana cara menulis dan cara membaca sandi rumput yang biasa ada pada oraganisasi pramuka.

Sandi sendiri merupakan suatu kode yang biasa digunakan ketika melakukan kegiatan yang sifatnya rahasia, selain itu sandi rumput mempunyai bentuk serta ciri khas dengan sistem pengerjaan yang baku.

Sandi ini berbeda dengan sandi yang lainnya seperti sandi turba, sandi depan, sandi balik. Namun yang sering menyulitkan untuk membaca sandi rumput yaitu persyaratannya yang menggunakaan dasar kode morse sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus.

Untuk kamu yang sedang mencari referensi tentang apa itu sandi rumput yang biasa ada dalam pramuka, maka simak terus artikel ini sampai selesai, agar dirimu paham mengenai kode sandi ini.

Pengertian Sandi Rumput

Pengertian Sandi Rumput
deviantart.com

Sandi Rumput merupakan sistem untuk representasi yang didalamnya terdiri dari susunan huruf, angka serta tanda baca yang membentuk suatu kalimat. Pada kalimat tersebut memiliki pesan untuk disampaikan dengan menggunakan prinsip kode morse.

Kunci utama pada sandi ini terletak pada bagaimana cara penulisannya, dimana titik dan garis strip pada sandi morse diganti dengan menggunakan rumput tinggi dan rumput pendek.

Sandi rumput biasa disebut dengan sandi morse, sesuai dengan nama penemunya. Dimana pada garis serta titik pada kode morse diubah dengan menggunakan rumput kecil serta rumput besar.

Misalnya !!

Abjad = (“A“) memiliki Kode Morse = (“.-“)

  • Tanda pemisah antar hurufnya menggunakan “_”
  • pemisah antara kata memakai tanda (spasi).

 

Dengan meliliki kemampuan dalam mengirim dan menerima kode morse, suatu anggota pramuka berhak mendapatkan TKK Tanda Kecakapan Khusus sesuai tingkatannya.

Penemu Sandi Morse

Siapa penemu Sandi Morse? mungkin itu pertanyaan yang sering diucapkan banyak orang. Penemu sandi morse adalah Samuel Morse, nama panjangnya Samuel Finley Morse yang berprofesi sebagai seorang pelukis. Namun beliau juga menjadi seorang penemu sandi kode rumput berasal dari negara Amerika.

Beliau dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, Massachusetts. Samuel Morse terlahir dari pasangan Pastor Jedidiah Morse yang berprofesi sebagai pakar geografi.

Menjelang remaja Samuel Morse menempuh pendidikannya di Akademi Philips yang berada di Andover. Kemudian setelah lulus melanjutkan memepelajari Sains Kuda, Matematika, Filsuf Religius di Yale College.

Namun pada saat itu, Samuel Morse ternyata juga sedang mengikuti kuliah tentang listrik kepada pakar kimia AS Benjamin Silliman dan Jeremiah Day. Hingga pada akhirnya lulus pada tahun 1810.

Bagaimana Cara Membuat & Membaca Sandi Rumput?

Membuat dan membaca sandi rumput itu mudah atau sulit sih? Maka akan ada beragam jawaban mudah dan sulit dalam menanggapinya. Padahal sandi kode rumput yang berpatok pada sandi morse merupakan sandi dasar yang ada pada keorganisasian Pramuka.

Biasanya sandi ini diajarkan mulai dari tingkatan pramuka siaga dan digunakan sampai pramuka penegak.

Sandi ini dibuat dengan memanfaatkan kombinasi antara garis tinggi serta pendek, kemudian antara kombinasi itu disusun sehingga sekilas menyerupai rumput yang berjejer.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar tentang sandi rumput di bawah ini:

Bagaimana Cara Membuat & Membaca Sandi Rumput?
brainly,com

Cara Membuat Sandi Rumput

Tahu kah kamu lambang rumput tinggi dan pendek pada sandi kode rumput merupakan lambang dari titik dan strip pada kode morse. Rumput yang pendek melambangkan titik sedangkan rumput yang tinggi melambangkan strip yang setiap katanya dipisah dengan tanda strip.

Jika kamu mau menulis sandi kode rumput, patokan utamanya adalah pada kode morse. Mungkin kode morse sudah familiar bagi Anda dalam penulisannya, hanya yang membedakan bentuk dari sandinya saja.

Saya rasa dengan menggunakan sandi kode rumput ini jauh lebih memudahkan dalam membuat penulisan kode sandi, jika dibandingkan hanya menggunakan sandi morse murni.

Cara Membaca Sandi Rumput

Untuk membaca sandi rumput mari kita simak pada contoh di atas untuk study kasus kita. Dan kita coba membaca kata awal untuk kita baca satu persatu hurufnya.

Ada 7 huruf pada contoh sandi rumput di atas:

  • Huruf pertama, 1 rumput pendek 3 rumput tinggi yang apabila pada kode morse melambangkan .— (titik,3 strip) yang artinya huruf J
  • Huruf kedua, 1 rumput pendek 1 rumput tinggi yang apabila pada kode morse melambangkan .- (titik, strip) yang artinya huruf A
  • Huruf ketiga, 1 rumput tinggi, 1 rumput pendek, 2 rumput tinggi yang apabila pada kode morse melambangkan -.– (strip,titik,strip,strip) yang artinya huruf Y
  • Huruf keempat, 1 rumput pendek 1 rumput tinggi yang apabila pada kode morse melambangkan .- (titik, strip) yang artinya huruf A
  • Huruf kelima, 1 rumput pendek, 1 rumput tinggi, 2 rumput pendek yang apabila pada kode morse melambangkan .-.. (titik,strip,titik,titik) yang artinya huruf L
  • Huruf keenam, 1 rumput pendek 1 rumput tinggi yang apabila pada kode morse melambangkan .- (titik, strip) yang artinya huruf A
  • Huruf pertama, 4 rumput pendek yang apabila pada kode morse melambangkan …. (titik,titik,titik,titik) yang artinya huruf H

Sehingga cara membaca kata awal pada contoh susunan sandi rumput diatas adalah

JAYALAH

Nah untuk kata berikutnya silahkan dicoba sendiri ya untuk membacanya sebagai contoh soal sandi rumput untuk belajar teman AdaHobi sekalian. Silahkan untuk dipecahkan translatenya, apa kata pada baris kedua dan ketiga tersebut.

Sandi Rumput Pramuka A sampai Z dan 1 sampai 0

Sandi Rumput Pramuka A sampai Z
pramukaminsungaisipai.blogspot.com

Bagaimana, apakah artikel ini membantu teman-teman dalam belajar tentang Sandi Rumput? Apabila iya ataupun ada pertanyaan mengenai sandi kode rumput ini, silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like