AdaHobi, Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung – Salah satu kerajinan bunga dari kulit jagung semakin hari semakin banyak digemari oleh orang Indonesia, karena kulit jagung bisa dengan mudah dijadikan aneka kreasi kerajinan berbentuk bunga.

Beberapa hasil kreasi bunga dari kulit jagung tersebut diantaranya seperti bunga anggrek, mawar, matahari, tulip, sakura, lily dan lain sebagainya.  Adapun bunga dari kulit jagung ini sangat mudah dibuat dan banyak diminati untuk mempercantik dan menghiasi sudut ruangan .

Nah, Bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang bagaimana cara membuat bunga dari kulit jagung yang gampang, simple dan mudah? Berikut Adahobi sajikan beberapa contohnya lengkap dengan gambar cara pembuatannya.

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Dari banyaknya minat masyarakat dalam menghiasi rumah mereka dengan menggunakan bunga dari kulit jagung, maka banyak juga yang ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya. Ternyata cara membuat bunga dari kulit jagung tidaklah sesulit yang dibayangkan.

AdaHobi menyajikan beberapa cara membuat bunga dari kulit jagung seperti bunga anggrek,  bunga mawar, bunga matahari, bunga tulip, bunga sakura dan bunga lily.

Berikut rangkuman bagaimana cara membuat bunga dari kulit jagung yang simple dan mudah untuk dibuat. Sehingga memudahkan anda dalam membuat bunga-bunga yang Anda inginkan tersebut.

1. Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung

Bagi Anda yang penggemar bunga anggrek, berikut ini tutorial bagaimana cara membuat bunga anggrek dari kulit jagung yang bisa Anda tiru di rumah,

Alat & Bahan

Beberapa hal yang dilakukan dalam membuat bunga anggrek ini adalah menyiapkan alat dan bahan.

Alat Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
AdaHobi

Alat:

  1. Gunting
  2. Lem Tembak Listrik
  3. Botol Plastik Bekas
  4. Kompor
  5. Panci
  6. Entong
  7. Gelas Plastik Bekas
  8. Stick Es Krim

Bahan:

  1. Kulit Jagung Kering
  2. Kertas Minyak Warna Hijau
  3. Kawat
  4. Pewarna Makanan Warna Hijau Muda
  5. Pewarna Makanan Warna Merah Muda
  6. Air
  7. Lem Kayu Rajawali

Langkah-langkah

Adapun langkah langkah cara membuat bunga anggrek dari kulit jagung adalah:

  1. Langkah pertama larutkan pewarna makanan warna hijau muda ke dalam botol berisi air.

    Cara Membuat Bunga Kulit Jagung
    AdaHobi

  2. Langkah kedua hampir sama seperti langkah pertama yaitu larutkan pewarna makanan warna merah muda ke dalam botol berisi air.

    Cara Membuat Bunga Kulit Jagung
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga rebus kulit jagung kedalam panci berisi air berwarna hijau muda tadi, kemudian direbus sambil diaduk perlahan agar warna merata.

    Cara Membuat Bunga Kulit Jagung
    AdaHobi

  4. Langkah keempat rebus kulit jagung kedalam panci berisi air berwarna merah muda tadi, kemudian direbus sambil diaduk perlahan agar warna merata.

    Langkah 4 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  5. Langkah kelima setelah kulit jagung berwarna hijau muda secara merata angkat dan tiriskan, kemudian di jemur sampai kering serta hilang kadar airnya.

    Langkah 5 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  6. Langkah keenam juga sama seperti langkah kelima kulit jagung berwarna merah muda tadi diangkat, ditiriskan kemudian di jemur sampai kering hilang kadar airnya.

    Langkah 6 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  7. Langkah ketujuh lakukan pengawetan pada kulit jagung berwarna hijau muda dan merah muda dengan cara melapisi permukaannya dengan lem kayu rajawali yang sudah disiapkan di dalam gelas plastik. Kemudian lem kayu rajawali diratakan menggunakan stick eskrim maupun sedotan tak terpakai dan diamkan beberapa saat sampai lem mengering dan tidak berwarna putih.

    Langkah 7 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  8. Siapkan kawat dan kulit jagung warna merah muda, kemudian kulit jagung merah muda diguntung mdengan lebar kurang lebih 1 cm.

    Langkah 8 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  9. Kemudian ambil kawat berwarna hijau tadi dan lem bagian ujungnya. Kemudian lilitkan dengan kulit jagung nerwarna merah muda berukuran lebar 1 cm tadi. Setelah itu di lem ujung penutup kulit jagung agar tidak pudar. Lakukan sampai terdiri dari 2 lapis kulit jagung berwarna merah muda.

    Langkah 9 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  10. Gunting kertas minyak berwarna hijau yang sudah disipakkan tadi dengan ukuran lebar kurang lebih 1 cm.

    Langkah 10 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  11. Setelah terpotong kertas minyak tadi dililitkan pada kawat yang sudah terlilit kulit jagung. Lilitan awal kertas minyak lilitkan pada setegan bagian kulit jagung hingga terlilit sampai kawat dengan rata dan rapi sampai berbentuk batang bunga anggrek. Kemudian kunci lilitan kertas minyak tersebut dengan menggunakan lem tembak agar tidak berantakan. Buat beberapa batang bagian ini sesuai kebutuhan.

    Langkah 11 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  12. Siapkan beberapa helai kulit jagung kering yang tidak diwarna dan sudah diawetkan tadi, kemudian buat lebarnya menjadi 0,5 cm. Setelah itu susun dan rekatkan ujungnya menggunakan lem tembak pada kawat lalu rapikan menggunakan gunting sehingga berbentuk benang sari bunga seperti pada gambar ini. Buat beberapa batang bagian ini sesuai kebutuhan.

    Langkah 12 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  13. Buat potongan berbentuk love dengan bahan kulit jagung berwarna merah muda, sebagai bahan bunga untuk direkatkan pada kawat hijau yang sudah diberi benang sari tadi. Bikin beberapa lembar disusuaikan dengan jumlah batang benang sari yang dibuat tadi.
    Langkah 13 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

     

  14. Rekatkan ujung potongan love tadi pada kawat benang sari yang sudah disiapkan dan tata dengan rapi sehingga berbentuk seperti bunga. 

    Langkah 14 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  15. Susun setmenjadi satu setiap batang bunga yang sudah dibuat tadi dengan menggunkan kertas minyak yang sudah disipakan dari awal agar rapi. Kunci ikatan kertas minyak menggunakan lem tembak agar tidak pudar.

    Langkah 15 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  16. Buat potongan daun menggunakan bahan kulit jagung berwarna hijau muda. Lalu.

    Langkah 16 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

  17. Langkah terakhir adalah menyatukan daun yang sudah dibuat tadi pada batang bunga dengan menggunakan lem tembak. Sehingga menghasilkan bentuk bunga anggrek seperti pada gambar berikut ini. Ulangi langkah diatas sampai terkumpul beberapa batang bunga sesuai dengan kebutuhan Anda,

    Langkah 17 Cara Membuat Bunga Anggrek Kulit Jagung
    AdaHobi

Bagaimana? mudah bukan membuat bunga anggrek dengan menggunakan cara membuat bunga dari kulit jagung ini. Cara diatas bisa Anda aplikasikan sendiri dirumah bersama keluarga maupun teman terdekat.

2. Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung

Selain bunga anggrek yang kita buat, AdaHobi juga memberikan tutorial bagaimana cara membuat bunga mawar dari kulit jagung. Hal ini didasari atas sobat hobi yang menyukai dan ingin membuat bunga mawar.

Bagaimana keseruan membuat bunga mawar dari kulit jagung ini? yuk kita simak sampai selesai langkah-langkahnya.

Alat & Bahan

Untuk alat dan bahan kurang lebih sama seperti pada pembuatan bunga anggrek diatas. Hanya yang membedakan adalah warna yang dikehendaki untuk dijadikan bunga.

Karena kali ini kita akan membuat bunga mawar, maka warna yang digunakan adalah warna putih, merah merona dan merah muda. Sesuai warna yang dikehendaki teman-teman.

Bahan:

  1. Kulit Jagung yang sudah diwarnai dan diawetkan

Alat:

  1. Gunting
  2. Soldair yang ujungnya dibengkokkan
  3. Spon berlapis kain
  4. Lem tembak

Langkah-langkah

  1. Langkah pertama siapkan kulit jagung yang sudah diwarnai dan diawetkan untuk dibentuk menjadi kelopak bunga mawar dengan menggunakan gunting. Setelah itu lekukkan ujung kelopak dengan menggunakan soldair.

    Langkah 1 Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  2. Langkah kedua buat beberapa helai kelopak untuk deisusun menjadi bunga mawar sejumlah yang dibutuhkan. Biasanya 1 bunga pada lapisan awal membutuhkan 8 petal kelopak dan untuk memenuhinya dibutuhkan kurang lebih 18 kelopak.

    Langkah 2 Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga setelah semua kelopak sudah siap, maka buat bulatan dengan menggunakan bahan kulit jaguing yang disatukan dengan menggunakan lem tembak. Bulatan ini berfungsi untuk penghubung dasar pada setiap kelopak.

    Langkah 3 Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  4. Langkah keemp[at adalah satukan setiap kelopak bunga mawar tadi pada bulatan penghubung tadi dengan menggunakan lem tembak. Susun dengan rapi sehingga terbentuk menjadi bunga mawar yang indah.

    Langkah 4 Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  5. Maka hasilnya akan seperti ini, cukup indah bukan? hampir sama seperti bunga mawar yang aslinya. Bagi Anda yang menghendaki tangkai, Anda bisa membuatnya sesuai dengan kreasi yang diinginkan. Cukup mudah bukan cara membuat bunga dari kulit jagung ini. silahkan dicoba.

    Langkah 5 Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung
    AdaHobi

3. Cara Membuat Bunga Lily dari Kulit Jagung

Untuk cara membuat bunga dari kulit jagung yang ketiga, AdaHobi akan bagikan tutorial membuat bunga lily. Bunga lily digemari cukup banyak orang karena keindahannya dalam menghiasi ruang di dalam rumah maupun di luar rumah.

Alat & Bahan

Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bunga lily dari kulit jagung? Ini dia list alat dan bahan yang di perlukan.

Bahan:

  1. Kulit Jagung yang sudah diwarnai dan diawetkan
  2. tusuk sate
  3. pitsat 1 cm
  4. kain flanel
  5. kawat
  6. Kertas

Alat:

  1. Gunting
  2. Solder
  3. Lem bakar

Langkah-langkah

  1. Langkah pertama ambil daun jagung, gunting dan ubah menjadi bentuk love atau hati seperti pada gambar dibawah ini.

    Langkah 1 Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  2. Langkah kedua siapkan kain flanel yang sudah dipotong dengan panjang berukuran 6 cm. Gunakan juga tusuk sate yang kemudian dibalut kain flanel dengan cara direkatkan menggunakan lem bakar.

    Langkah 2 Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  3. Langkah ketiga satukan kulit jagung yang sudah dibentuk love tadi pada tusuk sate yang sudah dibalut kain flanel. Kemudian kunvi kulit jagung pada tusuk sate menggunakan lem bakar dan untuk melengkungkan pucuk bunga lily, panaskan menggunakan solder hingga hasilnya seperti ini.

    Langkah 3 Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  4. Langkah keempat buat daun menggunakan bahan kulit jagung warna hijau yang pada bagian belakangnya diberi kawat untuk membentuk garis lengkung daun satukan dengan lem tembak.

    Langkah 4 Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung
    AdaHobi

  5. Langkah kelima batang bunga lily yang sudah dibuat tadi pada bagian sambingannya dililit pitsathingga pitsat kebawah menyelimuti tusuk sate dan kunci dengan lem bakar. Kemudian oasang daun yang sudah dibuat tadi pada bunga lily hingga hasilnya seperti berikut ini.

    Langkah 5 Cara Membuat Bunga Anggrek dari Kulit Jagung
    AdaHobi

Menurut sobat hobi bagaimana artikel cara membuat bunga dari kulit jagung yang sudah kami sajikan ini? cukup simple, mudah dan gampang bukan? Kini saatnya kamu mencoba untuk memulai membuatnya sendiri di rumah.

Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Sobat Hobi semua. Jika ada pertanyaan atau hal yang ingin di diskusikan, isi di kolom komentar ya ! Cukup demikian yang AdaHobi sajikan semoga bisa bermanfaat, terimakasih.

You May Also Like