AdaHobi, Pelanggaran dalam bola basket – Setiap jenis olahraga tentunya memiliki beberapa aturan yang harus ditaati baik oleh pemain maupun tim keseluruhan. Karena apabila peraturan tersebut dilanggar maka para pemain bisa mendapat sanksi dari wasit.

Bagi kamu yang menyukai dunia perbolabasketan penting untuk mengetahui istilah dalam bola basket tentang jenis-jenis pelanggaran dalam bola basket, adapun diantaranya adalah :

  • Jumping Foul
  • Pushing Foul in Basketball
  • Traveling Foul
  • Personal Foul dalam Bola Basket
  • Team Foul Basketball
  • Technical Foul dalam Basket
  • Offensive Foul dalam Basket
  • Blocking Foul Basketball
  • Flagrant Foul
  • Illegal Screen Basketball
  • Double Dribble
  • Three Second Foul
  • Back Court Violation
  • Foul Out
  • 24 Second Violation
  • Offensive 3 Second
  • Defensive 3 Second
  • Shot Clock Violation
  • 8 Second Violation
  • Carrying The Ball

Dari keseluruhan pelanggaran tersebut, masing-masing memiliki penjelasan dan juga sanksi yang berbeda. Nah, untuk mengetahui lebih jelas bisa menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Macam-macam Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket

pelanggaran dalam permainan bola basket
pelanggaran dalam permainan bola basket

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama mengenai peraturan bola basket mengenai pelangaran-pelanggaran dalam permainan bola basket lengkap dengan penjelasannya.

Ada 20 jenis pelanggaran dalam permainan bola basket beserta hukumannya, antara lain adalah:

1. Jumping Foul

Jumping foul merupakan jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi ketika pemain melakukan tembakan dengan cara melompat tetapi justru membatalkan melakukan shooting.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

2. Pushing Foul in Basketball

Pushing foul merupakan salah satu jenis pelanggaran dalam bola basket ketika melakukan tindakan curang bila dilakukan dengan sengaja. Namun wasit tidak akan menganggapnya sebuah pelanggaran jika adanya ketidaksengajaan pemain mendorong tim lawan.

Hukuman dari pelanggaran jenis pushing foul adalah pemain dari salah satu tim kehilaangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

3. Traveling Foul

Traveling foul merupakan jenis pelanggaran dalam bola basket yang paling sering terjadi pada dunia basket. Di mana saat seorang pemain tidak menggiring bola dalam tiga langkah baik saat jalan maupun lari. Biasanya disebabkan karena player merasa kebingunan melakukan shoot.

Hukuman dari pelanggaran jenis ini adalah pemain dari salah satu tim kehilaangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

4. Personal Foul dalam Bola Basket

Personal Foul dalam Bola Basket
rookieroad.com

Personal foul adalah jenis pelanggaran dalam bola basket yang paling sering terjadi pada saat pertandingan, di mana pemain melakukan defense atau reaching yang salah, maka wasit tidak akan segan-segan menganggap itu pelanggaran.

Hukuman dari personal foul ini adalah diberlakukannya lemparan ke dalam, free throw, maupun foul out.

5. Team Foul Basketball

Team Foul Basketball
rookieroad.com

Team foul adalah jenis pelanggaran dalam bola basket yang dihitung secara kumulatif dalam satu tim. Jika 5 pemain melakukan masing-masing kesalahan, maka totalnya lima team foul.

Hukuman dari pelanggaran ini berupa lemparan ke dalam tetapi jika terjadi sebanyak 5 kali maka sanksinya yakni free throw.

6. Technical Foul dalam Basket

Technical Foul dalam Basket
rookieroad.com

Technical foul adalah pelanggaran yang biasanya terjadi ketika pemain mengeluarkan kata-kata profokatif saat pertandingan berlangsung, atau bisa juga melakukan gerakan berlebihan yang tak semestinya sehingga terjadi percekcokan.

Kejadian seperti ini merupakan salah satu kategori pelanggaran berat jadi apabila terjadinya pelanggaran, wasit tidak segan mengeluarkan pemain dari pertandingan.

7. Offensive Foul dalam Basket

Offensive Foul dalam Basket
rookieroad.com

Offensive foul merupakan jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi pada saat pemain menyerang dan menabrak pemain tim lawan yang sudah berada pada posisi defense.

Pelanggaran ini sangat disayangkan karena menghilangkan possesion ball. Karena hukumannya adalah terjadinya perpindahan bola.

8. Blocking Foul Basketball

Blocking foul in basketball adalah jenis pelanggaran dalam bola basket yang terjadi ketika pemain dengan sengaja menghentikan tim lawan dengan menghentikan gerakan tiba-tiba membuat rivalnya kehilangan keseimbangan.

Hukuman dari jenis pelanggaran ini adalah free throw di mana tembakan bebas yang dilakukan oleh tim lawan.

9. Flagrant Foul

Flagrant Foul
rookieroad.com

Flagrant foul adalah jenis pelanggaran dalam bola basket yang sangat tidak etis atau tidak pantas dilakukan, karena dapat mencederai tim lawan. Di mana pemain memukul rivalnya atau mengajak berduel.

Flagrant foul dikategorikan sebagai pelanggaran berat. Hukumannya yakni free throw, foul out dan bahkan skorsing

10. Illegal Screen Basketball

Illegal screen basketball merupakan pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi di mana pemain melakukan screen dalam permainan pick and roll namun berada pada posisi yang salah.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilaangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover

11. Double Dribble

Double dribble adalah Jenis pelanggaran dalam bola basket yang terjadi pada saat pemain kembali melakukan dribble setelah sebelumnya memutuskan untuk berhenti. Dari kejadian ini player harus melakukan passing atau shooting ke ring lawan.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilaangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

12. Three Second Foul

Three second foul merupakan jenis pelanggaran yang terdapat dalam permainan bola basket akibat kelalaian pemain berada di paint area tapi tidak melakukan apapun selama 3 detik. Jadi seseorang yang ada di wilayah tersebut harus aktif bergerak. Kalau diam, maka akan mendapat hukuman.

Hukuman untuk pelanggaran ini, yaitu adanya lemparan bola ke dalam.

13. Back Court Violation

Back court violation merupakan pelanggaran yang terjadi dalam permainan bola basket pada saat pemain menggiring bola lagi ke wilayah pertahan setelah melewati garis tengah.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilaangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

14. Foul Out

Foul Out
rookieroad.com

Foul out dalam basket yaitu terjadinya pelanggaran dalam bola basket bila pemain melakukan personal foul sebanyak 6 kali saat pertandingan berlangsung.

Hukuman foul out dalam basket adalah pemain tidak bisa lagi melanjutkan pertandingan meski waktunya belum usai.

15. 24 Second Violation

24 second violation adalah jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang diberikan saat tim tidak lagi bisa memanfaatkan waktu sebanyak 24 detik untuk melakukan possession sehingga yang dilakukan adalah gerakan lain, seperti shooting, dunk, atau lay up supaya menambah angka.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

16. Offensive 3 Second

Offensive 3 second adalah pelanggaran yang terjadi dalam permainan bola basket pada saat pemain tidak melakukan pergerakan selama 3 detik di area pain lawan.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

17. Defensive 3 Second

Defensive 3 second merupakan jenis pelanggaran dalam bola basket yang diberikan pemain karena tidak melakukan pergerakan selama 3 detik di area pain defense lawan ketika lawannya melakukan offense.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah diberlakukannya satu kali lemparan bebas.

18. Shot Clock Violation

Shot clock violation merupakan pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi saat pemain melakukan tembakan saat sepersekian detik setelah 24 detik waktu habis. Umumnya bila bola masuk, maka poin tidak dihitung.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

19. 8 Second Violation

8 second violation adalah jenis pelanggaran dalam bola basket yang diakibatkan oleh pemain menggiring bola di wilayah sendiri dan melebih 8 detik.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

20. Carrying The Ball

Carrying the ball merupakan Jenis pelanggaran yang terjadi dalam permainan bola basket pada saat pemain membuat kesalahan di mana ia melakukan gerakan dribble memutar bola.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola atau biasa disebut dengan turnover.

Nah, itulah macam-macam pelanggaran dalam bola basket yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui hal itu jangan biarkan melakukan kesalahan dalam pertandingan ya.

Jika kamu belum paham atau lupa coba baca satu kali lagi deh, biar kamu benar-benar paham soal pelanggaran-pelanggaran dalam permainan bola basket. Sebagai bekal kamu pada saat bermain bola basket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like