30+ Contoh Kerajinan dari Bahan Alam yang Mudah Dibuat

AdaHobi, Kerajinan dari bahan alam – Indonesia adalah sebuah negara dengan kekayaan alam yang melimpah dan terdapat banyak sekali hal – hal yang bermanfaat yang didapatkan dari adanya kesempurnaan alam di Indonesia.

Salah satu yang menjadi daya tarik orang Indonesia adalah bisa memanfaatkan keadaan alam dengan baik, salah satu contonya adalah kerajinan dari bahan alam. Yap, masyarakat Indonesia dikenal dengan masyarakat yang kreatif.

Dengan kekreatifannya bahan – bahan yang tumbuh secara alami di alam bisa dijadikan sebuah kerajinan tangan. Kali ini kita akan bahas sedikit banyak tentang kerajinan dari bahan alam di Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk pembelajaran dirumah.

Pengertian Kerajinan dari Bahan Alam

Kerajinan dari bahan alam adalah sebuah kerajinan yang bahan – bahan pembuatannya terbuat dari alam. Ada banyak kerajinan dari bahan alam yang bisa kita buat dirumah. Salah satu bahan kerajinan alam yang bisa kita temui adalah pohon bambu.

Dari pohon bambu kita bisa membuat anyaman pagar, kursi, bahkan menjadi alat untuk memeriahkan perlombaan 17 agustus, seperti panjat pinang. Dan masih banyak lagi contoh bahan – bahan alam yang bisa kita jadikan kerajinan.

Kali ini kita akan sama-sama membahas tentang contoh apasaja yang bisa dijadikan kerajinan dari bahan alam, yuk mari simak bersama.

1. Kerajinan dari Bahan Alam Kayu

Kerajinan dari bahan alam kayu
gambar : https://mebelkayujatiblora.wordpress.com/

Salah satu kekayaan alam di Indonesia adalah memiliki hutan yang sangat luas dan bisa dikatakan bahwa Indonesia sebagai produsen penghasil kayu terbesar di dunia. Banyak sekali jenis pohon-pohonan yang dijadikan kayu untuk kehidupan masyarakat Indonesia.

Kita sebagai mayarakat Indonesia tentunya sudah tau tentang jenis – jenis kayu apa saja yang dijadikan sebagai kerajinan dari bahan alam kayu ini. Ada yang kita kenal sebagai kayu jati, kayu bambu, kayu mahoni dan jenis kayu lainnya.

Salah satu kerajinan dari bahan alam kayu adalah dibidang furniture atau bisa dibilang peralatan rumah. Beberapa diantaranya adalah :

a. Kerajinan Meja dan Kursi Kayu

Kerajinan Meja dan Kursi yang terbuat jadi kayu termasuk kedalam katagori kerajinan dari alam, karna kayu sendiri berasal dari pepohonan yang tumbuh dengan sendirinya. Kerajinan ini banyak kita temui bahkan hampir setiap rumah memiliki meja dan kursi yang terbuat dari bahan utama kayu.

b. Kerajinan Asbak Kayu

Asbak menjadi salah satu hal terpenting untuk para perokok untuk membuat puntung roko dan juga untuk membuang sampah hasil pembakaran. Asbak memang bisa dibuat dari banyak macam bahan baku, salah satu yang tradisional adalah asbak yang terbuat dari kayu. selain kuat menahan sisa pembakaran asbak dari kayu juga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

c. Kerajinan Vas Bunga dari Kayu

Vas bunga memang bisa terbuat dari apapun, bahkan botol bekas saja bisa dijadikan vas bunga. Tapi untuk terlihat lebih classic dan modrn vas bunga yang terbuat dari kayu menjadi pilihan untama untuk menjadi perhiasan pelengkap di meja kerjamu, ruang tamu, atau bisa juga di meja tamu.

d. Kerajinan Lampu Hias dari Kayu

Kerajinan dari bahan alam dengan bahan baku kayu juga bisa membuat lampu hias, tentunya ini bukan kayunya yang nyala ya. Lampus hias saat ini sudah sangat bervariasi bentuk dan jenisnya nah siapa sangka bahwa kayu juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan lampus hias juga.

e. Kerajinan Mangkuk Kayu

Kerajinan Mangkuk Kayu
gambar : https://id.aliexpress.com/

Pernakah kamu makan di mangkuk yang terbuat dari kayu? Biasanya mangkuk dari kayu ini digunakan untuk menyajikan makanan yang berkuah di tempat-tempat makan. Jadi memang jarang ditemui dirumah-rumah karna tampilan yang terlihat lebih keren ketika kita makan menggunakan mangkuk dari kayu ini.

f. Kerajinan Pigura Kayu

Sudah menjadi hal yang wajar jika kita memerlukan pigura untuk memajang foto kita di dinding atau bisa juga di meja. Pigura ternyata bisa dibuat dari kayu dan memang banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat pigura. Salah satu caranya yang dengan kerajinan dari bahan alam kayu untuk membuat pigura.

g. Kerajinan Kotak Tisu Kayu

Kotak tisu menjadi contoh dari banyaknya kerajinan dari bahan alama kayu, saat ini penggunaan tisu sudah menjadi hal yang harus ada untuk dirumah. Karna banyak sekali manfaat yang dihasilkan, namun perlu juga kita menaruh tisu ditempat yang terlihat lebih tradisional, seperti pada kotak tisu yang terbuat dari kayu.

2. Kerajinan dari Bahan Alam Batu

Kerajinan dari bahan alam batu
gambar : https://review.bukalapak.com/

Batu menjadi salah satu bahan alam di Indonesia yang banyak ditemui, kita bisa menemukan berbagai macam jenis batu. Batu bisa kita temui mulai dari pesisir sungai, Pegunungan hingga karang-karang lautan yang mengeras menjadi batu.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadikan batu sebagai kerajinan dari bahan alam, salh satu contohnya adalah batu akik yang dijadikan sebagai perhiasan khusunya pada cincin dan kalung.

a. Kerajinan Cincin Batu Akik

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa cincin batu akik menjadi sesuatu kerajinan dari bahan alam batu. Cincin batu akik memiliki banyak macam jenisnya, harganyapun berfariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah bahkan ada pula yang mencapai belasan sampai puluhan juta loh.

Salah satu jenis batu akik yang mahal adalah batu akik bacan, batu bacan juga memilki berbagai jenis. Pokonya nih ya kalau kita sudah ngomongin kerajinan dari bahan alam khusunya di bidang batu akik, akan panjang den pembahasannya.

b. Kerajian Cobek Batu

Rasanya setiap rumah pasti memiliki ini, ya cobek yang kita pakai untuk mengulek dan menyatukan bumbu dapur itu ternyata terbuat dari kerajinan batu. Cobek sendiri pada umumnya terbuat dari jenis batu andesit yang memilki ketanahan yang bagus dan kuat. Selain itu cobek dari bahan batu memiliki nilai sejarah juga.

c. Kerajinan Patung Batu

Jenis patung yang terbuat daru batu memerlukan waktu yang lama untuk pembuatannya, karna batu harus dipahat perlahan-lahan untuk membentuk suatu patung benda yang kita inginkan. apatalagi yang melalukan pahatan dengan manual butuh waktu berhari-hari atau bahkan bulan untuk menyelesaikan sebuah karya kerajinan patung batu ini.

d. Kerajinan Bathup dari Batu

Bathup atau yang lebih kita kenal dengan istilah tempat untuk mandi ternyata bisa terbuat dari baru. Rata-rata memang pembuatannya menggunakan bahan keramik namun batu juga menjadi pilihan utama loh. Selain batu bisa menjadi testur yang sangat halus batu juga bisa membuat kita terasa lebih alami jika berendam pada bathup dari batu ini.

3. Kerajinan dari Bahan Alam Tanah Liat

Kerajinan dari bahan alam tanah liat
gambar : https://shopee.co.id/

Salah satu keunggulan alam di Indonesia adalah memilki tanah yang subur kita bisa menanam tanaman apa saja di sini. Tanah memiliki berbagai jenis, salah satu tanah yang bisa dijadikan kerajinan dari bahan alam adalah tanah liat.

Banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari tanah liat ini, seperti pembuatan genteng, guci, gerabah, keramik dan kerajinan-kerajinan tahan liat lainnya. Sifat tanah liat yang elastis dan platis memudahkan kita untuk merangkai menjadi bentuk apapun.

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari tanah liat yang sudah sering kita jumpai.

a. Kerajinan Tanah Liat Celengan

Saat kita kecil tentunya tidak asing dengan celengan berbentuk ayam-ayaman bukan, celengan itu memiliki bahan utama tanah liat loh. Ya salah satu kerajinan dari alam yang bisa membuat celengan adalah tanah liat.

Celengan ini haya bisa dipakai satu kali, jika sudah penuh dan kita ingin mengambil uang didalamnya maka kita harus memecahnyanya. Dan untuk memecahkannya sangatlah mudah karena bahan yang digunakan dari kerajinan tanah liat yang sudah dikeringkan.

b. Kerajinan Tanah Liat Teko

Coba cek didapur rumahmu adakah teko yang terbuat dari tanah liat? Ya salah satu kerajinan dari bahan alam tanah liat yang bisa dijadikan teko. Teko ini termasuk satu paket dengan gelas dan piring kecil ya.

Selain teko ada juga kendi yang bisa membuat air terasa lebih sejuk dan dingin jika disimpan didalamnya. Kalau dirumah nene saya masih menggunakan kendi loh untuk membuat air dingin, selain alami nene masih memegang budaya tradisional dari kerjaninan dari bahan alam.

c. Kerajinan Tanah Liat Batu Bata

Pembangunan rumah baik itu medern maupun tradisional sedikit banyak masih mengguanakn kerajinan dari bahan alam, salah satunya adalah tanah liat yang bisa dibentuk menjadi batu bata. Peran batu bata pada pembangunan juga sangatlah penting.

Batu bata yang berwarna merah dibuat menggunakan tanah liat dengan melakukan tahapan-tahapan atau proses-proses yang masih tradisional. Mulai dari pembentukan, pengeringan hingga pembakaran.

d. Kerajinan Tanah Liat Genteng

Di desa desa masih banyak masyarakat yang menggunakan genteng berbahan baku tanah liat, ini bisa dikatakan sebagai kerajinan dari bahan alam tanah liat. Genteng menjadi hal yang penting dalam sebuah pondasi rumah.

Genteng yang terbuat dari bahan tanah liat ini mampu menahar air hujan dan terik panas matahari hingga tahunan loh. Jadi genteng yang berbahan baku tanah liat ini tidak kalah dengan genteng yang modern saat ini.

e. Kerajinan Guci Tanah Liat

Di Indonesia sendiri kerajinan dari bahan alam tanah liat ini untuk dijadikan sebuah kerajinan masih banyak yang menggunakan proses pembuatan yang tradisional. Proses pembuatan guci misalnya kita harus mempersiapkan tanah liat terlebih dahulu.

Setelah itu ke proses selanjutnya yaitu pembentukan, penjemuran, pembakaran dan penyempurnaan. 

4. Kerajinan dari Bahan Alam Bambu

Kerajinan dari bahan alam bambu
gambar : https://www.dapurmodern.org/

Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang batang pohonnya sangat bermanfaat untuk manusia. Banyak sekali manfaat dari pohon bambu ini. Salah satu contoh yang sering kita lihat adalah pagar yang terbuat dari anyaman bambu.

Rajutan pagar yang terbuat dari bahan bambu ini masuk kedalam kerajinan dari bahan alam juga loh. Contoh lain dari manfaat bambu untuk kerajinan dari bahan alam adalah sebagai jembatan untuk menyembrangi sungai atau aliran air dengan dimensi lebar yang kecil.

a. Kerajinan Asbak Bambu

Setelah kita membahas kerajinan asbak batu, kita akan membahas kerajinan dari bahan alam bambu yaitu asbak yang terbuat dari bahan bambu. Bambu memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari kita. Asbak bambu memiliki keunggulan dengan beban yang ringan dibandingkan asbak yang terbuat dari bahan batu.

b. Kerajinan Tempat Lilin

Karena bentuk bambu yang melingkar dan memanjang, bambu juga bisa dimanfaatkan untuk tempat lilin atau bahkan obor. Bentuknya yang ringan dan mudah ditaruh menjadikan bambu sebagai paforit untuk tempat lili. Meskipun pada dasarnya bambu bisa saja terbakar namun masih banyak yang menggunakan bambu untuk tempat lili.

c. Kerajinan Lonceng Angin

Kerajinan Lonceng Angin
gambar : https://www.99.co/

Kerajinan lonceng angin ini sangatlah menarik terutama buat kami-kamu yang tinggal sendiri, karna dengan adanya lonceng yang bisa mendeteksi angin ini kamu akan merasa ramai gitu. Selain itu tentu lonceng angin ini terbuat dari kayu bambu yang sudah dibentuk sedemikian rupa namun tetap terlihat bahwa lonceng ini memang terbuat dari bambu.

d. Kerajinan Lampu Taman Bambu

Banyak juga yang menggunakan bambu untuk dijadikan lampu taman, selain memiliki kesan yang terlihat natural dengan alam, lampu alam juga mampu mengurangi pengguna untuk tersetrum karena sifat bambu itu sendiri yang tidak bisa mengalirkan listrik dengan baik. Apalagi untuk di taman bermain tentunya banyak anak-anak yang bisa saja menyentuh lampu taman.

e. Kerajinan Kursi Bambu

Modelnya bisa hingga belasan jika kita membahas tentang kursi yang terbuat dari bambu, bagi orang Indoneseia tentunya bukan hal yang aneh jika kita melihat kursi yang terbuat dari bambu. Disamping kuat bambu yang dibuat kursi juga memiliki harga jual yang terjangkau untuk semua kalangan.

f. Kerajinan Dinding Anyaman Bambu

Sudah kita bahas sebenarnya di atas bagaimana dinding atau pagar bisa kita buat dengan kumpulan bambu yang sudah di belah dan diatur sedemikian rupa. Pasalnya bambu ini akan di anyam dan disatukan antara satu dengan yang lainnya. Tidak perlu benang jahit ya agar bisa mengayam bambu ini.

5. Kerajinan dari Bahan Alam Kulit Hewan

Kerajinan dari bahan alam kulit hewan
gambar : https://bincangsyariah.com/

Beberapa kulit hewan memang bisa dijadikan kerajinan, diantaranya adalah kulit hewan kambing, sapi, kerbau, ular, buaya dan lain sebagainya. Namun untuk kulit hewan buaya dan ular sudah ada peraturannya ya.

Untuk kulit hewan sapi sendiri bisa dijadikan sebagai penutup bedug yang biasanya tersedia di masjid-masjid, karena memiliki daya tahan yang lama dan kuat. Selain itu stok kulit sapi yang tersedia juga bisa dibilang cukup.

Untuk kulit kerbau sendiri bisa dijadikan sebagai makanan loh, dibeberapa daerah seperti di Indramayu terdapat kerupuk yang berbahan dasa kulit kerbau, hal ini tentunya akan membuat para penjual kulit kerbau untung.

a. Kerajinan Kaligrafi dari Kulit Hewan

Pernahkah kamu melihat tulisan kaligrafi di dinding yang sudah di bingkai dengan bahan baku kulit? Memangnya tangannya orang Indonesia itu kreatif sekali. Kulit hewan yang biasanya dibuang bisa dijadikan sebuah kesenian kerajinan tangan dari bahan alam kaligrafi.

b. Kerajinan Wayang dari Kulit

Wayang kulit tentu terbuat dair kulit, ya benda yang menjadi kesenian tradisional di Indonesia ini tebuat dari kerajinan kulit hewan yang sudah di proses sedemikian rupa. Mulai dari Pengeringan, Pembentukan wayang, Penetapan bentuk dan lain sebagainya.

c. Kerajinan Bedug

Kerajinan dari bahan alam kulit hewan untuk pembuatan bedug ini sudah kita bahas diatas ya, ini menjadi hal yang sering kita temui ya terutama untuk kaum muslimin. Sudah tidak asing lagi melihat bedung yang terbuat dari bahan kulit hewan.

d. Kerajinan Tas

Tas yang terbuat dari kerajinan kulit hewan ini bisa dibandrol dengan hargga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tergantung jenis kulit hewan apa yang digunakan untuk pembuatan tas  ini, dan juga ada beberapa toko brand tas yang memang hanya menjual tas dari bahan kulit saja.

e. Krajinan Alat Musik dari Kulit

Selain untuk kebutuhan Fasion, kulit hewan juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan alat musik loh, berikut diantara alat musik yang menggunakan kulit hewan adalah..

  • Rebana
  • Gendang
  • Rapai
  • Bedug
  • Tifa
  • Djembe
  • Gordang

Alat-alat musik tradisional diatas merupakan alat musik yang menggadung unsur hewan kulit sebagai instrumen utama buyinya.

6. Kerajinan dari Bahan Alam Tulang Hewan

Tentunya hanya beberapa jenis tulang hewan saja yang bisa digunakan untuk kerajinan, ya jika kita menggunakan tulang ikan teri contohnya akan sulit di kelola, karena ikan teri berukuran kecil. Tulang hewan yang bisa digunakan seperti hewan sapi, kambing dan kerbau.

Atau juga bisa menggunakan gading babi untuk menjadi kalung misalnya. Pada umumnya kerajinan dari bahan alam tulang ini dibuat sebagai aksesoris. Baik itu aksesoring pajangan atau aksesoris yang dipakai dibadan kita.

a. Kerajinan Kalung

Kalung saat ini menjadi aksesoris yang tidak hanya untuk wanita namun juga pria, Kerajinan kalung juga bisa dibuat dari tulang hewan. Biasanya yang menggunakan tulang hewan sebagai aksesoris kalung adalah kaum lelaki. Banyak bentuk kalung yang dibuat untuk lebih memiliki kesan menyeramkan buat si pemakainya.

b. Kerajinan Gantungan Kunci

Gantungan kunci menjadi pernak pernik yang bisa memudahkan kita menemukan kunci, Kerajinan gantungan kunci bisa dibuat menggunakan tulang hewan dan buntut hewan. Dibentuk agar menarik, lalu di pasangkan pegantung untuk kunci. Semakin alami tulang hewan maka harga jualnya juga semakin tinggai.

c. Kerajinan Pipa Rokok

Kerajinan Pipa Rokok
gambar : https://www.lazada.co.id/

Buat para perokok yang menggunakan pipa rokok ternyata ada bahan yang terbuat dari tulang hewan dan tentunya itu akan menambah esensi kenikmatan untuk pecandu rokok tersendiri. Pipa roko ini tidak hanya terbuat dari satu tulang hewan saja dan semakin langka tulang hewan yang digunakan maka semakin tinggi pula harganya.

d. Kerajinan Anting

Anting juga menjadi salah satu aksesoris yang bisa dibuat oleh tulang, Ya saat ini sudah banyak orang yang menggunakan anting dari tulang, entah esensi apa yang didapatkan dari penggunaan aksesoris tulang anting tulang ini. Anting tulang termasuk kedalam kerajinan dari bahan alam dengan tema tulang.


Itulah penjelasan mengenai kerajinan dari bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari hati. Semoga apa yang disampaikan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua yang sedang mencari tahu apa saja kerajinan dari bahan alam yang bisa dimanfaatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like