AdaHobi, Kerajinan Dari Cangkang Telur – Kulit telur atau cangkang telur biasanya hanya dibuang dan menjadi limbah yang tidak digunakan. Padahal cangkang telur jika jika bisa mengelola dengan baik bisa menjadi nutrisi bagi tubuh kita.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, cangkang telur juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan yang bernilai tinggi. Ada banyak sekali ide-ide untuk memanfaatkan cangkang telur sebagai kerajinan tangan kreatif yang sederhanya.

Jika pensaran, mari kita simak ulasan mengenai kerajinan dari cangkang telur di bawah ini, diantaranya sebagai berikut.

1. Vas Bunga dari Cangkang Telur

Vas Bunga dari Cangkang Telur
princesspinkygirl.com

Memiliki vas bunga yang menarik dan rapi merupakan suatu kesenangan tersendiri. Pasalnya vas bunga ini sering di letakkan pada ruang tamu, sehingga banyak yang melihatnya. Apalagi jika memiliki vas bunga yang terbuat dari cangkang telur, tentu saja menarik dan banyak yang bertanya karena penasaran.

Cara membuat vas dari cangkang telur :

Nah, bagaimana cara membuat vas bunga dengan cangkang telur? Simak ulasan berikut ini.

  • Pertama-tama kita siapkan dulu alat dan bahan yang digunakan untuk membuat vas bunga. ( Pemotong, Lem, Bolpoin, Kulit telur, Pipa, Batu ,Serbuk kayu, Bunga plastik )
  • Selanjutnya pilih cangkang telur yang paling bagus dan sudah kering. Kemudian silahkan potong pipa menjadi seperti cincin.
  • Untuk diamter pipa sendiri tidak lebih besar dari cangkang telur. Lalu, pipa yang sudah dipotong tadi kita rekatkan pada ujung telur yang berfungsi sebagai dudukan atau tumpuan.
  • Langkah selanjutnya kita balik lalu isi kulit telur dengan batu yang berguna sebagai pemberat.
  • Terakhir isi vas bunga dengan serbuk kayu, lalu tata bungan sesuai selera.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kerajinan dari Barang Bekas Tak Terpakai

2. Kerajinan Kaligrafi Dari Cangkang Telur

Kaligrafi Dari Cangkang Telur
winudf.com

Limbah cangkang telur bisa digunakan untuk membuat aksesoris rumah seperti kaligrafi yang bernilai jual tinggi. Seperti apa cara membuat kerajinan kaligrafi dari cangkakng telur? Simak ulasan berikut ini.

Cara membuat kaligrafi dari cangkang telur :

  • Pertama-tama kita kumpulkan limbah kulit telur, kamu bisa mencarinya dari dapur atau dari pedagang martabak.
  • Selanjutnya siapkan Nat lalu tempelkan kulit telur pada nat yang sudah di bentuk kaligrafi yang diingingkan.
  • Jika terdapat Nat yang masih kosong diantara cangkang telur tadi, kamu dapat memberi semen putih.
  • Jika proses pemasangan kulit telur pada Nat sudah selesai, silahkan semprot menggunakan pernis agar semen putih lebih mengikat.
  • Langkah selanjutna kita amplas cangkang telur dan semen tadi agar mudah mewarnainya. Silahkan warnai sesuai selera.
  • Terakhir silahkan pernis ulang agar tahan lama. Jangan lupa pasang bingkai pada kaligrafi tersebut.

3. Miniatur Kebun Dari Cangkang Telur

Miniatur Kebun Dari Cangkang Telur
ytimg.com

Memiliki miniatur kebun yang di jadikan sebagai hiasan rumah tentu saja menarik, apalagi jika miniatur kebun tersebut di buat sendiri.

Lho, apa bisa? Tentu saja bisa. Gambar di atas adalah contoh miniatur kebun yang terbuat dari kulit telur.

Cara membuat miniatur kebun dari cangkang telur :

Cara membuatnya cukup mudah jika anda sebelumnya sudah pernah membuat kerajinan lain dengan cangkang telur.

  • Untuk membuat miniatur kebun, kamu perlu beberapa cangkang telur, kemudian bentuk cangkang telur seperti vas bunga, lalu isi dengan bunga plastik dengan berbagai macam bentuk.
  • Selanjutnya letakkan pada tempat kecil dan beri aksesoris hijau-hijauan yang menggambarkan sebuah kebun. Silahakn dipraktekkan.

4. Bola Lampu Dari Cangkang Telur

Bola Lampu Dari Cangkang Telur
infoproperti2.com

Kerajinan dari cangkang telur adalah bola lampu. Bola lampu yang terbuat dari cangkang telur bisa di jadikan oleh-oleh kerajinan tangan yang menarik. Kamu tak perlu membelinya jika kamu bisa membuatnya sendiri.

Cara membuat bola lampu dari cangkang telur :

Cara membuat bola lampu menggunakan cangkang telur cukup mudah, tapi tidak benar-benar mudah.

  • Pertama-tama kamu kumpulkan cangkang telur secukupnya, selanjutnya kita rekatkan cangkang telur tersebut sampai membentuk bola. Di sinilah letak kesulitannya, kamu perlu sabar agar berhasil membuat bentuk bola yang sempurnya.
  • Langkah terakhir tinggal masukan lampu pada tengah-tengah bola. Kerajinan tangan bola lampu yang terbuat dari kulit telur pun jadi. Selamat mencoba.

5. Mozaik dari Cangkang Telur

Mozaik dari Cangkang Telur
upcycled-wonders.com

Mozaik merupakan seni yang populer karena memiliki nilai estetika yang tinggi. Menyusun kepingan-kepingan yang kemudian membentuk suatu objek memanglah unik.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat mozaik adalah kepingan-kepingan kecil seperti batu, kaca, daun atau biji-bijian. Sedangkan untuk gambar di atas adalah gambar mozaik yang terbuat dari cangkang telur.

Limbah cangkang telurpun bisa dibuat menjadi kerajinan yang bernilai tinggi. Untuk membuatnya kamu perlu bersabar, karena menyusun kepingan cangkang telur tidaklah semudah yang kamu kira.

Yang perlu kamu siapkan untuk membuat seperti gambar di atas adalah sketsa, cangkang telur, pewarna dan lem.

Silahkan tempelkan cangkang telur pada sketsa menggunakan lem, selanjutnya kamu bisa mewarnainya sesuai dengan keinginanmu.

6. Bentuk Hewan dari Cangkang Telur

Bentuk Hewan dari Cangkang Telur
pinterest.com

Salah satu bentuk hewan yang biasa dibuat kerajinan adalah ayam. Untuk membuat kerajinan ayam menggunakan cangkang telur memang tidak mudah.

Pertama-tama kamu harus membuat kerangkanya dulu menggunakan koran, kardus atau bahan lainnya. Selanjutnya tempelkan cangkang telur dengan menyesuaikan ukurannya.

Setelah jadi, kamu bisa menjualnya dengan harga yang tinggi, atau bisa juga digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau saudara.

7. Kolase Bingkai Foto dari Kulit Telur

Bingkai Foto dari Kulit Telur
pinimg.com

Pigura atau bingkai foto sangat mempengaruhi keindahan dari foto itu sendiri. Apalagi jika menggunakan pigura yang unik, tentu akan menarik perhatian.

Lalu, seperti apa pigura yang unik? Coba perhatikan bingkai foto di atas. Bingkai tersebut terbuat dari cangkang telur.

Sebenarnya membuat bingkai foto dengan cangkang telur ini sama dengan membuat mozaik, bahkan lebih mudah karena fokus kita disini hanya pada pinggiran bingkainya saja.

Nah, bingkai foto dengan cangkang telur ini kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan limbah cangkang, lalu pecahkan cangkang tersebut jadi kecil-kecil, selanjutnya beri warna sesuai keinginanmu.

Terakhir siapkan bingkai yang telah di lapisi dengan kertas, selanjutnya tempel cangkang telur dengan rapi agar terlihat indah.

Bingkai foto yang terbuat dari cangkang telurpun jadi.

8. Kolase Asbak dari Kulit Telur

kerajinan asbak dari telur
masnid.com

Kerajinan dari cangkang telur yang sederhana selanjutnya adalah asbak. Jika kamu mendapat tugas dari sekolah untuk membuat kerajinan, cobalah untuk membuat asbak, tapi bukan asbak biasa, karena ini asbak yang menggunakan bahan dari kulit telur.

Untuk membuatnya, kamu perlu bahan berikut ini.

  • Cangkang Telur
  • Tepung Tapioka
  • Lem PVA
  • Blender
  • Saringan Halus

Berikut ini adalah cara pembuatan asbak menggunakan cangkang telur.

  1. Langkah pertama untuk membuat asbak adalah dengan menyiapkan cangkang telur yang kemudian akan di haluskan menggunakan blender.
  2. Selanjutnya kita pisahkan terlebih dulu bagian halus den kasar dari cangkang telur yang telah di blender dengan menggunakan saringan.
  3. Langkah selanjutnya kita campurkan kulit telur halus dengan tepung tapioka dan lem PVA.
  4. Berikutnya kita tambahkan sedikit air, lalu kita aduk sampai membentuk adonan yang elastis.
  5. Langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah membentuk adonan tadi menjadi asbak. Jika sudah selesai, kemudian keringkansampai mengeras.
  6. Tahap terakhir adalah mewarnai asbak sesuai keinginan.

9. Kerajinan Pot dari Cangkang Telur

Pot dari Cangkang Telur
pinterest.com

Selain di jadikan sebagai vas bunga seperti contoh kerajinan cangkang telur yang pertama tadi, ternyata cangkang telur bisa di jadikan sebagai pot.

Kamu bisa menanam benih atau tanaman kecil dalam pot yang menggunakan cangkang telur. Contoh tanaman yang bisa di tanam dalam pot tersebut seperti seledri, daun bawang, stroberi dan masih banyak lagi.

Setelah jadi, pot bungan ini sangat bagus sebagai hiasan yang mengisi ruang kosong rumah kita. Pastikan terkena sinar matahari agar tanaman yang ada di pot dapat tumbuh dengan baik.

Nah, cara pembuatan pot dari cangkang telur ini sama dengan pembuatan vas bunga. Silahkan lihat tutorial kerajinan tangan yang pertama di atas.

10. Ukiran Eksotis Dari Cangkang Telur

ukiran dari cangkang telur
pinterest.com

Kerajinan dari cangkang telur yang selanjutnya adalah telur ukir. Untuk membuat ukiran yang terbuat dari cangkang telur ini di butuhkan kemampuan tinggi, karena sepertinya hanya bisa dilakukan oleh seniman yang sudah terbiasa mengukir.

Karena cangkang telur memiliki tekstur yang rapuh dan mudah rusak jadi perlu kehati-hatian dalam proses pembuatannya.

Tapi jika berhasil, kerajinan satu ini di patok dengan harga tinggi, mulai dari Rp. 350.000 sampai jutaan.

Jadi untuk membuat ukiran dari cangkang telur kamu perlu latihan sebanyak mungkin.

11. Boneka Hortikultura Dari Kulit Telur

kerajinan boneka telur
lescazia.com

Tak beda dengan kerajinan vas bunga dari cangkang telur, kamu juga dapat membuat kerajinan boneka hortikultura atau sebagai tempat untuk budidaya tanaman.

Tentu tanaman yang menggunakan kerajinan boneka ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan di pojok rumah atau teras rumah.

Cara membuat boneka hortikultura dari cangkang hewan cukup mudah, caranya seperti membuat vas bunga, kamu hanya perlu memberi hiasan berupa lukisan atau menambahkan tema tertentu untuk membuat boneka hortikultura lebih menarik.

12. Tempat Lilin Dari Kulit Telur

Tempat Lilin Dari Cangkang Telur
fridabemighty.com

Tempat lilin tak melulu menggunakan yang itu-itu saja, kamu bisa menggunakan kerajinan tangan yang terbuat dari kulit telur.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, karena membuat tempat lilin ini cukup mudah.

Cara membuat tempat lilin dari cangkang telur :

  • Caranya yang pertama, siapkan kulit telur, lalu potong dengan rapi bagian atas. Selanjutnya buatkan dudukan dengan menggunakan tutup botol atau pipa. Jika sudah, silahkan rekatkan.
  • Langkah selanjutnya adalah mewarainya. Kamu bisa memberi warna sesuai selera, bisa juga memberi corak berupa ukiran.
  • Dan yang terakhir kita tinggal memasang lilin. Gunakanlah lilin aroma agar keindahannya lebih nyata.

13. Kotak Tisu dari Kulit Telur

Kotak Tisu dari Kulit Telur
pinterest.com

Kreasi dalam membuat kerajinan memang tak ada batasnya, ada saja hal yang bisa sudah tidak digunakan lagi, lalu di sulap menjadi barang yang bernilai tinggi.

Salah satunya adalah kotak tisu yang terbuat dari kulit telur. Tentu jika hanya kotak tisu saja tidak akan menarik, tapi jika terbuat dari limbah kulit telur pasti akan bernilai tinggi.

Cara membuatnya cukup mudah, seperti membuat kerajinan mozaik, kamu hanya perlu merekatkan kulit telur pada permukaan kotak tisu.

Yang akan menjadi menarik adalah tahap pewarnaan. Kamu harus bisa memberi warna yang nantinya semua orang menyukainya.

Karena jika banyak yang menyukai maka nilai jual kotak tisu tersebut semakin tinggi.


Nah, itulah tadi contoh kumpulan kerajinan dari cangkang telur yang di sertai dengan cara pembuatannya.

Selain cangkang telur, ada banyak sekali limbah yang dapat kita manfaatkan sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi, jadi tetap semangat dalam berkreasi. Semoga informasi tadi bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like