25+ Contoh Pantun Orang Tua Lengkap Dengan Makanya

Adahobi, Pantun Orang Tua – Karya sastra memanglah sangat beragam, ada salah satu karya puisi lama yang masih sangat populer hingga hari ini, yaitu pantun. Pantun yang sarat akan maknanya disebut dengan pantun orang tua. Pantun orang tua atau juga kerap dikenal dengan pantun nasihat, tidaklah sekedar karya sastra dengan tata bahasa yang khas, melainkan karya ini mampu menyampaikan beragam nasihat bagi berbagai kalangan masyarakat.

Nah, pada artikel kali ini kita akan belajar bersama tentang apa itu pantun orang tua, apa makna dari pantun tersebut, serta beragam jenis dari pantun orang tua. Bagi kamu yang penasaran, yuk segera baca artikel ini sampai tuntas ya.

Pengertian Pantun

Pantun merupakan salah satu karya sastra yang populer di tradisi masyarakat Melayu termasuk di Indonesia. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun dapat diartikan sebagai bentuk puisi Indonesia (Melayu), yang setiap baitnya terdiri atas empat baris dengan sajak (a-b-a-b).

Baris pertama dan baris kedua biasa disebut dengan sampiran. Sampiran adalah dua baris kalimat yang berguna mengantarkan rima atau sajak. Bagian sampiran tidak mengandung hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud.

Dan baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun. Isi pantun ini merupakan tujuan pesan dari pantun.

Pengertian Pantun Orang Tua

Pantun orang tua adalah pantun yang berkaitan dengan nasihat atau wejangan orang tua. Pantun ini juga biasa dikenal dengan pantun nasehat orang tua atau pantun nasehat. Pantun jenis ini juga memiliki tujuan menyampaikan pesan moral dan didikan kepada anak.

Nasihat-nasihat untuk menjadi bijaksana, berani, sabar, berakhlak mulia, nasihat agama dan lain sebagainya disampaikan dengan bahasa yang lebih nyaman didengar dengan menggunakan karya sastra berupa pantun.

Jenis Pantun Orang Tua

Pantun orang tua terdiri atas beberapa jenis. Ada jenis pantun nasihat, ada pantun adat, pantun budi, pantun agama, dan masih banyak lagi. Semua jenis pantun orang tua akan kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pantun Orang Tua Bernilaikan Nasehat

Pantun Nasehat
adahobi.com

Pantun orang tua jenis pertama adalah pantun nasehat. Pantun ini berisi suatu pesan moral dan arahan dari orang tua untuk anak-anaknya. Pantun ini harus memiliki kosa kata dan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh sang anak. Pesan yang terkandung dalam pantun ini haruslah disampaikan secara eksplisit atau tersurat agar anak tidak kebingungan dan harus menerka-nerka apa maknanya. Salah satu contoh pantun nasihat adalah:

Ke pasar beli terong

Terongnya sejumlah lima

Janganlah jadi sombong

Sebab kita butuh sesama

 

Buah jeruk rasanya masam

Belinya di pasar ramai

Jangan suka muka muram

Agar hidup menjadi damai

 

Di akuarium ada ikan

Ikan hias namanya arwana

Selepas bermain lekas rapikan

Agar tak hilang kemana-mana

Pantun Orang Tua Bernilaikan Adat

Pantun Adat
adahobi.com

Budaya bangsa kita memiliki beragam adat istiadat. Oleh karena itu penting sekali untuk mengenal dan mempelajari budaya kita agar semakin mencintai budaya bangsa kita. hal ini dimaksudkan agar ketika kelak sudah dewasa, sang anak tidak melupakan budaya bangsanya sendiri.

Pengenalan dan pengajaran tentang budaya ini mampu disampaikan secara sederhana dan menyenangkan, yakni melalui untaian pantun. Karena dengan bahasa pantun dapat menyampaikan pesan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Berikut adalah contoh pantun orang tua dengan tema adat agar anak-anak mencintai budayanya:

Pagi hari sarapan nasi

Setelah itu makan mengkudu

Mari saling menjaga toleransi

Agar bangsa bersatu padu

 

Ada hewan jalannya terong

Si serong bebek angsa

Mari saling gotong royong

Untuk jaga budaya bangsa

Pantun Orang Tua Bernilaikan Agama

Pantun Agama
adahobi.com

Sebagai orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjalani hidup sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Salah satu pantun yang mengandung pesan dan pedoman dalam menjalani hidup adalah pantun agama. 

Selain berisi tentang pengetahuan akan agama, pantun ini juga memuat larangan yang tidak boleh dilakukan menurut ajaran agama. Berikut adalah contoh pantun orang tua agama untuk mengarahkan anak-anak sesuai nilai dan prinsip keagamaan:

Semerbak melati dimana-mana

Sampai masuk ke dalam gua

Jika hati gundah gulana

Pergilah ke surau seraya berdoa

 

Adik mirna bermain sempoa

Sempoa baru dari Jakarta

Sebelum makan marilah berdoa

Agar berkah makanan kita

 

Ada ulat jadi kepompong

Kupu terbang tandanya tamu 

Janganlah suka bohong

Agar Tuhan mencintaimu

Pantun Orang Tua Bernilaikan Jenaka

Pantun Jenaka
adahobi.com

Meski telah menjadi orang dewasa, orang tua juga senang dengan lelucon atau kata-kata jenaka untuk menghibur diri sebagai menghilangkan penat. Dengan adanya pantun jenaka mampu memberikan hiburan tersendiri bagi pendengarnya.

Selain menghibur, kata-kata dalam suatu pantun cocok digunakan untuk menasehati dan bermain bersama sang anak. Berikut adalah contoh pantun orang tua jenaka yang dapat ditujukan bagi anak-anak:

Di sawah ada padi

Padinya dipanen pak ihsan

Anak siapa belum mandi

Semerbaknya membuat pingsan

 

Ada hewan namanya ulat

Ulat itu suka daun bolong

Siapa suka makan cokelat

Senyumnya manis giginya ompong

Pantun Orang Tua Bernilaikan Suka Cita

Pantun Suka Cita
adahobi.com

Pantun suka cita merupakan salah satu jenis pantun orang tua yang mengandung kata-kata bahagia dan sukacita penulisnya. Dengan pantun jenis ini dapat mengekspresikan kebahagiaan dalam diri, baik bagi anak-anak maupun bagi sang orang tua.

Selain itu, pantun suka cita juga menggambarkan kata-kata pujian kepada sang anak. Pujian ini merupakan bentuk kebahagiaan. Salah satu contoh pantun suka cita adalah sebagai berikut:

Ada seorang berbaju abu

Berdiri di samping danau toba

Senang hati ayah ibu

Lihat adik juara lomba

 

Bu Rima menjual jamu

Jamunya dari daun jambu

Semoga sukses kelak dirimu

Sebab selalu bantu ibu

Pantun Orang Tua Bernilaikan Bakti

Pantun Berbakti
adahobi.com

Salah satu kewajiban anak adalah berbakti kepada orang tua. Berbakti merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki anak sebagai bentuk kesetiaan. Seorang anak perlu diajari untuk dapat berbakti dan berbuat baik kepada orang tua.

Salah satu cara mengajari anak agar berbakti adalah dengan menggunakan media karya sastra, contohnya adalah pantun orang tua. Ada salah satu jenis pantun orang tua yaitu pantun berbakti. Pantun jenis ini merupakan pantun orang tua yang mengandung pesan agar anak berbakti kepada orang tua dan tidak durhaka. Berikut adalah contoh pantun berbakti:

Burung merak burung merpati

Sayapnya indah penuh bulu

Jadilah anak yang berbakti

Agar kelak bahagia selalu

 

Buah apel buah nangka

Dijual bapak sepanjang hari

Kalau kakak tidak durhaka

Pastilah sukses esok hari

 

Ada paku jumlahnya dua

Dua-duanya sudah berkarat

Patuhlah kepada orang tua

Agar selamat dunia akhirat

Pantun Orang Tua Bernilaikan Pendidikan

Pantun Pendidikan
adahobi.com

Pendidikan adalah salah satu hal penting bagi anak-anak. Orang tua berharap anak-anaknya mengenyam pendidikan yang baik tentunya agar memiliki masa depan yang cerah. Akan tetapi anak-anak sering lalai dan kurang memahami betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka.

Sesuai dengan namanya, pantun pendidikan merupakan salah satu jenis pantun yang mengandung pesan tentang pendidikan dan semangat belajar. Dengan demikian orang tua dapat menggunakan pantun pendidikan sebagai media karya yang mampu memotivasi belajar sang anak. Salah satu contoh pantun pendidikan adalah:

Ada lampu di samping pagar

Pagar rumah dicat merah

Saat muda semangatlah belajar

Agar masa depan cerah

 

Kak Rina pakai gelang

Gelang cantik dari emas

Kalau mau otak cemerlang

Buanglah sifat malas 

 

Ada lubang ada celah

Celahnya ditutup sutera

Rajinlah belajar di sekolah

Agar kelak hidup sejahtera

Penutup

Demikian artikel tentang pantun orang tua yang berisi pengertian sampai jenis-jenis pantun orang tua. Bagaimana? Asyik kan belajar tentang karya sastra pantun. Selain mengasyikkan, belajar pantun juga menambah wawasan kita dan bagaimana caranya menasehati dengan menyenangkan. 

Kira-kira kamu sudah bisakah membuat pantun? Coba tuliskan di kolom komentar pantun yang berhasil kamu buat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like