Pengertian Teknik Cor dan Macam-Macamnya

Adahobi. teknik cor merupakan salah satu teknik yang dipakai untuk membuat atau menciptakan suatu karya seni terapan. Teknik ini juga memiliki peran penting dalam proses penciptaan atau pembuatan produk, karya seni lain, hingga objek tertentu.

Teknik cor juga disebut sebagai teknik cetak tuang. Nama tersebut diambil dari proses pembuatannya yakni menuangkan bahan cair kedalam sebuah wadah.  Nah untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian, sejarah, teknik dan kelebihannya bisa simak ulasan berikut.

Pengertian Teknik Cor

Pengertian teknik cor

Teknik cor adalah teknik dalam karya seni rupa terapan dengan mencairkan bahan dasar yang akan digunakan kemudian menuangkannya kedalam sebuah cetakan dengan bentuk tertentu.

Bahan yang digunakan untuk membuat karya seni dengan teknik ini biasanya adalah karet, logam, maupun emas.

Teknik ini masih bisa digunakan sampai saat ini untuk pembuatan berbagai karya,. Cara pembuatannya dari teknik ini biasanya adalah sebagai berikut:

  • Mencairkan bahan yang digunakan, sehingga menjadi bahan utama untuk membuat karya seni.
  • Bahan yang telah dicampurkan kemudian dicetak pada rongga cetakan yang ada.
  • Bentuknya kemudian disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga memberikan hasil yang diinginkan.
  • Hasil dari teknik ini akan memberikan bentuk dan desain yang rapi serta mendetail.

Sejarah Teknik Cor

Teknik cor memiliki sejarah yang cukup panjang, awalnya teknik ini hanya sekdar menuangkan cairan logam ke dalam cetakan yang sudah ada, bahan yang dipakai adalah logam panas. Nantinya setelah dingin, maka logam akan dibentuk sesuai dengan keinginan.

Teknik ini pertama kali digunakan oleh manusia ketika mereka hendak mencetak emas dan tembaga, dua jenis logam yang cukup mudah dibentuk karena tidak begitu keras. Mesir merupakan peradaban yang pertama kali di melakukan teknik ini, yakni dengan menggunakan cor perunggu dari tanah liat.

Tahun penggunaan cor perunggu tersebut dimulai di tahun 3500 SM, sehingga mengikuti perkembangan dari peradaban Mesir. Berbeda dengan zaman modern, Anda kini bisa menemukan teknik ini hampir di semua lini industri modern. Banyak peralatan permesinan saat ini yang menggunakan teknik ini di angka 50 sampai 90 persen.

Sebagai teknik yang ringkas, keunggulan dari teknik ini adalah kepraktisan yang ditawarkan. Dengan cara yang ringkas, cepat, dan mudah untuk dilakukan, banyak industri yang menggunakan teknik pengecoran untuk berbagai proses,

Macam-Macam Teknik Cor

Macam-Macam Teknik Cor

Teknik cor memiliki banyak ragam dan macamnya, beberapa diantaranya yang paling umum dan sering digunakan adalah:

1. Teknik Menempa

Merupakan teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan logam, bahan yang sering dipakai adalah kuningan, tembaga, perak, maupun emas. Anda bisa menggunakan teknik menempa untuk membuat tempat lilin, teko, piring, hingga keris.

2. Teknik Tuang Sekali Pakai

Benda logam atau ornament dengan bentuk yang rumit umumnya menggunakan teknik tuang sekali pakai. Contoh yang paling mudah ditemukan adalah perunggu dan arca, yang merupakan ornament yang sering dibuat. Untuk menggunakan teknik ini, cara yang dilakukan adalah:

  • Membentuk model tanah liat, kemudian dilapisi dengan lilin.
  • Akan tercipta rongga dalam model tersebut sebagai bentuk awalan objek yang hendak dibuat.
  • Dituang cairan panas ke dalam lubang tersebut untuk membuat bentuk model yang diinginkan.
  • Tunggu hingga kering dan mengeras.
  • Jika sudah keras, maka objek yang dicetak akan dikeluarkan, sehingga produk tersebut dapat digunakan.

3. Teknik Tuang Berulang

Dalam teknik cor, Anda juga bisa menggunakan teknik tuang berulang, yakni Anda menggunakan dua pasang cetakan. Cetakan jenis ini bisa digunakan berkali-kali, sehingga lebih ekonomis dibandingkan dengan teknik yang lain. Anda yang hendak menggunakan teknik ini sebaiknya tidak menggunakannya untuk membuat objek rumit.

Kelebihan Teknik Cor

Kelebihan teknik ini tentu adalah prosesnya yang lebih sederhana dalam menciptakan suatu benda atau produk. Anda juga bisa menghasilkan bentuk yang detail dibandingkan dengan teknik karya lainnya. Beberapa kelebihan dari teknik ini adalah:

  • Dapat membuat bentuk yang kompleks dan rumit, sehingga hasil yang diinginkan bisa dibentuk.
  • Dapat membuat produk dengan ukuran yang besar dan berat, dengan cara yang jauh lebih ringkas.
  • Bisa membuat produk dengan maksimal berat hingga 100 ton.
  • Teknik cor juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis logam, sehingga praktis dan efisien.
  • Tekniknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik kebutuhan produksi atau kebutuhan pasar.

Kekurangan Teknik Cor

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti teknik ini tidak memiliki kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan dari teknik pengecoran, Anda bisa mempersiapkan diri sehingga mampu menutupi kekurangan tersebut, diantaranya kekurangannya adalah:

  • Produk atau objek yang dibuat dengan teknik ini memiliki bentuk yang terbatas, sebab sifatnya mekanis.
  • Dimensi yang diciptakan oleh alat ini juga kurang mumpuni, sehingga tidak tepat jika hanya dibuat dengan satu cetakan.
  • Teknik cor juga menghasilkan objek atau porositas, sehingga permukaannya yang dihasilkan kurang halus.
  • Memiliki resiko bahaya yang tinggi, sebab penuangan logam cair ke dalam cetakan membutuhkan ketelitian. Logam yang dituang juga seringnya memiliki suhu yang tinggi sehingga butuh keahlian khusus.

Contoh Teknik Cor

Teknik ini sering digunakan untuk pembuatan patung, sebab memberikan hasil yang lebih bagus dan waktu pembuatan yang lebih ringkas dibandingkan hanya dengan dipahat. Bahan yang hendak digunakan untuk membuat patung awalnya dicairkan, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan.

Contoh lain dalam penggunaan teknik cor adalah pengaplikasiannya di metode atau teknologi di dunia permesinan. Misalnya, Anda bisa menemukan penerapan teknik ini di blok mesin kendaraan. Beberapa produk lain yang menggunakan teknik ini adalah roda gigi, body pompa air, serta LPG dan keran air.

Baca juga : Pengertian Teknik Pahat [Kelebihan, Alat, Bahan dan Jenisnya]

Teknik Cor dalam Seni Rupa

Teknik Cor dalam Seni Rupa

Selain digunakan dalam permesinan dan pemakaian praktis, Anda juga bisa menemukan pengaplikasian teknik ini dalam seni rupa, beberapa diantaranya adalah:

1. Pembuatan Patung

Patung memiliki beragam cara untuk membuatnya, selain dipahat patung juga bisa dibuat dengan cara di cor. Anda bisa menemukan patung dengan teknik ini di hasil-hasil karya religi Budha dan Hindu. Di kedua agama tersebut, patung bisa digunakan untuk beribadah.

2. Pembuatan Ornamen atau Hiasan

Untuk teknik cor dengan model yang rumit, maka tepat jika teknik ini dipakai untuk membuat ornament atau hiasan. Ornament yang dibuat memiliki bentuk yang beragam serta berbagai tujuan. Umumnya ornament yang dibuat dengan teknik pengecoran menggunakan bahan logam lunak seperti kuningan, emas maupun perak.

3. Membuat Perhiasan

Perhiasan juga bisa dibuat dengan teknik ini, sebab bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan cukup lunak. Anda bisa dengan mudah menemukan perhiasan dengan teknik pengecoran di berbagai gerai perhiasan, mulai dari emas putih, emas biasa, perak dan yang lainnya.

4. Alat Kebutuhan Sehari-hari

Anda juga bisa menemukan penggunaan teknik cor dalam alat-alat yang digunakan dalam benda sehari-hari. Misalnya dengan pembuatan pot atau gerabah khusus yang menggunakan bahan utama logam. Harga yang ditawarkan untuk benda seperti ini biasanya cukup mahal, apalagi jika bentuknya rumah.

5. Untuk Memenuhi Permintaan Pasar

Permintaan pasar akan bahan-bahan pengecoran juga cukup tinggi, Anda bisa dengan mudah menemukan produk dari teknik cor di berbagai tempat. Mulai dari pasar, gerai kerajinan, gerai seni dan yang lainnya.


Itulah pembahasan lengkap mengenai teknik cor dalam pembuatan patung ataupun perlengkapan lainnya. Sebenarnya teknik ini terbilang praktis karena yang perlu dipersiapkan yakni mencairkan bahan utama kemudian menuangkannya kesebuah cetakan khusus dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan keinnginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like