Pengertian Teknik Plakat Lengkap dengan Contohnya

AdaHobi, Teknik Plakat – Dalam seni, ada beberapa teknik yang seng digunakan untuk menggambar suatu objek termasuk Teknik Plakat. Tingkat kesulitannya bergantung pada detail serta pengaplikasian ide dari seniman. Semakin banyak cerita di dalamnya maka bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk membuatnya.

Secara sederhana, teknik plakat merupakan salah satu teknik menggambar / melukis sebuah objek menggunakan cat. Saat mengaplikasikannya tentu tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi hasil akhirnya. Penjelasan lebih lengkapnya yakni:

Pengertian Teknik Plakat

pengertian teknik plakat
pengertian teknik plakat

Teknik plakat adalah salah satu teknik melukis atau menggambar menggunakan bahan dasar cat cair, cat minyak, maupun akrilik. Ciri khasnya memberikan sapuan warna tebal sehingga memberikan kesan colorful dan memiliki keunikan tersendiri.

Karya seni menggunakan teknik ini menghasilkan sebuah gambar lebih berkarakter serta dapat mengungkapkan cerita tersendiri bagi penikmatnya. Setiap detailnya memiliki filosofi serta makna mendalam yang bisa digunakan untuk mengungkapkan isi hati dari pembuatnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Plakat

Setiap teknik memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri termasuk teknik plakat. Sebab mengaplikasikan cata, hal ini membuat cukup sulit karena harus mengetahui tingkat ketebalan masing-masing warna serta membuat satu dan lainnya tidak tercampur. Berikut ulasannya:

1. Kelebihan Teknik Melukis Plakat

  • Menghasilkan paduan warna yang lebih indah dan full colour.
  • Penuh dengan filosofi dan cerita di baliknya bisa dipahami dengan menulisnya secara detail.
  • Dapat digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan baik marah, senang, maupun lainnya.

2. Kekurangan Teknik Melukis Plakat

  • Membutuhkan waktu lebih lama.
  • Cukup sulit memilih warna yang serasi.
  • Lebih beresiko menciptakan warna baru ketika salah satunya bercampur dengan cat lain yang masih basah.

Ciri-Ciri Teknik Plakat

Ciri Teknik Plakat

Sebelum menerapkan suatu teknik, sangat penting untuk mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. tujuan utamanya yakni dapat membedakan antara satu dengan lainnya secara lebih jelas dan detail. Berikut akan dijelaskan beberapa diantaranya:

  • Hasil lukisan semakin terlihat tebal dan lebih pekat.
  • Mengkombinasikan paduan warna yang beragam.
  • Hasil lukisan menutupi seluruh bagian medianya.
  • Warnanya cenderung tebal serta kental sehingga membuatnya terlihat bertekstur.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam teknik plakat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan menggunakan teknik ini adalah mencampurkan warna sesuai dengan tema. Umumnya para seniman mengaplikasikan warna primer seperti kuning, merah, dan iru. Sedangkan untuk lainnya, diciptakan dari mencampurkan beberapa diantaranya.

Saat akan melukis, Anda perlu menentukan temanya terlebih dahulu agar lebih mudah melakukan tahap selanjutnya. sebab akan mempengaruhi keberhasilan pencampuran warna agar sesuai dengan keinginan

Cara Melukis Teknik Plakat

Berbeda dari lainnya, pengaplikasian teknik plakat cukup sulit karena harus bisa mengkombinasikan warna-warna agar sesuai dengan kebutuhan. Risiko paling besarnya ketika antara satu warna dengan lainnya bercampur sehingga dapat memunculkan tone lain.

Saat melukis menggunakan teknik plakat, ada beberapa teknik yang tidak boleh diabaikan. Utamanya yakni saat mencampurkan warna-warna. Cat yang digunakan sendiri lebih pekat dengan kadar kekentalan tertentu sehingga menjadikannya lebih bertekstur.

Secara umum berikut ini proses melukis dengan teknik plakat :

  • Tentukan tema yang akan menjadi objek gambar
  • Persiapkan alat dan bahan
  • Awali dengan membuat sketsa sebagai dasaran
  • Mulai masuk proses pewarnaan dengan cat

Unsur-Unsur Dalam Teknik Plakat

Unsur Teknik Plakat
seniusaha.com

Seperti halnya seni lainnya, teknik plakat memiliki unsur-unsur penyusun yang membuatnya memiliki kesan tersendiri. Bagi seniman, sangat disarankan memiliki pengetahun sd terkait agar lebih memahami karakter setiap karyanya Berikut unsur-unsurnya:

  • Warna

Saat melukis, warna berfungsi untuk menjadi pelengkap agar cerita yang ingin disampaikan oleh seniman bisa semakin detail. Dengan demikian khalayak semakin mudah memahami perasaan dari seniman itu sendiri.

  • Tekstur

Dengan mengaplikasikan cat, pada konsentrasi dan ketebalan tertentu akan memberikan efek bertekstur pada permukaannya. Teknik plakat sangat tepat jika menggunakan media kanvas atau perlengkapan lainnya yang tidak mudah rusak ketika terkena cairan.

  • Ruang

Unsur ini merupakan kumpulan beberapa bidang yang bisa diisi untuk membuatnya lebih terkesan hidup serta nyata. Penggambarannya dengan menambahkan beberapa efek misalnya seperti sinar, bayangan.

  • Bidang

Garis yang digabungkan akan membentuk suatu bidang dalam lukisan. Umumnya pelukis mengaplikasikannya untuk membuat objek tidak hidup misalnya bayangan. Pemahaman seperti ini penting untuk dimengerti secara terperinci.

  • Garis

Dalam menggambar, langkah paling dasarnya yakni membuat suatu garis. Meski cukup simpel, namun jika salah dalam mengaplikasikannya maka beresiko membuat lukisan menjadi kurang bagus kecuali sudah ahli sebab jika masih pemula akan sedikit lebih sulit.

Contoh Lukisan Teknik Plakat

Contoh Lukisan Teknik Plakat
Contoh Lukisan Teknik Plakat

Seniman lukisan plakat sendiri saat ini, semakin memberikan banyak inovasi yang menggunakan berbagai bentuk. Hal utama yang diperhatikan dalam pembuatannya adalah keserasian paduan warna untuk membuat cerita yang disampaikan lebih baik. berikut ulasannya:

  • Gambar burung
  • Pemandangan alam
  • Lukisan ikan
  • Dedaunan
  • Pohon-pohon

Perkembangan Menggambar Dengan Teknik Plakat di Indonesia

Modern ini seniman yang menggunakan teknik plakat cukup banyak hanya saja karena tingkat kesulitannya cukup tinggi, membuat peminatnya berkurang. Jika ingin mendalaminya perlu waktu serta usaha untuk dapat menguasainya dengan baik.

Agar tidak sampai hilang, terdapat komunitas yang dibangun untuk menghimpun para seniman plakat. Beberapa waktu sekali akan diadakan pameran serta pertemuan. Dengan begitu dapat meningkatkan peminat dari berbagai kalangan.

Demikian penjelasan mengenai Teknik Plakat yang  penting untuk Anda ketahui agar nantinya dapat membedakan dengan lainnya. Mempelajari hal ini tentunya penting utamanya bagi ahli dalam bidang demikian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like