Teknik Menggambar Dengan Langkah Mudah dan Menyenangkan

AdaHobi, Teknik Menggambar – Perlu Anda ketahui, bahwa sebelum menggambar. Tentu saja ada cara dan tekniknya sendiri, tidak bisa asal. Dengan tujuan agar hasilnya bagus dan lebih rapi. Dalam rangka menggambar apa pun itu, pelajari berbagai macam teknik menggambar terlebih dahulu dengan langkah yang benar.

Apa itu Teknik Menggambar?

menggambar teknik
menggambar teknik

Perlu diketahui, bahwa teknik menggambar itu terdiri dari banyak macam jenis. Misalnya saja seperti menggambar dengan teknik model, bentuk, ilustrasi, pensil, sketsa, wajah, ragam hias, perspektif, flora, anime, 3D, pemandangan, kartun, karikatur, manusia, manga, arsir, orang dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menciptakan gambar yang hasilnya bagus dan rapi, Anda harus mempelajari teknik menggambarnya terlebih dahulu. Mulai dari awal hingga akhir, karena semuanya butuh waktu dan harus dikerjakan secara step by step. Tidak ada seorang yang langsung ahli dalam sekali mencoba.

Itulah mengapa semua para artist selalu bereksperimen menemukan bentuk gambarnya sendiri, walaupun masih membutuhkan referensi yang begitu banyak sebagai contohnya saja (bukan menjiplak). Jadi, Anda harus mempelajari teknik menggambar bentuk terlebih dahulu supaya lancar.

Pengertian Teknik Menggambar Bentuk

teknik menggambar bentuk
teknik menggambar bentuk

Teknik menggambar bentuk adalah cara meniru suatu objek serta mengusahakannya agar hasilnya bisa serupa sesuai dengan aslinya. Objek tersebut random, bisa berupa manusia, flora, fauna, benda mati atau bahkan alam sekitar pun juga bisa dijadikan objek.

Sedangkan arti lain dari gambar bentuk, yaitu suatu gagasan bentuk yang kemudian diimplementasikan ke bidang gambar. Hal tersebut dilakukan melalui kemahiran seseorang (skill), mereka menggunakan garis, titik, bentuk, tekstur, bidang, gelap terang untuk memulai gambarnya.

Melakukan penggambaran bentuk ini disesuaikan dengan objek asli, misalnya manusia atau benda mati lainnya. Dalam tahapan menggambar bentuk ini, biasanya banyak yang masih dalam mode belajar atau latihan. Menemukan skill asli dalam diri agar mampu membuat karya yang sangat indah.

Macam-Macam Teknik Menggambar Bentuk

teknik teknik menggambar
teknik teknik menggambar

Agar lebih memudahkan dan memahamkan Anda jika ingin menggambar, maka berikut disuguhkan beberapa teknik yang bisa diaplikasikan dengan mudah:

  1. Teknik Pointilis

Salah satu jenis teknik menggambar bentuk, yaitu teknik pointilis. Teknik ini merupakan suatu cara untuk menggambar dengan cara memberikan titik – titik. Biasanya fungsi dari titik sendiri adalah untuk dapat menentukan gelap dan terangnya dari objek yang sedang digambar. Kesannya fleksibel.

Alat yang bisa digunakan untuk dapat menggambar teknik pointilis ini adalah pena atau bahkan pensil pun juga bisa. Misalnya saja, Anda ingin menggambar objek buah. Nanti buatlah sketsa dari objek terlebih dahulu. Kemudian, di bagian belakangnya (background) akan diberikan titik – titik yang gelap.

  1. Teknik Blok

Kemudian, ada teknik blok yang akan digunakan dalam menggambar bentuk. Teknik satu ini merupakan suatu cara yang dipakai oleh pihak yang menggambar dengan cara menutup keseluruhan dari bagian objek gambar. Penutupan dengan warna tersebut hanya menggunakan 1 jenis warna saja.

Jadi, hasil akhir dari teknik menggambar blok ini nampak seperti siluet pada umumnya. Biasanya teknik blok ini sering menggunakan warna netral, seperti hitam misalnya. Sedangkan bagian background atau latar belakangnya sengaja dibuat transparan atau akan digunakan warna putih.

  1. Teknik Arsir

Sesuai dengan namanya, teknik menggambar arsir ini merupakan teknik paling umum / mendasar yang lebih menekankan suatu kekuatan / ketebalan pada garis. Pembuatan arsiran ini menggunakan alat seperti pensil, tinta, spidol dan juga alat lain yang mampu menghasilkan gradasi / kesan dimensi.

Langkah awal yang harus dilakukan ketika belajar teknik arsir ini adalah dengan melakukan latihan teknik gradasi. Tujuannya supaya bisa membuat di 1 baris kotak. Anda juga bisa membuat lebih dari 1 kotak lalu arsirkan setiap kotaknya dengan jenis pensil yang tentu saja berbeda – beda.

  1. Teknik Aquarel

Selain itu, menggambar bentuk juga harus menguasai teknik aquarel terlebih dahulu. teknik satu ini merupakan salah satu cara menggambar yang memerlukan media cat air. Anda akan melakukan teknik ini dengan cara menyapu warna setipis mungkin. Jadi, hasilnya akan terkesan transparan.

Teknik aquarel dengan hasil tampilan yang seakan tembus pandang ini, justru menjadi salah satu karya yang banyak diminati masyarakat. Itulah mengapa sekarang banyak yang ingin belajar menguasai teknik ini. Terlebih lagi belajar mengenai pemilihan warnanya, agar terlihat lebih menarik.

  1. Teknik Plakat

Menggambar bentuk juga harus menguasai teknik plakat satu ini, teknik tersebut merupakan kebalikan dari teknik aquarel. Artinya, plakat ini adalah suatu cara maupun metode menggambar yang penerapannya dengan menyapu warna tebal. Tujuannya, agar menciptakan hasil cukup pekat.

Alat yang digunakan untuk menutup objeknya, yaitu menggunakan bahan cat poster bisa juga memakai cat air yang lebih mudah pengaplikasiannya. Secara umum, teknik plakat ini seakan memiliki hasil yang persis seperti lukisan pada umumnya. Namun, mengaplikasikan warna tebal.

  1. Teknik Dussel

Teknik menggambar bentuk dussel ini merupakan salah satu / bahkan metode untuk menggambar suatu objek pada umumnnya, yaitu dengan menggunakan alat seperti pensil. Cara menggambarnya adalah dengan menggoreskan dalam posisi sedikit lebih miring agar bisa menentukan gelap terang.

Hasil dari karya ini seakan persis seperti menggambar sebuah objek dengan bayangan di belakangnya. Tentu saja hasilnya sangat artistik dan teknik dussel ini memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Anda harus belajar penggunaan warna gelap dan terang, agar hasilnya bagus.

  1. Teknik Linier

Teknik linier merupakan suatu macam cara atau bahkan metode menggambar bentuk / objek gambar. Caranya adalah dengan mengaplikasikan media garis sebagai unsur utamanya. Itu karena garisnya sendiri sangat penting untuk menentukan bentukan dari objek. Lebih tepatnya seperti sketsa.

Jadi, entah itu garisnya lurus atau bahkan lengkung. Semuanya tergantung pada bentukan objek yang Anda amati. Meskipun hasilnya seperti sketsa, akan tetapi hasil akhir dari teknik linier ini seakan mengaplikasikan pembawaan warna gelap dan juga terang secara bersamaan.

  1. Teknik Perspektif

Berbeda dari teknik sebelumnya, untuk teknik perspektif ini berkaitan erat dengan penggunaan sketsa sebelum di animasikan. Pada umumnya, teknik ini merupakan cara atau bahkan metode yang bertujuan agar hasil gambarnya terlihat lebih wajar / sesuai dengan kenyatannya (kehidupan real).

Biasanya menggambar dengan teknik perspektif ini menggunakan letak benda, peletakan garis horizon, serta jumlah titik yang hilang. Sedangkan hasil akhir dari teknik ini mampu memberikan tampilan yang terkesan lebih nyata / 3 dimensi (sesuai dengan pandangan mata). Seringkali disebut desain awal.

  1. Teknik Sketsa

Sesuai dengan namanya, teknik sketsa ini sangatlah dibutuhkan bagi siapa pun yang hendak menggambar suatu objek. Teknik ini merupaka suatu metode atau bahkan cara yang memiliki fungsi untuk dapat membuat gambar dasarnya / rencana awal. Jadi, garisannya sendiri masih belum pasti.

Sketsa sendiri merupakan bagian awal dari suatu cara sebelum menggambar, tanpa adanya sketsa seseorang tidak akan bisa melanjutkan teknik yang lainnya. Biasanya teknik ini menggunakan alat gambar pada umumnya, sepert pensil hitam dan juga penghapus untuk menghapus garisan awalnya.

Alat dan Bahan Untuk Menggambar Bentuk

alat dan bahan untuk menggambar
alat dan bahan untuk menggambar

Dalam rangka menggambar bentuk, tentu saja Anda akan membutuhkan alat dan bahan yang lengkap. Supaya hasil dari gambarannya nanti bisa terlihat lebih sempurna dan sesuai dengan keinginan. Umumnya, alat gambar tidak hanya pensil dan penghapus saja. Melainkan ada yang lain.

  1. Alat Pensil

Salah satu alat gambar yang paling umum dan harus dimiliki oleh orang yang hendak menggambar adalah pensil. Alat tersebut sudah harus dan wajib ada, karena biasanya berfungsi sebagai penggambar sketsa pada umumnya.

Tidak hanya untuk membuat skesta, pensil juga terkadang menjadi alat yang digunakan dalam proses pembuatan teknik gambar bentuk lain. Bahkan juga menjadi alat untuk menggelapkan area objek agar tampilannya tampak lebih realistis. Pilihlah type yang menurut Anda sesuai kebutuhan.

  1. Konte

Kemudian, ada alat yang namanya konte yaitu sejenis pensil dengan pembawaan warna pekat dan juga lunak. Biasanya banyak yang menggunakan alat ini untuk bisa membuat sketsa di media kanvas, bukan kertas gambar seperti biasanya. Pensil tipe ini juga dapat memberikan tanda ekspresif.

Bahkan juga bisa memberikan tanda dramatis pada suatu gambar. Untuk bisa membuat gambar semacam itu, Anda harus bisa memanfaatkan penggunaan ujur jari, kuas, kaps, serta alat lain agar bisa meratakan bentuk arsiran. Intinya, konte ini merujuk ke jenis pensil merk conte / krayon.

  1. Krayon dan Pastel

Selain itu, ada alat dan bahan lain yang harus digunakan saat menggambar bentuk yaitu krayon dan pastel. Biasanya banyak orang yang masih bingung atau bahkan tidak bisa membedakan kedua alat tersebut, mereka beranggapan bahwa krayon serta pastel itu sama.

Padahal, pada umumnya krayon dan juga pastel itu memiliki perbedaan signifikan. untuk krayon memiliki bahan dasar dari lilin, sedangkan pada pastel juga menggunakan lilin namun juga dikonbinasikan dengan penggunaan minyak. Namun, keduanya berfungsi untuk mengarsir / gambar.

  1. Spidol

Sedangkan alat dan bahan berupa spidol ini juga memiliki fungsi dalam menggambar bentuk. Akan tetapi, bukan digunakan untuk sketsa melainkan berfungsi dalam pelapisan garis arsiran / di akhir gambar yang sudah tepat. Bahan dasar pembuatannya menggunakan tinta cair.

Biasanya spidol ini mempunyai hasil goresan yang jauh lebih tebal, sehingga penggunaannya sangat banyak digunakan sebagai pelapis sketsa tetap. Itulah mengapa tidak cocok jika dipakai saat masih membuat sketsa.

  1. Drawing Pen

Selain itu, ada alat dan bahan berupa drawing pen yang biasanya paling banyak dan sering digunakan. Drawing pen ini merupakan sebuah pena yang dikhususkan untuk dipakai dalam pembuatan garis utama dalam gambar objek.

Fungsinya sendiri adalah untuk dapat memberikan gradasi, digunakan menulis pun juga bisa, untuk mewarnai objek serta dapat dipakai dalam pembuatan sketsa dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya drawing pen ini mempunyai tinta yang sangat pekat dan berwarna tajam, yaitu hitam.

Cara Menggambar Bentuk

cara menggambar bentuk
cara menggambar bentuk

Dalam rangka menggambar suatu objek, baik itu benda mati atau hidup sekali pun. Anda memerlukan latihan terlebih dahulu serta mengetahui teknik / cara menggambarnya dengan tepat. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

  • Siapkan kanvas atau buku gambar
  • Lalu siapkan pensil untuk membuat sketsa
  • Setelah itu siapkan objek yang hendak digambar
  • Siapkan media gambarnya
  • Mulailah dari membuat garis tipis dulu
  • Sesuaikan dengan objek, jika bulat. Buatlah lingkaran
  • Setelah sketsanya selesai, pertebal garisnya
  • Sesuaikan dengan sketsa, agar warnanya lebih dalam
  • Jangan lupa berikan bayangan di belakangnya
  • Menggambar bentuk selesai

Itulah beberapa penjelasan secara lengkap dan juga detail, mengenai berbagai macam teknik menggambar bentuk dengan langkah mudah dan tepat. Anda bisa memerhatikan cara, macam teknik serta alat dan bahannya untuk persiapan menggambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like