Pramuka Penegak: Pengertian, Visi-Misi, Struktur, Kegiatan

AdaHobi, Pramuka penegak dalam Gerakan pramuka, Anda akan mengenal beberapa golongan yang masing-masing terdiri dari anggota dengan rentang usia berbeda. Salah satunya yaitu Pramuka Penegak.

Hakekatnya, Pramuka Penegak terdiri dari dua kata yang memiliki makna ‘Pramuka yang menjadi tegak/menegakkan’. Penggunaan kata “tegak” dengan imbuhan “pe” di sini diharapkan dapat menggambarkan kemampuan dan kekuatan anggota Pramuka Penegak.

Pengertian Pramuka Penegak

Pengertian Pramuka Penegak
Pengertian Pramuka Penegak

Pengertian dari Pramuka Penegak yaitu golongan atau sebutan untuk anggota pramuka yang berusia 16 hingga 20 tahun. Tingkatan ini merupakan penggolongan berdasarkan usia setelah pramuka siaga dan pramuka penggalang.

Pemilihan kata “tegak” diselaraskan dengan perjuangan bangsa Indonesia kala itu. Kata “penegak” dipilih untuk menggambarkan keberhasilan rakyat Indonesia setelah menegakkan NKRI.

Di mana tegaknya Indonesia ditandai dengan pembacaan proklamasi dan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 1945.

Sebelum menjadi anggota pramuka penegak, seseorang harus melalui masa yang disebut “tamu ambalan” minimal satu tahun. Selama masa tersebut, anggota pramuka akan mengikuti berbagai acara, hingga kemudian dilantik menjadi pramuka penegak.

Visi Misi Pramuka Penegak

Visi Misi Pramuka Penegak
Visi Misi Pramuka Penegak

Suatu organisasi atau gerakan tentu harus memiliki visi misi, agar nantinya tujuan yang diinginkan bisa lebih terarah. Begitu juga dalam pramuka penegak, terdapat visi misi yang harus dipegang teguh oleh setiap anggota pramuka.

Visi Pramuka Penegak:

  • Gerakan pramuka menjadi wadah pilihan utama serta solusi handal dalam mengatasi masalah di kalangan kaum muda.

Misi Pramuka Penegak:

  • Memberi teladan kepramukaan pada kalangan muda
  • Memberi pembinaan kepada anggota lain yang berjiwa dan berwatak pramuka, berlandaskan iman serta ketaqwaan dan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan
  • Membentuk kader bangsa yang mempunyai jiwa patriot bela negara
  • Mempelopori dan menggerakkan anggota serta organisasi gerakan pramuka sehingga menjadi lebih peduli dan tanggap pada masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Struktur Pramuka Penegak

Di dalam tingkatan pramuka penegak, Anda akan mengenal ambalan penegak, yaitu suatu kelompok yang terdiri dari 12 hingga 32 anggota pramuka penegak. Satuan kelompok ini nantinya akan dibentuk kembali menjadi 3-5 kelompok yang disebut dengan Sangga.

Namun, di atas sangga terdapat struktur bertingkat yang menunjukkan tingkatan atau posisi dalam pramuka penegak. Nah, berikut ini bagan struktur pramuka penegak.

Struktur pramuka penegak
Struktur pramuka penegak

Dari began di atas, terdapat beberapa istilah yang perlu Anda pahami, seperti:

1. Ambalan

Yaitu suatu wadah pembinaan untuk anggota penegak di tingkat Gugus Depan. Dalam satu ambalan, terdapat Penegak, calon Penegak dan juga Tamu ambalan. Ketiganya saling berkaitan, berpengaruh serta memiliki fungsi dan peran tersendiri.

2. Dewan Kerja

Dewan kerja yaitu wadah untuk kepemimpinan yang dilaksanakan dalam pramuka penegak.

3. Sangga

Yaitu sebuah wadah pembinaan dalam pramuka penegak untuk menjalankan berbagai kegiatan. Biasanya terdiri dari 3-8 anggota pramuka penegak, dan di dalamnya terdapat ketua sangga serta wakil ketua sangga.

Tingkatan Pramuka Penegak

Tingkatan Pramuka Penegak
Tingkatan Pramuka Penegak

Meski pramuka penegak sendiri merupakan tingkatan dari kesatuan Gerakan pramuka, namun di dalamnya terdapat pembagian tingkatan pramuka kembali. Di mana pramuka penegak dibagi dalam dua tingkatan, yaitu bantara dan laksana.

1. Penegak Bantara

Penegak bantara merupakan anggota pramuka penegak yang dinilai memiliki kesadaran diri, sadar fungsi sebagai anggota masyarakat serta mampu menjadi bagian dari sebuah perubahan positif dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Penegak Laksana

Penegak laksana yaitu pelaksana jati diri dari seorang pramuka, sehingga ia mampu melakukan seluruh potensi yang ada dalam dirinya semaksimal mungkin. Penegak laksana diharapkan dapat memberi sumbangsih nyata dengan cara berkarya dan menyelesaikan konflik dalam kehidupan masyarakat.

Seragam Pramuka Penegak

Seragam Pramuka Penegak
Seragam Pramuka Penegak

Dalam pramuka, bukan hanya prinsip dan tingkah laku yang perlu diperhatikan. Akan tetapi cara berpakaian pun harus diperhatikan dengan baik, untuk mencerminkan pramuka yang disiplin dan rapi.

Nah, berikut ini penjelasan dari seragam pramuka penegak.

  1. Tanda tutup kepala

Untuk anggota putri menggunakan tutup kepala berbentuk lingkaran. Sementara anggota putra mengenakan tutup kepala berbentuk persegi Panjang dengan warna dasar kuning.

Kemudian baret disematkan pada bagian kiri untuk putra dan di topi boni bagian depan untuk anggota putri.

  1. Tanda pandu dunia

Tanda WOSM berwarna ungu ini berbentuk lingkaran untuk anggota putri, dan harus dipasang pada kerah baju sisi kanan. Sedangkan untuk putra dipasang di dada sebelah kanan, dan berbentuk persegi.

  1. Tanda pelantikan

Memiliki warna coklat tua dan bentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sisi kiri untuk putri, dan untuk anggota putra dipasang pada bagian dada (di atas kantong baju) sebelah kiri.

  1. Papan nama

Papan nama berwarna coklat tua harus dipasang pada dada sebelah kanan, tepatnya di atas kantong baju dan di bawah tanda WOSM.

  1. Tanda lokasi Kwarcab

Bertuliskan nama kwartir cabang (Kota/Kabupaten), dan dipasang di lengan atas baju sebelah kanan.

  1. Tanda Gugusdepan

Bertuliskan nomor gugus depan yang merupakan wadah anggota pramuka bergabung. Tanda ini dipasang pada lengan baju sebelah kanan, yakni di bawah tanda lokasi Kwarcab.

Perbedaan tanda gugusdepan putra dan putri berada pada nomor gudepnya. Yakni ganjil untuk putra dan genap untuk putri.

  1. Lencana/Badge Daerah

Bertuliskan nama daerah tempat anggota pramuka tinggal. Tanda ini dipasang pada lengan baju sebelah kanan dan di bawah tanda gugus depan.

  1. Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Terdiri dari 3 tanda, yakni lingkaran (purwa), kotak (madya) dan segi lima (utama). TKK dipasang pada lengan baju sisi kanan dan sisi kiri serta di bawah lencana. Jika anggota pramuka memiliki lebih dari 5 TKK maka sisanya bisa dipasang pada selendang TKK.

  1. Tanda Jabatan

Bisa berupa tanda Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, Sulung, Pradana atau lencana dewan. Dipasang di dada sisi kanan, tepatnya di kantong baju.

  1. Tanda Sangga

Bentuk persegi dan terdapat 6 macam sangga, yakni pencoba, penegas, perintis, pelaksana dan pendobrak. Tanda ini dipasang pada lengan paling atas sisi kiri.

  1. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak

Ada dua macam TKU, yaitu bintara dan laksana. Pemasangan TKU yaitu di lidang kancing pada posisi Pundak kanan dan kiri.

Program Kerja Pramuka Penegak

Program Kerja Pramuka Penegak
Program Kerja Pramuka Penegak

Untuk bisa mencapai visi dan misi pramuka penegak, tentu dibutuhkan program kerja atau kegiatan yang harus dilaksanakan. Nah, berikut ini contoh program kerja pramuka penegak.

  1. Latihan rutin setiap hari Jumat setelah jam pelajaran
  2. Upacara Penerimaan Tamu Ambalan atau Persami
  3. Kemah Pelantikan Penegak Calon
  4. Kemah jambore Ranting
  5. Kegiatan ibadah bersama
  6. Kegiatan bakti kampus dan juga bakti masyarakat

Selain rangkaian program kerja di atas, anggota pramuka penegak juga dapat melaksanakan pengembangan kepribadian dan kepemimpinan pramuka melalui:

  1. Musyawarah Ambalan
  2. Dewan Ambalan
  3. Kemah Latihan Karya
  4. Kunjungan, Anjangsana dan Studi Banding
  5. Gladian Pimpinan Sangga
  6. Mengikuti kegiatan Kesakaan
  7. Menyelenggarakan perlombaan Galang Tangguh
  8. Mengadakan aktivitas wirausaha
  9. Latihan bersama dengan Gudep lain
  10. Meningkatkan produktivitas lahan
  11. Partisipasi kegiatan tingkat ranting hingga nasional.

Contoh Kegiatan Pramuka Penegak yang Menarik

Contoh Kegiatan Pramuka Penegak yang Menarik
Contoh Kegiatan Pramuka Penegak yang Menarik

Ada begitu banyak kegiatan pramuka penegak yang menarik dan sering dinantikan oleh para anggota pramuka. Beberapa contoh kegiatan tersebut adalah.

  1. Estafet Tunas Kelapa

Estafet tunas kelapa merupakan acara kirab dan diselenggarakan oleh kwartir daerah. Anggota pramuka penegak bisa berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk anggota pramuka siaga, penggalang bahkan dewan ambalan.

Nantinya, seluruh anggota pramuka akan dibagi dalam beberapa titik pemberangkatan. Selanjutnya masing-masing peserta akan berangkat dengan aturan tertentu hingga berakhir pada titik finish yang sama. Di tempat inilah akan diadakan kegiatan besar, seperti perkemahan.

  1. Jota dan Joti

Jota merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut kegiatan jambore dari ORARI. Jambore ini biasanya dilaksanakan secara on-air. Nah, dari situlah kemudian muncul istilah Jota.

Sementara joti merupakan akronim Jambore on the internet. Perbedaannya dengan jota yaitu, joti dilaksanakan dengan gaya online.

  1. Upacara dan Kemah Pramuka

Sebenarnya, kegiatan ini bisa diikuti oleh semua tingkatan pramuka, mulai dari siaga hingga penegak. Penyelenggara dan waktu pelaksanaan upacara dan kemah pramuka pun sangat fleksibel dan beragam.

Soal Pramuka Penegak Beserta Jawabannya

Selain informasi dasar di atas, seorang anggota pramuka penegak juga akan dihadapkan dengan soal-soal terkait Gerakan pramuka dan ilmu pengetahuan umum lain.

Berikut ini kumpulan soal pramuka untuk penegak.

  1. Siapakah nama Bapak Pandu Sedunia? Jawaban: – Lord Robert Boden Powell of Gilwell (nama aslinya Robert Stephenson Smyth)
  2. Kapan dan dimanakah Boden Powell meninggal dunia? Jawaban: – 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika
  3. Apa judul buku yang ditulis Boden Powell yang berisi tentang pengalaman-pengalamannya? Jawabannya: – Scouting for Boys
  4. Siapakah nama adik perempuan Boden Powell yang telah membantunya mendirikan organisasi kepramukaan puteri/Girl Guids? Jawaban: – Agnes
  5. Siapa penemu lambang Gerakan Pramuka Indonesia? Jawaban: – Almarhum Bp. Soenardjo Atmodipuro
  6. Setiap tanggal berapakah HUT Pramuka Indonesia diperingati? Jawaban: – Setiap tanggal 14 Agustus
  7. Sebutkan 3 macam simpul! Jawaban: – Simpul ujung tali, simpul mati, simpul anyam, simpul anyam berganda, simpul kembar, simpul erat, simpul kursi, simpul laso
  8. Siapa penemu Morse? Jawaban: – Samuel Morse
  9. Dalam morse, huruf apa yang berlawanan dengan huruf “W” ? Jawaban: – Huruf “G”
  10. Apa yang dimaksud dengan semaphore? Jawaban: – Suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan dua bendera.
  11. Sebutkan alat-alat yang dapat kita pergunakan untuk menyampaikan morse ! Jawaban: – Peluit, radio, telegrap, asap, lampu
  12. . Pada tahun berapakah morse ditemukan? Jawaban: – Tahun 1832
  13. Berapa panjang tongkat bendera besar morse? Jawaban: – 1,20 cm
  14. Berapa ukuran panjang tongkat bendera semaphore? Jawaban: – 50 cm
  15. “AR” adalah kode yang digunakan untuk menyampaikan apa? Jawaban: – Berita selesai
  16. Sebutkan macam-macam Aba-aba dalam baris-berbaris ! Jawaban: – Aba-aba Petunjuk, Peringatan, Pelaksanaan
  17. Sebutkan macam-macam aba-aba pelaksanaan ! Jawaban: – Gerak, Jalan, Mulai
  18. Sebutkan bagian-bagian dari kompas ! Jawaban: – Dial, visir, kaca pembesar, jarum penunjuk, tutup dial, alat penggantung
  19. Sebutkan kolom-kolom yang terdapat dalam peta-pita ! Jawaban: – Nomor, Waktu, Arah, Jarak, Rute kiri, Rute kanan, Keterangan/catatan
  20. Apa warna dasar dari masing-masing tingkatan dalam Pramuka ? Jawaban: – Siaga=Hijau, Penggalang=Merah, Penegak=Kuning, Pandega=Cokelat

Penjelasan mengenai pramuka penegak dan contoh-contoh soal di atas bisa Anda jadikan sebagai materi pembelajaran untuk menambah ilmu wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like