Adahobi, Cara memegang bola basket merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para pemain sebab bila dipraktikkan dengan tepat, maka akan menjadi kunci keberhasilan mereka dalam melakukan lemparan, menangkap, menembak dan bahkan menggiringnya.

Untuk itu, kita harus belajar tentang teknik-teknik cara memegang bola basket yang benar. Lalu bagaimana cara memegang bola basket yang benar? Silahkan simak penjelasan dibawah ini, inshaallah kamu akan memahminya.

Cara Memegang Bola Basket

Jika pemain telah memegang bola dengan benar, maka akan berpengaruh signifikan terhadap gerakan lainnya. Penting untuk diketahui bahwa kedua tangan harus dalam keadaan rileks, dan jari juga fleksibel.

cara memegang bola basket
cara memegang bola basket

Ada beberapa teknik cara memegang bola basket yang benar diantaranya adalah:

1. Membentuk Mangkuk Besar

memegang bola basket
memegang bola basket

Pada umumnya saat memegang bola basket tangan membentuk seperti mangkuk besar sebagai sikap awal. Bila ingin menggunakan keduanya.

Telapak tangan melekat di samping bola mengarah ke belakang, sembari bagian jari-jarinya juga menempel dan dalam keadaan berjarak satu dengan lainnya. Sedangkan posisi ibu jari letaknya paling dekat dengan tubuh.

2. Meletakkan Jari-jari Tangan Pada Jalur Bola

gambar teknik memegang bola basket
gambar teknik memegang bola basket

Ibu jari diletakkan lurus terbentang pada jalur area tengah bola, sedangkan yang lainnya terletak di atas alur. Usahakan antar jemari diberi jarak dengan meregangkannya meski tidak terlalu lebar.

Dengan memperhatikan alur garis pada bola basket dapat memudahkan pemain dalam menempatkan jari-jarinya saat memegang bola. Tidak ada patokan terkait arah, namun saat dipegang disarankan mengikuti jalur yang ada.

3. Menggunakan Empat Jari Kecuali Kelingking

cara memegang bola basket yang benar
cara memegang bola basket yang benar

Saat dipegang, pastikan bahwa menggunakan keempat jari kecuali kelingking. Pada saat memegangnya, ujung-ujung jaril ah yang memiliki fungsi menjaga bola agar tidak mudah jatuh dan tetap dalam genggaman.

Dengan memberi tekanan pada ujung-ujung jari membuatnya lebih ekstra bekerja memegang bola ketimbang tangan. Ini merupakan salah satu cara yang benar dan jangan ragu ketika telapak justru tidak menyentuh benda bulat itu.

4. Memegang Bola Basket Dengan Cara Meremas

gambar memegang bola basket
gambar memegang bola basket

Cara di atas belumlah usai, ketika bola dipegang ada momen, di mana pemain perlu meremasnya dan itu bagian dari kewajiban saat latihan. Metode ini dilakukan bertujuan untuk membangun kekuatan jari.

Saat memegang bola, carilah waktu tertentu untuk meremasnya menggunakan ujung-ujung jari. Hal ini juga berlaku ketika memakai kedua tangan, maka pemain sekaligus juga bisa berlatih cara mengoper bola dengan benar untuk meningkatkan skill menembak.

5. Memegang Bola untuk Mengoper

bagaimana cara memegang bola basket
bagaimana cara memegang bola basket

Perlu bagi pemain untuk membiasakan diri memegang bola lalu mengoper ke rekan satu timnya. Saat pegangan terasa kurang pas, maka akan berimbas pada kesalahan dalam mengoper atau justru menjadikan benda bulat itu mudah lepas.

Oleh sebab itu, perlu adanya latihan pura-pura mengoper bola untuk meningkatkan skill pegangan. Langkah ini merupakan cara sederhana dalam membiasakan tangan menggerakkannya selama dalam genggaman sekaligus juga dapat mengendalikannya.

6. Menggerakkan Bola Berukuran Kecil

jelaskan cara memegang bola basket yang benar
jelaskan cara memegang bola basket yang benar

Sebagai pemain pemula sebaiknya jangan langsung menggunakan yang berukuran besar karena nantinya bisa mengalami kesulitan, coba biasakan terlebih dahulu memegang bola yang ukurannya kecil.

Latihan seperti nantinya membuat pemain terbiasa dan dapat memudahkan mereka menggunakan bola basket berukuran yang lebih besar. Perlu juga diperhatikan kekuatan jari-jari tangan, karena keberhasilan pegangan ditentukan oleh jemari.

Teknik Memegang Bola Basket yang Benar

Mengetahui teknik memegang bola basket yang benar sangatlah penting, sebab dalam olahraga ini selalu melibatkan tangan. Gerakan yang dilakukan dalam bola basket selalu saja berhubungan dengan teknik yang satu ini.

teknik memegang bola basket
teknik memegang bola basket

Terdapat beberapa langkah dalam melakukan teknik memegang bola basket, diantara lain adalah:

  1. Berdiri di posisi menghadap lawan.
  2. Kedua kaki dilebarkan selebar bahu dan posisi lutut ditekuk.
  3. Badan condong ke depan dan kedua tangan berada di dekat dada.
  4. Tangan lurus ke depan untuk menjangkau bila dengan telapak terbuka, dekat dengan ibu jari.
  5. Usai bola ditangkap segera tarik ke belakang dada.

Begitulah ulasan mengenai cara memegang boal basket. Latihan teknik memegang bola basket sangat penting untuk diketahui dan dikuasai, sebab menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like