AdaHobi, Smash bola voli – Di dunia ini, ada banyak sekali ragam jenis olahraga dan semuanya mempunyai teknik-teknik tersendiri yang mampu menciptakan gerakan epik untuk menghasilkan poin.

Salah satu teknik yang cukup populer adalah melakukan smash dalam permainan bola voli. Teknik ini identik dengan pukulan keras yang diarahkan ke bidang lawan yang mana harus dilakukan dengan baik dan benar.

Cara melakukan smash bola voli memang susah-susah gampang, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja teknik, gambar dan penjelasannya bisa simak ulasan berikut.

Macam-Macam Pukulan Smash Dalam Bola Voli

Smash dalam bola voli
Smash dalam bola voli

Pada setiap tim voli, mempunyai peran anggota masing-masing. Salah satunya adalah melakukan smash atau spike. Ini merupakan sebuah cara memukul dalam bola voli yang sangat kuat sehingga berkecepatan tinggi. Kemudian, smasher akan memukulnya ke arah bawah untuk menciptakan poin.

Adapun 10 macam pukulan smash dalam bola voli adalah sebagai berikut:

  • Quick
  • Straight
  • Open spike
  • Semi all round
  • Bola 3 meter / back attack
  • Step L
  • Double step
  • Dummy / tip
  • Kijang
  • Drive

Apakah kamu sudah mengetahui istilah-istilah pukulan smash dalam bola voli seperti di atas? Jika belum, yuk kita kupas satu per satu di bawah ini:

1. Quick

Jenis pukulan smash bola voli yang pertama adalah quick. Bola cepat menjadi salah satu kesukaan para pemain karena mempunyai kekuatan penuh. Namun, terdapat tantangan tersendiri yakni berupa sulitnya menebak arah datangnya bola. Hal tersebut karena setter bisa secara tiba-tiba memberikan umpan.

Untuk dapat melakukan smash quick dalam bola voli, maka ketika melihat pemain memberikan umpan, lakukan awalan dengan cepat. Sebagai quicker harus mampu memukul bola di atas net tidak terlalu tinggi namun cepat. Sehingga, yang berperan melakukan pukulan smash tersebut adalah yang paling tinggi badannya.

2. Straight

Dalam melakukan smash, pemain juga dapat melakukan jenis pukulan straight. Dengan memukul cara yang satu ini akan menghasilkan kekuatan penuh sehingga akan menyebrang secara kuat menuju daerah lawan.

Ketika menggunakan cara pukulan straight dalam smash bola voli, maka smasher harus melakukan awalan menuju arah luar lapangan. Kemudian mulai mendekat ke net. Saat bola sudah dekat batas pinggiran jaring dengan tinggi optimal, lakukan lompatan lalu memukul bola secepatnya.

3. Open Spike

Jenis pukulan smash berikutnya adalah Open Spike. Ini menjadi yang paling sering pemain lakukan. gerakan tersebut biasanya menggunakan bola-bola tinggi atau terbuka. Seorang spiker tidak harus berpostur tinggi, namun lompatannya harus tinggi untuk mendapatkan jangkauan maksimal.

Tantangan yang cukup sulit dalam melakukan pukulan open spike dalam smash voli adalah pemain harus mampu melewati blocker di mana biasanya akan sangat rapat dan kuat. Namun, dengan kemampuan melompat tinggi, maka pasti dapat melewati pemain penghalang tim lawan tersebut.

4. Semi All Round

Semi All Round merupakan jenis pukulan smash dalam bola voli yang mempunyai umpanan bola rendah. Biasanya lebih mengenainya dengan memanfaatkan bola-bola tanggung. Ketika sudah mendapatkan umpan berketinggian 1 m, maka pemain harus segera meloncat dan memukulnya lebih cepat daripada open.

Cara untuk melakukan gerakan pukulan Semi All Round dalam bola voli yaitu setelah mendapatkan umpan, pemukul mulai melangkah ke depan. Pemain dengan peran ini harus mampu menyerang atau bertahan dan juga mengolah bola tanggung. Biasanya mereka berada pada posisi 2.

5. Bola 3 Meter atau Back Attack

Pemain garis belakang juga dapat melakukan smash. Nama pukulan smash yang satu ini adalah bola 3 meter atau lebih dikenal sebagai Back Attack. Oleh sebab itu, mereka yang menggunakan teknik tersebut harus mempunyai postur tinggi.

Smash area belakang garis serang ini mempunyai fungsi bagi pemain posisi belakang dalam melakukan tolakan. Hal tersebut karena posisi tersebut tidak boleh menginjak maupun melewati garis serang. Tetapi, mereka dapat saja jatuh ke garis serang itu.

6. Step L

Pada jenis pukulan smash voli berikutnya adalah Step-L. Ini masih masuk ke dalam kategori spike normal atau pada umumnya, namun hanya menggunakan teknik awalan yang berbeda. Pemain akan melakukan langkah ke depan lalu ke samping dalam rangka melakukan tolakan untuk meloncat.

Ketika pemain akan melakukan pendaratan, maka sebaiknya menggunakan persendian pada kaki untuk bertumpu supaya lebih ringan. Saat akan memukul memakai gerakan ini maka akan terlihat seolah-olah Straight. Di sinilah peran pemukul akan bergerak ke tengah dan menyerang.

7. Double Step

Jenis pukulan spike berikutnya adalah Double Step. Dalam melakukan gerakan ini, maka seorang pemain akan bergerak sebanyak dua kali untuk membuat tolakan meloncat. Dengan demikian, akan terlihat seperti sebuah gerak tipuan.

Ketika melakukan tolakan pertama, tujuan pemain adalah untuk melakukan tipuan atau mengecoh block. Setelah itu, pada saat tolakan kedua kalinya, barulah memukul meloncat serta membuat serangan. Dengan demikian, dapat menghasilkan poin.

8. Dummy / Tip

Pada jenis smash bola voli berikutnya adalah dummy. Gerakannya sama ketika melakukan spike, namun ketika akan menyentuh bola, sebenarnya hanya menggunakan sentuhan jari tangan saja. Ini sering sekali membuat pemain lawan terkecoh.

Dalam melakukan dummy, maka lengan pemukul sebaiknya tetap bergerak serta menggunakan gerakan jari tangan. Ketika menggerakkan jari tersebut, pemain harus mengarahkannya ke tempat kosong pada daerah lawan. Bentuknya berupa lambungan pendek atau panjang.

9. Kijang

Kijang merupakan jenis smash berupa umpan bola balikan. Ketika melakukan gerakan tersebut, maka pemukul harus melakukan langkah panjang serta baik menggunakan tolakan loncatan. Caranya adalah memakai satu kaki.

Gerakan kijang mempunyai kekuatan yang baik sehingga pada bagian tangan mampu memukul sercara kuat. Ketika pemukul melakukan tolakan, maka menggunakan kaki sisi kirinya. Jenis pukulan smash ini dapat memberikan poin jika mampu membaca situasi secara bagus.

10. Drive

Jenis gerakan smash berikutnya adalah Drive. Ini pemain lakukan ketika bola berada pada posisi jauh dari net. Ketika melakukan loncatan, maka posisi smasher adalah berada pada dekat bawah bola. Setelah itu, memukulnya saat ada di bawah lengan bahu bagian kanan.

Gerakan lecutan yang pemain lakukan berasal dari arah depan atas lalu memutarnya secara berlawanan arah jarum jam. Hal tersebut akan membuat bentuk seperti cekungan sendok. Setelah itu, melakukan cambukan keras dari arah belakang. Maka, bola bergerak secara tajam dan meluncur cepat.

Jenis-jenis Smash Bola Voli

Jenis smash bola voli
Jenis smash bola voli

Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa jenis smash berdasarkan sejumlah hal. Untuk lebih memahaminya, simak daftar pembagiannya berikut ini:

  • Smash bola voli berdasarkan arah bola
  • Berdasarkan awalan
  • Berdasarkan Umpan / Set up
  • Berdasarkan Kurve Bola

Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasan tentang jenis smash bola voli sepertia yang ada di bawah ini:

1. Smash Bola Voli Berdasarkan Arah Bola

Gerakan smash menurut arah bola, terbagi menjadi dua yakni:

  • Smash Silang / Cross Spike

Smash silang atau cross spike adalah jenis pukulan berdasarkan arah sudut smash. Pemain akan memberikan pukulan kerasnya dengan arah menyilang dari penerima bola sehingga tempat jatuhnya berlawanan.

  • Smash Lurus / Straight Spike

Jenis smash berdasarkan arah bola berikutnya adalah spike lurus. Berbanding dari gerakan silang, maka pemukul atau smasher akan memukul bola secara lurus dengan memperhatikan daerah kosong permaianan lawan supaya bisa masuk dan mendapatkan poin.

2. Smash Bola Voli Berdasarkan Awalan

Berdasarkan awalannya, pukulan smash dalam bola voli terbagi ke dalam empat jenis. Berikut penjelasannya.

  • Smash Menggunakan Awalan

Smash pertama adalah menggunakan awalan. Dalam melakukan pukulan serangan ini, maka pemain akan membuat ancang-ancang terlebih dahulu sehingga mampu menebak arah bola serta menempatkannya ke tempat kosong.

  • Smash Menggunakan Satu Kaki

Jenis yang kedua adalah melakukan smash menggunakan satu kaki. Dengan demikian, pemain akan melakukan pukulan spike dengan membuat awalan memakai salah satu sisi kakinya.

  • Smash Menggunakan Dua Kaki

Smash selanjutnya adalah menggunakan dua kaki. Seperti namanya, pemain akan membuat awalan sebelum melakukan serangans spike mamakai kedua kakinya.

  • Smash Tanpa Awalan

Pukulan serangan spike juga dapat pemain lakukan tanpa menggunakan awalan. Hal tersebut terlihat cukup menantang, karena pemain harus mampu membaca keadaan sehingga pukulan benar-benar terarah serta mampu melewati blocker lawan dan mencetak poin untuk timnya.

3. Smash Bola Voli Berdasarkan Umpan / Set Up

Smash dalam bola voli jika melihatnya berdasarkan umpan, maka terbagi menjadi kategori. Berikut daftar dan penjelasannya.

  • Open Smash

Jenis umpan yang pertama adalah open smash. Biasanya sering disebut sebagai umpanan normal. Caranya adalah bola diumpankan ke atas menggunakan dorongan lengan, jari, pergelangan tangan, juga ayunan kaki.

  • Semi Smash

Semi smash adalah sebuah umpan bola dengan memberikannya tepat berada di depan pemukul. Ketinggian bolanya kurang lebih 0.5 sampai dengan 1 meter di atas net. Selain itu, umpanan berada pada ssi sebelah kiri dari lapangan.

  • Quick Smash

Bola-bola smash merupakan jenis yang paling pemain sukai. Hal tersebut karena mempunyai kecepatan tinggi. Selain itu, terdapat tantangan berupa sulitnya menebak arah datang bola. Oleh sebab itu, pemain harus mempunyai ketepatan serta konsentrasi tinggi.

  • Push Smash

Dalam melakukan push smash, pemain akan berlari keluar dari lapangan menuju dekat tiang net. Kemudian, melakukan gerakan awalan menggunakan arah paralel. Setelah bola sampai pada ketinggian yang tepat, maka langsung melompat serta memukulnya.

  • Pull Straight Smash

Dalam melakukan umpanan yang satu ini, maka memberikanya dengan mendorong bola. Ini biasanya pemain lakukan untuk dapat membuat tempo permainan semakin cepat serta lebih bervariasi.

4. Smash Bola Voli Berdasarkan Kurve Bola

Menurut Kurve bolanya, jenis smash yang satu ini tergolong menjadi tiga jenis, yakni:

  • Lob Smash

Lob smash adalah jenis pukulan yang membuat pemain harus melakukan sentuhan polesan sehingga bola berputar dan tidak jatuh dari luar garis lapangan. Jenis ini biasanya dimainkan ketika tim lawan sudah mati sehingga membuatnya memberikan bola untuk musuhnya.

  • Drive Smash

Drive smash pemain gunakan ketika bola jauh dari net. Ketika melakukan loncatan, maka pemukul berada pada posisi dekat di bawah bola. Hal tersebut merupakan kebalikan dari jenis spike normal.

  • Top Spin Smash

Pukulan top spin adalah sebuah smash yang membuat bola seperti berputar dari arah jam 12 hingga 6. Ini dapat pemain lihat dari posisi sebelah samping kiri.

Macam-macam Teknik Smash Bola Voli

teknik smash bola voli
teknik smash bola voli

Dalam melakukan pukulan smash, maka harus memperhatikan sejumlah hal. Ini supaya dapat menciptakan gerakan tepat sehingga mampu menciptakan skor untuk tim. Untuk, itu perhatikan faktor penting berikut.

1. Teknik Awalan Smash Bola Voli

Langkah pertama ketika akan melakukan pukulan adalah memperhatikan teknik awalan. Ketika membuat gerakan ini, maka harus mengetahui pijakan serta waktu melompat yang tepat. Selain itu, juga perlu mengetahui jarak dari net, usahakan tidak terlalu dekat.

Ketika melakukan lompatan dengan memperhatikan posisi diri dari net agar tidak terlalu dekat, mempunyai tujuan supaya mudah melakukan ancangan. Biasanya awalan terjadi pada jarak 2.4 meter dari jaring-jaring.

2. Teknik Tolakan

Teknik berikutnya setelah melakukan awalan adalah tolakan. Bagian tubuh yang mendapatkan tumpuan utama adalah otot pergelangan kaki dan pinggul. Supaya mendapatkan lompatan tinggi, maka pemain membutuhkan latihan rutin, misalkan lompatan atau squat jump.

Dalam melakukan ayunan, maka harus membuat tolakan. Tujuannya adalah supaya lompatan dapat semakin tinggi karena adanya dorongan ayunan dari bagian tangan.

3. Teknik Pukulan Smash

Pada hal penting berikutnya ini menjadi inti dari teknik melakukan smash. Dengan demikian, harus mampu mengerahkan tenaga sekuat mungkin sehingga tim lawan tidak mampu membendungnya. Hal tersebut tentu akan menciptakan poin.

Supaya mampu menghasilkan pukulan keras dan penuh power, maka sebaiknya pemain menggunakan kekuatan otot perut. Selain itu, salah satu hal yang wajib menjadi perhatian adalah jarak badan dengan bola. Apabila terlalu dekat, maka hasil pukulannya tidak akan bertenaga sehingga mudah diblock.

4. Teknik Mendarat

Teknik mendarat menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Hal tersebut tentu saja karena mempengaruhi keselamatan pemain. Jika gagal melakukan pendaratan secara baik, akan mengakibatkan terjadinya cedera pada kaki.

Agar mampu melakukan pendaratan secara baik, maka ada baiknya pemain membungkukkan badannya dengan telapak kaki depan mendarat lebih dulu. Keselamatan ini juga sangat dipengaruhi oleh faktor kondisi lapangan yang bagus serta rata.


Demikian ulasan tentang smash bola voli yang dapat kamu pelajari, jika kamu masih belum paham, coba deh kamu baca ulang satu kali lagi biar lebih jelas. Kalau masih ada yang perlu ditanyakan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan jejak dikolom komentar ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like