Lapangan Softball: Ukuran, Aturan dan Standarnya

Adahobi, lapangan softballAnda tentu tidak asing dengan permainan softball, termasuk dalam kategori permainan bola kecil, permainan ini cukup populer di luar negeri.

Di Indonesia, popularitasnya tidak lebih tinggi dibandingkan cabang olah raga bola kecil lainnya, namun masih ada yang menyukai olah raga ini. Berikut adalah informasi terkait dengan lapangan softball dan ukuran standarnya yang perlu Anda ketahui.

Bentuk Lapangan Softball

Bentuk Lapangan Softball

Untuk bentuk lapangannya, olah raga ini memiliki bentuk lapangan bujur sangkar. Ukurannya sudah ditentukan baik secara nasional ataupun internasional, sehingga untuk softball yang dilakukan secara professional, lapangannya harus menggunakan ukuran yang tepat.

Bentuk bujur sangkar tersebut akan diisi oleh beberapa orang sebagai atlet, yakni atlet softball yang bertugas melempar bola, menangkap bola, pemukul bola, dan yang terakhir adalah atlet yang melakukan penjagaan lapangan.

Baca juga :

Bagian Bagian dalam Lapangan Softball

Lapangan softball memiliki bagian bagian penting yang harus dipenuhi, tanpa bagian tersebut maka lapangan terhitung tidak sah untuk melakukan pertandingan. Bagian tersebut adalah:

  • Lapangan bagian luar, untuk bagian ini terdapat fence dan backstop, letaknya di tengah bujur sangkar bagian luar dan di samping kanan dan kiri.
  • Lapangan bagian tengah, pada bagian ini terdapat safety base dan third base di bagian pinggir, kemudian coach box dan on deck circle sebelah kiri, home plate, serta coach boxdan on deck circle sebelah kanan.
  • Lapangan bagian dalam, bagian ini terdapat first base, pitching point dan juga second base yang letaknya paling ujung lapangan.

Ukuran Lapangan Softball

Ukuran Lapangan Softball

Selain bagian yang sudah ditentukan, terdapat pula ukuran lapangan softball yang harus Anda penuhi. Jika ukurannya tidak sesuai, maka permainan tidak sah juga untuk dilakukan. Aturan ukuran dalam lapangan olah raga ini antara lain:

  • Panjang lapangan olah raga ini harus berukuran 16,76 sampai 18,29 meter.
  • Jarak dari home base atau marka pelari ke posisi pelempar atau pitcer’splate harus memiliki jarak 13,07 m.
  • Tempat melompat atau pitcer’s plate ukurannya adalah 60 x 15 cm.
  • Tempat berhenti atau base permainan softball harus ada tiga, yakni base pertama, kedua dan ketiga.
  • Home base dan home plate memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai tempat pemain untuk memukul bola.
  • Ukuran home base adalah 38 x 38 cm, berbentuk mirip bantal dengan ketebalan antara 5-12,5 cm.
  • Untuk ukuran home plate, bagian ini juga harus memiliki bentuk seperti bantal dengan segi puncak 30cm, ukurannya adalah 43 x 22 cm.

Jarak Lintasan Pemain

Dalam permainan dan lapangan softball, jarak lintasan permainan harus ditentukan agar setiap atlet dapat bergerak dengan leluasa, jarak untuk lintasan dalam lapangan ini adalah:

  • Lintasan antar marka atau base, lintasan untuk fast pitch adalah 18,29 meter. Sedangkan untuk lintasan slow pitch, jaraknya harus 19,81 meter.
  • Jarak melempar atau pitching dengan kondisi fast pitch, untuk dewasa putra adalah 14,11 meter, sedangkan untuk puteri adalah 13,11 meter. Atlet yang berusia 18 tahun juga memiliki aturan yang berbeda.
  • Apabila remaja berusia 18 tahun adalah regu putera, maka ukurannya adalah 14,02 meter. Sedangkan untuk remja dari regu putri, ukuran fast pitching yang dilakukan adalah 12,19 meter.
  • Jarak melempar atau pitching slow pitch, untuk dewasa putera dan puteri ukurannya sama, yakni 15,24 meter. Berbeda untuk remaja putera dan puteri berusia 18 di lapangan softball, putera ukurannya 15,24 meter sedang putri 14,02 meter.

Jadi itulah informasi mengenai lapangan softball yang mungkin belum Anda ketahui. Permainan ini memang kurang populer di Indonesia namun di luar negeri telah ada berbagai macam event seperti halnya permainan bulutangkis di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like