Ukuran Lapangan Lempar Lembing dan Keterangan Lengkap

Adahobi, Lapangan Lempar Lembing – Olahraga lempar lembing menjadi salah satu olahraga yang tidak terlalu dikenal di kalangan masyarakat luas, namun olahraga ini tetap memiliki jumlah peminat yang lumayan banyak.

Untuk menguasai teknik lempar lembing memang harus banyak latihan, karena alat yang digunakan juga memiliki ukuran dan berat :

  • Putra:
    • Panjang = 2,6 meter – 2,7 meter.
    • Berat = 800 gram.
  • Putri:
    • Panjang = 2,2 meter – 2,3 meter.
    • Berat = 600 gram.

Sementara untuk ukuran lapangan lempar lembing bisa Anda lihat ulasan selengkapnya dibawah ini.

Ukuran Lapangan Lempar Lembing Standar Internasional

Pada dasarnya, pihak IAAF telah menerapkan standar yang bisa dijadikan sebagai acuan ketika ingin membuat lapangan untuk olahraga lempar lembing. Pembuatan lapangan yang satu ini tidak hanya mengacu pada lebar dan panjang lapangan saja, namun harus menyesuaikan dengan kondisi lapangan dan posisi pengunjung yang menyaksikan olahraga tersebut.

Pusat lengkungan yang terbuat atas adanya pertemuan antara dua garis akan memiliki sudut yang besarnya sekitar 30 derajat. Semua peraturan yang sebelumnya sudah dijelaskan harus disesuaikan dengan peraturan yang sudah ditetapkan sebelumnya sehingga atlet dapat berkompetisi dalam kondisi yang aman sambil mengangkat lembing yang ada di tangan mereka.

Ukuran lapangan lempar lembing yang diterapkan di Indonesia umumnya sudah menyesuaikan standar internasional, dengan panjang dan lebar yang tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah diterapkan pada kompetisi lempar lembing di luar negeri. Panjang dan lebar tersebut harus tetap disesuaikan dengan kondisi lapangan di Indonesia sendiri.

Berikut ini skalanya :

lapangan lempar lembing
infoedukasi.com
  • Panjang daerah awalan (Runway) = minimal 30 meter.
  • Lebar daerah awalan (Runway) = 4 meter.
  • Besar sudut Throwing Arc = 28,96°.
  • Titik pusat jari-jari busur lingkaran yang masuk kedalam area runway = 8 meter.
  • Besar sudut proyeksi pada garis Landing Sector = 28,96°.
  • Lebar garis Runway = 5 cm.
  • Lebar garis Throwing Arc = 7 cm.
  • Lebar garis Landing Sector = 5 cm.

Keterangan Lapangan Lempar Lembing

Keterangan Lapangan Lempar Lembing

Dengan melihat gambar sakala lapangan lempar lembing di atas, beberapa keterangan diantaranya sebagai berikut:

1. Garis Busur Lembing (Throwing Arc Line)

Salah satu aspek yang harus ada di dalam lapangan lempar lembing adalah garis busur lembing. Dalam bahasa Inggris dan istilah internasionalnya, garis busur lembing ini lebih sering disebut sebagai throwing arc line yang menunjukkan bahwa garis tersebut dijadikan sebagai titik untuk menghitung atau mencatat seberapa jauh lemparan yang dihasilkan oleh pelempar.

Pada dasarnya, garis busur lembing diletakkan pada ujung jalur awalan yang ada di dalam lapangan. Garis tersebut pun harus dibuat dengan menggunakan bahan yang tepat dan tidak gampang hilang apabila terkena hujan atau dilalui oleh manusia. Karena itulah, terkadang garis busur lembing dibuat dengan memanfaatkan cat yang berkualitas tinggi dan terdiri atas material yang bersifat non korosif.

Jika garis busur lembing tidak dicat dengan benar, maka posisi garis tersebut harus dipasang dengan menjajarkannya dengan ujung daerah runway. Pada bagian ujungnya, garis busur ini diberi sebuah garis yang lurus dan sejajar dengan lebar garis sebesar 7 cm dan panjangnya sekitar 75 cm. Biasanya, garis ini diberi warna putih dengan bentuk yang melengkung dari ujung titik tengah.

Baca juga :

2. Area Pendaratan (Landing Sector)

Selain garis busur lembing, area pendaratan juga menjadi bagian dari lapangan lempar lembing yang paling wajib untuk berada pada lapangan. Sebab, area ini berfungsi untuk mengetahui posisi lembing yang sudah dilemparkan sehingga ketika berada di dalam kompetisi, juri dapat menilai apakah lembing tersebut sudah mendarat dengan tepat.

Pada umumnya, panjang daerah area pendaratan cukup lebar, bahkan terkadang mencapai lebih dari 50 meter. Sebab, panjang maksimal yang bisa digunakan yaitu tidak boleh lebih dari 100 meter. Untuk jarak kedua yang berada pada bagian dalam dari garis sektor, panjangnya harus disesuaikan yakni sekitar 50 meter. Daerah sektor tersebut memiliki besar sudut yakni sekitar 28,96 derajat.

Karena sudut tersebutlah yang menyebabkan lebar daerah sektor mengalami perluasan. Hal itu menyesuaikan dengan panjang daerah untuk area pendaratan. Tidak mengherankan sebab garis sektor ini diperkirakan memiliki proyeksi yang diambil dari titik tengah dan dihitung sebesar 8 meter semenjak ujung jalur awalan.

3. Jalur Awalan (Runway)

Sesuai dengan namanya, jalur awalan adalah bagian dari lapangan lempar lembing yang digunakan oleh atlet lempar lembing untuk mempersiapkan dirinya sebelum melempar. Persiapan melempar lembing adalah hal yang penting untuk dilakukan sehingga mereka tidak mengalami cedera dalam melakukannya dan tubuh mereka pun menjadi lebih terbiasa memegang lembing.

Atlet lempar lembing akan menggunakan jalur awalan untuk menyiapkan posisi yang tepat agar lembing tersebut dapat terlempar menuju area pendaratan yang cukup jauh. Dengan begitu, maka atlet yang mampu melempar hingga jarak terjauh dapat dikatakan sebagai pihak yang memenangkan pertandingan tersebut tanpa ada perlawanan apapun.

Berdasarkan informasi umum, panjang lintasan yang ada pada jalur awalan pada dasarnya tidak terlalu banyak yaitu lebarnya hanya sekitar 30 meter saja. Untuk lebarnya sendiri hanya 4 meter sehingga tidak memakan terlalu banyak ruangan di lapangan.

Pada sisi samping kiri dan kanan daerah jalur awalan akan diberi sebuah garis pembatas yang memiliki lebar sekitar 5 sentimeter. Garis tersebut memiliki fungsi penting untuk membedakan jalur awalan dengan daerah yang biasanya digunakan untuk pengunjung atau area pelatih yang sedang menonton pertandingan.


Jadi itulah pembahasan lengkap mengenai ukuran lapangan lempar lembing yang digunakan untuk standart nasional dan internasional. Adapun teknik lempar dan posisi badan saat melakukan lemparan akan dibahas diartikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like