Reklame Komersial: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

AdaHobi, Reklame Komersial – Reklame merupakan suatu media yang digunakan dengan maksud untuk bisa menyampaikan informasi secara singkat kepada masyarakat umum, baik penyampaian melalui gambar, teks atau audio.

Reklame biasanya mengandung gambar dan masih terkait dengan produk yang akan dipromosikan. Lalu apa yang dimaksud dengan reklame komersial, fungsi, contoh dan unsur-unsur yang digunakan? Simak penjelasan dibawah ini!

Apa itu Reklame Komersial ?

Reklame Komersial
Reklame Komersial – snapy.co.id

Ada dua jenis reklame yang populer dikalangan masyarakat, yakni reklame komersial dan juga reklame non komersial. Apa sih bedanya antara dua reklame tersebut? 

Reklame komersial merupakan reklame yang dibuat dengan maksud untuk menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Biasanya reklame ini digunakan untuk produk-produk yang akan ditawarkan, sehingga masyarakat diharapkan bisa tertarik dengan produk tersebut.
Reklame non komersial memiliki tujuan untuk menghimbau, mengedukasi atau mengajak masyarakat melakukan sesuatu bukan dengan maksud mendapatkan keuntungan. Biasanya reklame ini akan berbentuk seperti himbauan untuk taat pajak, donor darah, tertib lalu lintas dan lain sebagainnya.

Fungsi Reklame Komersial

Reklame komersial dibuat dengan tujuan untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Lalu apa saja fungsi dari reklame ini? Simak fungsi dari reklame komersial berikut ini!

  • Digunakan untuk membujuk dan mengajak calon konsumen agar menggunakan jasa atau membeli produk yang sudah diinformasikan tersebut.
  • Memberikan informasi yang jelas dan juga singkat kepada calon konsumen tentang produk atau barang, jasa yang ditawarkan. 
  • Memberikan kesan yang baik kepada konsumen pada suatu brand, produk atau jasa sesuai dengan apa yang diinformasikan
  • Memberikan rasa puas untuk konsumen terhadap produk atau jasa yang sudah diinformasikan atau ditawarkan.
  • Sebagai media komunikasi antara penjual dan juga pembeli

Contoh Reklame Komersial

Berikut ini merupakan contoh-contoh dan juga penjelasan dari reklame komersial! 

1. Baliho

Baliho merupakan jenis reklame yang berisikan gambar atau tulisan yang menarik dan juga informatif. Biasanya baliho berukuran besar dan ditempatkan di tempat umum yang strategis dengan menggunakan tiang besar dan kuat sehingga bersifat semi permanen. Berikut ini merupakan contoh dari reklame baliho.

Contoh Baliho
reklame komersial – trifaris.net

2. Billboard

Billboard merupakan jenis reklame yang juga berisikan gambar atau tulisan yang menarik dan juga informatif. Biasanya Billboard berukuran dengan ukuran besar dan ditempatkan pada atap dinding dari pertokoan atau instansi tertentu. Billboard memiliki sifat yang permanen. Berikut ini merupakan contoh dari reklame billboard.

Contoh Billboard
reklame komersial – sammobile.com

3. Leaflet

Leaflet merupakan jenis reklame yang berbentuk lembaran kecil dan dapat dilibat. Biasanya leaflet berisikan informasi yang lengkap dan juga rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan pada tempat yang mudah untuk dijangkau, atau bisa juga disebarkan dan diberikan langsung kepada konsumen. Berikut ini contoh dari reklame leaflet.

Contoh Leaflet Advertising Food
reklame komersial – images.sampletemplates.com

4. Brosur

Brosur merupakan jenis reklame yang dibuat pada selembar kertas yang berisikan informasi lebih rinci dan juga jelas. Biasanya brosur tersebut akan disampaikan dengan cara yakni disebarluaskan secara langsung, agar dibaca dan juga dipahami oleh konsumen. Berikut ini merupakan contoh dari reklame brosur.

Contoh Brosur Laundry
reklame komersial – solusiprinting.com

 

5. Banner

Banner merupakan jenis reklame yang berbentuk kotak atau potrait. Biasanya banner tersebut akan dicetak dengan digital printing dengan menggunakan MMT, yang kemudian akan di tempatkan di depan toko atau instansi dengan menggunakan penyangga. Berikut ini merupakan contoh reklame banner.

Contoh Banner Photography
reklame komersial – art.bilmodesign.com

Baca juga : 5 Macam Poster Globalisasi: Pengertian & Contoh Gambarnya

Unsur Reklame Komersial

Jika kalian sudah melihat dan juga mengamati beberapa contoh diatas, maka kalian akan menemukan adanya beberapa unsur dari reklame komersial yang bisa membuat kalian tertarik untuk melihatnya. Apa saja sih unsur-unsur tersebut? Simak penjelasan berikut ini!.

1. Teks dan bahasa yang baik

Jika ingin membuat sebuah reklame hendaknya menggunakan teks yang mudah dipahami oleh konsumen. Teks yang berada di deretan tersebut terdiri dari headline atau teks utama, kemudian ada juga teks penjelasan, yang berguna untuk mendukung headline. 

Kalimat-kalimat yang digunakan juga harus mudah dipahami oleh konsumen, sehingga mereka dengan mudah membaca dan memahami apa yang sedang ditawarkan oleh reklame tersebut. Hal itu juga berlaku dengan pemilihan bahasa yang sesuai dengan sasaran konsumen atau target pembaca.

2. Gambar ilustrasi menarik

Reklame hendaknya mempunyai gambar ilustrasi yang baik, agar dapat menarik perhatian dari masyarakat. Sebagai contoh adalah jika ingin membuat reklame komersial, maka pilih bentuk media yang sesuai dengan sasaran dari reklame, kemudian tema juga harus sesuai dengan produk aslinya. 

Bila tujuan reklame tersebut anak-anak, maka carilah gambar reklame yang bertema kartun lucu, karena sesuai dengan sasarannya. Jika reklame tersebut ditujukan kepada para wanita, maka gunakan objek-objek yang memberikan kesan cantik dan juga lembut. 

3. Layout dan warna yang tepat

Jika ingin membuat reklame, maka hendaknya meletakkan layout atau letak gambar dan juga tulisan dengan seimbang, hal ini dimaksudkan agar reklame tersebut dapat dilihat dengan nyaman. 

Warna yang dipakai pada reklame komersial juga sebaiknya dipilih sesuai dengan tema dan juga kondisi psikologis yang bisa dipengaruhi oleh warna reklame tersebut. Contohnya adalah warna cerah seperti merah, kuning dan biru yang biasanya ditujukan kepada anak anak.

Penutup

Demikian penjelasan tentang reklame komersial, baik dari segi pengertian, fungsi, contoh dan juga unsur-unsur. Banyak sekali reklame yang terpasang dan hampir setiap hari kita lihat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like