5 Bagian Tumbuhan Lengkap Dengan Penjelasan dan Fungsinya

AdaHobi, Bagian tumbuhan – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tumbuhan memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia dan hewan, sebab tumbuhan berperan sebagai produsen makanan. Nah untuk mewujudkan fungsinya sebagai tumbuhan, terdapat bagian-bagian tumbuhan yang menopang, memasak makanan, juga bagian yang menyerap saripati dari tanah. 

Kira-kira apa saja sih bagian-bagian tumbuhan itu? Dan bagaimana fungsi dari masing-masing bagian tumbuhan? Yuk temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai tuntas ya…

Bagian-bagian Tumbuhan beserta Fungsinya

bagian tumbuhan
Bagian Tumbuhan – Literasita.com

Tumbuhan memang memiliki bentuk yang beragam, tetapi secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagiannya yang sama.  Bagian-bagian tumbuhan diantaranya adalah akar, bunga, daun, dan buah. Bagian tumbuhan akan dijelaskan dengan lengkap pada uraian berikut ini:

Akar

bagian tumbuhan
bagian tumbuhan – Materi.co.id

Akar adalah bagian tumbuhan yang menjulur di dalam tanah. Menurut KBBI, akar dinyatakan sebagai bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat pengisap air serta zat makanan. Akan tetapi akar juga ada yang tumbuh di atas tanah.

Bagian-bagian Akar

Akar memiliki beberapa bagian, di antaranya adalah tudung akar, inti, rambut, batang, dan ujung akar. Berikut adalah penjelasan tentang bagian-bagian akar:

Bagian Tumbuhan
sekolahan.co.id
  1. Tudung akar adalah bagian yang melindungi ujung akar saat tumbuh menembus tanah. Tudung akar ada di bagian ujung akar. Tudung akar akan mudah rusak dan terkelupas, tapi juga bagian sel rusak ini mudah tergantikan dengan sel baru.
  2. Inti akar adalah bagian inti akar dan menjadi pusat akar. Pada bagian inti terdiri dari pembuluh kayu dan pembuluh tapis.
  3. Rambut akar adalah bagian penjuluran dari epidermis akar. Rambut akar jumlahnya banyak dan tumbuh di daerah yang berbeda-beda.
  4. Batang akar adalah bagian akar yang berada di antara pangkal akar dan ujung akar.
  5. Ujung akar adalah bagian akar yang paling muda, bagian ini seperti tunas dan akan terus tumbuh.

Macam-macam Akar

macam akar
struktur.shareinspire.me

Akar dibedakan menjadi lima, yakni akar tunggang, akar serabut, akar gantung, akar pelekat, dan akar napas. Adapun penjelasan terkait macam-macam akar adalah sebagai berikut:

  1. Akar tunggang adalah akar yang banyak dimiliki oleh tumbuhan dikotil atau tumbuhan berbiji dua. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang yaitu, ubi, singkong, wortel, dan lain sebagainya.
  2. Akar serabut adalah akar yang sering dimiliki oleh tumbuhan monokotil atau tumbuhan berbiji tunggal, namun juga memungkinkan juga dimiliki beberapa tumbuhan dikotil. Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah
  3. Akar gantung adalah akar yang tumbuh di bagian atas batang hingga jatuh ke arah tanah. Sesuai dengan namanya, akar ini menggantung di udara. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung adalah
  4. Akar pelekat adalah akar yang tumbuh seluruhnya di bagian batang. Akar ini biasa dimiliki oleh tumbuhan merambat, baik merambat di tembok atau di tumbuhan lainnya. Contoh tumbuhan yang memiliki akar pelekat adalah tumbuhan sirih.
  5. Akar napas adalah akar yang tumbuh dari bagian bawah batang tumbuhan. Akar ini memiliki celah yang digunakan sebagai alat respirasi tumbuhan. Contoh tumbuhan dengan akar napas adalah pandan dan bakau.

Fungsi Akar

Berikut adalah beberapa fungsi akar bagi tumbuhan, yaitu:

  1. Menopang dan memperkuat tumbuhan untuk berdiri tegak.
  2. Menyerap air dan zat hara dari dalam tanah.
  3. Mentransfer air dan mineral lainnya dari tanah ke bagian tubuh tumbuhan lainnya.
  4. Sebagai alat pernapasan atau respirasi bagi sebagian tumbuhan, contohnya tumbuhan bakau.
  5. Bagi tumbuhan yang berakar gantung, akar berfungsi sebagai menyerap uap air dan gas dari udara.

Batang

batang
pixabay.com

Batang merupakan organ atau bagian tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah. Menurut KBBI, batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, batang adalah tempat tumbuhnya cabang dan ranting. 

Struktur Batang

struktur batang
roboguru.ruangguru.com

Berikut adalah struktur batang pada tumbuhan:

  1. Epidermis merupakan struktur batang yang terdiri dari sel rapat tanpa ruang antar sel berkutikula. Setiap batang dikelilingi epidermis yang berfungsi melindungi batang dari bahaya kekeringan.
  2. Korteks merupakan struktur yang tersusun dari jaringan parenkim dan berkloroplas. Sel-sel korteks memiliki dinding tipis dan tidak beraturan dengan ruang antarsel yang lebih lebar. Korteks berisi sklereid, sel sekretori, latisifer.
  3. Endodermis adalah perbatasan antara korteks dengan stele. Endodermis terdiri dari sel hidup berbentuk silinder kosong. Pada dinding batang menjari dan melintang terjadi penebalan lignin (zat kayu) dan suberin (zat gabus).
  4. Stele (Silinder pusat) merupakan silinder yang tersusun atas beberapa jaringan, yaitu berkas pengangkut, empulur, dan kambium.

Macam-macam Batang

  1. Batang Kayu adalah batang yang memiliki tekstur keras dan berkambium. Batang jenis ini dapat bertambah besar karena kambium selalu melakukan pembelahan sekunder. Contoh batang kayu dimiliki oleh tumbuhan jenis pohon jati, pohon nangka, pohon jambu, pohon mangga, dan lain sejenisnya.
  2. Batang Basah adalah batang yang memiliki ciri berbentuk lunak, berair, dan pendek. Biasanya banyak dimiliki tumbuhan jenis sayur-mayur. Contoh tumbuhan yang memiliki batang basah adalah pohon pisang, bayam, pacar air, selada air, dan kangkung.
  3. Batang Rumput adalah batang yang memiliki ciri tidak berkayu, memiliki ruas-ruas nyata, berongga, dan pendek. Batang jenis ini banyak dimiliki oleh tumbuhan jenis rerumputan, yakni padi, jagung, tebu, dan gelagah.

Fungsi Batang

Batang memiliki beberapa fungsi penting bagi tumbuhan. Berikut adalah fungsi-fungsi batang bagi tumbuhan:

  1. Sebagai tempat tumbuhnya daun dan ranting.
  2. Menopang tumbuhan agar dapat berdiri tegak.
  3. Sebagai perantara lintasan air dan mineral dari akar ke daun.
  4. Menyimpan air dan mineral dari akar ke daun dan mentransfer zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  5. Mengarahkan tumbuhan agar mendapatkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Baca juga : Belajar Sistem Transportasi Pada Tumbuhan & Mekanismenya

Daun

daun
pixabay.com

Daun adalah salah satu bagian tumbuhan yang tumbuh dari ujung ranting. Daun umumnya berwarna hijau, meskipun tak sedikit juga yang berwarna merah atau ungu. Daun merupakan bagian penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Sebab pada bagian daun, tumbuhan melakukan proses pembuatan makanan (fotosintesis).

Bagian Daun

bagian daun
Penjaskes.co.id

Bagian-bagian daun dibedakan menjadi dua, yaitu bagian daun berdasarkan struktur luar dan berdasarkan struktur dalam. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing struktur:

  • Bagian Daun Berdasarkan Struktur Luar
Bagian Luar Daun

Bagian daun berdasarkan struktur luarnya terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Pelepah adalah bagian semacam tangkai lunak yang menundukkan daun pada batang.
  2. Tangkai daun adalah bagian daun yang berada di antara pelepah atau batang dengan helai daun.
  3. Helai daun adalah bagian daun yang berfungsi sebagai organ fotosintesis.
  1. Bagian Daun Berdasarkan Struktur Dalam
Bagian Dalam Daun

Selain struktur daun bagian luar, terdapat beberapa struktur bagian dalam daun yang meliputi:

  1. Epidermis adalah bagian permukaan daun tumbuhan. Epidermis daun sangat beragam dalam jumlah lapisan, bentuk, struktur, susunan stomata, penampilan, dan susunan trikoma. Hal ini disebabkan karakteristik masing-masing tumbuhan. Daun berbentuk pipih, yang terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah.
  2. Jaringan mesofil merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel parenkim. Jaringan mesofil dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan tiang (palisade) dan jaringan bunga karang (spons).
  3. Berkas pembuluh angkut adalah bagian daun yang berfungsi sebagai sarana transport zat-zat. Pembuluh angkut dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh tapis (floem) dan pembuluh kayu (xilem).

Pembuluh tapis (floem) adalah pembuluh yang mengirim hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan, pembuluh kayu (xilem) adalah pembuluh yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju ke daun.

  1. Stomata adalah bagian daun yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stomata menyerap CO2 dari udara sebagai bahan fotosintesis, dan stomata mengeluarkan O2 hasil dari fotosintesis. Stomata daun berada di bagian epidermis bawah.

Macam-macam Daun

Setiap tumbuhan memiliki karakteristik daun yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan ada banyak macam daun pada tumbuhan. 

Berdasarkan strukturnya, daun dibedakan menjadi dua, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. 

Sedangkan berdasarkan bentuknya, daun dibedakan menjadi 4, yaitu daun menjari, daun menyirip, daun sejajar, dan daun melengkung.

Macam Daun Berdasarkan Strukturnya
  1. Daun lengkap adalah daun yang memiliki struktur luar yang terdiri dari pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun. 
  2. Daun tidak lengkap adalah daun yang tidak memiliki salah satu dari struktur luar daun (pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun).
Macam Daun Berdasarkan Bentuknya
bentuk daun
Toriqa.com
  1. Daun Menjari (Palminervis) adalah bentuk daun yang dilengkapi dengan satu tulang daun yang besar dan berbentuk menyerupai jari-jari tangan manusia. Contoh daun menjari dimiliki tumbuhan ketela pohon, pepaya, ubi, dan pohon kapas.
  2. Daun Menyirip (Penninervis) adalah daun yang memiliki struktur tulang daun menyerupai susunan tulang ikan. Contoh daun menyirip dimiliki tumbuhan mangga, jambu, nangka, rambutan, dan kacang-kacangan.
  3. Daun Melengkung (Cervinervis) adalah daun yang tulang daun yang berbentuk seperti garis-garis lengkung. Contoh daun melengkung dimiliki tumbuhan sirih, daun genjer, daun eceng gondok, dll.
  4. Daun Sejajar (Rectinervis) merupakan daun yang memiliki tulang berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Contoh daun sejajar dimiliki tumbuhan tebu, jagung, padi dan semua jenis rumput.

Fungsi Daun

fungsi daun
pixabay.com

Daun merupakan bagian penting bagi tumbuhan, karena daun memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Sebagai organ respirasi bagi tumbuhan.
  2. Tempat berlangsungnya proses fotosintesis.
  3. Tempat berlangsungnya penguapan air.
  4. Sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.

Bunga

bunga
pixabay.com

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang menjadi bakal buah. Bunga memiliki tampilan yang menarik dan elok warnanya. Bunga merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan.

Dalam satu rangkaian, bunga dapat muncul secara tunggal maupun secara bersama-sama. Bunga yang muncul bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence.

Bagian Bunga

bagian bunga
kependidikan.com
  1. Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang menutup bunga saat masih kuncup. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau.
  2. Mahkota bunga merupakan bagian indah dari bunga yang mampu menarik perhatian hewan karena warnanya indah. Mahkota ini berada di bagian dalam atau atas kelopak bunga.
  3. Benang sari merupakan kelamin jantan pada bunga. Benang sari memiliki dua bagian, yang meliputi tangkai sari (filamen) dan kepala sari (anthera). Kepala sari sendiri berisi 4 kantong sari (lokulus).
  4. Putik merupakan kelamin betina pada bunga. Putik berada di bagian dalam bunga dan dikelilingi oleh benang sari.

Macam-macam Bunga

Bunga dibedakan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Adapun penjelasan terkait bunga sempurna dan bunga tidak sempurna adalah sebagai berikut:

1. Bunga Sempurna

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (putik) dalam satu bunga. Contoh tumbuhan yang memiliki bunga sempurna adalah bunga anggrek, bunga asoka, bunga bugenvil, bunga matahari, bunga kamboja, bunga sepatu, bunga tulip, dan lain sebagainya.

2. Bunga Tidak Sempurna

Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin, bisa hanya memiliki putik atau hanya memiliki benang sari. Contoh tumbuhan yang memiliki bunga tidak sempurna adalah bunga melinjo, bunga salak, bunga pepaya, bunga pakis haji, bunga sawit, dan lain sejenisnya.

Fungsi Bunga

fungsi bunga
pixabay.com
  1. Sebagai perhiasan tumbuhan yang menarik perhatian hewan pembantu penyerbukan.
  2. Sebagai sistem reproduksi seksual dari tumbuhan.
  3. Meneruskan proses perkembangbiakan, bunga yang berhasil diserbuki akan mengalami pembuahan dan menjadi bakal biji.

Baca juga : 3 Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan dan Penjelasannya

Buah

buah
pixabay.com

Buah merupakan bagian tumbuhan yang mengandung biji. Buah merupakan kelanjutan dari hasil reproduksi putik dengan serbuk sari tumbuhan. Banyak buah mengandung banyak zat gizi yang lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin.

Bagian Buah

bagian buah
nayundasemli.wordpress.com

Sama halnya dengan bagian tumbuhan lainnya, buah juga memiliki bagian-bagian penyusunnya. Pada umumnya, buah memiliki dua bagian utama, yaitu lapisan dinding buah dan bagian dalam yang mengandung biji. pada lapisan dinding buah dapat dibagi menjadi 3 lapisan, yaitu:

  1. Exocarp merupakan lapisan terluar buah. Lapisan ini mengandung pigmen yang menentukan warna dan corak kulit buah.
  2. Mesocarp merupakan lapisan tengah bagian dinding buah. Lapisan ini juga disebut dengan daging buah. Daging buah adalah bagian yang biasa dikonsumsi oleh manusia.
  3. Endocarp merupakan lapisan kulit terdalam yang membungkus biji buah.

Macam-macam Buah

  1. Buah Sederhana merupakan buah yang berkembang dari satu ovarium yang berasal dari putik tunggal.
    • Buah berdaging adalah buah yang memiliki daging dengan tekstur berair. Kategori buah berdaging meliputi, berries, hesperidium, pepo, drupes, dan pomes. Contoh buah berries adalah tomat, kurma, blueberry, pisang, merica, dan cranberry. Contoh buah hesperidium adalah jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis.
    • Buah kering adalah buah yang pecah dan buah yang tidak pecah saat matang. Contoh buah kering adalah kenari dan krokot.
  2. Buah agregat merupakan buah yang berkembang dari satu bunga yang memiliki banyak putik. Buah-buahan ganda memiliki daging dan melekat pada satu wadah. Contoh buah agregat adalah buah stroberi dan rasberi.
  3. Buah Ganda merupakan buah majemuk yang terdiri dari sejumlah bunga yang menyatu menjadi satu massa. Salah satu contoh buah ganda adalah nanas.

Fungsi Buah

Buah dipercaya memiliki banyak guna dan manfaat bagi makhluk hidup. Buah berguna melindungi biji dari tumbuhan. Bagi manusia dan hewan, buah berguna sebagai sumber makanan. Bahkan bagi manusia, buah dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan.

Penutup

Kita telah mempelajari bersama tentang bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya. Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulan yang dapat kita pahami bahwa betapa setiap bagian tumbuhan didesain secara apik sesuai dengan kebutuhan tumbuhan tersebut dan habitat hidupnya. Dan setiap tumbuhan diciptakan berbeda-beda satu sama lainnya, yang tentunya itu semua menciptakan kekayaan dan keseimbangan bagi alam semesta.

Menurutmu kesimpulan apalagi yang dapat kita jadikan pelajaran hidup? Yuk tulis di kolom komentar ya. Dan jangan lupa untuk share link artikel ini kepada teman-teman lainnya, agar mereka juga punya kesempatan untuk belajar sepertimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like