10+ Ide Kerajinan Sisik Ikan dan Cara Membuatnya

Adahobi, Kerajinan Sisik – Jika membahas tentang kreativitas pasti tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali kreativitas yang dihasilkan oleh barang-barang tidak terpakai, salah satunya yakni sisik ikan. Ya, ternyata sisik ikan bisa dijadikan menjadi berbagai macam jenis kreativitas loh. Berikut ini merupakan cara pengolahan dan macam-macam dari kerajinan sisik ikan!

Cara Pengolahan Sisik Ikan Menjadi Kerajinan

Gambar Pengolahan Sisik Ikan menjadi Kerajinan
Gambar Pengolahan Sisik Ikan menjadi Kerajinan : img-z.okeinfo.net

Sebelum kita membuat sebuah kerajinan dari sisik ikan, pastinya kita harus mengolah sisik tersebut terlebih dahulu sebelum mengimplementasikan ke dalam berbagai macam bentuk kreativitas. Berikut ini merupakan tahap atau cara-cara pengolahan sisik ikan sebelum diolah menjadi kerajinan.

  1. Cuci terlebih dahulu sisik ikan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar bisa menghilangkan lendir yang dihasilkan dari sisik ikan.
  2. Jika sisik ikan sudah benar-benar bersih, maka langkah selanjutnya adalah rendam sisik dengan air deterjen kurang lebih sampai 2 jam
  3. Jika sudah direndam, maka bilaslah sisik dengan menggunakan air bersih. Pastikan bahwa sisik tersebut benar-benar bersih.
  4. Lakukan kembali perendaman sisik ikan dengan menggunakan campuran air jeruk nipis. Untuk perendaman ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam lagi, hal tersebut bertujuan agar bau amis yang dihasilkan oleh sisik benar-benar hilang. 
  5. Setelah melakukan perendaman 2 jam, maka tiriskan sisik tersebut dengan menggunakan saringan aluminium dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut bertujuan agar sisik benar-benar kering. Jangan dijemur dengan menggunakan sinar matahari, baik secara langsung atau tidak.
  6. Jika air tersebut sudah benar-benar berkurang, maka pisahkan sisik berdasarkan dengan ketebalan dan juga ukurannya.
  7. Kemudian siapkan rebusan air hangat yang sudah diberikan larutan benzoat untuk pengawetnya. Yang perlu diinginkan dalam proses ini adalah pastikan air rebusan tidak sampai mendidih atau terlalu panas. Karena nanti dapat membuat sisik ikan menjadi lebih lengket.
  8. Masukkan pewarnaan wantex atau menggunakan cat tekstil pada rebusan air. Pastikan warna bisa tercampur dengan rata.
  9. Masukkan sisik ikan secara sedikit demi sedikit, kemudian aduk perlahan dengan waktu kurang lebih 10 menit.
  10. Jika sudah sampai 10 menit, matikan kompor dan angkat panci rebusan dari sisik ikan. Kemudian, biarkan selama 20 menit. Hal tersebut bertujuan agar zat pewarna dapat meresap dengan baik.
  11. Tiriskan kembali sisik ikan dengan menggunakan saringan dari aluminium sampai benar-benar tiris.
  12. Kemudian bilas kembali sisik ikan dengan menggunakan air bersih dan pastikan bahwa sisa pewarna yang tidak dapat meresap dengan baik sudah benar-benar luntur
  13. Kemudian keringkan sisik ikan dengan menggunakan angin alami atau bisa dengan menggunakan kipas angin. Karena memang pada proses pembuatan kerajinan sisik ikan dilarang menjemurnya dengan menggunakan sinar matahari.
  14. Jika sisik sudah benar-benar kering, maka lakukan penginapan secara tepat, simpan dalam tempat yang kering dan juga bersih.

Macam-Macam Kerajinan Sisik Ikan

Seperti yang kita tahu, bahwa kerajinan sisik ikan merupakan kerajinan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dimana kerajinan ini menggunakan sidik ikan yang akan diolah kembali menjadi berbagai jenis bentuk yang lebih berharga. 

Sehingga hal ini menjadikan limbah yang dimata masyarakat yang sudah tidak ada nilainya menjadi lebih berharga dan bisa dijadikan sebagai mata pencaharian apabila bisa membuat suatu kreasi yang lebih kreatif.

Jika pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas cara pengolahan sisik ikan sebelum dijadikan kerajinan. Maka berikut ini merupakan macam-macam dan juga cara pembuatan dari kerajinan sisik ikan. Simak penjelasan dibawah ini!

1. Kerajinan Aksesoris atau Bross Unik

Gambar Kerajinan Aksesoris Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Aksesoris Sisik Ikan : fs.genpi.co

Apakah kalian sudah pernah mendengar bros atau aksesoris dari sisik ikan? Atau malah kalian baru tahu bahwa ternyata sisik ikan bisa dijadikan sebagai Bros?

Nah ternyata nih, sisik ikan bisa menghasilkan Bros yang tidak kalah menariknya dari bros-bros yang ditemukan dilingkungan sekitar loh. Cara pembuatan dari bros sisik ikan ini juga tidak terlalu sulit, dimana kita hanya perlu untuk menyiapkan sisik ikan yang tentunya sudah melalui proses seperti pada penjelasan diatas. 

Cara Membuat Aksesoris atau Bross Unik dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan cara untuk membuat Bros atau aksesoris dari sisik ikan. Simak penjelasan dibawah ini!

  1. Buat pola yang ingin dibuat menjadi Bros di atas kertas.
  2. Persiapkan dan juga panaskan terlebih dahulu lem tembak yang digunakan untuk menempelkan sisik ikan
  3. Kemudian mulailah membuat bentuk pola bunga (pola ini menyediakan dengan keinginan para pengrajin) , pembuatan pola tanpa menggunakan lem
  4. Kemudian, mulailah menempelkan sisik ikan tersebut satu persatu. Untuk tips penggunaan lem tembak ialah jangan terlalu menggunakan lem  tersebut dengan banyak, agar hasilnya lebih rapi
  5. Jika bentuk bunga sudah jadi, maka anda bisa menambahkan aksesoris lainnya di atas pola tersebut. Seperti misalnya mutiara dan lain sebagainya.
  6. Kemudian diamkan pada tempat yang sejuk, hal tersebut bertujuan agar lem merekat dengan sempurna.
  7. Kemudian, jika setelah masing-masing tertempel dengan sempurna maka lakukan finishing dengan menggunakan pernis.

2. Kerajinan Anting-Anting Cantik

Gambar Kerajinan Anting-Anting dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Anting-Anting dari Sisik Ikan : inibaru.id

Anting-anting merupakan salah satu perhiasan wanita yang paling sering  digunakan dan tentunya juga mempunyai berbagai bentuk yang kreatif. 

Tapi, apakah kalian tahu ternyata anting-anting ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan sisik ikan loh. Untuk bentuknya juga bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk.

Cara Membuat Anting-Anting dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan cara untuk membuat anting-anting dari sisik ikan. Simak penjelasan dibawah ini ya!

  1. Siapkan terlebih dahulu pengait anting-anting, jika kalian menggunakan anting-anting yang sudah mempunyai pengait maka anda tidak perlu untuk membelinya lagi.
  2. Siapkan sisik ikan yang akan diolah menjadi kerajinan anting-anting. Untuk penyiapan sisik ikan sesuai dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.
  3. Kemudian mulailah untuk merangkai sisik sesuai dengan tempat anting-anting yang sudah disiapkan. Baik itu anting-anting berbentuk love, lingkaran, bulan sabit dan masih banyak lainnya.
  4. Sesuaikan lipatan anting-anting sesuai dengan kebutuhan. Jika memang diharuskan untuk melipat maka lakukan dengan hati-hati.
  5. Untuk membuat anting-anting dari sisik ikan maka diperlukan tingkat kesabaran dan juga ketelitian yang tinggi.
  6. Jika bentuk yang telah dibuat tersebut sudah tepat maka gunakan lem tembak yang berfungsi untuk merekatkan satu sama lain.
  7. Jika bentuknya sudah tepat atau sudah sesuai dengan tempat anting, maka berilah lem pada wadah anting-anting tadi dan masukan pada bentuk sisik ikan yang telah dibuat secara perlahan.
  8. Kemudian yang terakhir rekatkan bagian satu dengan yang lainnya, kemudian angin-anginkan agar lem tersebut dapat mengering sendiri.

3. Kerajinan Kalung

Gambar Kerajinan Kalung dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Kalung dari Sisik Ikan : failfaire.org

Kalung merupakan salah satu aksesoris atau perhiasan yang pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan seperti perak atau emas. Tetapi apakah kalian tahu bahwa ternyata sisik ikan juga dibuat untuk kerajinan kalung loh. 

Ya, kerajinan sisik ikan kalung ini mempunyai bentuk yang sangat unik dan tentunya dapat menarik perhatian, tidak kalah dengan kalung-kalung pada umumnya.

Pada proses pembuatan kerajinan sisik ikan kalung ini membutuhkan beberapa peralatan tambahan tentunya, yakni jarum atau benda tajam kecil yang digunakan untuk membuat lubang pada sisik ikan. Hal tersebut ternyata bertujuan agar sisik ikan dapat diberi tambahan pengait yang digunakan untuk menghubungkan satu sama lain.

Cara Membuat Kalung dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan yang digunakan untuk membuat kerajinan sisik ikan kalung. Simak penjelasan berikut ini!

  1. Persiapkan terlebih dahulu alat dan juga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan kalung dari sisik ikan
  2. Buat pola pada kertas terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar kamu lebih fokus dalam merangkai kerajinannya.
  3. Kemudian, pilihlah sisik ikan dengan bentuk dan juga ukuran yang sama. Hal tersebut bertujuan kalung terlihat lebih rapi.
  4. Mulailah proses pengerjaan dengan melubangi sisik ikan, pastikan juga kamu melubanginya pada tempat yang sama antara sisik dengan yang lainnya.
  5. Jika kamu sudah melubangi sisik ikan, maka tambahkan pengait ke masing-masing sisik ikan untuk dirangkai menjadi kalung.
  6. Kemudian mulailah proses merangkai satu sisik dengan sisik lainnya sehingga menjadi bentuk yang sesuai dengan keinginan masing-masing.
  7. Tahap terakhir yakni lakukan proses finishing dengan pernis agar tampilan lebih menarik dan juga mengkilat.

4. Kerajinan Hiasan Lampu Cantik

Gambar Kerajinan Lampu dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Lampu dari Sisik Ikan : https://i1.wp.com/f1-styx.imgix.net

Sisik ikan juga bisa dibuat menjadi kerajinan lampu hiasan. Untuk proses pembuatan lampu hiasan sisik ikan kurang lebih sama dengan proses pembuatan lampu hiasan pada umumnya.

Proses pembuatan kerajinan lampu hiasan dari sisik ikan harus memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Penasaran bagaimana cara pembuatan lampu hiasan tersebut? Simak penjelasan dibawah ini!

Cara Membuat Lampu Hiasan dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan pada saat pembuatan kerajinan kalung dari sisik ikan. Simak penjelasannya dibawah ini!

  1. Proses pembuatan lampu sisik ikan ini membutuhkan beberapa bahan tambahan, sehingga persiapkan terlebih dahulu bahan tambahan yakni benang nilon yang digunakan untuk menggabungkan satu dengan lainnya. Tambahkan juga pernak pernik lain jika dibutuhkan.
  2. Langkah selanjutnya, susun terlebih dahulu sisik ikan di atas pola yang sudah dibuat sebelum akan ditempelkan pada talinya.
  3. Untuk bentuk lampu sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan. Dimana Lambu bisa dibuat dengan berbagai bentuk baik itu bulan atau ukurannya.
  4. Jika lampu sudah terbentuk, maka mulailah merekatkan sisik ikan antara satu dengan lainnya. Lakukan dengan hati-hati dan juga rapi.
  5. Jika lampu sudah terbentuk dengan sempurna. Maka rekatkan tali ke hiasan tersebut, pastikan juga tali dapat merekat dengan sempurna
  6. Lampu sudah siap untuk digantung dan di pasangkan.

Inspirasi Lainnya :

5. Kerajinan Gantungan Kunci Unik

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Sisik Ikan : sharingconten.com

Gantungan kunci mungkin pada umumnya akan terbuat dari bahan material akrilik, kayu atau lainnya. Tapi apakah kalian tahu ternyata sisik ikan tersebut bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci loh.

Biasanya kerajinan dari gantungan kunci sisik ikan yang digunakan adalah ikan kakap. Dengan proses pembuatan yang juga memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Simak penjelasan dibawah ini tentang cara pembuatan kerajinan sisik ikan.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan tahap-tahap dalam proses pembuatan kerajinan sisik ikan gantungan kunci. Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Persiapkan terlebih dahulu bahan yang diperlukan. Siapkan juga sisik ikan kakap yang telah diolah dan juga yang sudah diberikan warna.
  2. Bentuk dari gantungan kunci sisik ikan bisa sesuai dengan keperluan. Sebagai contoh saya akan membuat gantungan kunci dengan bentuk bunga.
  3. Perlu diingat bahwa sisik ikan yang digunakan adalah sisik yang mempunyai bagian besar akan digunakan untuk bagian dasar bunga. Sedangkan pada sisik ikan yang mempunyai ukuran sedang akan disusun setelah sisik ikan bagian besar dan dilanjutkan dengan sisik ikan yang mempunyai ukiran terkecil.
  4. Kemudian mulailah proses pembentukan pola terlebih dahulu, yakni dari bagian paling dasar bunga hingga pada bagian pucuk.
  5. Jika bentuk yang sudah dibuat tersebut benar, maka langkah selanjutnya yakni rekatkan dari bagian dasarnya dan lanjutkan sampai pada bagian paling pucuk.
  6. Rekatkan lem tersebut dengan hati-hati dan jangan sampai ada lem yang berceceran.
  7. Keringkan hasilnya pada tempat yang sejuk dan pastikan tidak terkena sinar matahari, baik secara langsung atau tidak. 
  8. Kemudian jika gantungan kunci sudah benar-benar kering, maka tambahkan pengait gantungan kunci pada bagian tengah belakang bunga dengan menggunakan lem.
  9. Pastikan pengait tersebut menyatu dengan sempurna dan juga tidak mudah terlepas.

6. Kerajinan Jepit Rambut Cantik

Gambar Kerajinan Jepit Rambut dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Jepit Rambut dari Sisik Ikan : sharingconten.com

Jika kalian suka menggunakan berbagai macam aksesoris maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan aksesoris rambut atau jepit rambut. Apakah kalian tahu ternyata jepit rambut juga bisa dibuat dengan menggunakan sisik ikan loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan dibawah ini ya!

Cara Membuat Jepit Rambut dari Sisik Ikan

Untuk pembuatan jepit rambut ini tidak terlalu susah dan juga tidak jauh berbeda dengan kerajinan-kerajinan di atas. Berikut ini merupakan tahap-tahap dalam pembuatan kerajinan sisik ikan jepit rambut. Simak penjelasannya dibawah ini!

  1. Siapkan terlebih dahulu peralatan dan juga sisik ikan yang akan digunakan menjadi kerajinan
  2. Untuk sisik ikan yang digunakan haruslah sisik yang mempunyai ukuran agar hasil akhir dari sisik ikan ini terlihat lebih rapi dan bagus. 
  3. Pada proses pewarnaan maka pilihlah warna yang cerah, semisal warna merah, kuning, biru dan juga hijau.
  4. Bentuklah pola terlebih dahulu pada kertas atau kain yang menyerupai bentuk dasi kupu-kupu.
  5. Susunlah dan juga bentuk sisik ikan mengikuti pola yang sudah dibuat. Jika terdapat lipatan dengan bentuk setengah lingkaran, maka lakukan dengan hati-hati dan juga lakukan secara perlahan dan secara tepat.
  6. Kemudian mulailah untuk merekatkan satu dengan lainnya jika ilustrasi dari pola sudah terbentuk.
  7. Jika bentuk yang sudah dibuat telah sempurna, maka rekatkan pengait penjepit  dengan menggunakan lem tembak dan juga pastikan bahwa posisinya sudah tepat.
  8. Biarkan lem tersebut mengering dengan sendirinya dan kemudian jepit rambut bisa digunakan.

7. Kerajinan Gelang Unik

Gambar Kerajinan Gelang dari Sisik Ikan
Gambar Kerajinan Gelang dari Sisik Ikan : goodnewsfromindonesia.id

Gelang merupakan salah satu aksesoris yang banyak digunakan oleh para kaum wanita atau bahkan tanpa memang gender penggunaannya. Apakah kalian tahu, ternyata gelang ini juga bisa dibuat dengan menggunakan sisik ikan loh. 

 

Hasil yang dihasilkan tentunya tidak akan kalah menarik dari gelang yang terbuat dengan bahan material lainnya. Penasaran bagaimana cara pembuatan dari kerajinan sisik ikan gelang ini? Simak penjelasan dibawah ini ya!

Cara Membuat Gelang dari Sisik Ikan

Berikut ini merupakan tahap-tahap untuk proses pembuatan gelang yang terbuat dari sisik ikan. Simak penjelasannya dibawah ini!

  1. Siapkan terlebih dahulu sisik ikan dengan ukuran yang sama terlebih dahulu. Untuk bentuk gelang yang dibuat tentunya sama dengan bentuk-bentuk gelang lainnya yakni pada bentuk lingkaran pada umumnya.
  2. Kemudian mulailah untuk membuat pola ilustrasi terlebih dahulu tanpa menggunakan lem.
  3. Mulailah merangkai sisik ikan satu per satu sampai dapat membentuk setengah lingkaran terlebih dahulu. Kemudian buatlah lekukan yang tidak terlalu tajam. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan bekas dan tampilan menjadi lebih bersih. 
  4. Sisihkan setengah lingkaran gelang tadi dan buat kembali setengah lingkaran lagi.
  5. Agar gelang terlihat kokoh, maka gunakan dua lapis untuk seluruh sisinya.
  6. Jika setengah lingkaran tersebut sudah jadi, maka gabungkan keduanya sampai membentuk lingkaran dengan sempurna.

Manfaat Kerajinan dari Sisik Ikan

Kerajinan sisik ikan tentunya dapat memberikan manfaat atau dampak positif bagi para pengrajinnya dan juga lingkungan yang ada disekitarnya. Lalu apa saja sih manfaat dari kerajinan sisik ikan tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini ya!

1. Mengurangi Limbah Sisik Ikan

Manfaat pertama adalah dapat mengurangi limbah sisik ikan. Dimana ternyata sisik ikan tersebut mempunyai kandungan senyawa yang cukup berbahaya dan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Sehingga kerajinan sisik ikan inilah yang mampu mengurangi adanya pencemaran yang disebabkan oleh sisik ikan. Dimana jika sisik ikan tersebut dimanfaatkan dengan baik maka limbah yang ada akan teratasi dan tentunya juga dapat memberikan manfaat dari segi ekonomi 

Hingga pada saat ini, sudah terdapat beberapa jenis ikan yang dapat dimanfaatkan sisiknya. Banyak juga berbagai macam bentuk kerajinan yang dihasilkan dari limbah ini.

2. Meningkatkan Keterampilan

Tentunya dalam membuat kerajinan pasti membutuhkan ketekunan dan juga ketelitian yang tinggi dalam mengembangkan kreativitas. Salah satunya juga pada kerajinan sisik ikan. 

Jika kalian membuat kerajinan sisik ikan ini maka secara tidak langsung pasti dapat mengembangkan kreativitas dan juga keterampilan yang telah dimiliki. 

Dimana beberapa keterampilan yang dapat meningkat adalah dalam pembuatan pola, mengkombinasikan warna agar terlihat lebih menarik dan masih banyak keterampilan lainnya. Sehingga sangat bagus untuk melatih otak kanan.

3. Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat

Tentunya pembuatan kerajinan dapat membantu masyarakat dalam segi perekonomian, apalagi bagi para pengrajin sisik ikan yang mayoritas berada di sekitar pesisir pantai.

Kesejahteraan masyarakat pada wilayah ini akan naik secara bertahap jika dibandingkan dari sebelumnya. Sehingga tidak jarang jika nilai jual kerajinan tersebut bisa dibilang lumayan mempunyai harga yang tinggi.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai kerajinan sisik ikan, dimulai dari cara pembuatan dan juga pengelolaan limbah sisik ikan, contoh hingga manfaatnya. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca dan juga tentunya dapat dipahami dengan baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like