100+ Sketsa Kupu-Kupu Mudah, Simple, Cantik, Hitam Putih

AdaHobi, Sketsa Kupu-kupu | Menggambar sketsa hewan, fauna atau binatang memang sangat menyenangkan, apalagi jika binatang tersebut sangat lucu dan cantik seperti kupu-kupu.

Seperti yang kita tahu ada banyak sekali jenis kupu-kupu, namun jika dibuat sebuah sketsa maka bisa dibuat sangat bervariasi. Ada sketsa kupu-kupu yang simple, hitam putih, indah,
yang nampak sayap dari samping sampai dengan sketsa model kusus untuk kolase, mozaik.

Uniknya lagi karena kupu-kupu ini mengalami proses metamorfosis maka proses tersebut juga bisa digambar loh dalam bentuk sketsa.

Nah, berikut ini kami hadirkan kumpulkan contoh sketsa gambar kupu-kupu mulai dari yang paling mudah sampai dengan motif batik tertentu.

1. Sketsa Kupu Kupu Mudah

Menggambar kupu-kupu tidak selalu harus rumit atau membosankan, karena ada beberapa contoh sketsa kupu yang mudah untuk digambar. Misalnya seperti di bawah ini, kalau dilihat sekilas Anda hanya perlu membuat 4 buah kota untuk sayap serta bagian seperti tabung untuk badannya.

 

Sketsa Kupu Kupu Mudah dan simple

Sketsa Kupu Kupu Mudah

 

2. Sketsa Kupu Kupu Hinggap di Bunga

Hewan Kupu-kupu memang selalu identik dengan hinggap di bunga yang bermekaran. Apabila kita menggambar sketsa kupu-kupu dalam kondisi demikian tentu akan memberikan nilai karena mirip dengan kondisi di alam aslinya.

Sketsa Kupu Kupu Hinggap di Bunga

Sketsa Kupu Kupu Hinggap Bunga

Sketsa Kupu Kupu Hinggap

Sketsa Kupu Kupu Hinggap di tanaman

3. Sketsa Kupu Kupu dari Samping

Hal yang paling menonjol dari kupu-kupu adalah bentuk sayapnya yang indah ditambah warnanya yang sangat bervariasi. Bagi Anda yang senang menggambar sketsa kupu, bisa juga menggambarnya dari samping agar detail kepakan sayapnya bisa terdefinisi.

Sketsa Kupu Kupu dari Samping

Sketsa Kupu Kupu nampak Samping

4. Sketsa Kupu Berwarna

Menggambar sketsa kupu-kupu tidak harus selalu hitam putih, Anda juga bisa membuat sketsa awalnya kemudian membubuhkan cat agar sketsa kupu tersebut lebih berwarna dan nampak lebih cantik.

Sketsa Kupu Kupu Berwarna

5. Sketsa Kupu Kupu Cantik dan Indah

Sebagai salah satu hewan yang identik dengan kata cantik dan indah, hal yang harus ditonjolkan ketika menggambarkan kupu-kupu adalah detail sayapnya.

Karena jenis dari kupu-kupu sendiri ada banyak, maka bentuk atau model sayap kupu-kupu tersebut juga bisa digambar dengan cantik dalam sebuah sketsa.

Sketsa Kupu Kupu Cantik dan Indah

Sketsa Kupu Kupu Cantik

Sketsa Kupu Kupu Indah

Sketsa Kupu Kupu Cantik Simple

6. Sketsa Kupu Kupu Simple

Bagi Anda yang sedang mencari contoh sketsa kupu-kupu simple dan tidak terlalu banyak motif, maka sketsa di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Anda hanya perlu berfokus pada 4 buah sayap dan juga bunga di samping kanan dan kiri. Gambar ini sangat cocok untuk penggambar sketsa pemula.

Sketsa Kupu Kupu Simple

Sketsa kupu kupu simple dan mudah

7. Sketsa Kupu Kupu Sederhana

Untuk yang sudah terbiasa menggambar sketsa binatang namun tidak mau yang terlalu detail bisa mencoba membuat sketsa kupu-kupu sederhana seperti di bawah ini. Meskipun tidak se-simple contoh yang di atas, namun ini masih tergolong sederhana dan mudah untuk di ikuti.

Sketsa Kupu Kupu Simple Mudah digambar

Sketsa Kupu Kupu Simple dan Sederhana

Sketsa Kupu Kupu Simple Polos

8. Sketsa Kupu Kupu Hitam Putih

Menggambar sketsa memang identik dengan warna hitam putih atau tidak di warnai sama sekali. Biasanya gambar sketsa ini akan dibuat sebagai dasaran media sebelum diberikan kepada anak-anak saat lomba mewarnai.

Sketsa Kupu Kupu Hitam Putih Simple

Sketsa Kupu Kupu Hitam

Sketsa Kupu Kupu Hitam Cantik

9. Sketsa Kupu Kupu Besar

Sketsa kupu-kupu juga bisa digambar dalam ukuran yang besar, dalam kata lain ukuran ini bisa membuat gambar tersebut terlihat lebih detail dan justru bisa lebih memudahkan orang yang menggambar.

Sketsa Kupu Kupu Besar

Sketsa Kupu Kupu Ukuran Besar

10. Sketsa Kupu Kupu dari Biji Bijian

Dalam pelajaran menggambar, biasanya anak-anak akan dikenalkan dengan mewarnai gambar namun dengan biji-bijian. Meskipun terkesan susah-susah gampang, tapi jika kita bisa memilih bijian apa yang cocok maka bisa tersaji sketsa gambar kupu-kupu dengan biji-bijian seperti contoh di bawah ini

Sketsa Kupu Kupu dari Biji Bijian

11. Sketsa Kupu Kupu untuk Kolase

Sebenarnya teknik mewarnai sketsa kupu-kupu dengan biji-bijian ada namanya tersendiri. Teknik ini biasa disebut teknik kolase dimana setiap potongan biji akan di tata ke dalam media atau sketsa kupu-kupu untuk memberikan warna.

Sketsa Kupu Kupu untuk Kolase

12. Sketsa Kupu Kupu untuk Mozaik

Menggambar sketsa kupu-kupu dengan teknik mozaik ini memang masih jarang, hal ini dikarenakan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi ditambah media yang digunakan juga terlampau sulit.

Sketsa kupu kupu Mozaik

Baca juga : Kumpulan Sketsa Hewan yang Mudah Ditiru

13. Sketsa Kupu Kupu dan Bunga

Apabila di awal ada contoh sketsa kupu-kupu hinggap di bunga, namun kali ini saya akan memberikan contoh sketsa kupu-kupu dan bunga alias tidak hinggap.

Bisa dibilang posisi sketsa antara kupu dan bunga tidak menempel, jadi binatang kupu-kupunya masih terbang sebelum menghampiri bunga yang bermekaran.

Sketsa Kupu Kupu dan Bunga

Sketsa Kupu Kupu Menghampiri Bunga

14. Sketsa Mewarnai Kupu Kupu

Setelah membuat sketsa kupu-kupu, Anda juga bisa mewarnainya dengan keterampilan masing-masing dan pemilihan warna yang tepat agar kupu-kupu terlihat cantik, indah dan bagus.

Namun dalam pewarnaan ini Anda harus hati-hati karena sayap kupu terlihat lebih detail sehingga diperlukan ketelitian tersendiri dalam membuatnya.

 

Sketsa Mewarnai Kupu Kupu

Sketsa Mewarnai Kupu Kupu Cantik

15. Sketsa Sayap Kupu Kupu

Nah, hal yang paling detail dari bagian tubuh kupu-kupu adalah sayap. Sayap inilah yang jika digambar dalam sketsa harus jelas dan mampu menunjukkan karakteristik dari kupu-kupu itu sendiri.

Sayap disetiap jeni kupu-kupu memang berbeda, sepertinya itulah yang akan menjadi tantangan tersendiri saat menggambarnya.

Sketsa Sayap Kupu Kupu

Sketsa Sayap Kupu Kupu Indah

16. Sketsa Lukisan Kupu Kupu

Selain hanya dituliskan di buku gambar, sketsa kupu-kupu juga bagus untuk dibuat jadi sebuah lukisan dalam bentuk sketsa dan ditempel di dinding.

Biasanya sketsa lukisan kupu-kupu atau binatang lainnya sangat cocok di pasang di dinding sekolah PAUD atau TK untuk memperkenalkan anak pada hewan-hewan yang ada di sekitar kita. 

Sketsa Lukisan Kupu Kupu

17. Sketsa Metamorfosis Kupu Kupu

Kupu-kupu salahs atu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, untuk memperkenalkan anak-anak pada pembelajaran metamorfosis atau daur hidup ini bisa dibuat dalam bentuk sketsa yang unik dan menarik seperti berikut ini.

Jadi proses metamorfosis ini akan dimulai dari telur, kemudian telur menetas menjadi ulat, ulat terus berlanjut menjadi kepompong dan yang terakhir dalam beberapa waktu akan menjadi kupu-kupu.

Sketsa daur ulang kupu kupu

Sketsa Metamorfosis Kupu Kupu

18. Sketsa Motif Batik Kupu Kupu

Untuk mereka yang sudah ahli dalam membuat sketsa, maka tidak ada salahnya membuat sketsa kupu-kupu dimana sayapnya dibuat dengan model batik yang sangat indah.

Tapi tentu tidak semua orang bisa melakukannya karena diperlukan kemampuan khusus, terlebih lagi motif batik yang ada akan disematkan pada bagian sayap kupu-kupu tersebut.

Sketsa Motif Batik Kupu Kupu

Sketsa Kupu Kupu Motif Batik

Sketsa Sayap Kupu Kupu Motif Batik

Sketsa Motif Batik Sayap Kupu Kupu

19. Contoh Sketsa Kupu Kupu Kartun

Tidak jarang sketsa kupu-kupu dibuat dalam bentuk kartun yang lucu dan cantik. Hal ini kebanyakan untuk menarik minat anak bahwa menggambar hewan itu sangat menyenangkan dan mudah.

Misalnya karakter yang di alam nampak seram atau buas, bisa digambar sketsa dalam bentuk kartun yang terlihat sangat bersahabat.

Contoh Sketsa Kupu Kupu Kartun

Sketsa Kupu Kupu Kartun

20. Sketsa Gambar Binatang Kupu Kupu Terbang

Karena hewan kupu-kupu memiliki sayap, maka tidak ada salahnya jika dalam pembuatan sketsa kupu-kupu dibuat seolah-olah kupu tersebut sedang terbang di anatara tanaman yang nampak cantik dan indah seperti di bawah ini.

Sketsa Gambar Binatang Kupu Kupu Terbang

 

21. Sketsa Gambar Hewan Kupu Kupu Lucu

Kupu-kupu adalah hewan yang menarik, Anda bisa membuat sketsa kupu-kupu yang lebih menonjolkan ekspresi dari hewan ini agar terlihat lucu. Caranya dengan memperjelas bagian mata, mulut, hidung dan juga ekspresi secara keseluruhan seperti contoh di bawah ini.

Sketsa Gambar hewan Kupu Kupu Lucu

 

22. Sketsa Gambar Kupu Kupu Polos

Menggambar kupu-kupu tidak harus selalu detail, bisa juga membuat sketsa gambar secara polos. Maksudnya adalah bagian sayap, badan dan kepala cukup digambar seadanya tanpa bentuk-bentuk yang spesifik.

 

Sketsa Gambar Kupu Kupu Polos

23. Sketsa Kupu Kupu Secara Detail

Selain bisa dibuat secara simpel atau mudah, sketsa kupu-kupu akan sangat menarik dilihat jika dibuat secara detail. Detail yang seperti apa? Untuk detail di sini bisa penggambaran sayap lengkap dengan garis-garis motif atau bisa juga bagian badan dan kepala kupu yang juga ditonjolkan.

Sketsa Kupu Kupu Secara Detail

Sketsa Kupu Kupu Detail

Sketsa Kupu Kupu Detail Spesifik

24. Sketsa Gambar Kupu Kupu Untuk Anak TK

Anak TK (Taman Kanak-Kanak) identik dengan diajari cara menggambar yang simpel atau sederhana, termasuk cara menggambar sketsa kupu-kupu. 

Adapun cara menggambar sketsa kupu biar mudah dilakukan oleh anak TK, maka pilihkan contoh sketsa yang tidak banyak lekukan, selain itu bagian sayap dan badan kalau bisa hanya tersusun atau dibuat dalam bulatan besar atau kecil saja.

Sketsa Gambar Kupu Kupu Untuk Anak TK

Sketsa Kupu Untuk Anak TK

25. Sketsa Gambar Kupu Kupu Untuk Anak SD

Nah, berbeda lagi dengan anak SD (Sekolah Dasar). Dalam pembuatan sketsa kupu-kupu Anda bisa memilih gambar yang mudah namun dengan detail yang lebih banyak. Misalnya saja dengan ditambahi bunga yang bentuknya tidak terlalu rumit.

Sketsa Gambar Kupu Kupu Untuk Anak SD

 

Sketsa Gambar Kupu Untuk Anak SD

26. Sketsa Ragam Hias Fauna Kupu-Kupu yang Mudah Digambar

Ada banyak sekali ragam hias fauna kupu-kupu yang bisa digambar menjadi sebuah sketsa, salah satunya adalah contoh di bawah ini.

Jika diamati, nampak sketsa tersebut tidak terlalu rumit. Hanya saja detail sayap, badan, dan kepala fauna ini tetap harus dibuat sebagaimana mestinya agar terlihat lebih hidup dan bagus.

Sketsa Ragam Hias Fauna Kupu-Kupu yang Mudah Digambar

Sketsa Fauna Kupu-kupu

27. Cara Menggambar Sketsa Kupu Kupu

Yang terakhir adalah bagaimana cara menggambar sketsa kupu-kupu step by step agar bisa menghasilkan gambar sketsa yang bagus, detail dan menarik untuk dilihat. Langsung saja untuk lebih detailnya simak beberapa contoh mengambar berikut ini :

  • Contoh 1

Untuk prosesnya memang ada beberapa tahapan, biasanya akan dimulai dengan menggambar bagian utama yakni badan berupa dua bulatan seperti tabung, kemudian ditambah dengan 4 buah sayap dan di akhiri dengan sedikit memberikan detail yang ada.

Cara Menggambar Sketsa Kupu Kupu

 

  • Contoh 2

Contoh kedua ini menggambar sketsa kupu-kupu dari samping, jadi yang perlu dilakukan membuat dua bulatan kecil menyamping, kemudian ditambah kepakan sayap lalu memberikan detail pada sayap tersebut,

Menggambar Sketsa Kupu Kupu

 

  • Contoh 3

Ini contoh step by step pembuatan sketsa kupu yang sangat sederhana. Ada 7 tahapan yang harus dijalani seperti contoh berikut.

Mulai dari membuat huruf O, kemudian membuat tabung memanjang untuk badannya, Lalu membuat 4 bulatan dibagian sayap dan penambahan motif agar terlihat lebih bagus.

Step-Step Menggambar Sketsa Kupu Kupu

 

  • Contoh 4

Contoh ini dijelaskan dari langkah 1 sampai dengan 7, dimana tahap awal membuat dua bulatan atas bawah, kemudian menambahkan detail untuk badannya dan terakhir membuat sayap agar terlihat lebih hidup.

Step-Step membuat Sketsa Kupu Kupu

 


Jadi itulah kumpulan lengkap beberapa contoh sketsa kupu-kupu yang bisa dijadikan referensi. Ada model kupu-kupu yang mudah digambar, simple, hitam putih, berwarna dan lain sebagainya. Semoga bisa bermanfaat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like