Teknik Linear : Pengertian, Cara, Alat dan Bahan serta Contoh

AdaHobi, Teknik Linear – Dalam dunia seni terdapat berbagai macam teknik yang digunakan, salah satunya yakni teknik linear. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang terkait tentu penting untuk mengetahuinya agar dapat menerapkan atau mengembangkannya sesuai dengan prosedur.

Oke, langsung saja kita bahas lengkap mengenai teknik linear mulai dari pengertian, alat dan bahan media, cara menggambar menggunakan teknik ini beserta dengan contoh gambar dari teknik linear.

Pengertian Teknik Linear

pengertian teknik linear
pengertian teknik linear

Teknik linier merupakan langkah menggambar dengan menggunakan garis untuk menjadi sebuah objek baik berupa garis lurus maupun lengkung. Ketebalannya menyesuaikan dengan kebutuhan untuk mendapatkan desain sesuai yang diinginkan.

Jika ingin membuat bagian dengan kesan lebih gelap maka garisnya akan ditebalkan begitu pula sebaliknya. Teknik ini sagat disarankan untuk digunakan oleh para pemula karena cukup mudah. Di samping akan lebih baik jika menerapkan pensil terlebih dahulu guna meminimalisir kesalahan.

Bagi para pemula, dapat menggambar objek dengan tingkat kerumitan rendah misalnya saja peralatan dapur daun maupun hewan. Meskipun terbilang mudah, namun dalam hal ini ketelitian masih memegang peranan penting agar dapat merubah garis lengkung maupun lurus menjadi bentuk objek tujuan.

Alat Untuk Teknik Linear

Saat menggambar ada beberapa alat yang digunakan untuk mendukung prosesnya agar menjadi sebuah karya menarik. Pada umumnya saat melukis, tentu memerlukan media yang berupa kertas gambar. Ukurannya sendiri cukup beragam tergantung objek yang Anda inginkan.

Di samping itu dalam teknik linear Anda juga perlu sebuah alat untuk menggambar diantaranya, yaitu:

  • Pensil,
  • Spidol,
  • Bolpoin atau sejenisnya

Alat ini digunakan untuk merealisasikan sebuah ide menjadi bentuk dua dimensi. Meskipun hanya menyatukan antara garis baik lengkung maupun lurus, namun bentuknya terlihat layaknya objek aslinya bahkan terkesan unik.

Daya tariknya terletak pada paduan garis-garis yang digunakan untuk membuat suatu objek. Meski terlihat mudah, namun memerlukan ketelitian untuk mendapatkan bentuk sesuai dengan keinginan. agar lebih lancar, penting untuk selalu melakukan latihan secara teratur.

Baca juga : Teknik Menggambar Dengan Langkah Mudah dan Menyenangkan

Media Menggambar Teknik Linear

Dalam menggambar, kehadiran media sangat penting agar dapat mengaplikasikan tinta sehingga membentuk suatu gambar dua dimensi. Sebagian besar para seniman akan menyesuaikan terlebih dahulu tinta yang digunakan dengan medianya guna meminimalisir tingkat kegagalan.

Jenis media gambar yang bisa digunakan untuk teknik linear saat ini semakin bervariasi, diantaranya seperti

  • Kertas A4,
  • HVS,
  • Paper matt,
  • Duplex.

Dengan menggunakan teknik linier, sebuah detail gambar akan lebih terlihat jelas sehingga sangat cocok diterapkan para pemula.

Penggunaannya juga terbilang sangat efektif untuk melatih keluwesan tangan supaya semakin mahir dalam mewujudkan ide dalam sebuah bentuk dua dimensi. Media-media gambar saat ini bisa Anda dapatkan di berbagai penyedia baik secara online maupun offline.

Cara Menggambar Teknik Linear

Meski cukup cocok untuk para pemula, namun menyatukan garis-garis menjadi objek tertentu kemungkinan besar tidak mudah. Anda bisa melakukannya dengan proses panjang pada bagian pembuatan garis. Mengenai durasinya menyesuaikan dengan bentuk yang akan dibuat.

Bagaimana cara menggambar dengan teknik linear?

  1. Pertama, Anda bisa menemukan berbagai objek di sekitar. Sebelum menerapkan teknik linear, sangat penting untuk mengetahui objek gambar.
  2. Selanjutnya siapkan perlengkapan pendukung kemudian aplikasikan tinta membentuk-garis-gasri. Jika masih pemula dalam hal ini sangat disarankan menggunakan pensil. Penggunaan pensil sendiri akan meminimalisir kesalah yang terjadi karena bisa dihapus menggunakan penghapus.
  3. Penting untuk diketahui yakni selain tebal atau tipisnya goresan sebuah garis, Anda juga harus mengetahui tingkat kerapatan antara satu dengan lainnya.

Contoh Gambar Teknik Linear

contoh gambar teknik linear
contoh gambar teknik linear

Objek gambar yang sering digunakan dalam pengaplikasian teknik linear sebenarnya cukup banyak mulai dari hewan maupun tumbuhan. Tidak jarang juga wajah seseorang bisa aktor atau aktris wanita idola. Berikut adalah contoh objek yang bisa digunakan dalam menggambar menggunakan teknik linear:

  • Bunga mawar
  • Macan
  • Perabotan dapur
  • Tumbuhan

Teknik menggambar linear sebenarnya mirip dengan teknik arsir. Jika pada gambar arsir kita hanya akan membuat arsir pada bagian tertentu saja, misalnya pada tepi kanan atau kiri, atas atau bawah, maka pada gambar linier ini kita akan membuat garis lurus atau lengkung. kurva dengan kerapatan dan ketebalan tertentu pada seluruh permukaan objek gambar.

Perhatikan contoh gambar di bawah ini.

Gambar Teknik Linier / Garis 1

gambar teknik linear
gambar teknik linear

Contoh gambar linear diatas adalah contoh yang baik untuk dipraktikkan dan hasilnya bisa dinikmati lho, meski hanya benda abstrak atau geometris. Nah untuk aplikasi lainnya, mari kita lihat gambar berikut.

Gambar Teknik Linier / Garis 2

gambar linear
gambar linear

Umumnya teknik linier ini digunakan untuk menggambar objek seperti rambut, bulu mata, alis, bulu hewan, rumput, dan berbagai objek lain yang terlihat seperti kumpulan garis. Namun, teknik ini juga sangat baik untuk membuat gambar dekoratif seperti yang terlihat pada gambar sebelumnya.

Teknik ini bisa anda praktekkan dengan cara membuat kumpulan garis dengan ketebalan tertentu kemudian anda bisa menambahkan teknik gosokan untuk mendapatkan objek seperti gambar kedua. Semoga berhasil.


Demikian penjelasan mengenai teknik linear yang penting untuk Anda ketahui jika ingin menekuni bidang satu ini. Meski terlihat simpel, namun tingkat kesulitannya bisa saja meningkat tergantung objek serta komponen pendukungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like