AdaHobi – Jika membahas tentang negara Ginseng ini pasti tidak akan ada habisnya. Apalagi jika membahas tentang Drama atau juga Film, yang pastinya menarik untuk disimak.

Tidak hanya di kawasan Asia saja, beberapa filmnya banyak yang sudah mendunia, bahkan menyabet piala Oscar.

Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa daftar film Korea terbaik, dari berbagai macam genre yang pastinya wajib Anda tonton.

Film Thriller Korea terbaik

Ulasan film Korea terbaik yang akan dibahas adalah dari genre thriller. Anda yang menyukai film dengan genre ini wajib untuk menonton film Thriller Korea terbaik yang akan dibahas berikut ini.

1. The Man Standing Next (2020), Political Drama / Thriller

Film Korea Terbaik

Film yang rilis tahun 2020 ini, bergenre political drama dan thriller. Dengan durasi 1 jam 54 menit, film Korea terbaik ini menampilkan Lee Byung-hun, sebagai Kim Kyoo-pyeong dan yang lainnya ini, menceritakan tentang kondisi Korea Selatan yang sedang kacau.

Diadaptasi dari buku non-fiksi, berjudul Chief of Namsan (Namsnui Bujangdeul) karya Kim Choong-sik, yang diangkat dari kisah nyata Korea beberapa tahun silam.

Mengisahkan tentang berbagai hal terburuk yang mungkin dilakukan atau bahkan dialami oleh para petinggi pemerintahan, terlihat jelas dalam film yang satu ini.

Para penonton akan disuguhkan dengan adegan penghianatan, kasus korupsi, penyadapan terhadap presiden, dan juga Kepala badan Intelijen kala itu.

Yang menarik adalah tim casting dan juga make up artist yang mampu membuat para aktor terlihat serupa dengan tokoh dalam dunia nyata.

2. Parasite (2019), Thriller / Comedy

Film Korea Terbaik

Berikutnya ada film Parasite yang tayang pada 2019 lalu. Film yang berdurasi 2 jam 12 menit ini, memperoleh beberapa penghargaan bergengsi di kancah Internasional, termasuk academy Oscar. Ini yang jadi salah satu alasan kenapa film Korea terbaik tersebut harus Anda tonton.

Film Karya bong Joon-ho ini menceritakan tentang gambaran kontras antara si-“kaya” dan si-“miskin”. Dimana yang memegang peran penting dalam film ini adalah keluarga miskin tersebut.

Berkisah tentang seorang anak yang dipercaya menjadi guru privat untuk seorang gadis dari keluarga kaya, dan secara berkesinambungan berupaya membantu seluruh anggota keluarganya, untuk memperoleh pekerjaan di keluarga kaya tersebut, dengan cara memalsukan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan.

Satu dan anggota keluarga lainnya berpura-pura tidak saling kenal, namun saling merekomendasikan satu dan yang lainnya, karena alasan profesionalitas.

Tentu saja hal tersebut tidak disadari oleh sang pihak keluarga kaya tersebut. Hingga suatu saat, semua kebohongan tersebut terungkap.     

Film Romantis Korea Terbaik

Genre berikutnya yang akan dibahas dalam film Korea terbaik, berikutnya adalah film romantis Korea terbaik.

Ini adalah salah satu genre yang paling banyak disukai, terutama oleh kaum wanita. Kisahnya tidak hanya romantis, namun beberapa diantaranya mampu menyedot emosi para penontonnya.

1. Architecture 101 (2012), Romance / Drama

Film Korea Terbaik

Architecture 101 adalah film drama romantis yang tayang pada tahun 2012 yang lalu. Film Korea terbaik ini berdurasi sekitar 1 jam 58 menit ini, menceritakan tentang dua orang mahasiswa yang bertemu di kelas pengantar arsitektur, kemudian jatuh cinta satu dengan yang lain.

Kisah berlanjut 15 tahun berlalu dan sang gadis mulai melacak cinta pertamanya tersebut. Alasannya karena dirinya ingin meminta bantuan dalam membuat rumah impiannya. Dari sinilah kisah cinta dan kisah seru lainnya bermula.

Menampilkan Bae Suzy, Lee Je-hoon, Han Ga-in, Uhm Tae-woong dan yang lainnya. Membuat cerita romansa menarik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Dengan alur cerita maju mundur, para penonton akan merasakan bagaimana rasanya cinta pada pandangan pertama, lalu dipermainkan oleh takdir. Hingga akhirnya dipertemukan kembali, dan mengulang kisah yang tertunda.

2. Be With You (2018), Romance Fantasy

Film Korea Terbaik

Be With You yang tayang tahun 2018  silam ini adalah salah satu film Korea terbaik dengan genre romantis fantasi yang mampu menguras emosi para penontonnya.

Dalam waktu 2 jam 12 menit, para penonton akan diajak untuk melihat sang tokoh utama So Ji-sub yang berupaya menolong istrinya yang hilang ingatan.

Film yang diadaptasi dari novel best seller asal Jepang ini, menceritakan tentang seorang suami Woo Jin (So Jo Sub) dan anak lelakinya Ji Hoo (Kim ji Hwan) yang berusia 7 tahun, setelah ditinggal ibunya yang ternyata sakit keras.

Dalam film tersebut, Ji Hoo meyakini bahwa kelak ibunya Young Soo Ah (Son Yi Jin), akan kembali lagi, dari negeri awan, pada saat  hari pertama hujan turun.

Informasi tersebut di dapat dari cerita yang sering dibaca ibunya, semasa hidup. Hingga suatu hari, pada hari pertama, dengan latar belakang lorong kereta api yang tidak terpakai.

Ayah dan anak tersebut melihat seorang perempuan yang tergeletak di tepi jalan, yang tidak lain adalah ibu / isterinya. Tapi yang jadi masalah adalah Soo Ah, tidak mengenali suami dan anaknya tersebut.     

Film Action Korea Terbaik

Bagi Anda yang menyukai film action, maka berikut adalah beberapa film Action Korea terbaik.

Dilihat dari naskah cerita dan sistem pengambilan gambarnya, aneka koleksi film Korea terbaik, yang akan diberikan berikut ini tidak kalah menarik dari film action yang biasanya ditayangkan di Hollywood.

Berikut adalah beberapa rekomendasi film Korea terbaik dengan genre action untuk Anda.

1. Midnight Runners (2017), Action / Comedy

Film Korea Terbaik

Midnight Runners sendiri adalah film yang tayang tahun 2017 silam. Dengan durasi 1 jam 49 menit ini termasuk film Korea terbaik, dari genre Action romantis. Menceritakan kisah persahabatan antara Park Seo joon dan Kang Ha Neul.

Diawali tentang dua orang pemuda yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Kepolisian, dimana pada saat pelatihan tersebut, Park Ki Joon (Park Seo Joon) dan Kang Hee Yoel (Kang Ha Neul) bertemu.

Kedua pemuda tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda dan juga sifat yang berbeda. Dimana Ki Joon sendiri tumbuh dan dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang berpenghasilan rendah.

Ini yang membuat dirinya bertekad masuk ke Universitas Kepolisian dengan biaya gratis. Sedangkan Hee Yeol, berasal dari keluarga pedagang, dan mempunyai otak cemerlang. Dia merasa tertantang belajar di kampus yang berbeda, dengan seluruh anggota keluarga lainnya.

Sifatnya yang bertolak belakang, belum lagi kasus-kasus yang membuat mereka harus bekerja sama, cukup membumbui film action tersebut, yang membuat Anda sayang jika melewatkannya.  

2. Extreme Job (2019), Action / Comedy

Film Korea Terbaik

Film Extreme Job yang tayang pada 2019 yang lalu ini adalah film action komedi yang menarik untuk ditonton. Tidak hanya menarik, film Korea terbaik ini juga menawarkan kisah lucu.

Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika 1 tim detektif narkotika melakukan penyamaran dengan cara membuka restoran ayam goreng.

Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk mengintai geng kejahatan yang sudah terorganisir. Namun yang tidak disangka adalah, restoran ayam yang awalnya biasa saja, tiba-tiba berubah jadi restoran terpopuler di kota tersebut.

Tidak hanya sampai disana, ada banyak aksi menarik yang jadi bumbu penyedap sekaligus kisah menarik dari film garapan Lee Byeong-heon tersebut.

Belum lagi para aktor yang bahu membahu membuat film tersebut terlihat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

3. Deliver Us from Evil (2020), Action Drama  

Deliver us from Evil ini adalah film baru yang tayang 2020 ini. Film berdurasi 1 jam 48 menit ini kini cukup merajai film box office di Korea. 

Seperti namanya film action, kali ini menceritakan tentang kasus penculikan yang terjadi di Thailand dimana In Nam (Hwang Jung Min) baru saja menyelesaikan misi pembunuhan terakhir, dari kontraknya sebagai pembunuh bayaran.

Sadar dirinya mulai diburu, In Nam mulai melarikan diri. Hingga dirinya bertemu dengan Yoo-Yi (Park jung Min) dan kemudian mereka menangani kasus bersama-sama.

Sedangkan Ray (Lee Jung Jae), yang mengetahui bahwa saudaranya dibunuh oleh In Nam, mulai merencanakan aksi balas dendam.

4. Ashfall (2019), Action / Drama

Film Korea Terbaik

Dibintangi oleh Bae Suzy, Lee Byung-hun, Ma Dong Seok, membuat film Ashfall yang tayang 2019 lalu ini layak sebagai film Korea terbaik untuk Anda tonton.

Berbeda dengan film Korea umumnya. Film Ashwall ini menceritakan tentang suatu bencana vulkanologi dan perjuangan sekelompok tim yang sengaja ditugaskan oleh pihak pemerintah Korea dalam mencegah letusan besar dari Gunung Baekdu.

Dimana pada ramalan yang dibuat, akan terjadi 3 kali letusan besar yang akan membuat erupsi, dan pastinya akan merusak sebagian besar semenanjung Korea.

Salah satu rencana yang dibuat oleh pihak pemerintah adalah dengan menggunakan senjata nuklir milik Korea Utara.   

Dalam film tersebut, para penonton juga akan diajak untuk melihat bagaimana paniknya masyarakat Korea ketika gunung tersebut diramalkan meletus.

Mengingat gunung tersebut begitu disakralkan oleh masyarakat Korea, baik Korea Selatan maupun Korea Utara.

Ada banyak kisah kegalauan hidup yang diulas dalam film yang pernah masuk nominasi Grand Bell Award for Best Music tersebut.

5. Great Battle (2018), War / Action

Film Korea Terbaik

Bagi pecinta film laga atau film kolosal, maka ini akan jadi rekomendasi film Korea terbaik yang harus ditonton. The Great Battle sendiri berdurasi 2 jam 16 menit, dan tayang pada tahun 2018 silam.

Film ini merupakan film sejarah tentang pertempuran antara Goguryeo dengan dinasti Tang. Dimana peperangan tersebut terjadi selama 88 hari, dan terjadi di benteng Ansi.

Latar belakang cerita tersebut terjadi pada tahun 645, dan dipimpin oleh Jendral Yang Man-chun, dengan membawahi 5.000 pasukan, dalam melawan pasukan Dinasti Tang yang berasal dari China.   

Kisah pertempuran tersebut dikemas secara apik dan menarik oleh Kim Kwang-sik selaku Sutradara, dan pastinya dibantu oleh para bintang ternama Korea Lainnya.

Baca juga: 19 Judul Film Action Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Film Horor Korea Terbaik

Beralih ke genre horor, ini adalah salah satu genre dengan koleksi film Korea terbaik yang menarik untuk Anda tonton. Berikut ini adalah koleksi film horor Korea terbaik rekomendasi:

1. Train to Busan (2016)

Film Korea Terbaik

Film bergenre horor yang satu ini pastinya sudah tidak asing. Bagi Anda yang suka film dengan tema zombie apocalypse, pastinya suka akan film Korea terbaik yang satu ini. Dari mulai tayang tahun 2016 hingga kini, film tersebut tetap disukai, dan tidak bosan untuk ditonton.

Seperti namanya film tersebut menceritakan tentang awal mula kasus Zombie di Korea, dengan latar belakang perjalanan kereta ke Busan.

Menceritakan tentang kisah beberapa orang yang selamat dari kerumunan para zombie, an harus bertahan hidup di dalam kereta, yang penuh dengan kepungan zombie.

Film yang berdurasi 2 jam lebih 1 menit ini, sejak awal hingga akhir selalu menampilkan sisi action dan horor, yang membuat penonton sulit untuk bernafas lega.

Lantaran hampir setiap menitnya para penonton diajak untuk turut panik lantaran serbuan zombie yang tidak ada habisnya.

2. Train To Busan – Peninsula (2020)

Film Korea Terbaik

Selang 4 tahun sebelum akhirnya sekuel film Korea terbaik Train To Busan – Peninsula rilis. Tidak seperti sebelumnya yang menceritakan tentang perjalanan orang-orang yang selamat dari serbuan para zombie, namun kisah action horor tersebut, lebih menceritakan tentang kisah hidup, dari mereka yang selamat, dan terisolasi dalam kota Busan.

Dalam durasi 1 jam 56 menit tersebut, para penonton diajak untuk kembali ke peristiwa sebelumnya, dimana mereka yang berhasil selama keluar dari Korea untuk kembali lagi ke Korea guna membawa 1 truk yang isinya penuh dengan uang.

Dalam proses pengambilan uang tersebut, akhirnya mereka bertemu dengan sisa tentara yang selamat, dan beberapa warga sipil lainnya yang selamat dari serbuan para zombie. Dari sinilah kembali cerita dan aksi kejar-kejaran dengan zombie dimulai lagi.  

Film Misteri Korea Terbaik

Jika sebelumnya adalah film Korea terbaik dari genre horor. Maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi film misteri Korea terbaik.

1. Burning (2018), Mystery / Drama

Film Korea Terbaik

Ini adalah salah satu film yang pernah mencuri perhatian di tahun 2018 lalu. Film yang dibintangi oleh Yoo Ah In, Steven Yeung dan juga jeon Jong Seo ini, berangkat dari adaptasi cerita pendek berjudul Barn Burning, karya  Haruki Murakami.

Bercerita tentang seorang pemuda dengan mama Lee Jong Su (Yoo Ah In), yang kesulitan cari kerja setelah lulus, dan memutuskan untuk kerja serabutan. Dari sanalah dirinya bertemu dengan teman lamanya Shin Hae Mi (Jeon Jong Seo).

Setelah makan dan pergi ke apartemen Hae Mi. Hae Mi bercerita, bahwa dirinya akan pergi ke Afrika, untuk bertemu dengan suhu Bushman, dan meminta tolong temannya, tidak lain Jong Su, untuk merawat kucingnya selama dirinya pergi.    

Jong Su yang mulai jatuh cinta pada Hae Mi, harus kecewa lantaran ketika kembali, dirinya membawa Ben (Steven Yeun). Tidak lain seorang pria kaya, yang ditemui Hae Mi, ketika terjebak di bandara Kenya.

Disini Ben mulai dekat dengan Jong Su, dan mulai menceritakan hobi anehnya, yang ternyata gagal dipahami oleh Jong su. Hingga akhirnya Hae Mi menghilang, dan Green House di pedesaan mulai terbakar satu per satu.


Dari sekian banyak koleksi film Korea terbaik, yang dibahas di atas. Adalah film yang akan Anda tonton, atau bahkan salah satu film favorit Anda !

Terutama untuk Anda yang belum menonton rekomendasi dari film Korea terbaik yang disebutkan di atas, sebaiknya siapkan waktu, yang tepat, teman menonton atau bahkan camilan, agar acara menonton jadi terasa semakin menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like