15 Rekomendasi Film India Terbaik Berbagai Genre

AdaHobi – Setiap manusia pastinya pernah melihat yang namanya film. Saat ini sudah banyak film dari Negara manapun yang ditayangkan di bioskop berbagai belahan dunia.

Hal ini membuat persaingan dunia perfilman semakin ketat agar bisa menunjukan karya terbaik mereka. Salah satu film yang memiliki banyak penonton adalah film India.

Tentunya pembuatan film seringkali dikelompokkan berdasarkan genre. Film India adalah salah satu film yang seringkali memiliki penggemar tersendiri.

Banyak genre film yang telah diciptakan dari negara tersebut dengan penonton yang begitu tinggi.

Film India Terbaik Genre Romantis

Film India adalah rajanya film romantis dari zaman ke zaman. Bahkan tak jarang banyak penggemar yang menonton film tersebut secara berulang kali tanpa merasa bosan.

Iringan musik dan tarian khas India memberikan sentuhan yang berbeda dari produksi film negara lain. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film India terbaik bergenre romantis:

1. Mohabbatein (2000)

Film India Terbaik

Film India terbaik genre romantis yang pertama adalah Mohabbatein yang dipopulerkan sekitar tahun 2000. Film ini menceritakan tentang cinta dengan ketakutan.

Di film ini ada sebuah konflik antara dua orang pria yang memiliki sifat keras kepala dan memiliki keyakinan yang berbeda antara satu sama lain.

Raj Aryan  diperankan oleh Shah Rukh Khan memiliki rasa cinta yang ditujukan kepada Narayan Shankar (Amitabh Bachchan). Dimana Narayan Shankar merupakan seorang kepala lembaga pendidikan yang bisa dibilang sangat bergengsi.

Narayan Shankar memiliki keyakinan bahwa setiap rasa cinta yang ada di dunia ini akan membawa sebuah rasa sakit dan bisa memberikan kelebihan kepada setiap orang.

Selain itu di dalam film ini juga menggambarkan sebuah kisah cinta 3 pria dengan 1 orang wanita. Dimana ketiganya harus mengikuti kata hati untuk melalui setiap rintangan yang terjadi.

Baca juga: 20+ Film Korea Romantis Terbaik, Layak Ditonton Ulang

2. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Film India Terbaik

Film India terbaik romantis kedua adalah Kuch Kuch Hota Hai. Film yang dipopulerkan pada tahun 1998 ini adalah salah satu film legendaris dimana memiliki alur cerita yang menarik untuk diikuti.

Selain itu film Kuch Kuch Hota Hai adalah salah satu film yang pernah berjaya pada masanya. Tak heran bila sampai saat ini masih banyak orang menyukai film ini.

Film ini diperankan oleh Shah Rukh Khan sebagai Rahul Khanna dan juga Anjali Sharma diperankan oleh kajol. Dimana mereka berdua merupakan sahabat satu kampus. Saat itu Anjali telah menyadari bahwa dirinya telah memiliki rasa kepada Rahul akan tetapi ia sudah terlambat.

Hal ini karenakan Rahul telah jatuh cinta kepada Tina Malhotra yang diperankan oleh Rani Mukerji. Karena patah hati Anjali Pun meninggalkan kota dan kembali ke kampung halamannya. Selang beberapa waktu Rahul menikah dengan Tina.

Pasangan tesebut akhirnya memiliki seorang anak yang diberi nama Anjali. Akan tetapi tak selang berapa lama Tina meninggal dunia akibat komplikasi selama masa kehamilan. Rahul membesarkan Anjali dengan seorang diri.

Setiap hari ulang tahun Rasul memberikan izin kepada Anjal untuk membaca setiap surat yang pernah ditulis oleh ibunya semasa hidupnya. Anjali merasa bahwa kisah asmara ibunya (Tina) memang berada diposisi yang rumit.

Hal ini dikarenakan Tina berada di dalam kisah cinta antara Anjali dan Rahul kala itu, anak Rahul Pun bersumpah akan menyatukan kisah cinta mereka kembali.

3. Kaho Naa… Pyaar Hai (2000)

Film India Terbaik

Film India terbaik romantis ketiga adalah Kaho Naa… Pyaar Hai. Dimana film tersebut menceritakan dua orang yang berbeda latar belakang dimana mereka saling jatuh cinta.

Rohit yang diperankan oleh Hrithik Roshan sebagai seorang penyanyi jalanan dan Sonia yang diperankan oleh Ameesha Patel dimana ia adalah orang kaya raya.

Pada saat mereka berdua menghadiri pesta pernikahan dari seorang teman yang diadakan di sebuah kapal pesiar, sebuah insiden terjadi. Mereka berdua terpisah dari rombongan dan terperangkap di sebuah pulau kecil.

Sebelum akhirnya mereka diselamatkan, merekapun hidup bahagia di pulau tersebut meskipun beberapa hari. Teman-teman dari Sonia membantu Rohit untuk menjadi seorang penyanyi papan atas akan tetapi sebelum hal itu terjadi suatu insiden terjadi.

Pada saat itu Rohit meninggal dunia dan ayah dari Sonya mengirimkan Sonia untuk tinggal bersama sepupunya di Selandia Baru. Akan tetapi selama hidup disana Sonia bertemu dengan Raj Chopra, yang mana ia sama dengan Rohit.

Film India Terbaik Genre Komedi

Negara India bukan hanya pandai membuat film dengan genre romantis saja pasalnya film India terbaik pilihan dengan genre komedi juga tak kalah menariknya untuk ditonton. Banyak film komedi besutan sutradara India yang memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film India terbaik bergenre komedi.

1. 3 Idiots (2009)

Film India Terbaik

Film India terbaik genre komedi yang pertama adalah 3 idiots. Dimana film tersebut diangkat dari novel ternama yang berjudul Five Point Someone karya dari Chetan Bhagat. Film ini mengisahkan tentang 3 orang mahasiswa disebuah Imperial College of Engineering.

Dimana ketiga orang tersebut diperankan oleh Aamir Khan, Madhavan, dan Sharman Joshi. Film ini bukan hanya sekedar film komedi akan tetapi memberikan banyak sekali pelajaran hidup yang penting.

Banyak pesan yang bisa dipetik dalam film 3 idiots ini. Salah satu pesan yang diingat adalah all is well yang memiliki arti bahwa setiap permasalahan yang dihadapi di kehidupan, maka yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja.

2. Taare Zameen Par (2007)

Film India Terbaik

Rekomendasi film India terbaik kedua yang bergenre komedi adalah Taare Zameen Par. Bukan sekedar film komedi biasa, pasalnya film ini juga banyak memberikan pelajaran kisah inspiratif yang bisa dipetik. Film ini menceritakan perjuangan yang dilakukan oleh seorang guru kepada muridnya.

Dimana peran guru disini dimainkan oleh Aamir Khan. Ia dituntut untuk mengubah seorang murid yang memiliki kepribadian nakal, pemalas, bodoh, yang diklaim tidak memiliki masa depan. Akan tetapi keadaan yang dialami murid tersebut tidaklah seperti itu.

Pasalnya murid tersebut mengidap sebuah penyakit disleksia. Dimana penyakit tersebut membuat penderitanya tidak bisa dengan mudah mengenali dan membedakan bentuk huruf. Tentunya film ini sangat menginspirasi sistem pendidikan dimanapun.

3. PK (2014)

Film India Terbaik

Film India terbaik bergenre komedi yang tak kalah lucu lainnya adalah film dengan judul PK. Dimana film ini dimainkan oleh Rajkumar Hirani yang berperan sebagai seorang alien. Dimana ia turun kebumi untuk meneliti kehidupan manusia dibumi.

Pada saat melakukan banyak penelitian di bumi, ia bertemu dengan seorang reporter muda. Berbagai adegan lucu memang kerap ditampilkan di film ini. Film ini juga berhasil menduduki peringkat ke 66 sedunia pada tahun 2014 silam.

4. English Vinglish (2012)

Film India Terbaik

English Vinglish yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu adalah salah satu film India terbaik yang bisa membuat kita terpingkal-pingkal ketika menontonnya. Film ini menceritakan seorang ibu rumah tangga yang diperankan oleh Sridevi.

Dimana didalam film ini ia bernama Shashi. Shashi memiliki pendidikan yang rendah dan membuatnya tidak begitu bisa untuk berbahasa Bahasa Inggris. Karena ketidakbisaan berbahasa Inggris inilah ia sering diolok-olok oleh orang, bahkan keluarganya sendiri.

Film ini selain kocak juga banyak mengajarkan pesan moral. Salah satu pesan moral yang diberikan adalah kita sebagai sesama manusia hendaknya tidak secara sembarang mengejek orang lain, apalagi sesama keluarga. Setiap anggota keluarga seharusnya saling menyayangi dan saling menghormati satu sama lain.

5. Laal Singh Chaddha (2020)

Film India Terbaik

Laal Singh Chadha adalah salah satu film India dengan genre komedi yang diluncurkan pada tahun 2020. Film ini bisa masuk ke dalam list film komedi yang wajib ditonton di bulan Desember 2020.

Film ini merupakan sebuah remake dari film lain dengan judul Forrest Gump dimana Tom Hanks adalah pemain utamanya.

Sedangkan versi film India ini dimainkan oleh Aamir Khan. Ya, Aamir Khan adalah salah satu actor yang banyak membintangi berbagai film India terbaik sepanjang masa seperti 3 Idiots.

Secara garis besar film ini menceritakan seorang dengan kemampuan berfikir rendah akan tetapi memiliki hati yang begitu baik.

6. Badhaai Ho (2018)

Film India Terbaik

Badhaai Ho adalah sebuah film India terbaik yang dipopulerkan pada tahun 2018 lalu. Film ini diperankan oleh Ayushmann Khurrana, Sanya Malhotra, Neena Gupta, dan Gaaraj Gao. Film ini mengisahkan seorang anak yang mengetahui kehamilan ibunya.

Permasalahannya adalah ibunya sudah memasuki umur tua sehingga sang anak malu mengetahui hal tersebut.

7. Barfi! (2012)

Film India Terbaik

Barfi! Adalah sebuah film yang berasal dari negara India. Dimana film ini sebenarnya memiliki genre comedy romantis didalamnya. Pemeran dari film ini tak diragukan lagi kepintarannya dalam berakting, pemain tersebut diantaranya adalah Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra, dan Ileana D’Cruz.

Selain sukses dalam hati penggemarnya, film ini juga mampu menyabet beberapa penghargaan ternama seperti Academy Award for Best Foreign Language Film, Amerika Serikat, sebagai film dengan berbahasa asing terbaik.

8. Queen (2013)

Film India Terbaik

Film yang selanjutnya adalah film dengan judul Queen. Film ini memang tidak diperankan oleh pemain ternama dari negara India. Film ini mengisahkan Rani seorang gadis dari New Delhi yang melakukan bulan madu di negara Paris dan Amsterdam.

Akan tetapi bulan madu tersebut dilakukan secara sendirian karena tunangannya membatalkan pernikahan yang akan dijalankan. Film ini disarankan untuk ditonton oleh mereka yang sudah memiliki umur 17 tahun keatas.

Hal ini dikarenakan film ini akan menceritakan kehidupan malam dari berbagai negara. Walaupun begitu ada pesan yang bisa diambil yaitu bertambahnya wawasan yang dimiliki oleh penonton akan perbedaan kebudayaan dan sosial dari setiap negara.

Film India Terbaik Genre Action

Bagi anda yang merupakan  penggemar tidak boleh melewatkan beberapa film India terbaik yang akan dijelaskan.

Pasalnya setiap rekomendasi yang diberikan sangat cocok untuk ditonton dan tidak akan mengecewakan anda. Berikut adalah penjelasan terkait film genre action tersebut.

1. Bharat (2019)

Film India Terbaik

Film India terbaik dengan genre action yang pertama adalah Bharat. Dimana film ini diperankan oleh Salman Khan. Secara garis besar film ini menceritakan tentang sejarah negara India setelah kemerdekaan yang mereka alami.

Selain itu film ini juga mengadaptasi dari film negara Korea Selatan yang berjudul Ode to My Father. Pembuatan dari film ini adalah di negara Abu Dhabi dan Spanyol. Jalan cerita dari film ini diambil ketika pemisahan negara India dan Pakistan. Dimana ada keluarga yang meninggalkan seorang anak bernama Bharat yang diperankan oleh Salman Khan. Bharat harus bertanggung jawab atas anggota keluarga yang tersisa kala itu.

Film ini juga dimainkan oleh beberapa aktor dan aktris India lainnya seperti Katrina Kaif, Disha Patani, Nora Fatehi, Sunil Grover, Tabu, dan Jackie Shroff.

Baca juga: 19 Judul Film Action Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

2. Main Hoon Na (2004)

Film India Terbaik

Main Hoon Na merupakan film India terbaik dengan genre action selanjutnya. Film ini diperankan oleh Shahrukh Khan yang menceritakan tentang hubungan politik antara negara India dan Pakistan.

Kisah yang diangkat adalah ketika kedua negara tersebut bergabung untuk menyelamatkan warga sipil yang ditahan di perbatasan antara negara India dan Pakistan. Akan tetapi misi yang dijalankan tidak begitu lurus.

Pasalnya mantan komando militer yang diperankan oleh Sunil Shetty membuat masalah hingga muncul berbagai konflik yang baru. Walau begitu ternyata film ini adalah salah satu film yang sukses pada masanya, dan mampu menggambarkan sebuah politik netral antara negara India dengan Pakistan.

3. Neerja (2016)

Film India Terbaik

Salah satu film India terbaik yang menceritakan penyelamatan penumpang yang berada di dalam pesawat adalah film Neerja. Film ini dipopulerkan pada tahun 2016 yang lalu.

Film ini mengisahkan sebuah pembajakan kawanan penyusup yang berada didalam pesawat terbang dengan tujuan dari Mumbai ke New York, Amerika Serikat.

Neerja yang bertuga sebagai seorang pimpinan kru di dalam pesawat memiliki inisiatif untuk menyelamatkan para sandera tersebut. Sebanyak 360 nyawa yang disandera telah diselamatkan oleh Neerja dengan mengorbankan nyawanya.

Film ini diadaptasi dari kejadian nyata yang terjadi pada tanggal 5 September 1986 silam. Dan nama pramugari yang mencoba untuk menyelamatkan nyawa para penumpang tersebut adalah Neerja Bhanot. Dan untuk film ini pemain yang memerankan pramugari tersebut adalah Sonam Kapoor.

4. Dhoom (2004)

Film India Terbaik

Rekomendasi film India terbaik genre action selanjutnya adalah Dhoom. Film ini menceritakan sebuah perampokan yang dijalankan oleh sebuah geng motor. Perampokan yang dijalankan memanglah sudah banyak meresahkan warga sekitar.

Hal tersebut membuat asisten komisaris kepolisian Abhishek Bachchan yang diperankan oleh Jai Dixit harus turun tangan. Abhishek Bachchan haruslah menyamar dengan melibatkan seorang tawanan.

Tawanan yang harus masuk kedalam geng motor tersebut adalah Uday Chopra yang diperankan oleh Ali Akbar. Tentunya penyiaran tersebut haruslah berhasil menangkap para geng motor tersebut. Film ini adalah salah satu film terlaris pada tahun tersebut.

Maka tak heran bila dibuat versi sekuelnya pada tahun 2006 dan 20013 untuk Dhoom 2 maupun Dhoom 3.


Beberapa rekomendasi film India terbaik di atas sangat cocok ditonton bersama keluarga ataupun orang tercinta.

Sehingga jangan ragu untuk menonton film dari berbagai genre tersebut, baik genre romantis, genre komedi, maupun genre action. Semua memiliki alur cerita yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like