13 Film Korea Sedih Terbaik yang Bikin Susah Move On

AdaHobi – Korea merupakan negara yang unggul baik dalam bidang kecantikan, teknologi maupun hiburan seperti drama Korea, KPop dan film. Apalagi kisah film yang berasal dari negara ini memiliki genre yang beragam ada film action, film romantis, film horror, film komedi, dan genre film lainnya.

Film Korea sedih pun mengalami kemajuan pesat baik dari segi kualitas, cerita film, dan teknologi yang digunakan seakan-akan produser tidak kehabisan ide tentang kisah atau cerita yang ditampilkan.

Promosinya pun tak tanggung-tanggung dan bermacam-macam. Indonesia merupakan salah satu konsumen film Korea yang kreatif terbukti dengan banyaknya situs yang menyediakan berbagai film, drama, kpop, juga reality show.

Seringkali film bergenre melodrama Korea atau film Korea sedih dengan cerita yang out of the box membuat emosi penonton terhanyut dan meluap-luap sehingga air mata penonton tumpah ruah saat menontonnya.

Selain karena cerita film Korea sedih yang bagus, banyak pesan tersirat yang bisa menjadi pelajaran bagi para penonton. Apa saja sih film Korea sedih terbaik yang sering menjadi favorit?

Film Korea Sedih Tema Persaudaraan

1. Ode to My Father (2014)

Film Korea Sedih Terbaik

Film Korea sedih ini ditayangkan pada tahun 2014 dan berhasil merebut hati penonton di box office Korea. Film ini menceritakan saat penjajahan Jepang di Korea.

Ketika Korea dijajah oleh Jepang, banyak penduduk Korea menyelamatkan diri termasuk tokoh utama film ini yang bernama Deok Su.

Deok Su diceritakan di film ini terpisah dengan adik satu-satunya saat Deok Su menggendongnya adiknya menuju dek kapal.

Kejadian itu juga memisahkan dirinya dengan sang ayah. Perpisahan yang memilukan itu selalu membayangi hidup Deok Su.

Setelah perpisahan itu, Deok Su tetap berusaha bertahan hidup dan berjuang menghidupi keluarganya dalam melawan kerasnya hidup.

Walaupun sudah berusia tua, Deo Su selalu terbayang akan janjinya pada sang ayah untuk terus  berusaha mencari adiknya yang hilang.

Emosi Anda pasti akan terhanyut saat melihat adegan bertemunya Deok Su dengan adik semata wayangnya saat keduanya berusia senja.

Keduanya akhirnya bisa menikmati hari tua bersama karena harapan yang terus dinyalakan setelah perpisahan yang panjang.

Film Korea Sedih Tema Keluarga

1. My Brilliant Life (2014)

Film Korea Sedih

Film Korea sedih ini menceritakan tentang kehidupan Ah-Reum, seorang anak yang lahir dengan kondisi kelainan genetik progeria. Kelainan genetik tersebut membuat penampakan fisik Ah-reum sepuluh kali lebih tua dibandingkan dengan usia aslinya.

Walaupun dia masih berusia kanak-kanak namun tubuhnya sudah rapuh dan keriput seperti kakek-kakek. Saat usia Ah-Reum enam belas tahun, fisiknya sudah seperti kakek-kakek berusia delapan puluh tahun.

Ah-Reum sangat sayang pada orang tuanya. Dia akhirnya mulai menulis dan menceritakan kisah orang tuanya di masa muda di mana kisah percintaan Dae Soo (sang ayah) dan Mira (sang ibu) dimulai.

Mira dan Dae Soo menjalin hubungan percintaan saat usia mereka masih sangat muda. Bahkan Mira akhirnya hamil pada usia 17 tahun. Tentunya sempat terjadi konflik dengan keluarga masing-masing baik Mira dengan keluarganya dan Dae Soo dengan keluarganya.

Namun akhirnya Mira dan Dae Soo memilih untuk hidup sebagai suami istri dan tidak melanjutkan sekolah. Lalu, lahirlah Ah-Reum yang memberi warna hidup baru dan tantangan hidup yang sangat berat.

Walaupun Ah-Reum memiliki kelainan genetik, Mira dan Dae Soo sangat menyayangi Ah-Reum dan berusaha membuat Ah-Reum terus bertahan hidup.

Film ini memberi pelajaran pada kita agar selalu bahagia dan saling mencintai sesulit apapun kondisinya.

2. Be With You (2018)

Film Korea Sedih

Film yang dirilis dua tahun yang lalu ini dibintangi oleh So Yen Jin dan So Ji sub, artis dan aktor senior papan atas Korea. Film ini bergenre film Korea sedih romantis dan menceritakan tentang perjalanan cinta antara Soo Ah dan Woo Jin.

Soo Ah dan Woo Jin adalah pasangan suami istri. Suatu hari Soo Ah meninggal karena sakit dan meninggalkan Woo Jin dan putra semata wayangnya. Mereka hidup berdua di rumah yang sederhana.

Semasa hidupnya Soo Ah sering mendongengkan putranya mengenai kisah ibu penguin. Dalam kisah itu, ibu penguin pergi jauh dan tak akan bisa kembali. Namun sebelumnya ibu penguin sempat berjanji akan kembali lagi saat musim hujan tiba.

Kisah dongeng itu terngiang-ngiang di pikiran sang anak. Setiap hujan turun, dia selalu berdoa agar ibunya kembali lagi. Begitu juga dengan Woo Jin yang sangat mencintai Soo Ah. Setahun kemudian, tak disangka janji tersebut terbukti. Soo Ah benar-benar hadir di kehidupan nyata dalam kondisi lupa ingatan.

Sang anak dan sang ayah sangat bahagia dan berusaha menikmati hari demi hari untuk bersama sang ibu. Soo Ah sendiri walaupun ingatannya belum pulih, tetap dia mulai menyayangi sang anak dan suaminya.

Sampai akhirnya Soo Ah tiba di suatu ruangan di rumahnya yang sering dia kunjungi dulu dan membaca buku hariannya sendiri. Dia pun teringat akan anak dan suaminya.

Yang paling sedih dia ingat bahwa keberadaan dirinya di rumah itu, bersama suami dan anaknya, tidak akan lama. Saat musim hujan berakhir, maka saat itu juga kebersamaan dengan anak dan suaminya turut berakhir.

Kisah film ini memberikan pelajaran bahwa kebersamaan dengan orang yang dicintai mungkin tak akan berlangsung lama tapi kehidupan harus terus berlanjut sampai maut menjemput.

3. Birthday (2019)

Film Korea Sedih Terbaik

Film ini Korea sedih ini merupakan film yang berlatar kejadian saat tragedi tenggelamnya kapal feri Siwol di Korsel tahun 2014. Peristiwa tenggelamnya kapal tersebut merenggut nyawa sekitar 304 orang yang sebagian besar adalah murid SMA.

Salah satu korbannya adalah anak laki-laki dari pasangan Jung Il dan Song Nam. Jung Il dan Song Nam sangat sedih atas kejadian mengerikan yang merenggut nyawa anaknya.

Sejak saat itu keduanya sering tidak bicara satu sama lain. Pasangan suami istri itu tetap bertahan hidup demi kedua anak perempuannya yang masih membersamai mereka.

Walaupun anak laki-lakinya sudah lama tiada, pasangan suami istri itu selalu merayakan hari ulang tahun anak laki-lakinya. Film tersebut dirilis tepat dengan adanya peringatan tenggelamnya kapal feri Siwol di Korea.

Film Korea Sedih Tema Komedi

1. Miracle in Cell No.7 (2013)

Film Korea Sedih

Film Korea sedih ini menceritakan tentang hubungan seorang ayah yang menderita keterbelakangan mental dengan seorang anak gadisnya. Kemalangan sang ayah bertambah setelah dia dijebloskan ke dalam penjara.

Alasan dijebloskannya dia dalam penjara adalah tuduhan memperkosa dan membunuh seorang anak perempuan.  Di dalam penjara sang ayah tersebut tetap bersikap baik.

Kebaikannya tersebut tulus dari hati sehingga membuat tahanan lain yang terkenal karena kejahatannya, luluh padanya. Para tahanan pun ingin membalas kebaikan sang ayah dengan membawa putrinya ke dalam penjara dengan diselundupkan secara hati-hati.

Film ini bergenre komedi tetapi alurnya sangat menyedihkan sehingga Anda harus menyiapkan tisu saat menonton film ini.

2. My Sassy Girl (2001)

Film Korea Sedih

Film ini merupakan film komedi yang berakhir menyedihkan. Gyun Woo merupakan seorang mahasiswa biasa yang bertemu dengan Gianna Jun, seorang gadis pemabuk.

Pertemuan tersebut terjadi di dalam kereta. Gadis yang mabuk itu terus menempel ke Gyun Woo sehingga orang-orang disekitarnya mengira bahwa mereka berpacaran. Pertemuan tersebut membawa perubahan besar pada diri mereka masing-masing.

Baca juga: 12 Film Komedi Indonesia Terpopuler, Terlucu Sepanjang Masa!

Film Korea Sedih Tema Persahabatan

1. One Way Trip (2015)

Film Korea Sedih

Bagi Anda yang menyukai kisah persahabatan, One Way Trip menjadi pilihan yang cocok buat Anda. Film Korea sedih ini mengisahkan tentang perjalanan empat orang sahabat dengan alur yang susah ditebak.

Sang Woo sebelum memulai wajib militer, diajak melakukan petualangan selama dua hari dua malam oleh sahabatnya. Namun ditengah perjalanan, keempat sahabat tersebut melihat seorang laki-laki yang tega memukuli kekasihnya.

Keempat sahabat tersebut tergerak hatinya untuk menolong sang wanita, tetapi malang sekali nasib mereka karena kejadian tersebut membuah mereka terlibat masalah hukum dan diburu oleh polisi. Dalam perburuan oleh polisi tersebut, Sang Woo tanpa sengaja mengalami kecelakaan sedangkan ketiga sahabatnya berhasil di tangkap.

Hal yang membuat film ini menguras air mata adalah ketika ketidakadilan yang terjadi terhadap tokoh-tokoh tersebut.

Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini adalah kenyataan hukum yang berlaku di masyarakat yang sering mengadili pihak tak bersalah.

Film Korea Sedih Tema Perjuangan Hidup

1. Hope (2013)

Film Korea Sedih Terbaik

Hope bercerita tentang kasus berbau kriminal dimana tokoh utamanya yang bernama Na Young yang berusia delapan tahun mengalami kejadian memilukan.

Kejadian tersebut adalah kekerasan seksual yang membuatnya sangat trauma walaupun terhadap ayahnya sendiri.

Kekejaman kekerasan seksual yang digambarkan di kisah ini sangat menguras emosi bahkan kegeraman Anda pasti bertambah karena hukum berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Film ini memberi pelajaran mengenai ketabahan orang tua dan NaYoung dalam menjalani hidupnya setelah ketidakadilan dan kekerasan seksual yang dialaminya.

2. The Preparation (2017)

Film Korea Sedih

Film Korea sedih ini bercerita tentang kisah seorang Ibu bernama Ae Soon yang mengidap kanker ganas stadium akhir. Sang ibu tersebut memiliki seorang anak yang menderita keterbelakangan mental yang bernama In Kyo.

Hidup sang ibu pun sudah tidak akan lama lagi. Setelah dokter memvonisnya, sang ibu mulai menyusun rencana perpisahannya dengan sang anak.

Sang anak tidak menyadari bahwa sebenarnya sang ibu sering menahan rasa sakit akibat kanker yang dideritanya. Kisah paling sedih di film Korea ini adalah saat perpisahan antara anak dan ibu setelah sekian lama mereka hidup bersama-sama.

Film ini memberi pelajaran kepada kita tentang besarnya kasih seorang ibu terhadap anaknya, seperti lirik lagu yang biasa kita dengar  kasih ibu sepanjang masa.

3. Silence (2011)

Film Korea Sedih

Film Korea sedih ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Kang In ho yang diperankan oleh Gong Yoo merupakan seorang guru kesenian yang berjuang menyelidiki kasus yang membuat murid-muridnya menderita.

Murid-murid tersebut mengalami penyiksaan yang sangat misterius. Penyiksaan yang dialami murid-murid yang seorang tuna rungu tersebut tidak hanya berupa penyiksaan fisik namun juga pelecehan seksual.

Tidak ada yang menyangka bahwa penyiksaan tersebut dilakukan oleh para guru dan kepala sekolahnya sendiri.

In Ho pun berusaha mengekspos kejadian tersebut dengan bantuan Seo Yu Jin yang seorang aktivis HAM.

Film Korea Sedih Tema Percintaan

1. A Moment to Remember (2004)

Film Korea Sedih

Film yang sudah sangat lama ini hampir 16 tahun yang lalu ini memang sangat berkesan berkat akting para pemain dan cerita yang sangat menguras air mata.

Apalagi film ini diperankan oleh Son Yen Jin, artis papan atas Korea yang kecantikannya tidak luntur oleh waktu. Film ini merupakan film Korea sedih terbaik bergenre romantis.

Awal dari kisah film Korea sedih ini dimulai dengan kisah percintaan antara wanita cantik kaya dengan pria tampan yang sederhana. Hubungan keduanya diwarnai konflik oleh pertentangan orang tua sang wanita karena mengetahui latar belakang pria yang sangat sederhana.

Sang pria tersebut adalah orang yang bekerja di kantor ayah sang wanita. Karena melihat ketulusan sang pria dan menyadari bahwa anaknya sangat mencintainya, sang ayah akhirnya merestui hubungan mereka.

Pernikahan pun terjadi. Mereka hidup dengan bahagia. Sang pria pun seorang pekerja keras yang sangat mencintai sang wanita.

Keadaan pun berbeda, saat sang wanita diketahui menderita penyakit Alzheimer yaitu penyakit yang membuat penderita lupa mengenai siapa dirinya, semacam pikun yang biasa terjadi pada usia tua.

Situasi pun lebih dramatis lagi saat sang wanita mulai tidak mengenali suaminya. Sang wanita pun mencoba menghilang dari kehidupan sang pria.

Akan tetapi perjuangan sang pria dalam merawat dan membuat ingatan sang wanita pulih patut diacungi jempol. Kisah percintaan mereka berhasil membuat banjir air mata.

2. Always (2011)

Film Korea Sedih Terbaik

Anda yang menyukai film Korea sedih tentang ketulusan cinta, Anda bisa menonton film ini. Kisah yang diangkat di film ini mengenai Ha JungHwa yang buta karena kecelakaan. Kecelakan  tersebut sangat traumatis karena menewaskan kedua orang tuanya.

Di satu sisi ada Jang Cheol Min yang berhenti dari tinju dan memilih menjauhkan diri dari orang lain. Suatu hari Jang Cheol Min pun bertemu dengan Ha Jung Hwa.

Keseringan pertemuan diantara mereka membuat timbulnya rasa suka. Mereka pun menjalin hubungan serius dan tinggal bersama. Walaupun buta, sang gadis memiliki keahlian dalam memijat dan sering menjadi tukang pijat keliling dan ahli membuat kerajinan dari tanah liat.

Sang pria ingin sekali mengumpulkan uang untuk membantu biaya operasi orang yang dicintainya. Akhirnya sang pria terjun kembali ke dunia pertinjuan. Dari kegiatan tinju tersebut dia mengumpulkan banyak uang.

Tanpa sadar, Jang Cheol Min terlibat pertinjuan yang berhubungan dengan para mafia. Di suatu pertandingan, Jang Cheol Min berhasil menang, namun ternyata dia dicurangi dengan cara dia dipukuli sampai lumpuh lalu dia memutuskan menghilang.

Ha Jung Hwa terus mencari keberadaan Jang Cheol Min. Sampai suatu hari Ha Jung Hwa berhasil dioperasi karena ada pendonor mata. Setelah Ha Jung Hwa bisa melihat lagi, dia sering kepikiran Jang Cheol Min.

Sampai suatu hari dia berhasil menemukan Jang Cheol Min. Kesedihan film Korea ini bertambah saat Anda menyaksikan bahwa pendonor mata Ha Jung Hwa adalah Jang Cheol Min sendiri.

3. A Werewolf Boy (2012)

Film Korea Sedih

Kisah film Korea sedih ini adalah seputar kisah cinta dua remaja yang polos. Dalam film tersebut ada seorang nenek yang memiliki nama Kim Sun Yi yang bernostalgia tentang masa lalu saat ia berumur tujuh belas tahun.

Kim Sun Yi adalah gadis polos yang introvert. Saat muda dia pernah bertemu dengan pria remaja yang memiliki perilaku mirip dengan serigala liar. Atas kegigihannya dia bisa dekat dan menjinakkan lelaki berperilaku serigala yang bernama Chul Soo.

Akhirnya hubungan mereka menjadi semakin dekat. Chul Soo memiliki sebuah kekuatan dan keanehan yang membuatnya diburu oleh orang-orang sekitar. Kelanjutan film ini  bisa Anda saksikan langsung agar lebih seru, ya.


Penasaran kan tentang kelanjutan kisah masing-masing film? Segera cari film tersebut di situs-situs yang menyajikan berbagai genre drama dan film Korea.

Enaknya sih nonton dalam kamar dengan popcorn, soda dan tisu. Siap-siap baper dengan air mata yang tumpah ruah.

Dijamin setelah nonton, kalian akan merasa bahwa kesedihan yang kalian alami saat ini tidak seberapa. Selamat menonton!

Artikel Film Korea Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like