AdaHobi – Menonton film merupakan salah satu rekreasi yang sangat menyenangkan. Film dapat membuat pikiran jadi rileks serta juga bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari film yang  ditonton.

Ternyata film-film dari Asia juga tak kalah bagus dari film Hollywood. Film Jepang terbaik misalnya kerap mendapatkan prestasi bergengsi serta mengalahkan kualitas film Hollywood.

Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang maju baik dari segi budaya maupun teknologinya.

Masyarakat Jepang sudah sejak dulu menggeluti dunia perfilman sehingga mereka mampu menghadirkan film berkualitas yang setara dengan film-film Hollywood.

Berbagai genre film sudah mampu mereka hadirkan, dan tentu saja ada ciri khas dari film Jepang yang membuatnya berbeda dengan film-film lain.

Pada artikel ini kami akan merangkum untuk kamu beberapa rekomendasi Film Jepang yang wajib ditonton dari berbagai genre.

Film Jepang Genre Action Terbaik

Biasanya film action yang paling unggul kebanyakan film Hollywood karena mereka mampu menerapkan visual efek dengan sangat baik.

Tetapi saat ini negara-negara Asia juga sudah semakin maju dalam menerapkan visual effect, hal ini tampak dari film action Jepang yang sering mendapatkan nominasi pada acara penghargaan bergengsi.

Jika kamu penggemar genre film action, beberapa film Jepang terbaik ini wajib kamu tonton.

1. Crows Zero (2007)

Film Jepang Rekomendasi

Bicara tentang film Jepang terbaik tentu film Crows Zero tidak boleh dilupakan. Bisa dibilang bahwa film yang satu ini masih menjadi film action Jepang terbaik saat ini. Pasalnya Crows Zero mendapat sambutan positif di seluruh dunia.

Crows Zero sendiri menceritakan tentang sebuah SMA cowok yang dihuni oleh para berkamulan. Nama SMA tersebut adalah SMA Suzuran. Di SMA tersebut berbagai kelompok gang berkamulan terbentuk, dan setiap kelompok berusaha menjadi penguasa SMA Suzuran.

Seorang anak pindahan bernama Takiya Genji ingin menunjukkan diri bahwa ia mampu menjadi penguasa di sekolah Suzuran tersebut. Pertarungan-pertarungan sengit disajikan dengan efek visual yang sangat memikat, sehingga penonton akan terkesima oleh aksi-aksi perkelahian yang ditampilkan.

Film ini memiliki alur cerita menarik yang disertai dengan backsound yang akan membuat adrenalin kamu terpacu. Crows Zero ini terdiri dari 3 seri, jadi kamu pasti puas menikmati alur cerita film Jepang terbaik ini.

Baca juga: 19 Judul Film Action Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

2. Rurouni Kenshin (2012)

Film Jepang Terbaik

Film Jepang genre action selanjutnya yang juga wajib ditonton penggemar film action adalah Rurouni Kenshin. Film ini sendiri diadaptasi dari anime Jepang dengan judul Samurai.

Bisa dibilang bahwa Rurouni Kenshin menjadi film Jepang terbaik yang menampilkan aksi-aksi menegangkan serta alur cerita yang sangat memikat.

Rurouni Kenshin sendiri mengisahkan tentang  seorang Samurai pada masa lalu yang menjadi pembunuh bayaran. Kerana terlalu banyak membunuh orang, Samurai tersebut akhirnya memutuskan untuk tidak pernah membunuh lagi.

Tetapi karena namanya sudah populer sebagai pendekar pedang terbaik di dunia, membuat banyak orang mencoba membunuhnya. Film ini menampilkan pertarungan pedang yang sangat menegangkan.

Efek visual yang ditampilkan juga sangat memikat, sehingga adrenalin kamu akan terpacu saat menontonnya. Film Jepang terbaik ini juga hadir dalam 3 seri, jadi kamu pasti puas menikmati aksi-aksi samurainya.

3. 13 Assassins (2010)

Film Jepang Terbaik

Film Jepang terbaik selanjutnya yang wajib masuk ke daftar playlist kamu adalah film 13 Assassins. Film ini juga menampilkan pertarungan pedang yang sangat dahsyat, sehingga kamu akan dibuat tegang berkat aksi-aksi yang ditampilkan.

Secara rating, film 13 Assassins ini juga mendapatkan rating bagus, yakni 7,6 di imdb. Dari segi tampilan visual dan alur cerita, film 13 Assassins ini sangat layak disandingkan dengan film garapan Hollywood.

Film 13 Assassins ini menceritakan tentang 13 orang pembunuh bayaran yang disewa untuk menumbangkan kekuasaan seorang pengusaha kaya dan jahat. Pengusaha tersebut memiliki beberapa bawahan yang sangat kuat.

Jadi, 13 pembunuh bayaran ini harus bertarung menghadapi pertarungan anak buah pengusaha tersebut. Aksi laga yang ditampilkan pada film Jepang terbaik 13 Assassins ini dijamin membuat kamu terkesima ketika menontonnya.

4. Seven Samurai (1954)

Film Jepang Rekomendasi

Masih bercerita tentang pendekar pedang, film Seven Samurai yang dirilis pada tahun 1954 ini juga menjadi salah satu film action Jepang terbaik.

Film ini mendapat rating tinggi di imdb, yakni 8,7. Hal ini membuktikan bahwa film Seven Samurai ini bukan hanya memikat dari segi alur cerita tetapi juga memberikan banyak makna dan pesan positif. Latar belakang film Seven Samurai ini sekitar tahun 1800-an, ketika Jepang masih dikuasai oleh Shogun.

Cerita utama yang ditampilkan mengisahkan tentang sebuah desa miskin di Jepang. Suatu ketika desa tersebut dijajah oleh bandit yang sangat kejam. Akhirnya penduduk desa merekrut tujuh orang samurai untuk membasmi gerombolan para bandit dan melindungi penduduk desa.

Alur kisah menarik dengan tampilan action yang menegangkan dijamin membuat kamu terhibur. Selain itu film Jepang terbaik tentang Samurai ini juga sangat menguras emosi.

5. Battle Royale (2000)

Film Jepang Rekomendasi

Jika kamu penggemar game PUBG, pasti sudah tidak asing dengan istilah Battle Royale. Battle Royale artinya pertarungan bebas di suatu tempat, yang mengizinkan saling bunuh untuk menemukan satu orang pemenang yang akan hidup nantinya.  Film Battle Royale ini juga mengangkat kisah demikian.

Pada zaman dahulu diceritakan bahwa pemerintahan Jepang menangkap beberapa murid sekolah lalu menempatkannya dalam sebuah pulau kosong. Seluruh murid dituntut agar saling membunuh satu sama lain, dan hanya ada satu pemenang yang diizinkan hidup nantinya.

Walaupun film Jepang terbaik ini sudah lama dirilis, tetapi aksi yang ditampilkan tidak kalah bagus dengan film-film masa kini. Film battle Royale ini mendapatkan rating tinggi di imbd, yakni sekitar 7,7.

6. Sukiya Western Django (2007)

Film Jepang Rekomendasi

Film Jepang genre action terbaik yang juga wajib ditonton adalah Sukiya Western Django.Film yang satu ini berbeda dengan film Jepang kebanyakan karena tampaknya film ini mengadopsi gaya film barat.

Film ini dirilis pada tahun 2007 dan mendapat sambutan positif di beberapa negara. Film ini dibintangi oleh aktor-aktor top Jepang, seperti Yusuke Iseya, Hideaki Ito, dan juga Koichi Sato.

Sukiya Western Django ini mengisahkan tentang seorang penembak jitu yang berkelana dari satu kota ke kota lain. Penembak jitu ini sudah populer di kalangan para gang, sehingga banyak ketua gang yang ingin merekrutnya.

Tetapi tokoh utama dalam film ini memilih untuk menempuh takdirnya sendiri dan menolak tawaran gang lain. Aksi tembak-tembakan yang sangat memukau dan menegangkan di jaman membuat kamu jatuh cinta pada film Jepang terbaik ini.

Film Jepang Romantis Terbaik

Jika bicara tentang film dengan genre romantis, maka film-film Asia jelas menjadi juaranya. Selain karena kisah-kisah yang diangkat dekat dengan kehidupan sehari-hari, film-film Asia juga kerap menyuguhkan kisah yang sangat menyentuh.

Film Jepang terbaik genre romantis juga banyak yang bisa membuat hati para menontonnya dag dig dug. Berikut ini beberapa film Jepang romantis yang wajib ditonton penggemar film.

1. Kimi ni Todoke (2010)

Film Jepang Terbaik

Kimi Ni Todoke menjadi salah satu film romantis Jepang terbaik sepanjang masa. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Jepang, yakni Haruma Miura dan Mikako Tabe.

Film ini sebenarnya diadaptasi dari komik manga yang judulnya sama. Kisah cinta yang ditampilkan pada film Jepang terbaik ini sangat memikat, yang bisa membuat penonton senyum-senyum sendiri.

Cerita utama film Kimi Ni Todoke ini mengisahkan tentang seorang siswa yang wajahnya mirip Sadako (salah satu karakter hantu di film horor), sehingga hal tersebut membuat dia dihindari oleh teman-temannya.

Suatu ketika seorang pria paling populer di sekolah mulai mendekatinya. Kemistri yang ditampilkan oleh aktor utamanya dijamin membuat kamu terpikat.

Baca juga: 20+ Film Korea Romantis Terbaik, Layak Ditonton Ulang

2. Your Lie In April (2016)

Film Jepang Terbaik

Film Jepang terbaik selanjutnya yang menghadirkan kisah romantis paling memikat adalah Your Lie In April. Film ini dirilis pada tahun 2016 dan cukup populer di Indonesia.

Jika kamu penggemar film yang ada kaitannya dengan music, maka Your Lie In April ini sangat cocok untuk ditonton. Judul bahasa Jepang dari Film ini adalah Shigatsu wa Kimi No Uso. Film ini dibintangi oleh Kento Tamazaki, Anna Ishii dan juga Suzu Hirose.

Shigatsu wa Kimi No Uso ini menceritakan tentang seorang pianis terkenal yang tidak bisa lagi mendengar bunyi piano, sehingga membuatnya tidak mau bermain piano lagi.

Suatu ketika ia bertemu dengan gadis pemain biola yang kurang berbakat dalam memainkan biolanya.

Kisah romantis mereka akan dibumbui oleh permainan music yang begitu istimewa, sehingga kamu akan dimanjakan selama menonton film ini.

3. Policeman And Me (2017)

Film Jepang Rekomendasi

Jika bicara tentang film Jepang terbaik yang mengisahkan hubungan asmara, maka Policeman Kamu Me ini sangat layak untuk kamu tonton.

Film Policeman And Me ini memiliki judul asli P & JK. Film ini dibintangi oleh Kazuya Kamenashi dan juga Tao Tsuchiya dengan acting yang sangat memukau. Hubungan romantis mereka dijamin membuat banyak orang terbawa perasaan.

Film ini sendiri mengangkat cerita tentang gadis berusia 16 tahun yang mengikuti kencan buta. Si gadis memalsukan identitasnya dan mengatakan bahwa umurnya sudah 22 tahun.

Ia kemudian bertemu dengan seorang pria yang berprofesi sebagai polisi pada kencan buta tersebut.

Ketika usia  sebenarnya dari sang gadis akan terungkap, apakah hubungan mereka akan berlanjut? Kamu haru menyaksikan sendiri kisahnya.

Baca juga: 17 Film India Romantis Terbaik, Bikin Baper Wajib Tonton!

4. My Rainy Days (2009)

Film Jepang Rekomendasi

Film Jepang terbaik yang menghadirkan kisah percintaan terbaik juga ada dalam film My Rainy Days. Film ini dijamin akan membuat kamu terpikat karena kisah yang diangkat sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Film My Rainy Days ini dirilis pada tahun 2009, dan masih sangat layak dinikmati saat ini.

My Rainy Days mengangkat kisah tentang seorang wanita penghibur yang masih berusia 17 tahun. Si gadis memiliki paras cantik hanya saja pekerjaannya sebagai wanita penghibur membuatnya tidak bisa bebas menikmati masa sekolah.

Suatu ketika seorang pria bernama Kouki Ozawa. Kejadian perkenalannya juga sangat unik, yakni karena foto mereka tertukar.

Kejadian tanpa sengaja tersebut membuat hubungan mereka makin dekat. Hubungan romantis yang terjalin dalam film ini dijamin membuat kamu senyum-senyum sendiri.

Film Komedi Jepang Terbaik

Film-film Jepang juga banyak yang menghadirkan genre komedi, dan tentu saja kisah kocak yang ditampilkan tidak kalah dengan film komedi lain.

Orang-orang Jepang juga memiliki selera humor yang sangat baik, sehingga film Jepang terbaik tersebut dijamin akan membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal.

Berikut ini kami rangkum rekomendasi film komedi Jepang terbaik yang wajib kamu tonton minimal sekali seumur hidup.

1. Funky Forest: The First Contact (2005)

Film Jepang Terbaik

Salah satu film Jepang dengan genre komedi yang akan membuat kamu tertawa ngakak adalah film Funky Forest : The First Contact. Film Jepang terbaik ini dirilis pada tahun 2006, dan menyajikan kisah yang sangat memikat.

Film Funky Forest : The First Contact ini menghadirkan 4 fokus cerita yang berbeda. Cerita pertama tentang 3 saudara yang berjuang mendapatkan perhatian di kalangan wanita. Kekonyolan ke tiga saudara ini dijamin membuat kamu tertawa ngakak.

Kisah kedua menceritakan tentang pertengkaran dua comedian TV. Tentu saja pertengkarannya disertai dengan adegan-adegan mengocok perut. Kamu akan selalu dihibur oleh aksi kocak para pemainnya.

Cerita ketiga sendiri mengangkat tentang guru Bahasa Inggris yang jatuh cinta pada seorang siswanya. Hanya saja cintanya tersebut ditolak.

Dan, cerita keempat menceritakan tentang makhluk aneh penghisap darah yang tiba-tiba muncul di suatu sekolah. Gabungan keempat kisah dalam satu film tersebut dijamin membuat kamu tertawa ngakak saat menontonnya.

Baca juga: 12 Film Komedi Indonesia Terpopuler, Terlucu Sepanjang Masa!

2. Papa To Musume No Nanokakan (2007)

Film Jepang Rekomendasi

Film Jepang terbaik bergenre komedi selanjutnya yang juga wajib ditonton adalah Papa To Musume No Nanokakan.

Film ini sendiri dirilis pada tahun 2007 dan disebut sebagai salah satu film komedi terbaik sepanjang masa. Papa To Musume No Nanokakan ini mengisahkan tentang hubungan ayah dan anak gadis yang kurang dekat.

Si anak gadis mulai beranjak dari anak-anak menjadi wanita remaja. Si ayah yang hubungannya kurang dekat dengan putrinya tersebut mencoba merubah sikap dan mulai memperbaiki hubungan dengan putrinya.

Si ayah tersebut mencoba mulai mengenali putrinya lebih dalam. Hanya saja cara pendekatan yang dilakukan terbilang aneh sehingga munculkan aksi-aksi kocak yang akan membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal.

3. 700 Days of Battle: Us VS The Police (2007)

Film Jepang Rekomendasi

Film Jepang pada umumnya banyak bermuatan komedi, dan tentu saja ada yang menampilkan adegan komedi secara full.

Film 700 Days Of Battle : Us VS The Police ini menampilkan adegan komedi secara full sehingga dijamin membuat kamu tertawa terbahak-bahak. Film Jepang terbaik ini dirilis pada tahun 2007 dengan judul asli Boku Tachi to Chuzai San No 700 Nichi Senso.

Latar cerita yang diangkat pada film ini adalah pada tahun 70-an. Cerita utamanya tentang sekumpulan anak remaja yang marah dan memiliki dendam dengan petugas kepolisian.

Sekumpulan anak muda tersebut pun menyusun rencana untuk membalas dendam dan mengabarkan ingin berperang dengan polisi setempat.

Aksi-aksi mereka dibalut dengan adegan kocak sehingga dijamin membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.


Film-film Jepang kebanyakan tidak tayang di Bioskop tanah air, oleh karena itu kamu perlu mencarinya dari internet.

Sebenarnya masih banyak film Jepang lain yang layak dijadikan tontonan, tetapi yang wajib kamu tonton adalah adalah beberapa film Jepang terbaik di atas.

Artikel Film Terbaik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like