14 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Sudah Nonton?

AdaHobi – Film perang dari berbagai macam tahun, selalu menarik untuk disimak. Tidak hanya dari segi cerita yang menarik, namun banyak pelajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Film Perang Terbaik

Berikut ini adalah beberapa film perang terbaik, yang  menarik untuk Anda tonton. Beberapa diantaranya ada hanya cerita fiksi, namun ada juga yang diangkat dari kisah nyata.

1. The Longest Day (1962)

Film Perang Terbaik

Ini adalah film pertempuran pertama yang dibuat sebelum Saving Private Ryan. Diambil dari buku sejarah, yang menampilkan kondisi perang kala itu.

Dibuat dengan gaya yang mirip dengan film dokumenter drama. Dimana kisah bermula sebelum D-day, antara pihak Sekutu dan Jerman. Dimana di akhir film, pasukan Sekutu yang berhasil kelompokkan kembali mampu mengambil alih pantai Omaha, Normandia dan mulai berkampanye di daratan Perancis.

Film The Longest Day ini sendiri berhasil memperoleh nominasi dari beberapa award. Sebut saja 5 untuk Academy Award, dan berhasil memperoleh 2 piala, seperti Sinematografi dan juga efek khusus. Anda yang ingin melihat film perang terbaik dengan efek yang terbaik, sebaiknya jangan lupa untuk menonton film yang satu ini.

2. The Great Escape (1963)

Film Perang Terbaik

Film ini sendir diadaptasi dari buku, dengan judul yang sama. Buku non fiksi karya Paul Brickhill ini berkisah tentang pelarian massal para tawanan perang dari kamp Polandia selama perang Dunia II. Film ini adalah salah satu film perang terbaik, yang sukses kala itu.

Dalam film tersebut diceritakan bagaimana tahanan yang secara terus menerus melarikan diri hingga akhirnya Jerman mendirikan kamp POW bersistem keamanan yang tinggi.

Selain itu, juga berhasil mengumpulkan semua tahanan dari seluruh Eropa, yang awalnya berhasil melarikan diri, bahkan hingga beberapa kali dari kamp yang berbeda-beda.

Durasi film tersebut terbilang lama, hampir 3 jam, dan mampu menampilkan all star secara epik. Ini yang membuat penampilan film tersebut dianggap terbaik.

Bahkan banyak sekali pujian yang ditujukan untuk film tersebut. Anda yang suka yang berbau klasik, tentu judul film ini akan jadi salah satu film yang pas untuk Anda.

3. Saving Private Ryan (1998)

Film Perang Terbaik

Film dengan genre sejarah perang Amerika ini mengangkat cerita dari perang invasi Normandia di perang dunia 2, tahun 1944. Berhasil menyabet banyak penghargaan kala itu, membuat film perang terbaik ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Tentara Amerika yang kala itu dipimpin oleh Kapten John H. Miller (Tom Hanks),  sedang berperang melawan tentara Jerman. Dalam perang tersebut, banyak sekali tentara yang gugur, namun misi yang diemban berhasil.

Salah satu diantara sekian banyak mayat yang bergelimpangan tersebut terdapat seorang tentara yang bernama Sean Ryan. Tidak lain adalah salah satu dari empat orang saudara dari keluarga Ryan yang ikut berperang.

Tiga orang telah tewas dan kini hanya ada satu orang Ryan yang mana merupakan anak bungsu yang bernama James Francis Ryan (Matt Damon), yang saat itu masih hidup dan sedang berperang.

George Marshall C Marshall (Harve Presnell), sebagai pimpinan militer tertinggi Amerika, kemudian memberi perintah pada John Miller untuk menyelamatkan sang bungsu tersebut.

Hingga akhirnya John Miller tersebut, membentuk sebuah tim kecil, untuk membawa pulang dengan selamat sisa Ryan yang ada.

4. Pearl Harbour (2001)

Film Perang Terbaik

Film perang yang satu ini berdurasi 183 menit, dan disutradarai oleh Michael bay, dengan penulis naskahnya Randall Wallace.

Ceritanya mengangkat kisah 2 orang sahabat, yang bernama Rafe Mccawley dan juga Danny Walker. Dimana pada tahun 1923, tepat nya di Tennesse keduanya sedang bermain di dekat Helicopter tua yang sedang diperbaiki.

Hingga akhirnya tahun 1941, keduanya jadi tentara di bawah komando mayor Jimmy Doolittle. Disini Rafe bertemu dengan Evelyn yang lulus ujian medis walau mengalami gangguan disleksia.

Ketika sedang menjalin hubungan, tiba-tiba Rafe mendapat tugas penyerangan dan dikabarkan meninggal. Danny yang menenangkan pun mulai menyukai Evelyn, hingga akhirnya Evelyn hamil.

Terdengar kabar bahwa Rafe selamat, dan bagaimanakah hubungan kedua sahabat tersebut.  Tentunya ini akan jadi film perang terbaik sekaligus menarik untuk ditonton.

5. Black Hawk Down (2001)

Film Perang Terbaik

Film ini sendiri dibuat berdasarkan buku Black Hawk Down: A Story of Modern War yang dibuat oleh Mark Bowden.

Mengambil cerita tahun 1993, ketika pasukan AS mengirimkan pasukan khususnya ke Somalia untuk mengacaukan pemerintahan serta membawa bantuan kemanusiaan bagi warga yang kelaparan.

Serangan tidak terduga ketika Black Hawk terbang rendah menurunkan personel. Disini pertempuran berlangsung sering sehingga mampu melumpuhkan helikopter tersebut.

Dari sinilah kisah berawal dan para tentara AS harus bertahan dari serangan yang dilancarkan berbagai arah.

Film perang terbaik ini sendiri diangkat dari kisah nyata yang terjadi ketika AS mengirimkan bantuannya ke Somalia, dalam rangka mengatasi militan yang sedang mengacau kala itu.

6. Letters From Iwo Jima (2006)

Film Perang Terbaik

Ini adalah drama perang sejarah yang disutradarai langsung oleh Clint Eastwood. Diambil dari buku bergambar berjudul Picture Letters from Commander in Chief, karya Tadamichi Kurubayashi. Film perang terbaik ini dibintangi oleh beberapa aktor asal Jepang ternama.

Seperti halnya film perang, kali ini menceritakan tentang sudut pandang Jepang. Iwo Jima adalah salah satu pulau milik Jepang yang diekspansi oleh pihak Amerika Serikat kala itu.

Jenderal AD Kurabayashi (Ken Watanabe) yang memimpin jalannya pertempuran dan terus memberikan semangat untuk para prajuritnya yang mulai merasa lemah karena kurang percaya diri.

Untuk tetap semangat, dan yakin bahwa pulau tersebut akan berhasil direbut kembali. Selain itu, film tersebut juga mengisahkan tentang sang jendral yang sayang akan keluarga, dan terus bertukar kabar dengan keluarganya.

7. Special Forces (2011)

Film Perang Terbaik

Film perang terbaik dengan judul Special Forces ini, mengisahkan tentang perjuangan seorang seorang jurnalis yang berasal dari Prancis dan 1 tim regu penyelamat yang juga berasal dari Prancis. Pihak jurnalis sendiri tengah ditawan oleh pihak Taliban, yang sedang berkuasa kala itu.

Namanya adalah Elsa Casanova (Diane Kruger), seorang jurnalis asal Prancis yang tingga di kota Kabul. Dalam salah satu artikelnya, dirinya menyebutkan tentang seorang laksamana perang bernama Zaief (Raz Degan), dirinya menyebut sang Laksamana tersebut dengan “tukang daging dari Kabul”.

Dari sang informan Maina (Morjana Degan), mengingatkannya bahwa sang laksamana ada di luar untuk melakukan misi balas dendam. Temannya Amen (Mehdi Nebbou), menyarankan Elsa untuk kabur ke luar negeri.

Namun sayang, keduanya ditangkap, dan Elsa sendiri harus melihat temannya dibunuh di hadapannya.

8. The Alamo (2004)

Film Perang Terbaik

Film The Alamo ini sendiri adalah film Perang Amerika yang dibuat pada tahun 2004 silam. Film tersebut ini menceritakan tentang pertempuran Alamo pada masa revolusi Texas.

Alamo sendiri adalah nama benteng, tepatnya bentang Alam yang berdiri tahun 1836. Ada cukup banyak aksi heroik yang dikisahkan dalam film tersebut.

Dari banyaknya aksi heroik tersebut, ternyata mampu mengumpulkan dan mempersatukan masyarakat untuk melawan pasukan Mexico, yang kala itu dipimpin oleh Jendral Santa Anna.

Perang antara masyarakat Texas, dan ribuan pasukan Mexico yang telah mengepung Texas pun tidak dapat dihindari.

Bagi Anda yang menyukai film perang ala cowboy. Ada baiknya jangan melewatkan film perang terbaik yang satu ini.

9. Beast of No Nation (2015)

Film Perang Terbaik

Jika film lainya menceritakan tentang perang ala orang dewasa, maka tidak ketika Anda melihat film yang satu ini. Diangkat dari novel dengan judul yang sama, hasil karya Uzodimna Iweala, film ini mengambil latar belakang perang kerajaan.

Adalah seorang pemuda yang masih belia, bernama Agu yang terpaksa jadi tentara untuk membela sebuah negara yang tidak mempunyai nama di dataran Afrika Barat. Tidak hanya Agu saja, namun juga anak-anak lainya.

Film yang satu ini disutradarai oleh Cary Fiji Fukunaga, sekaligus sebagai Sinematografi. Dibuat di Ghana, dan menampilkan anak-anak lolak, seperti Idris Elba, Abraham Attah dan yang lainnya.

Dalam film perang terbaik ini pula Fukunaga, menampilkan sisi penyelidikan kompleks tentang bagaimana sebuah kekuasaan, dan logika emosional dalam perang yang sesungguhnya.

Selain itu, dirinya juga berusaha menjembatani imajinasi yang mengerikan tentang dampak anak-anak yang jadi serdadu perang. Tentu saja hal tersebut dapat dilihat jelas dari sisi psikologis dan juga emosional.

10. American Sniper (2015)

Film Perang Terbaik

Seperti namanya American Sniper ini menceritakan tentang seorang sniper yang  ada dalam sebuah pertempuran. Film yang berdurasi 134 menit ini,  termasuk salah satu film box office, yang berada di bawah naungan Warner Bros.

Adapun film perang terbaik ini menceritakan tentang Chris Kyle (Bradley Cooper), seorang anggota Navy Seal, yang tumbuh di Texas.

Sedari kecil, dirinya digembleng oleh ayahnya bagaimana cara menembak dan berburu. Hingga akhirnya dirinya masuk jadi pasukan khusus penembak jitu dan bertemu dengan Taya Renae (Sienna Miller).

Tidak lama mereka saling jatuh cinta dan menikah. Kyle sendiri kemudian ditugaskan untuk pergi ke Irak dengan tujuan membunuh pimpinan Al-Qaeda.

Walaupun misi pertamanya berhasil, namun ada misi-misi berikutnya yang membuat dirinya jauh dengan keluarga. Sementara Taya sendiri selalu merasa khawatir akan keberadaan suaminya tersebut.

11. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (2016)

Film Perang Terbaik

Adapun film perang terbaik yang satu ini lebih disebut dengan film 13 hours. Tidak lain adalah salah satu film yang diangkat dari kisah nyata akan tentara Amerika Serikat yang saat itu menjaga kantor Konsulat Amerika Serikat yang ada di Benzhangi.

Mengangkat sudut pandang tentara Amerika yang selama 13 jam, mencoba bertahan dan menyelamatkan banyak nyawa yang bekerja di kantor konsulat tersebut dari pihak oknum militan Islam yang ada di negara tersebut.

Dalam kondisi genting tersebut, para tentara harus bertahan dengan senjata yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sedangkan bala bantuan berada di lokasi yang jaraknya cukup jauh.

Dari awal film hingga akhir film, para penonton disuguhkan dengan aksi tembak menembak menggunakan senjata laras panjang khas di medan perang.

Film perang terbaik ini dibuat apik, dengan dilihat dari berbagai sisi perjuangan hidup para tentara yang sempat bertahan di tengah kepungan para penjahat yang mempunyai niatan buruk.

12. Great Battle (2018)

Film Perang Terbaik

Dibanding film lainnya, film perang terbaik ini menceritakan tentang perang antara Goguryeo dengan dinasti Tang (China). Dimana dalam perang tersebut, terjadi selama 88 hari yang terjadi di benteng Ansi.

Cerita perang tersebut diambil dengan latar belakang tahun 654, di benteng Ansi. Kala itu benteng Ansi dibawah jendral Yang Man-Chun yang membawahi sekitar 5.000 pasukan.

Sedangkan dari pihak musuh ada Dinasti Tang yang berasal dari China dengan dukungan pasukan lengkap.

Dalam film tersebut digambarkan bagaimana sang jenderal mencari berbagai macam taktik perang. Dia menggunakan kondisi dan kemampuan yang ada, untuk mempertahankan benteng Ansi dari serbuan dinasti Tang tersebut.

Tidak hanya para prajurit saja, sang jendral juga ternyata dibantu oleh masyarakat setempat, untuk mempertahankan benteng tersebut.

13. Jojo Rabbit (2019)

Film Perang Terbaik

Ini adalah salah satu film perang terbaik dengan sentuhan komedi. Adalah Johannes “Jojo” Betzler (Roma Griffin Davis) yang berusia 10 tahun dan harus menjadi seorang kepala keluarga.

Hal ini lantaran ayahnya ikut dalam serdadu perang Jerman-Nazi dan hilang di front Italia. Sedangkan kakak perempuanya Inge, sudah meninggal karena wabah flu.

Jojo harus tinggal dengan ibunya Rosie Betzler (Scarlett Johansson), yang anti-Nazi. Seperti umumnya Jojo harus mengabdi pada partai Nazi yang membuatnya bergabung dengan Deutsche Jongvolk.

Dalam pendidikan tersebut, Jojo dilatih untuk jadi tegas seperti Nazi. Ketika mentalnya sedang turun Jojo didorong oleh Adolf Hitler khayalannya (Taika Waititi) untuk tetap semangat.

Sementara ibunya ditemukan menyembunyikan seorang gadis Yahudi, yang sedang diburu. Tidak hanya sampai disana, Jojo mulai tertarik dengan Elsa sang gadis Yahudi tersebut.

Baca juga: 12 Film Korea Terbaik Beragam Genre, Wajib Tonton!

14. The Battle of Jangsari (2019)

Film Perang Terbaik

Film yang dibintangi oleh aktor Korea terkenal ini juga salah satu film perang terbaik yang harus Anda tonton.

Sebut saja ada aktor senior Kim Myung Min, Min Hoo SHINee, Idol K-POP Choi Min Ho dan yang lainnya.

Tidak hanya itu film perang terbaik tersebut juga melibatkan artis sekelas Megan Fox yang berperan sebagai jurnalis Amerika Serikat yang sedang memuat berita.

Menceritakan tentang perjuangan yang terlupakan dari para pelajar Korea Selatan dalam perang Incheon yang terdiri atas 772 tentara pelajar.

Usia rata-rata dari tentara tersebut sekitar 17 tahun, dan dipimpin oleh Kapten Lee Myung Joon (Kim Myung Min).

Walau baru mendapat pelatihan selama 2 minggu, namun mereka harus menjalankan misi yang berat. Misi tersebut tidak lain mengecoh, pasukan tentara Korea Utara agar mengalihkan misinya ke Jangari.

Walaupun berat berbekal pengetahuan yang minim tentang dunia perang, anak-anak tersebut harus berpikir dengan keras bagaimana cara mengalihkan perhatian musuh agar rencana utama mereka berhasil. Bukan tanpa alasan, dan bukan tanpa resiko jika rencana tersebut gagal.

Sedangkan kenyataannya pasukan Korea Selatan akan melakukan invasi dan pertempuran yang sebenarnya ke Incheon, pada keesokan harinya. Misi tentara ini, yang nantinya jadi penentu kemenangan Korea Selatan dalam perang Incheon.


Dari berbagai film perang terbaik yang dibahas di atas, adakah film yang pernah Anda tonton sebelumnya?

Atau mungkin dari deretan film perang terbaik yang disebutkan di atas, ada salah satu atau bahkan beberapa film favorit Anda.

Harap diingat, menonton film perang seperti ini, sebaiknya siapkan waktu khusus, untuk lebih mengenal karakter dan alur cerita, agar Anda benar-benar memahami tentang cerita perang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like