15 Film Horor Indonesia Terbaik, Yakin Berani Nonton?

AdaHobi – Antusiasme masyarakat terhadap perfilman Indonesia memang melonjak drastis beberapa tahun belakangan. Salah satu genre film Indonesia yang paling diminati ialah film horor.

Diantaranya banyaknya cerita mistis dan seram, sosok hantu atau makhluk halus memang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Sehingga tidak mengherankan jika kehadiran sosok hantu tak kasatmata yang didukung dengan suara dan suasana yang mencekam dalam film ini mampu menarik minat para pecinta film Tanah Air.

Film Horor Indonesia Terbaik

Nah, bagi Anda yang suka menyaksikan keseraman film horor maka patut mengetahui daftar film horor Indonesia terbaik sepanjang masa.

Lebih jelasnya, berikut rekomendasi film horor Indonesia terbaik yang layak Anda tonton bersama keluarga, teman ataupun sendirian untuk uji nyali.

1. Pengabdi Setan (1980)

Film Horor Indonesia

Pengabdi Setan adalah film horor Indonesia terbaik yang  dirilis pada 1980. Pada masa perilisannya, film ini sangatlah populer dan bahkan hingga ke tingkat internasional.

Untuk itu, tidak mengherankan jika film Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik dan terseram sepanjang masa.

Film Pengabdi Setan (1980) bercerita tentang sebuah keluarga kaya dan jauh dari agama. Keanehan dalam keluarga ini mulai terungkap setelah sang ibu meninggal, dimana banyak teror muncul seperti kehadiran hantu perempuan atau kuntilanak, sosok pembantu baru misterius hingga terbunuhnya penjaga rumah.

Berbagai teror pun mulai menghampiri keluarga ini untuk mengungkapkan teka-teki aneh terkait latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga tersebut.

2. Ratu Ilmu Hitam (1981)

Film Horor Indonesia

Ratu Ilmu Hitam merupakan film horor Indonesia terbaik yang dirilis pada 1981. Film horor ini cukup populer di masanya dan berhasil mencuri perhatian pecinta film Indonesia.

Kesuksesan film ini dibuktikan dengan keberhasilannya memperoleh penghargaan sinematografi terbaik dan nominasi aktris terbaik di FFI 1982.

Untuk mengulang kembali kesuksesan film ini, akhirnya pada april 2019 silam film yang diadaptasi dari Ratu Ilmu Hitam (1981) kembali dirilis dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Kimo Stamboel.

Film Ratu Ilmu Hitam 1981 yang dibintangi Suzanna ini bercerita tentang gadis desa bernama Murni yang dibakar dan dibuang ke dalam jurang oleh penduduk setempat, karena diduga menganggu mantan kekasihnya dengan memakai ilmu hitam.

Ketika Murni dibuang, beruntungnya ia diselamatkan oleh seorang dukun yang ternyata adalah orang yang memakai ilmu hitam tersebut.

Setelah diselamatkan, Murni dihasut untuk membalas dendam dan ia pun mulai mempelajari ilmu hitam dari sang dukun hingga akhirnya Murni dijuluki sebagai Ratu Ilmu Hitam.

3. Malam Satu Suro (1998)

Film Horor Indonesia

Malam Satu Suro merupakan film horor legendaris yang dibintangi oleh Suzanna. Film horor terbaik Indonesia ini dirilis pada tahun 1988 dan berceritakan tentang Suketi yang diperankan oleh Suzanna yang menjadi sundel bolong.

Roh Suketi yang gentayangan ini, sebenarnya akibat dibangkitkan dari dalam kubur oleh dukun Jawa bernama Ki Rengga yang menginginkan anak angkat.

Setelah dibangkitkan dari kubur, akhirnya Ki Rengga menancapkan paku keramat pada kepala Suketi.

Cerita Malam Satu Suro ini semakin menegangkan ketika paku di kepala Suketi dicabut sebat membuatnya kembali menjadi hantu.

Nah, karena merasa kebahagiaannya dirusak akhirnya Suketi perlahan-lahan mulai membalaskan dendam kepada orang-orang yang mengganggu keluarganya.

Baca juga: 12 Film Komedi Indonesia Terpopuler, Terlucu Sepanjang Masa!

4. Jelangkung (2001)

Film Horor Indonesia

Jelangkung merupakan film horor Indonesia terbaik dan pertama yang diangkat dari urban legend. Film yang mengusung genre horor ini sebenarnya tidak dibuat untuk bioskop, melainkan untuk ditanyakan di TransTV.

Namun karena kualitas yang dimilikinya membuat film Jelangkung masuk ke layar bioskop dan akhirnya mendulang kesuksesan.

Film jelangkung yang dirilis pada tahun 2001 mengisahkan tentang empat sekawan yang  tengah mencari tempat-tempat angker untuk memperoleh pengalaman mistis.

Namun pengalaman mistis tersebut tidak kunjung diperoleh hingga mereka tiba di desa angkerbatu, Jawa Barat.

Ketika tiba di tempat tersebut, empat sekawan tersebut memutuskan untuk menggunakan ritual jelangkung guna memperoleh ilmu gaib.

Namun bukannya ilmu gaib yang mereka peroleh, justru malapetaka yang menghantui empat sekawan tersebut.

5. Pocong 2 (2006)

Film Horor Indonesia

Film Pocong 2 yang dirilis pada 2006 merupakan satu-satunya film sekuel tanpa perilisan film pertama.

Pocong 2 bercerita tentang Maya (Revalina S.Temat), seorang yatim piatu yang bekerja sebagai asisten dosen dan adiknya Andin (Risty Tagor) yang masih menempuh pendidikan di bangku SMA.

Maya yang melihat Andin masih merasa sedih karena kehilangan orang tuanya, memutuskan mencari tempat tinggal baru supaya Andin merasa lebih baik.

Pada saat itu, Maya ditemani tunangannya Adam (Ringgo Agus Rahman) untuk pindah ke sebuah apartemen baru yang ditemukan di barisan iklan koran.

Ternyata lingkungan apartemen yang dikiranya aman dan baik untuk Andin, malah mulai terlihat aneh.

Sebab ada banyak kejadian ganjil yang mulai meneror kehidupan kakak beradik tersebut. Andin sering mendengar bisikan dan dihantui penampakan aneh sehingga membuat dirinya mengalami depresi berat.

Hal inilah yang membuat Maya mendatangi paranormal dan mengetahui jika yang dihadapi mereka bukan sekadar setan, namun ada hal misterius yang mengancam nyama adiknya.

6. Kuntilanak (2006)

Film Horor Indonesia

Kuntilanak adalah film horor Indonesia terbaik yang diperankan oleh Julie Estelle pada tahun 2006.

Film Kuntilanak ini berceritakan tentang Samantha seorang gadis broken home yang memutuskan keluar dari rumah dan memilih pindah ke rumah kost misterius.

Tanpa diduga ternyata Samantha memiliki garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak. Sementara itu, keluarga pemilik kost yang ditempati Samantha juga pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak.

Nah, keanehan yang terjadi pada Samantha semakin parah karena di dalamnya kamarnya terdapat sebuah cermin keramat. Cermin inilah yang menjadi penghubung antara dunia manusia dengan dunia gaib.

Film Kuntilanak ini sangat populer di kalangan pecinta film horor Indonesia, sehingga berkat kesuksesannya film ini juga dilanjut dengan sekuelnya yaitu Kuntilanak 2 dan Kuntilanak 3.

7. Pengabdi Setan (2017)

Film Horor Indonesia

Film pengabdi Setan 1980 memang mendulang kesuksesan dan populer pada masanya, sehingga tidak mengherankan untuk mengulang kembali kesuksesan film Pengabdi Setan tersebut.

Akhirnya film ini kembali di remake dengan judul sama dan disutradarai oleh Joko Anwar yang pada 28 September 2017.

Sejak dirilis pada tahun 2017 film pengabdi setan prequel ini disebut-sebut sebagai salah satu film horor Indonesia terbaik dan terseram yang tayang sepanjang tahun 2017-2018.

Film Pengabdi Setan ini mengisahkan tentang seorang ibu yang jatuh sakit dan  mengalami pengobatan yang cukup lama hingga akhirnya meninggal.

Sejak meninggalnya sang ibu tersebut, berbagai keanehan dan terol pun bermunculan, salah satunya kehadiran hantu perempuan yang menyerupai sang ibu dan mengganggu anak-anaknya. Ternyata belakang diketahui sang ibu merupakan pengikut sekte pemuja setan.

8. Danur: I Can See Ghost (2017)

Film Horor Indonesia

Danur: I Can See Ghost merupakan film horor Indonesia terbaik yang diadaptasi dari sebuah novel karya Risa Saraswati. Film yang dirilis pada 2017 silam ini mengangkat kisah nyata yang dialami Risa yaitu mampu melihat hantu.

Pengalaman melihat hantu inilah yang diangkat menjadi film bergenre horor yang layak untuk ditonton.

Terlebih dengan kemampuan melihat hantu yang dimilikinya, membuat Risa (diperankan oleh Prilly Latuconsina) bisa berinteraksi dan berkenalan dengan teman gaibnya seperti William, Peter serta Janhshen.

Film horor terbaik ini juga berhasil masuk dalam box office berkat kesuksesan yang diraihnya.

Saking suksesnya, film Danur: I Can See Ghost memiliki lanjutanya dengan dikeluarkannya dua sekuel yaitu Danur 2: Maddah dan Danur 3: Sunyaruri.

9. The Doll 2 (2017)

Film Horor Indonesia

The Doll 2 adalah salah satu film horor terbaik yang dibintangi oleh Luna Maya. Luna Maya yang berperan sebagai Maira merupakan seorang ibu yang baru saja kehilangan anaknya karena tragedi kecelakaan.

Sejak  tragedi kecelakaan tersebut, boneka Sabrina milik sang anak mulai terlihat aneh karena sering berpindah tempat sendiri.

Nah, karena keanehan boneka Sabrina inilah membuat Maira beranggapan jika roh sang anaknya (Kayla) terperangkap di dalam boneka Sabrina.

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini patut dimasukan ke dalam daftar film horor Indonesia terbaik dan terseram yang wajib ditonton.

Terlebih The Doll 2 ialah sekuel dari film The Doll yang sempat meraih kesuksesan pada tahun 2016.

10. Mata Batin (2017)

Film Horor Indonesia

Mata Batin adalah film horor yang berceritakan tentang seorang gadis kecil yang mampu melihat arwah di rumahnya. Sehingga membuat sang kakak mengkonsultasikan permasalahan yang dialami adiknya kepada orang pintar.

Akhirnya diketahui, jika rumah yang ditempati mereka memang dipenuhi oleh arwah gentayangan setelah mata batinnya dibuka.

Film Mata Batin yang dirilis pada 2017 memang berhasil mencuri perhatian, sehingga dibuat lagi sekuel dari film Mata Batin.

Film Mata Batin 2 yang dikeluarkan pada 2019 berceritakan tentang Alia, yang memutuskan memulai hidup baru di panti asuhan milik Bu Laksmi dan Pak Fadli. Ketika tinggal sekaligus kerja sosial di panti, Alia bertemu dengan Nadia yang juga memiliki mata batin terbuka.

Alia merasa ada yang janggal dengan panti asuhannya. Terlebih mereka bisa mendengar suara orang meminta tolong dari seluruh dinding rumah.

Akhirnya mereka membuka kamar misterius yang sudah terkunci sejak lama, namun mereka melakukan kesalahan dan membebaskan arwah penuh dendam yang terkunci didalam kamar tersebut.

11. Kafir: Bersekutu Dengan Setan (2018)

Film Horor Indonesia

Kafir merupakan film horor Indonesia terbaik yang hingga saat ini masih banyak pujian karena berhasil menghadirkan film yang sangat mencekam.

Film Kafir: Bersekutu dengan setan yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis ini mengusung horor klasik sehingga berbeda dengan film Kafir yang dirilis pada tahun 2002.

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini berceritakan tentang sebuah keluarga yang mengalami kejadian yang tak terduga. Dimana sang bapak tiba-tiba mengeluarkan beling dari mulutnya dan akhirnya meninggal dunia.

Sejak kejadian itu, kehidupan keluarga tersebut pun berubah dan sang ibu mulai diteror dengan kejadian-kejadian aneh dan mistis.

Untuk memecahkan hal mistis yang terjadi tersebut, mereka pun meminta pertolongan kepada dukun kampung. Namun bukannya pertolongan yang mereka peroleh, melainkan turut membawa petaka.

12. Suzana: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Film Horor Indonesia

Film horor Indonesia terbaik ini merupakan film remake bernafas dalam kubur yang disutradarai oleh Anggi Umbara dan Sony Soraya.

Film remake ini sengaja dihadirkan guna membangkitkan kharisma sosok Suzana yang populer sebagai ratu horor Indonesia.

Dalam film remake ini karakter Suzana diperankan oleh Luna Maya dan Herjunot Ali sebagai Satria yang merupakan suami Suzana.

Film ini berkisah tentang Satria seorang tampan, rajin beribadah serta kaya yang menjadi manajer di sebuah pabrik.

Satria ini tinggal bersama Suzana yang menjadi primadona di pabrik tersebut sekaligus menjadi pasangan suami istri.

Ketika Suzana hamil, ia harus ditinggal oleh sang suami untuk dinas ke Jepang. Pada saat itulah, Suzana harus menghadapi segerombolan penjahat yang tidak sengaja membunuhnya.

Suzana yang tewas di tangan penjahat tersebut, akhirnya bertekad membalas dendam kepada para pembunuhnya.

13. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film Horor Indonesia

Sebelum Iblis Menjemput adalah salah satu film horor Indonesia terbaik yang akan membuat para penontonya berteriak ngeri, sebab film horor ini dihadirkan dengan genre campuran yaitu thriller dan gore.

Film ini bercerita tentang seorang perempuan Alfie (Chelsea Islan) yang dihantui masa lalunya yang kelam.

Cerita ini bermula setelah sang ibu wafat secara misterius dan ayahnya kembali menikah dengan perempuan lainnya.

Pada suatu hari Alfie mendapat kabar bahwa ayahnya sakit misterius dan segera ke rumah sakit. Tibanya di rumah sakit Alvi pun bertemu dengan anak-anak dari ibu tirinya.

Alvi yang bersikap dingin dengan keluarga tirinya, tiba-tiba diteror oleh sosok makhluk misterius ketika ditinggal bersama sang ayah di dalam kamar.

Sejak itulah terungkap jika ada sebuah rahasia mengejutkan tentang sang ayah, dimana sang ayah sudah membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pengusaha dengan syarat menumbalkan istrinya. Karena perjanjian tersebutlah membawa mereka ke nasib yang jauh lebih mengerikan.

14. DreadOut (2019)

Film Horor Indonesia

DreadOut merupakan film horor fantasi yang dirilis pada Januari 2019. Film horor Indonesia terbaik ini diadaptasi dari permainan video dengan judul yang sama.

Film DreadOut berkisah tentang sekelompok pelajar SMA yang memutuskan pergi ke sebuah apartemen angker untuk membuat siaran langsung di media sosial guna memperoleh popularitas.

Ketika sekelompok pelajar ini berniat membuat siaran langsung di apartemen angker tersebut, namun tanpa sengaja mereka telah membuka portal misterius dan akhirnya membuat makhluk penunggu portal tersebut marah.

Makhluk di portal itu menyerang sekelompok remaja tersebut dengan makhluk-makhluk dari dunia lain.

Berbagai makhluk dunia lain pun bermunculan, mulai dari perempuan berkebaya yang memanjat tembok dan bisa memutar kepala, pocong membawa celurit dan masih banyak lainnya.

Film horor Indonesia terbaiknya sangat cocok ditonton karena mengulas cerita pertarungan antara sekelompok pelajar dengan sekelompok makhluk dunia lain.

15. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Horor Indonesia

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor Indonesia terbaik dan terseram yang dirilis pada 17 Oktober 2019.

Film horor yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar ini berceritakan tentang dua sahabat yaitu Dini dan Maya yang bertahan hidup didaerah perkotaan dan lolo dari upaya pembunuhan keji.

Setelah lolos dari upaya pembunuhan tersebut, Maya pun mengetahui jika ia mewarisi sebuah rumah yang berada di desa tempat asalnya.

Maya dan Dini akhirnya kembali ke desa tersebut dan sesampainya di desa, Maya menemukan sebuah rumah besar yang tidak berpenghuni sekaligus menyimpan sejumlah keanehan.

Tidak hanya itu saja, ketika menempati rumah tersebut satu persatu masa lalu mereka yang mengerikan pun mulai terungkap.


Itulah beberapa film horor Indonesia terbaik yang bisa Anda masukan ke dalam daftar film yang patut ditonton. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi terbaik dan bermanfaat bagi Anda sekalian yang sedang mencari film horor Indonesia terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like